advertisement
Solusi Agar Whatsapp Tidak Disadap / Oleh Orang Tidak Bertanggung Jawab - Setelah WhatsApp diakuisisi oleh Facebook beberapa waktu lalu, kepopulerannya kini semakin bertambah. Sekarang ini, WhatsApp menjadi Aplikasi messanger yang paling banyak digunakan oleh pengguna setelah Facebook Messenger.

Meski demikian, keamanan aplikasi dari tindakan penyadapan / hack menjadi momok yang sangat ditakutkan oleh penggunanya. Bayangkan saja jika hal tersebut terjadi, data-data pribadi / penting yang terdapat didalamnya akan mudah diambil oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Salah satu tanda bahwa akun WhatsApp kalian telah disadap / dihack yakni akun kalian tiba-tiba logout sendiri yang kemudian muncul notifikasi untuk meminta login kembali.

Cara Mengamankan WhatsApp dari Tindakan Penyadapan / Hack


Nah, untuk menghidari agar hal tersebut tidak terjadi kepada akun WhatsApp kalian, berikut ini ada beberapa cara / solusi yang mungkin dapat mengamankan akun kalian dari tindakan penyadapan ataupun hacking. Bagaimana caranya? berikut langkah-langkahnya.

1. Aktifkan verifikasi dua langkah
Salah satu fitur yang dapat kalian gunakan untuk meningkatkan keamanan akun WhatsApp kalian, adalah dengan cara mengaktifkan verifikasi dua langkah (Two-step verification). Tujuannya, agar ketika pelaku ingin menyadap akun kalian, maka WhatsApp akan meminta PIN 6 digit yang sebelumnya telah kalian buat.

Dengan cara ini, penyadap akan kesulitan untuk membuka akun kalian karena mereka tidak memiliki PIN tersebut. Untuk mengaktifkan fitur ini, silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.
  1. Buka aplikasi WhatsApp kalian.
  2. Tap / klik menu di sudut kanan atas, lalu pilih "Settings / Pengaturan".
  3. Pilih "Account / Akun".
  4. Selanjutnya pilih "Two-step verification".
  5. Pada langkah selanjutnya, pilih "Enable / Aktifkan".
  6. Masukkan PIN sebanyak 6 (enam digit) dan ulangi masukkan PIN. Ingat, PIN pertama dan kedua, semuanya harus sama.
  7. Pada menu selanjutnya, kalian bisa memasukkan email untuk keamanan ekstra. Namun kalian bisa juga "melewati / skip" tahap ini.
  8. Setelah prosesnya selesai, pilih "Done / Selesai".

2. Hindari Menginstall WhatsApp dari File Mentah (.apk)
Salah satu cara penyadap bisa masuk ke akun WhatsApp kalian adalah melalui aplikasi pihak ketiga / file mentah (.apk) yang kalian download diluar Google Play Store / App Store. Alasannya, karena bisa saja penyadap telah menyisipkan beberapa kode tertentu kedalam aplikasi mentah yang telah kalian download. Jadi, jika ingin menginstall / memasang aplikasi ini, lebih baik mendownloadnya langsung melalui Google Play Store / App Store.

3. Jangan Root Smartphone
Melakukan rooting terhadap smartphone adalah salah satu cara yang bisa digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mengambil data-data penting kalian. Jangankan data WhatsApp, semua data yang terdapat di dalam smartphone bisa mereka ambil jika kondisi HP dalam keadaan ROOT. Baca lebih lanjut Pengertian ROOT Android, Kelebihan dan Kekurangannya.

Perlu kalian ketahui, bahwa dengan melakukan rooting, semua sistem keamanan yang terdapat didalam smartphone akan jebol, sehingga orang-orang yang memiliki niat tidak baik akan lebih leluasa mengambil semua data yang mereka inginkan. Cara kerjanya adalah mereka membuat virus khusus dan ketika virus tersebut berhasil masuk ke ponsel, maka semua data yang dimiliki akan dikirim ke pembuatnya melalui virus tersebut.

4. Logout dari Fitur Web WhatsApp
Sering kali ketika membuka akun WhatsApp melalui situs Web WhatsApp, kita lupa untuk LogOut / Keluar. Nah untuk itu, biasakan ketika kalian selesai membuka akun kalian melalui Web ataupun aplikasi yang kalian install di komputer, jangan lupa untuk logout terlebih dahulu sebelum menutup aplikasinya. Karena jika kalian langsung menutup aplikasi tanpa Loguot, pihak tidak bertanggung jawab dapat memanfaatkan hal ini untuk mengambil data WhatsApp kalian.

Namun, jika lupa untuk Logout dari WhatsApp Web, tenang saja, karena masih ada cara yang bisa kalian gunakan agar kalian bisa Logout dari semua komputer yang pernah kalian gunakan sebelumnya. Berikut caranya.
  1. Buka Aplikasi WhatsApp di smarthpone kalian.
  2. Tap menu (dengan icon tiga titk) di sudut kanan atas.
  3. Pilih "WhatsApp Web".
  4. Selanjutnya, pilih satu-satu semua komputer yang muncul di layar ponsel dan konfirmasi lagi dengan menekan "LOG OUT".
  5. Selesai.

5. Aktifkan Notifikasi Keamanan
Hal kelima atau yang terakhir bisa dimanfaatkan agar akun WhatsApp kalian tidak disadap, adalah dengan mengaktifkan fitur "Show Security Notification". Fitur ini berfungsi untuk memberikan pemberitahuan / notifikasi kepada kalian saat seseorang telah melakukan penggantian password / pin ataupun menggunakan akun kalian login di perangkat lain. Jadi saat hal ini terjadi, kalian dapat segera melakukan tindakan.
  1. Sekali lagi, buka WhatsApp kalian.
  2. Klik menu (dengan icon tiga titk) di sudut kanan atas.
  3. Pilih "Account / Akun > Security / Keamanan".
  4. Aktifkan "Show security notification" dengan cara menggeser icon disebelah kanan menu ini.
  5. Selesai.
Demikianlah Solusi / Bagaimana cara mengamankan akun WhatsApp agar tidak disadap atau dihack oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Semoga dengan adanya informasi penting di atas, akun dan data-data rahasia / penting kalian tetap. Terima kasih telah berkunjung, Salam.
Open Comments