Cara Atasi Windows Cannot be Installed to This Disk MBR/GPT

AndroLite.com : Cara Atasi Windows Cannot be Installed to This Disk MBR / GPT Terbaru 2023 - Seringkali pada saat kita akan melakukan penginstallan / pemasangan Sistem Operasi Windows, baik itu pemasangan ulang ataupun baru ke dalam PC / Laptop, terkadang kita menjumpai sebuah masalah disebabkan oleh hardisk yang kita gunakan berada pada format MBR / GPT.

Dan jika Windows mendeteksi adanya ketidakcocokan antara keduanya, biasanya akan terdapat pesan error. Pesan error tersebut biasanya terbagi ke dalam 2 jenis, tergantung jenis hardisk yang digunakan. Pesan error tersebut bisa kalian lihat di bawah ini.
Pesan Error #1. "Windows Cannot be Installed to This Disk. The Selected Disk Has An MBR Partition Table On EFI Systems. Windows Can Only Be Installed to GPT Disks."
Jika diartikan kedalam bahasa Indonesia mempunya arti bahwa "Windows tidak dapat diinstall kedalam disk ini. Disk yang dipilih adalah Partisi MBR pada sistem EFI. Windows hanya bisa diinstall ke dalam Disk GPT."
Pesan Error #2. "Windows Cannot be Installed to This Disk. The Selected Disk is of the GPT Partition Style"
Artinya "Windows tidak dapat diinstall / dipasang pada disk ini. Disk yang terpilih adalah Partisi Model GPT."

Apabila kalian mengalami atau mendapatkan salah satu dari dua masalah yang telah disebutkan di atas, maka kalian tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan 3 solusi yang bisa dicoba untuk mengatasinya.

1. Apa Itu MBR dan GPT?

Namun sebelum lanjut ke pokok permasalahan, ada baiknya bila kalian terlebih memahami tentang apa itu MBR dan GPT. MBR merupakan singkatan dari Master Boot Record yang mempunyai fungsi untuk mengatur data maksimal hanya 2.2TB (Tera Byte) dan hanya bisa terbagi kedalam 4 partisi saja. Dengan kata lain, walaupun hardisk kalian mempunyai kapasitas lebih dari 2.2TB, tetapi percuma saja apabila formatnya masih MBR.

Karena format ini hanya bisa melakukan pengaturan data maksimal 2.2TB. MBR adalah tipe yang spesial dari boot sector dan memegang informasi mengenai logical partition, berisi file system serta mengatur sistem.

Sedangkan GPT adalah singkatan dari GUID Partition Table yang memiliki kemampuan untuk mengolah data atau penyimpanan hingga 9.4ZB (Zetta Byte) dan bisa memiliki 128 partisi primer.

Hardisk GPT ini digunakan untuk menginstall Windows dalam mode UEFI (Unified Extensible Filmware Interface) yang memiliki kemampuan booting dua kali lebih cepat dari BIOS biasa. Perbedaan mendasar dari kedua format ini, bisa kalian lihat pada tabel berikut ini.
UraianMBRGPT
Partisi PrimerMaksimal 4 PartisiHingga 128 Partisi
Penyimpanan / Pengolahan DataMaksimal 2.2TBMaksimal 9.4ZB
Dukungan Sistem OperasiSemua OSWin XP 64bit dan Windows yang Kompitabel
Dukungan Windows Boot 32bitWin XP, Vista, 7, 8, 10Hanya Win 8 x32

Baca juga : 8 Cara Mempercepat Kinerja Komputer (PC/Laptop) Terbaru

2. Solusi Windows Cannot be Installed to This Disk (MBR / GPT)

Sebenarnya ada banyak solusi dari yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan ini, namun pada kesempatan pada kali ini saya hanya akan memberikannya sebanyak 4 solusi. Menurut pengalaman pribadi saya, ketiga solusi ini sudah pernah saya gunakan dan Alhamdulillah berhasil.

2.1. Boot Melalui Legacy/UEFI Mode

Metode pertama ini adalah salah satu hal yang perlu kalian coba sebelum melangkah ke cara lainnya. Karena cara ini hanya perlu dilakukan dengan cara memindahkan jenis Boot ke mode Legacy atau UEFI mode. Nah, untuk melakukannya, kalian harus booting ke BIOS terlebih dahulu. Bagaimana caranya, berikut panduan lengkapnya.
  1. Matikan komputer / laptop kalian secara off total.
  2. Nyalakan kembali komputer kalian. Sesaat setelah kalian melihat logo booting atau layar sudah mulai menyala, segera tekan tombol masuk BIOS. Dalam hal ini, bisa saja tombol Esc, Delete, F1, F2, F10, F11, atau F12 (tergantung jenis komputer/laptop).
  3. Setelah berada di menu BIOS, silahkan geser ke tab Boot. Kemudian Pada bagian UEFI/BIOS Boot Mode, silahkan ganti menjadi Legacy atau ke EUFI mode.
  4. Setelah itu, tekan tombol F10 untuk menyimpan pengaturan dan sekaligus untuk keluar dari menu BIOS.
  5. Selanjutnya, komputer akan kembali melanjutkan install Windows dengan sendirinya.

Nah, ketika komputer kalian masih tetap tidak bisa melakukan install Windows, cobalah cara selanjutnya. Yaitu dengan cara membuat bootable windows ke Format GPT ataupun MBR, Convert Hardisk, gunakan Windows 64bit dan seterusnya.

2.2. Buat Bootable Windows Format GPT atau MBR

Cara / Metode kedua ini merupakan cara yang paling mudah untuk dilakukan karena kita hanya perlu membuat bootable windows kedalam format GPT atau MBR sesuai dengan format hardisk yang dimiliki. Untuk tutorial lengkapnya, silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini.
  1. Siapkan file Windows yang berekstensi ISO.
  2. Siapkan Flashdisk minimal berkapasitas 4GB.
  3. Download Aplikasi RUFUS USB Tool, lalu dan jalankan.
  4. Colokkan Flashdisk ke komputer, kemudian jalankan aplikasi Rufus.
  5. Selanjutnya, lakukan pengaturan pada beberapa bagian yang ada di dalam aplikasi rufus. Contohnya kurang lebih terlihat pada gambar di bawah ini.
    • Device : Yaitu USB yang tercolok di komputer dan secara otomatis akan dipilih oleh aplikasi.
    • Boot Selection : Klik "Select" kemudian pilih OS Windows (ekstensi .iso) yang akan dijadikan bootable.
    • Partition Schema : Jenis bootable yang diinginkan, apakah MBR atau GPT (silahkan disesuaikan).
    • Target System : Secara otomatis akan menyesuaikan sendiri mengikuti format patition schema.
    • Volume Label : Nama yang akan ditampilkan pada flashdisk.
    • File System : Pilih FAT32 atau NTFS (silahkan disesuaikan).
    • Cluster Size : Direkomendasikan pilih default saja.
  6. Setelah konfigurasi pada rufus selesai dilakukan, selanjutnya klik "Start" dan tunggu hingga selesai.

2.3. Convert Hardisk dari MBR ke GPT atau Sebaliknya

PERINGATAN!!!
Melakukan konversi Hardisk dari MBR ke GPT atau sebaliknya, dapat menyebabkan semua data / file di dalam Hardisk terhapus secara permanen. Baik di partisi C:, D:, E: dan seterusnya.

Untuk itu, sebelum melakukannya, sebaiknya lakukan BACKUP atau PINDAHKAN semua data yang ada di dalamnya ke media penyimpanan lainnya.
Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengkonversi hardisk ke format MBR atau GPT atau sebaliknya. Namun disini saya akan memberikan cara gampangnya saja dan tanpa menggunakan aplikasi pembantu.

Yaitu dengan menggunakan command prompt (CMD). Namun sekali lagi saya ingatkan, mengkonversi hardisk akan membersihkan / memformat semua isi yang ada di dalam hardisk kalian. Jadi pastikan lakukakan backup data terlebih dahulu.

Untuk menerapkan cara ini, kalian bisa melakukannya pada berada di tampilan booting instalasi Windows atau ketika muncul pesan "Windows Cannot be Installed to This Disk (MBR / GPT)".

Dengan kata lain, tidak harus berada pada posisi windows berjalan normal. Bagaimana caranya? berikut langkah-langkahnya.
  1. Matikan komputer (PC/Laptop).
  2. Nyalakan kembali komputer (PC/Laptop). Saat komputer sudah mulai menyala, segera tekan "Shift + F10" secara bersamaan hingga "Command Prompt" muncul di layar.
  3. Bila sudah muncul, tahap selanjutnya lakukan perintah-perintah berikut ini.
    • Ketik Diskpart [enter].
    • Ketik List Disk [enter].
    • Pilih hardisk yang akan kalian konversi. Jika komputer hanya memilik satu hardisk yang terpasang, maka silahkan ketik Select Disk 0 [enter].
      Namun apabila terdapat dua atau lebih, silahkan kalian pilih yang akan dikonversi. Misalnya Select Disk 1 atau Select Disk 2 dan seterusnya.
    • Selanjutnya, ketik perintah clean [enter].
    • Ketik lagi perintah convert gpt untuk dikonversi ke format GPT dan convert mbr untuk format MBR [enter]
  4. Setelah proses konversi selesai, selanjutnya lakukan instalasi seperti biasanya.

2.4. Video Cara Konversi Hardisk ke MBR atau GPT

Apabila kalian masih belum terlalu paham mengenai penjelasan di atas, cobalah tonton Video Cara Konversi Hardisk ke MBR / GPT di bawah ini. Namun sekali lagi saya ingatkan, sebelum melakukan konversi yang terdapat di dalam video ini, sangat disarankan untuk melakukan BACKUP FULL semua data yang ada di dalam hardsik kalian.


Jika masih gagal melakukan pemasangan windows ke dalam komputer, solusi lain yang juga bisa kalian coba ada pada bagian ketiga dari ketiga solusi ini, yaitu memeriksa hardware yang terpasang di dalam komputer.

Baca juga : Cara Munculkan File Tersembunyi di Flashdisk Karena Virus

2.5. Solusi Lain Windows Cannot be Installed to This Disk (MBR/GPT)

Selain masalah jenis format pada hardisk, ternyata ada masalah lain yang juga mempengaruhi munculnya pesan windows tidak dapat diinstall.

Beberapa masalah yang mungkin terjadi adalah karena adanya hardware yang mengalami kerusakan atau bisa juga disebabkan karena adanya kabel/hardware yang tidak terpasang dengan baik. Untuk itu, coba lakukan hal-hal berikut ini.
  1. Periksa kebel atau ganti hardisk.
  2. Cobalah gunakan Windows 64bit.
  3. Periksa atau ganti Flashdisk yang digunakan sebagai bootable windows.
  4. Cabut dan pasang ulang RAM. Jika di dalam komputer terdapat 2 (dua) RAM, coba cabut salah satunya.
Setelah kalian selesai melakukan hal-hal di atas, selanjutnya lakukan proses instalasi windows seperti biasanya. Khusus untuk bagian ketiga diatas, adalah merupakan salah hal ini pernah saya alami. Dimana pada saat saya mencoba menerapkan cara pertama dan kedua, tetapi tidak ada yang berhasil.

Setelah mencari beberapa referensi baik itu melalui mesin pencari google, youtube dan forum-forum akhirnya saya menemukan bahwa salah satu yang menjadi penyebab utama gagalnya pemasangan windows yaitu ada pada bagian RAM.

Dan benar saja, setelah saya selesai mencabut salah satu dari 2 (dua) RAM yang terpasang, akhirnya saya berhasil menginstall windows ke dalam komputer saya.

3. Bantuan dan Saran

Ada kalanya pada saat kita menerapkan solusi atas permasalahan yang kita dapatkan, terkadang kita kurang mengerti cara kerjanya atau terkedala dalam penerapannya.

Untuk itu jika kalian memiliki kendala saat mencoba menerapkan solusi-solusi atas kegagalan saat instalasi windows ke komputer, yang dalam hal ini "Windows Cannot be Installed to This Disk (MBR / GPT)", silahkan meninggalkan komentar.

Dan apabila kalian memiliki saran atau ide dan bahkan kritikan atas solusi-solusi yang sudah saya paparkan pada artikel ini, silahkan menuliskannya pada kolom komentar. Terima kasih dan Salam.