Cara Maksimalkan Kinerja MIUI 12 Xiaomi Tanpa UBL / Root

AndroLite.com - Dibalik tampilannya yang lebih menarik, user interface, dan telah dibekali berbagai optimasi agar ROM MIUI Xiaomi dapat berjalan secara optimal, ternyata masih ada banyak cara lagi yang bisa dilakukan oleh pengguna agar MIUI dapat lebih maksimal, sehingga performanya bisa lebih stabil lagi, gesit, responsive, cepat dan lebih hemat baterai.

Dan hal ini bisa dilakukan dengan mudah oleh siapa saja, karena selain bisa dilakukan dengan menggunakan atau tanpa bantuan komputer (PC/Laptop). Bukan hanya itu saja, Bootloader ponsel Xiaomi juga TIDAK HARUS di-Unlock (Tanpa UBL), tidak perlu root dan tanpa harus install / pasang custom ROM, sehingga ponsel akan tetap aman dan masih bisa mendapatkan Update OTA secara reguler.

Nah, sehubungan dengan hal tersebut di atas, pada kesempatan kali ini, AndroLite.com akan berbagai kepada kalian tentang bagaimana cara memaksimalkan atau meningkatkan kinerja / performa / kecepatan ROM MIUI Xiaomi versi 11 / 12 hingga versi terbaru berbasis Android 9 / 10 / 11 secara efektif. Baik pada HP Xiaomi seri Mi, Redmi, Poco / Pocophone hingga seri Black Shark.


Baca juga : Cara Unlock Bootloader (UBL) XIAOMI Tanpa Request Terbaru

1. Manfaat Ooptimalkan Kinerja MIUI Xiaomi

Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan ketika ROM MIUI yang berjalan pada smartphone Xiaomi dioptimalkan. Apa saja itu? Berikut uraiannya.
  1. Ruang penyimpanan internal bisa lebih lega.
  2. Penggunaan RAM (RAM Usage) sedikit lebih ringan.
  3. Menghapus berbagai iklan yang sering mengganggu.
  4. Konsumsi daya baterai bisa lebih hemat dan tahan lama.
  5. Kinerja ponsel bisa berjalan lebih cepat, gesit dan responsive.
  6. Kuota internet bisa sedikit lebih hemat.
  7. Ponsel tetap bisa mendapatkan update OTA reguler karena bootloader tetap terkunci.
  8. Dan lain sebagainya.

2. Cara Maksimalkan Performa MIUI Tanpa UBL / Root

Nah, tutorial lengkap tentang bagaimana caranya agar ROM MIUI Xiaomi dapat dimaksimalkan secara sempurna, pada kesempatan kali ini AndroLite akan bagi panduannya kedalam dua metode. Pertama TANPA menggunakan bantuan komputer (PC/Laptop) dan kedua menghapus aplikasi Bootloader (menggunakan bantuan komputer).

2.1. Optimalkan Perfoma MIUI Tanpa PC/Laptop

Pengoptimalan MIUI tanpa menggunakan PC merupakan cara yang paling mudah dan praktis untuk diterapkan. Dengan kata lain, kalian hanya perlu melakukan beberapa konfigurasi, seperti menonaktifkan iklan, memberikan / menghapus akses pada sebagian aplikasi, uninstall app dan lain sebagainya.

2.1.1. Matikan akses MSA dan MiuiDaemon

MSA atau merupakan kepanjangan dari MIUI System Ads merupakan sebuah aplikasi yang berfungsi untuk menampilkan layanan iklan pada MIUI. Sedangkan MIUI Deomon merupakan sebuah layanan untuk mengkoleksi statistik yang ada di dalam ponsel yang kemudian akan mengirimkannya ke server Xiaomi.

Nah, kedua aplikasi sistem ini sangat penting untuk dimatikan / dinonaktifkan agar tidak memberikan beban lebih pada ponsel. Dan mengenai keduanya, kalian tidak perlu khawatir karena keduanya tidak akan mempengaruhi sistem MIUI. Jadi akan sangat aman untuk dinonaktifkan. Berikut cara mematikannya.

  1. Buka menu "Pengaturan (Settings) > Sandi & Keamanan (Password & Security) > Otorisasi dan Pencabutan (Authorization & Revocation)".
  2. Gulir kebawah kemudian cari aplikasi MSA dan MiuiDaemon.
  3. Setelah itu, nonaktifkan kedua aplikasi tersebut dengan cara mematikan toggle aktivasi di samping kanannya.

Baca juga : Download Kumpulan GCAM + Configs HP Xiaomi Terbaru

2.1.2. Cabut Otoritas Data Seluler pada MSA dan MiuiDaemon

Mengapa harus mencabut otoritas penggunaan data seluler pada MSA dan MiuiDaemon? Alasannya adalah agar kedua aplikasi ini tidak dapat lagi mendapatkan akses internet sehingga kedua aplikasi secara sempurna bisa nonaktif. Untuk mencabut otoritasnya, berikut langkah-langkahnya.
  1. Masuk ke menu "Pengaturan (Settings) > Apl (Apps) > Kelola Aplikasi (Manage Apps)".
  2. Klik 3 titik yang ada di pojok kanan atas kemudian pilih "Tampilkan semua apl (Show all apps)".
  3. Gulir ke bawah, temukan kemudian buka aplikasi "MSA" dan "MiuiDaemon".
  4. Buka / klik pada bagian "Batasi Penggunaan Data / Restrict Data Usage".
  5. Kemudian di dalamnya hapus centang pada opsi "Data Seluler / Mobile Data" lalu klik "OK".
Tambahan : Selain dua aplikasi yang telah disebutkan di atas, kalian juga bisa mencabut otoritas penggunaan data seluler terhadap aplikasi yang lain. Seperti File Manager, Mi Remote, Compass, dan sebagainya.

2.1.3. Nonaktifkan / Hapus Iklan

Selain MIUI System Ads (MSA), iklan yang membuat performa menjadi berat juga sering muncul pada aplikasi-aplikasi standar MIUI. Seperti Mi Music, Mi, Video, Pengaturan, File Manager, Unduhan, Mi Browser serta beberapa aplikasi-aplikasi standar lainnya.

Untuk itu, kalian perlu menonaktifkannya satu-persatu agar performa MIUI bisa sedikit lebih meningkat. Nah, untuk panduan lengkapnya sendiri, bisa kalian lihat pada artikel tentang Bagaimana Cara Matikan/Hapus Iklan pada HP Xiaomi.

2.1.4. Nonaktifkan Penggunaan & Diagnostik

Cara lain yang bisa kalian lakukan untuk dapat meningkatkan kinerja MIUI adalah dengan cara mematikan layanan penggunaan dan diagnostik. Layanan ini sejatinya merupakan sebuah program untuk mengirim statistik data penggunaan dan diagnosa perangkat ke server Google. Berikut cara menonaktifkannya.
  1. Buka menu Pengaturan / Settings.
  2. Pilih "Privasi / Privacy".
  3. Pilih "Penggunaan & Diagnostik"
  4. Di dalamnya, silahkan kalian nonaktifkan layanan tersebut.

Baca juga : Download Kumpulan TWRP Xiaomi Mi Redmi All Series

2.1.5. Nonaktifkan Program Pengalaman Pengguna

Tidak jauh berbeda dengan layanan Penggunaan dan Diagnostik di atas, Program Pengalaman Pengguna dan Otomatis Kirim data Statistik juga dapat mempengaruhi kinerja MIUI. Untuk itu, kedua layanan ini juga bisa kalian nonaktifkan di dalam menu pengaturan.
  1. Buka menu Pengaturan / Settings.
  2. Pilih "Sandi dan Keamanan".
  3. Pilih "Privasi"
  4. Di dalamnya, silahkan nonaktifkan "Program Pengalaman Pengguna" dan "Otomatis Kirim Data Diagnostik".

2.1.6. Matikan Pencatatan Log Debug Iklan dan Personalisasi Iklan

Untuk lebih meminimalisir munculnya iklan yang sering muncul dan sekaligus untuk mengurangi beban kerja pada MIUI, kalian juga harus menonaktifkan layanan Pencatatan Log debug Iklan dan Personalisasi Iklan. Untuk mematikannya, berikut langkah-langkahnya.
  1. Masuk ke menu Pengaturan / Settings.
  2. Pilih "Privasi / Privacy".
  3. Pilih "Iklan / Ads"
  4. Selanjutnya aktifkan pada opsi "Jangan ikut Personalisasi Iklan".
  5. Sedangkan pada opsi "Aktifkan pencatatan log debug iklan" pilih disable / nonaktifkan.

2.1.7. Matikan Rekomendasi dan Ubah Layar-1 di Home Screen

Menonaktifkan tampilkan rekomendasi dan mengubah opsi Layar -1 di Home Screen juga dapat sedikit meningkatkan performa ROM MIUI. Nah, untuk melakukannya, berikut langkah-langkahnya :
  1. Buka menu Pengaturan / Settings.
  2. Pilih "Layar Utama / Home Screen".
  3. Pilih lagi opsi "Layar Utama / Home Screen"
  4. Di dalamnya, silahkan nonaktifkan opsi "Tampilkan Rekomendasi / Show Suggestions".
  5. Setelah itu, buka opsi "Layar -1 / Screen -1" lalu ubah ke pilihan Google Discover" atau pilih opsi "Tidak Ada / None"

Baca juga : Download Mi Flash Unlock Xiaomi (Mi/Redmi/Poco) Terbaru

2.2. Hapus App Bloatware Untuk Meningkatkan Kecepatan MIUI

Bila masih belum puas dengan performa yang dihasilkan ketika kalian sudah menerapkan beberapa / semua metode di atas, kalian juga bisa melakukan peningkatan performa MIUI dengan cara "Menghapus Aplikasi Bloatware". Yaitu aplikasi-aplikasi yang tidak bisa dihapus / uninstall oleh pengguna.

Tetapi untuk menghapus aplikasi bloatware tersebut, kalian tentu saja memerlukan bantuan komputer, baik berupa PC maupun Laptop untuk melakukannya. Selain itu, kalian juga harus mempersiapkan beberapa peralatan dan bahan lainnya, seperti tool atau aplikasi serta beberapa persyaratan lainnya.

2.2.1. Alat dan Aplikasi yang Dibutuhkan


2.2.2. Cara Menghapus Aplikasi Bloatware MIUI

PERINGATAN : Sebelum melakukan penghapusan terhadap aplikasi bloatware, sangat disarankan agar kalian mem-BACKUP data terlebih dahulu. Agar nantinya ketika terjadi kesalahan, kalian bisa merestorenya dengan mudah.

Untuk melakukan Backup, silahkan masuk ke menu Pengaturan > Tentang Telepon > Cadangkan dan Pulihkan > pilih Perangkat Seluler atau Komputer > Cadangkan.
  1. Hubungkan smartphone Xiaomi kalian ke Komputer menggunakan kabel USB (pastikan USB Debugging ponsel sudah diaktifkan).
  2. Bila terdapat kotak dialog sesaat setelah menyambungkan ponsel dengan komputer, silahkan pilih "Transfer File" kemudian pilih "OK".
  3. Selanjutnya, jalankan aplikasi "Xiaomi ADB/Fastboot Tools 7.0.3". Pastikan aplikasi ini telah membaca perangkat, yaitu akan muncul Serial Number dan Codename pada bagian "Device Info".
  4. Setelah smartphone Xiaomi sudah terkoneksi dengan baik dengan PC, selanjutnya centang aplikasi-aplikasi yang akan dihapus. Berikut daftar yang kami rekomendasikan:
    • Analytics
    • App Vault
    • Download
    • Facebook
    • Games
    • Getapps / Mi Aps Store(Gantinya Google Play Store)
    • Google Drive
    • Google One
    • MSA
    • Mi Credit
    • Mi Pay
    • MiuiDaemon
    • PartnerNetflixActivation
    • Youtube (Bisa diganti dengan Youtube Vanced yang bebas iklan)
  5. Setelah mencentang semua aplikasi bloatware yang akan dihapus, selanjutnya klik tombol "Uninstall" yang ada di bagian bawah aplikasi.
  6. Tunggu hingga prosesnya selesai. Bila sudah, silahkan cabut kabel USB lalu restart ponsel kalian. Selesai!

Selain metode-metode yang telah disebutkan di atas, sebenarnya masih ada dua cara lagi untuk meningkatkan performa MIUI Xiaomi, yaitu Pasang / Install Custom ROM dan melakukan Root. Tetapi kedua cara ini membutuhkan pemahaman lebih lanjut (advanced) dan membutuhkan persyaratan Unlock Bootloader serta dapat membuat hangus garansi smartphone.

Dan untuk pembahasan kedua metode tersebut, akan AndroLite.com bahas lebih lanjut dikesempatan yang akan datang. Tetapi jika kalian berminat, kalian bisa mencari tutorialnya sendiri di internet, seperti forum Xioami, XDA Developers atau mencarinya di Youtube.

3. Tested Devices

Pengoptimalan kinerja MIUI ini, selain telah diuji coba di MIUI versi 12, juga dapat diterapkan untuk versi lawas, seperti MIUI 10 dan 11. Baik yang masih berbasis Android Pie 9.0, Android Q 10.0 hingga versi yang lebih baru. Berikut daftar HP Xiaomi yang ROM MIUI-nya dapat dioptimalkan (tested).
  1. Redmi Series : Redmi 9, 9C, 9A, 9 Power, 8, 8A, 8A Pro, K20, K20 Pro, dan sebagainya.
  2. Redmi Note Series : Note 9/Pro/Max, Note 8/Pro, Note 7/Pro.
  3. Mi Series : Mi 10/10T/Pro/Lite, Mi 9/Pro/9T, Mi 8/Pro/Lite/Explore, Mi Max 3, Mi A3/Lite.
  4. Pocophone : M2, M3, F2, F3, Poco X2, Poco X3/NFC, Black Shark dan seterusnya.


  5. Nah, demikianlah panduan terlengkap tentang bagaimana cara memaksimalkan / meningkatkan kinerja / performa ROM MIUI Xiaomi versi terbaru pada kesempatan kali ini. Semoga kalian bisa dengan mudah mempraktekkannya sendiri. Terima kasih telah berkunjung, dan jangan lupa Share artikel ini jika dirasa bermanfaat. Salam!

    Baca juga : 5 Cara Lock Sinyal 4G LTE Only Semua HP Xiaomi Terbaru