Download Kumpulan GCAM + Configs HP Xiaomi Terbaru

AndroLite.com - Beberapa tahun belakangan ini, aplikasi Google Camera atau yang lebih dikenal dengan istilah GCam semakin populer dikalangan pengguna Smartphone Android, tidak terkecuali HP Xiaomi. Betapa tidak, aplikasi yang satu ini dapat membantu penggunanya dalam menemukan performa foto / video terbaiknya dengan hasil yang lebih maksimal.

GCam sendiri adalah sebuah aplikasi pengambil gambar / video yang dirancang oleh Google untuk dapat menghasilkan gambar jauh berbeda dan lebih menarik dibandingkan dengan aplikasi kamera lainnya. Aplikasi ini sebenarnya dibuat khusus untuk perangkat Google Pixel, namun banyak pengembang yang melakukan port agar dapat digunakan di smartphone lain, contohnya untuk HP Xiaomi.

Ada beberapa fitur menarik yang ditawarkannya, diantaranya ada mode potrait, HDR+ Enhanced, Astrophotography mode, Night Sight, panorama, lens blur, photo sphere dan lain sebagainya. Fitur-fitur tersebut memiliki kelebihan / keunikan tersendiri, sehingga gambar yang dihasilkan bisa jauh lebih maksimal.

Nah, bagi kalian pengguna HP Xiaomi, baik itu Redmi Series, Redmi Note Series maupun Pocophone (Poco) Series yang ingin memasang aplikasi Google Camera, berikut AndroLite.com sajikan kumpulan aplikasi beserta link downloadnya secara gratis dan tutorial bagaimana cara pemasangannya.


Baca juga: Download GCam Apk + Configs Poco X3 NFC + Cara Install Tanpa Root

1. Download GCAM Semua HP Xiaomi

Sejauh ini, ada banyak versi GCam yang sudah support dengan HP Xiaomi, tetapi tidak semua versi berjalan dengan lancar. Nah, untuk itu berikut link download file Gcam yang sudah "Tested" untuk beberapa ponsel Xiaomi.

SeriApkConfigs
Redmi Note 9NGCam_7.4.104-v1.8-fix.apkConfigs.xml
Redmi Note 9 ProNGCam_7.4.104-v1.8-fix.apkConfigs.xml
Redmi Note 8NGCam_7.4.104-v1.8-fix.apkConfigs.xml
Redmi Note 8 ProGCam_RN8P_Wyroczen_7.3.020_2.0.apkConfigs.xml
Redmi 9Fire_7.3.020_4th-form.apkConfigs.xml
Redmi 9AGcam_Redmi9A_32bitConfigs.xml
Redmi 9CGcam_Redmi9C_32bitConfigs.xml
Poco X3 NFCNGCam_7.4.104-v1.9.apkConfigs.xml
Poco X3 NFCFire_7.3.020_4th-form.apkConfigs.xml
Poco F2 ProNGCam_7.4.104-v1.8-fix.apkConfigs.xml

Selain link yang telah dispesifikasikan di atas, masih banyak lagi link download untuk GCam HP Xiaomi. Berikut beberapa aplikasi yang direkomendasikan berdasarkan pengembangnya beserta file confignya. Silahkan dicoba satu persatu.

DeveloperApkConfigs
NikitaNGCam_Nikita.apkConfigs.xml
Urnyx05GCam_Urnyx05.apkConfigs.xml
WyroczenGCam_Wyroczen.apkConfigs.xml
onFireGCam_onFire.apkConfigs.xml

Baca juga: Cara Baru UBL Semua HP Xiaomi Tanpa Menunggu / Request

2. Cara Install Gcam Apk HP Xiaomi

Pada dasarnya, proses penginstallan aplikasi Gcam serta file konfigurasinya, prosesnya sangatlah mudah dan cepat. Namun, bila kalian masih awam soal ini, berikut kami sajikan panduan lengkap bagaimana cara pasang Gcam pada HP Xiaomi ini.
  1. Pertama, silahkan download file gcam.apk yang telah disediakan di atas.
  2. Selanjutnya silahkan install file gcam apk sama seperti menginstall aplikasi pihak ketiga pada umumnya.
  3. Bila muncul sebuah jendela security file manager, silahkan pilih "Settings" lalu aktifkan "Allow from this source".
  4. Selanjutnya, tekan "Back / Kembali" kemudian lanjutkan dengan mentap "Install". Tunggu sampai proses pemasangannya selesai.

Baca juga: Cara Install GCam Pada Xiaomi Redmi 9 dan Redmi Note 9 Series

3. Cara Import Gcam Configs.xml HP Xiaomi

Bila pemasangan aplikasi Gcam telah selesai, selanjutnya adalah cara import file configs Google Camera. File ini sendiri merupakan kumpulan pengaturan-pengaturan yang berfungsi untuk memaksimalkan hasil tangkapan kamera pada Poco X3. Jadi, kalian tidak perlu lagi melakukan konfigurasi manual atau dengan kata lain langsung pakai.

Untuk cara importnya, silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Pertama, silahkan download file gcam.xml di atas (pilih sesuai versi gcam yang digunakan).
  2. Setelah itu jalankan aplikasi Gcam, kemudian Swipe / Usap ke bawah pada layar untuk memunculkan menu pengaturan.
  3. Di dalamnya silahkan tap ikon Gerigi / Gear yang terdapat pada sudut kanan bawah aplikasi.
  4. Gulir ke bawah lalu pilih opsi "Save XML Configs".
  5. Selanjutnya tap pada bagian "Save" (Gambar Disket) kemudian masukkan / ketikkan apa saja untuk menamai pengaturan Gcam. Setelah itu tap "Ok".
  6. Bila sudah, silahkan tutup aplikasi Gcam.
  7. Langkah selanjutnya, masuk ke "File Manager > Memori Internal > Download" lalu copy file Gcam.XML yang sebelumnya sudah kalian unduh.
  8. Kemudian paste / tempel file GCam.xml tersebut di "File Manager > Memori Internal > Gcam > Configs7".
  9. Setelah itu, buka kembali aplikasi GCam lalu tap 2x (dua kali) pada space hitam diantara tombol rotate dan shutter hingga muncul pilhan file konfigurasi. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat gambar berikut ini.
  10. Bila sudah, silahkan tap "Restore" untuk menyimpan pilihan. Selesai.

Baca juga: Developer Options, USB Debugging, OEM Unlock XIAOMI (All Type)

Nah, pada tahap ini, kalian sudah bisa menggunakan aplikasi Gcam untuk mengambil foto atau video dan tidak perlu lagi melakukan pengaturan. Karena seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa di dalam file configs sudah terdapat berbagai pengaturan yang telah dimaksimalkan. Tetapi bila masih belum puas, kalian bisa mengaturnya sendiri di dalam menu pengaturan.

Bagaimana, mudah bukan? Nah, itulah tutorial lengkap tentang bagaimana cara pasang Gcam.apk + file Configs untuk semua HP Xiaomi terbaru tanpa root pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat, selamat mencoba dan semoga berhasil. Terima kasih telah berkunjung, Salam!