9 Cara Matikan / Hapus Iklan di HP Xiaomi MIUI 11 / 12

Pada kesempatan kali ini, AndroLite.com secara lengkap akan membahas tentang bagaimana cara nonaktifkan / mematikan iklan secara efektif di semua HP Xiaomi tanpa root (Seri Mi, Redmi, Poco / Pocophone. Baik yang masih menggunakan ROM MIUI 11, 12 ataupun versi lebih baru dengan berbasis Android Pie 9.0, Android Q 10.0 hingga yang terbaru saat ini Android 11.

Dibalik harga murah dan spesifikasi mempuni yang ditawarkannya serta ROM MIUI dengan tampilan yang menarik, menyimpan suatu hal yang sering menimbulkan berbagai pro dan kontra bagi para penggunanya, yaitu iklan atau ads. Memang iklan-iklan tersebut tidak sering muncul, namun ada kalanya pengguna akan merasa sangat terganggu ketika ponsel sedang asyik digunakan, tiba-tiba ada iklan yang muncul.

Iklan yang terdapat di dalam HP Xiaomi pada umumnya hanya muncul pada saat aplikasi standar MIUI dibuka. Seperti Mi Music, Mi, Video, Pengaturan, File Manager, Unduhan, Mi Browser serta beberapa aplikasi standar lainnya. Meski demikian, Xiaomi juga memberikan keleluasaan kepada penggunanya untuk bisa menonaktifkan / sembunyikan iklan-iklan tersebut.

Nah, bagi kalian yang sedang mencari solusi terbaik agar supaya iklan yang terdapat di dalam HP Xiaomi bisa dimatikan / dinonaktifkan, berikut ini AndroLite.com sajikan panduan lengkapnya secara detail yang disertakan dengan gambar sehingga memudahkan kalian dalam mengaplikasikannya.


Baca juga : 5 Cara Lock Sinyal 4G LTE Only Semua HP Xiaomi Terbaru

1. Cara Hilangkan / Hapus Iklan di HP Xiaomi

Ada banyak cara yang bisa kalian lakukan untuk menghilangkan iklan yang muncul di ponsel Xiaomi dan tanpa harus Install Custom ROM ataupun Tanpa Root. Baik melalui menu pengaturan ataupun pengaturan khusus / tambahan pada setiap aplikasi yang sering memunculkan iklan secara mudah dan cepat. Bagaimana caranya? Berikut tutorial lengkapnya.

1.1. Hapus Iklan dengan Menonaktifkan MSA

MIUI System Ads atau yang disingkat MSA merupakan sebuah aplikasi yang ditanamkan oleh Xiaomi ke dalam sistem untuk menampilkan iklan di sebagian antarmuka MIUI dan aplikasi bawaannya. Aplikasi ini sejatinya tidak bisa dihapus (uninstall). Namun, bisa dinonaktifkan agar ponsel Xiaomi bisa bebas iklan.

Nah, untuk menonaktifkannya, berikut langkah-langkahnya.
  1. Pertama, buka menu "Pengaturan (Settings) > Sandi & Keamanan (Password & Security) > Otorisasi dan Pencabutan (Authorization & Revocation)".
  2. Gulir ke bawah lalu temukan aplikasi bernama "MSA".
  3. Selanjutnya, nonaktifkan aplikasi tersebut dengan menekan toggle aktivasi di samping kanannya.
  4. Tunggu beberapa detik hingga sebuah kotak dialog peringatan. Lalu lanjutkan dengan memilih opsi "Cabut".

1.2. Matikan Ads dengan Menonaktifkan Layanan Iklan

Selain mencabut otorisasi MSA, kalian juga bisa menyembunyikan ads di HP Xiaomi dengan cara mematikan layanan iklan pribadi (Personalised Ad Recommendations). Dengan ini, MIUI tidak bakal mengirimkan lagi remondasi iklan.

  1. Buka menu "Pengaturan (Settings) > Sandi & Keamanan (Password & Security) > Privasi (Privacy) > Layanan Iklan (Ad Services)".
  2. Di dalamnya, silahkan nonaktifkan opsi "Rekomendasi Iklan yang dipersonalisasi" dengan cara menekan toggle aktivasi di samping kanannya.

Baca juga : Cara Unlock Bootloader (UBL) XIAOMI Tanpa Request Terbaru

1.3. Cara Nonaktifkan Iklan di Aplikasi MIUI

Selain cara mematikan iklan untuk tampilan MIUI, Xiaomi juga memberikan keleluasaan kepada penggunanya agar dapat menonaktifkan iklan di aplikasi-aplikasi bawaan. Seperti Mi Browser, Mi Security, Mi Music, Mi Video, File Manager, Mi Download, Tema MIUI dan lain sebagainya.

1.3.1. Mi Browser

  1. Pertama, silahkan buka aplikasi Mi Browser.
  2. Setelah itu, pilih ikon profil yang ada di sudut kanan bawah browser. Setelah itu, tap ikon gerigi (pengaturan) yang ada di sudut kanan atas.
  3. Di dalamnya, pilih opsi "Lanjutan (Advanced)" kemudian Aktifkan opsi "Pemblokiran Iklan" dan Nonaktifkan opsi "Tampilkan Iklan".
  4. Bila sudah, silahkan tekan kembali dan tutup aplikasi Mi Browser. Setelah itu, silahkan buka kembali untuk melihat hasilnya.

1.3.2. Mi Security

  1. Buka aplikasi Mi Security / Keamanan.
  2. Pilih ikon gerigi (Pengaturan) yang ada di pojok kanan atas.
  3. Gulir ke bawah, lalu matikan opsi "Terima Rekomendasi".
  4. Selanjutnya, buka lagi menu "Pembersih (Cleaner)".
  5. Kemudian di dalamnya matikan juga opsi "Terima Rekomendasi."

1.3.3. Mi Music

  1. Buka aplikasi Mi Music.
  2. Buka ikon "Menu" yang ada di sudut kiri atas lalu pilih "Setelan".
  3. Di dalamnya, pilih opsi "Setelan Lanjutan"
  4. Terakhir, silahkan matikan opsi "Tampilkan Iklan"

1.3.4. Mi Video

  1. Buka aplikasi Mi Video.
  2. Tap ikon "Profil" yang ada di sudut kanan bawah lalu pilih "Setelan".
  3. Di dalamnya, matikan opsi "Rekomendasi Online" dan "Personalisasi Rekomendasi"
  4. Setelah itu, tutup aplikasi kemudian buka ulang untuk melihat hasilnya.

1.3.5. File Manager

  1. Buka aplikasi File Manager.
  2. Di pojok kiri atas, klik ikon "Menu".
  3. Selanjutnya pilih "Setelan > Tentang".
  4. Di dalamnya, silahkan nonaktifkan opsi "Rekomendasi".

1.3.6. Unduhan (Mi Download)

  1. Buka aplikasi Unduhan.
  2. Di pojok kanan atas, klik ikon "Menu" (tiga titik).
  3. Selanjutnya pilih "Setelan".
  4. Di dalamnya, silahkan nonaktifkan opsi "Rekomendasi".

1.3.7. Tema MIUI

  1. Buka aplikasi Tema MIUI.
  2. Di pojok kanan bawah, klik ikon "Profil".
  3. Pilih "Setelan".
  4. Lalu matikan opsi "Tampilkan Konten Rekomendasi".
  5. Terakhir, pilih "Ok".

Baca juga : Download Kumpulan GCAM + Configs HP Xiaomi Terbaru

2. Cara Hapus Iklan HP Xiaomi dengan Custom ROM

Selain cara-cara yang telah disebutkan di atas, sebenarnya masih banyak lagi cara yang bisa kalian lakukan untuk menyembunyikan ads di ponsel Xiaomi. Termasuk salah satunya menggunakan Custom ROM MIUI atau ROM MIUI yang telah dimodifikasi. Cara ini tergolong merupakan salah satu cara terbaik untuk hapus iklan di HP Xiaomi.

Selain itu, di dalam ROM Custom MIUI juga telah disematkan berbagai optimasi sehingga memungkinkan perangkat Xiaomi berjalan dengan performa lebih mengagumkan, gesit, lebih nyaman digunakan dan masih banyak keuntungan lainnya. Meski begitu, ROM kostumasi ini memiliki kekurangan tersendiri, termasuk tidak bisa mendapatkan update reguler dari developer, sistem keamanan lemah dan lain sebagainya.

Nah, bagi kalian yang tertarik untuk menggunakan costom ROM MIUI ini, akan Androlite bahas secara terpisah pada kesempatan yang akan datang. Atau bisa juga mengunjugi situs XIAOMI.EU COMMUNITY untuk informasi lebih lanjut atau untuk mendownload Custom ROM MIUI versi terbaru.

Demikianlah cara efektif untuk membasmi atau menghapus iklan di ponsel Xiaomi yang terbukti berhasil AndroLite.com coba di perangkat POCO X3 NFC, Redmi Note 9/Pro, Redmi 9/9A/9C, Mi 10/10T/Pro, baik yang masih menggunakan MIUI versi 11, 12 hingga versi lebih baru berbasis Android 9.0, 10.0 dan 11.0. Terima kasih telah berkunjung, Salam!

Baca juga : Download Kumpulan TWRP Xiaomi Mi Redmi All Series