Realme C3 Factory / Hard Reset, Restart, Recovery Mode

Cara Reset Pabrik, Hard Reset, Restart dan Recovery Mode HP Realme C3 - Ada berbagai macam penyebab mengapa HP Realme C3 perlu direstart atau direset. Termasuk diantaranya karena sedang mengalami bootloop, lupa kunci pola, hang, sering restart sendiri, performa tidak stabil, ingin mengembalikan ke pengaturan pabrik dan lain sebagainya.

Restart Realme C3 terbagi kedalam dua metode, yaitu restart biasa dan restart paksa. Begitupun dengan reset yang juga terbagi kedalam dua versi, pertama Factory atau Reset Pabrik dan kedua Hard Reset. Factory reset dapat dengan mudah dilakukan melalui menu pengaturan. Sedangkan Hard Reset hanya dapat dilakukan melalui recovery mode CWM.

Realme C3 sendiri merupakan smartphone pertama Realme yang mengusung antarmuka anyar Realme UI 1.0 yang secara perdana diluncurkan pada awal Februari 2020. Handset yang dijalankan oleh sistem operasi Android Q 10 ini datang sebagai penerus Realme C2, namun berbekal fitur dan spesifikasi yang telah ditingkatkan.

Termasuk diantaranya mengusung layar berponi mini drop 6,5 inci, bodi dilapisi Splash resistant atau tahan percikan air, ditunggangi chipset Mediatek Helio G70 (12 nm), memori RAM 3GB, penyimpanan 32GB, tiga kamera belakang, satu kamera selfie dan yang menjadi modal utamanya adalah berbekal baterai berkapasitas jumbo 5.000 mAh.

Di Indonesia, Realme C3 dibanderol dengan harga cukup murah dan terjangkau, yaitu mulai Rp1.699.000. Ada dua pilihan warna yang disediakan, yaitu Frozen Blue (biru) dan Blazing Red (merah). Lihat lebih lengkap Fitur Unggulan dan Harga Realme C3 di Indonesia.

Nah, Karena masih tergolong baru, mungkin sebagian dari kalian ingin mengetahui bagaimana cara melakukan restart, reset (factory reset atau hard reset), backup data dan masuk ke mode recovery CWM HP Realme C3. Bagaimana caranya? berikut panduan lengkapnya.

1. Cara Restart Realme C3

Ada beberapa penyebab mengapa ponsel Realme C3 harus di-restart. Diantaranya karena macet, lambat, aplikasi force close, sayangnya aplikasi telah berhenti, dan lain sebagainya. Restart sendiri memiliki dua opsi, yaitu restart biasa dan restart paksa (force).

Restart biasa umumnya dilakukan hanya dengan menekan tombol Power On/Off. Sementara Restart paksa dapat dilakukan menggunakan satu tombol atau dua tombol kombinasi, yakni tombol daya dan pengatur suara.

1.1. Restart Biasa / Normal

  1. Tahan tombol [POWER] beberapa detik.
  2. Saat menu [Turn Off] muncul, swipe ke atas pada [Restart].
  3. Tunggu sampai ponsel mati lalu menyala kembali.
  4. Selesai.

1.2. Restart Paksa

  1. Dalam keadaan menyala, tekan lalu tahan tombol [DAYA] selama kurang lebih 7-10 detik. Bila tidak berhasil, silahkan tekan tombol [DAYA + VOLUME ATAS] secara bersamaan.
  2. Setelah layar blank / hitam atau terada ada getaran, silahkan lepaskan tombol-tombol tersebut.
  3. Selanjutnya, untuk menyalakan ulang ponsel, tekan tombol [DAYA].
  4. Tunggu sampai ponsel menyala kembali.
  5. Selesai.

2. Cara Reset Realme C3

Mengapa HP Realme C3 perlu di reset? Reset biasanya diperlukan ketika ponsel mengalami masalah ringan. Seperti lambat, penyimpanan internal penuh atau hampir penuh, performa tidak lancar, mengembalikan pengaturan ke setelan pabrik dan lain sebagainya.

Untuk me-reset HP Realme C3 sendiri, ada dua pilihan yang bisa kalian lakukan, yaitu Factory Reset melalui menu pengaturan dan Hard Reset via recovery CWM atau TWRP. Bedanya, factory reset terkadang tidak terlalu membersihkan secara total sisa-sisa data yang tertinggal di dalam ponsel.

Sedangkan Hard Reset, selain mampu membersihkan sisa-sisa data secara total, juga dapat digunakan untuk mengatasi beberapa masalah berat. Seperti bootloop (stuck di logo), kamera gagal realme, soft brick, lupa pola / password dan beberapa masalah rumit lainnya.
Peringatan
Factory dan Hard Reset Realme C3 dapat menyebabkan terhapusnya semua data di memori internal ponsel, seperti aplikasi, foto, video, kontak, dokumen dan lain sebagainya. Untuk itu sebelum melakukannya, pastikan kalian telah memindahkan semua data ke memori penyimpanan eksternal (SD Card).

2.1. Backup Data Realme C3

  1. Buka menu [Pengaturan] > [Pengaturan Tambahan] > [Local backup] > [Backup and Restore].
  2. Klik [Create New backup] lalu pilih data apa saja yang ingin dicadangkan.
  3. Setalah itu, tap [Start Backup] kemudian tunggu sampai prosesnya selesai.

2.2. Factory Reset Realme C3

  1. Buka menu [Settings] > [Additional Settings] > [Backup & Reset] > [Reset to Factory Settings].
  2. Pilih salah satu opsi yang ditawarkan. Tetapi disarankan untuk memilih [Erase All Data].
  3. Konfirmasi pilihan dengan mengeklik tombol [YES] dan tunggu sampai proses reset selesai.
  4. Bila sudah, ponsel secara otomatis akan melakukan restart.
  5. Di tampilan awal, silahkan lakukan konfigurasi sampai masuk ke layar utama.
  6. Selesai.

2.3. Recovery dan Hard Reset Realme C3

Untuk melakukan Hard Reset, terlebih dahulu kalian harus masuk ke menu Recovery karena proses ini hanya bisa dilakukan di dalam menu tersebut.
  1. Nonaktifkan HP Realme C3 sampai mati total.
  2. Tekan dan tahan tombol [DAYA + VOLUME BAWAH] sampai masuk ke mode recovery.
  3. Selanjutnya pilih [English] untuk bisa masuk ke menu utama recovery.
    • Untuk memindahkan pilihan (naik turun), gunakan tombol [Volume atas dan bawah].
    • Untuk konfirmasi pilihan menu gunakan tombol [Daya].
  4. Selanjutnya untuk memulai hard reset, pilih [WIPE DATA].
  5. Masukkan kode verifikasi yang tertera di layar (bila ada).
  6. Setelah itu, pilih [FORMAT DATA] > [OK].
  7. Tunggu sampai proses Wipe Data selesai dilakukan.
  8. Bila sudah, klik [OK]. Pada tahap ini, ponsel biasanya akan melakukan restart secara otomatis.
  9. Tetapi, bila tidak terjadi, maka silahkan reboot manual dengan memilih menu [Reboot].
  10. Tunggu sampai perangkat menyala dengan sempurna. Selesai.

Bagaimana? Mudah bukan? Nah demikianlah tutorial Cara Restart, Factory Reset, Hard Reset dan Masuk Recovery Mode Realme C3 pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.