Mau Beli HP Android Baru? Perhatikan 5 Komponen ini

AndroLite.com : Komponen yang Wajib Diperhatikan Sebelum Membeli Smartphone Android - Apa sih yang perlu diperhatikan sebelum membeli sebuah smartphone android baru? dan mengapa semua komponen tersebut penting untuk diperhatikan?

Pertanyaan semacam ini memang sering muncul di dalam pikiran kita sebelum mengambil keputusan untuk membeli sebuah HP baru. Alasannya sih sangat simple, yaitu tidak ingin terkecoh dengan iklan, baik yang ada di televisi ataupun internet, dimana hampir semuanya selalu memperlihatkan bahwa ponsel tersebut adalah yang terbaik di kelasnya.

Padahal kenyataanya, tidak semua apa yang kita lihat sesuai dengan apa yang ada di dalam pikiran kita. Memang, sekarang ini ada banyak vendor smartphone yang menawarkan produk-produk terbaru mereka kepada masyarakat. Tentu saja hal ini semakin menambah kebingungan kita untuk menentukan ponsel pintar mana yang akan dipilih.

Terlebih lagi perangkat tersebut menyuguhkan berbagai jenis spesifikasi dan fitur-fitur baru yang belum diketahui oleh semua orang.

5 Komponen Penting Smartphone

Nah, untuk itu pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan tips kepada anda tentang komponen apa saja yang perlu diperhatikan sebelum membeli sebuah smartphone baru agar tidak terkecoh layaknya sebuah pepatah mengatakan "membeli kucing dalam karung".

Hal ini tidak ingin terjadi kepada anda bukan? Untuk ulasan mengenai hal ini, berikut informasinya.

1. Kapasitas RAM


RAM atau Random Access Memori adalah salah satu komponen utama di dalam sebuah perangkat yang berfungsi untuk mengolah data sementara. Semakin besar sebuah kapasitas RAM, maka kinerja sebuah perangkat yang dalam hal ini smartphone juga akan semakin meningkat.

Begitupun sebaliknya. Selain untuk menjalankan satu aplikasi, RAM juga memiliki andil besar dalam melakukan proses multitasiking (membuka banyak aplikasi sekaligus).

Contohnya seperti ini. Ketika Anda menjalankan game di dalam smartphone kemudian anda menekan tombol home, lalu membuka aplikasi lain, dan setelah itu anda membuka kembali game yang sebelumnya berjalan, maka game tersebut bisa langsung berjalan tanpa harus memuatnya ulang kembali.

Hal ini terjadi karena aplikasi atau game yang berjalan, akan selalu termuat di dalam RAM dan inilah sebabnya mengapa RAM penting untuk multitasking.

Secara teori, semakin besar sebuah kapasitas RAM, maka untuk melakukan kegiatan multitasking akan terasa sangat cepat dan dapat meningkatkan kinerja smartphone. Untuk itu, sebelum membeli sebuah ponsel baru, anda perlu memperhatikan kapasitas hardware yang satu ini.

2. Kapasitas Penyimpanan Internal


Semua vendor smartphone, selalu membekali produk mereka dengan penyimpanan internal yang berfungsi untuk menampung berbagai jenis file, data ataupun aplikasi. Penyimpanan internal ini biasa dikenal dengan istilah ROM. ROM sebenarnya terbagi kedalam dua bagian.

Bagian pertama untuk sistem operasi dan aplikasi sistem. Sedangkan bagian kedua untuk user (pengguna). Kedua bagian ini biasanya memiliki kapasitas sama atau terbagi rata.

Misalnya sebuah smartphone memiliki penyimpanan internal berkapasitas 32GB, maka user hanya bisa menggunakannya sebesar 16GB saja, sementara 16GB-nya lagi digunakan oleh sistem.

Jadi, perhatikan baik-baik komponen yang ini sebelum anda memutuskan untuk membeli ponsel baru. Semakin besar kapasitas ROM atau penyimpanan internal, maka akan semakin baik.

3. CPU (Prosessor) / Chipset


Prosessor / Chipset adalah inti dari untuk mengoperasikan smartphone. Karena komponen ini adalah yang paling inti, untuk itu anda harus mengetahui spesifikasi CPU yang memiliki chipset jenis apa.

Sebelum lanjut, fungsi dari CPU ini adalah untuk mengolah semua proses yang berjalan di dalam smartphone. Baik itu merekam video, bermain game, berselancar internet, membuka aplikasi dan lain sebagainya.

Yang perlu anda perhatikan dari CPU adalah kecepatannya dalam memproses data akses atau clocking. Biasanya, kecepatan sebuah prosessor tertera pada dos smartphone, atau anda juga bisa mencarinya di internet. Kecepatan CPU biasanya tertulis "Octa Core 1.6 GHz" dan semakin tinggi kecepatannya, maka akan semakin baik.

Selain itu, anda juga perlu memperhatikan jenis chipset apa yang tertanam didalam CPU dan berapa inti atau corenya. Sekali lagi, semakin banyak intinya, maka akan semakin bagus. Berikut ini deretan chipset CPU terbaik yang bisa menjadi referensi bagi anda.
  1. Qualcomm Snapdragon
  2. Exynoss
  3. Intel
  4. Mediatek
  5. Kirin
  6. Dan lainnya

4. Daya Baterai


Saya rasa untuk komponen bateri juga menjadi salah satu yang harus anda pertimbangkan sebelum mengambil keputusan untuk membeli sebuah smartphone. Karena baterai mempunyai peranan yang sangat penting untuk memberikan dukungan agar ponsel bisa digunakan tahan lama.

Banyak orang menyepelekan kapasitas baterai dan hanya terbuai dengan fitur dan komponen lainnya saja. Olehnya itu, anda harus memperhatikan besar kecilnya kapasitas daya yang mampu ditampung oleh baterai smartphone.

Selain kapasitas, anda juga perlu memperhatikan fitur dan teknologi apa saja yang tertanam didalam baterai. Misalnya, apakah mendukung pengisian cepat (fastcharging), pengisian tanpa kabel (wireless charging) dan lain sebagainya.

5. GPU atau Pengolah Grafis


Hal yang paling sering terlewatkan ketika hendak membeli sebuah smartphone adalah pada bagian GPU atau Pengolah Grafis. Perlu anda ketahui, bahwa GPU adalah komponen yang memiliki fungsi untuk menampilkan visual kedalam layar ponsel.

emakin bagus sebuah GPU yang digunakan, maka kualitas visual untuk menampilkan berbagai jenis konten multimedia juga akan semakin jernih, detail dan tampak sangat nyata.
Itulah beberapa komponen penting yang perlu anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli sebuah HP baru. Sebenarnya masih ada beberapa komponen lainnya yang juga perlu diperhatikan, akan tetapi apa yang telah disebutkan di atas merupakan komponen-komponen utama yang harus diutamakan. Selebihnya, hanya sebagai pelengkap saja.