advertisement
Cara Menjadikan Aplikasi Play Store Menjadi APK - Salah satu alasan mengapa pengguna android perlu melakukan backup atas aplikasi yang sudah didownload dari Google Play Store adalah agar pada saat selesai melakukan Factory Reset (mengembalikan pengaturan awal pabrik) atau sesaat setelah selesai melakukan flash ulang sistem operasi Android, maka anda tidak perlu membuang-buang kuota internet lagi untuk mendownload aplikasi tersebut. Cukup lakukan backup yang dalam hal ini menjadikan aplikasi yang sudah terpasang menjadi file APK terlebih dahulu sebelum melakukan factory reset atau flashing ulang ROM android.

Pada dasarnya, hampir semua aplikasi yang sudah diunduh dan diinstall dari Google Play Store, baik itu berupa pemutar musik, pemutar video, game dan sebagainya bisa jadikan file installer berektensi APK. File apk ini adalah file mentah yang dapat digunakan/diinstall kembali pada saat dibutuhkan. Jadi dengan adanya file backup (apk), maka anda tidak perlu mengunduhnya lagi dari Play Store.

Selain bisa dijadikan sebagai backup, aplikasi yang sudah dijadikan file apk bisa juga dibagikan kepada orang-orang yang ada disekitar anda dengan cara mengirimkannya melalui bluetooth, aplikasi share, email atau bahkan menguploadnya ke situs penyedia file hosting.

Untuk menjadikan aplikasi yang sudah terpasang di dalam smartphone android ke dalam bentuk apk, ada banyak software android / komputer atau situs online yang bisa digunakan. Namun cara penggunaannya mungkin agak sedikit berbeda, tetapi memiliki tujuan yang sama dan tentu saja tidak membutuhkan akses root. Jadi bagi anda yang ingin melakukan hal ini, berikut beberapa rekomendasi software yang bisa dimanfaatkan.

App Android Pengubah Aplikasi Play Store Menjadi file APK

Dari banyaknya pilihan yang ada, berikut ini admin hanya memilih beberapa tools yang bisa mengkonversi aplikasi menjadi file apk melalui ponsel andrid. Jadi anda tidak perlu repot-repot lagi mencari komputer untuk melakukannya, tetapi cukup manfaatkan ponsel anda saja.

1. Aplikasi Tools Clean Master

Apikasi clean master mungkin sudah tidak asing lagi di telinga anda. Ya, aplikasi adalah sebuah aplikasi pembersih cache android, pembersih RAM, phone boost, antivirus, battery saver, app lock, cpu cooler dan masih banyak fitur lainnya. Tetapi tidak banyak orang yang tau bahwa aplikasi ini ternyata bisa menkonversi app menjadi file apk.

Nah bagi anda yang belum tau bagaimana cara memanfaatkan fitur untuk menkonversi aplikasi menjadi apk yang ada di clean master, berikut panduannya.
  1. Download dan install Clean Master kedalam smartphone anda.
  2. Jalankan aplikasinya.
  3. Tap pada Tools yang ada di bagian tengah bawah (diantara menu home dan me).
  4. Gulir ke bawah, temukan dan tap pada App Manager.
  5. Selanjutnya, tap pada aplikasi yang akan dijadikan apk. Ingat, jangan centang aplikasinya.
  6. Setelah itu tap pada tulisan "Backup Installation Package".
  7. Tunggu hingga prosesnya selesai.
  8. Selesai.
Untuk mengecek atau mencari dimana letak file apk tersebut di simpan, silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini.
  1. Buka aplikasi My File / Pengaturan Berkas / ES File Expolorer atau sejenisnya.
  2. Pilih Device Storage / Penyimpanan Perangkat / Memori Telepon atau keterangan sejenisnya.
  3. Cari folder "Cleanmaster » Backup".

2. Aplikasi Tools Android Assistant

Android Asistant adalah aplikasi tools android yang fungsinya hampir sama dengan Clean master yang juga menawarkan fitur seperti pembersih RAM, menghapus cache, membersihkan sistem, memindahkan aplikasi ke kartu memori yang tidak bisa dipindahkan secara manual seperti Facebook, BBM, Whatsapp dan sebagainya, menampilkan informasi perangkat, mengatur berkas, mengatur aplikasi bloatware, backup dan restore serta masih banyak lagi.

Namun untuk kesempatan kali ini admin tidak akan membahas semua fitur yang ada di Android Assitant ini, tetapi hanya akan menjelaskan bagaimana cara menggunakannya untuk membuat file apk atas aplikasi yang sudah terpasang di dalam ponsel android. Untuk cara penggunaannya, silahkan simak berikut ini.
  1. Unduh dan pasang Android Assistant.
  2. Jalankan aplikasinya.
  3. Pada tab Monitoring atau Tools, silahkan buka "Backup and Restore".
  4. Centang pada aplikasi yang akan anda jadikan sebagai file apk. Bisa satu saja atau banyak sekaligus.
  5. Selanjutnya, tap "Backup". Tunggu hingga prosesnya selesai.
  6. Selesai.
Sekali lagi untuk mencari file yang sudah menjadi apk, silahkan ikuti petunjuk berikut.
  1. Buka aplikasi Pengaturan Berkas / File Manager / ES File Expolorer atau sejenisnya.
  2. Tap Penyimpanan Internal / Device Storage / Penyimpanan Perangkat / Memori Telepon atau keterangan sejenisnya.
  3. Temukan folder "AndroidAssistant_appbackup". Di dalam folder inilah file apk anda tersimpan
  4. Selesai.

3. APK Extractor

Berbeda dengan Clean Master dan Android Assistant, APK Extractor tidak memiliki fitur tambahan lainnya. Fiturnya hanya ada satu saja, yaitu murni membuat file apk saja. Tetapi kelebihannya yaitu mampu membuat backup hampir semua aplikasi yang ada di android, termasuk aplikasi sistem seperti kamera, kontak, google play service, laucher, messages, settings, SIM card manager, sistem UI dan aplikasi sistem lainnya. Cara pemakaiannyapun sangatlah mudah, berikut tutorialnya.
  1. Unduh dan install APK Extractor.
  2. Jalankan aplikasinya.
  3. Tap pada aplikasi yang akan anda backup.
  4. Tunggu hingga prosesnya selesai.
  5. Selesai.
Bagimana, sangat mudah bukan? dan untuk mencari file apknya, letak folder ada di penyimpanan internal ponsel bernama "ExtractedApks".

4. Menjadi App Play Store Menjadi Apk via Komputer

Cara yang keempat ini adalah alternatif yang bisa anda lakukan jika ingin menjadikan aplikasi yang ada di play store menjadi file mentah apk. Anda cukup mencari aplikasi yang akan dijadikan apk, kemudian menyalin linknya.
  1. Buka situs https://play.google.com/store.
  2. Cari aplikasi yang akan dijadikan apk.
  3. Salin link pada address bar yang ada pada browser anda.
  4. Buka situs ini: Apk Downloader.
  5. Tempel link yang sudah anda salin sebelumnya pada kolom yang ada di bawah tulisan "Package name or Google Play URL".
  6. Selanjutnya, klik tombol "Generate Link Download".
  7. Klik "Download" dan tunggu hingga prosesnya selesai.

Saran

Perlu admin ingatkan, bahwa ketika anda sudah selesai melakukan backup, silahkan pindahkan file apk yang ada di dalam folder memori internal ke kartu memori / sd card. Karena apabila tetap berada di folder default / standarnya makan file tersebut akan ikut terhapus ketika anda melakukan factory reset atau menginstall ulang sistem operasi android.

Itulah tiga tools Android yang bisa digunakan untuk Menjadikan Aplikasi dari Google Play Store atau aplikasi yang sudah terpasang / terinstall di smartphone Android menjadi file dengan ekstensi APK. Terima kasih sudah berkunjung dan salam.
Open Comments