advertisement
AndroLite.com - Beberapa waktu yang lalu, Google resmi menghadirkan fitur Notifikasi pada browser android andalan mereka yakni Chrome. Fitur ini berfungsi untuk memberikan pemberitahuan kepada penggunanya ketika salah satu website favorite yang mereka ikuti melakukan update.

Pemberitahuan tersebut akan muncul pada bagian notifikasi bar, diikuti dengan suara nada dering. Namun terkadang, fitur tersebut membuat pengguna merasa terganggu dan lebih parahnya lagi menguras banyak kuota internet.

Meski demikian, Google selaku pemiliki peramban Chrome juga menyertakan pilihan untuk menonaktifkan fitur notifikasi tersebut. Lantas bagaimana cara mematikan / menonaktifkannya? Berikut panduannya.

Cara Mematikan Notifikasi Google Chrome

Untuk menonaktifkan fitur tersebut, setidaknya terdapat dua cara yang bisa dilakukan, yang pertama melalui Chrome itu sendiri dan yang kedua melalui menu pengaturan aplikasi.

1. Melalui Aplikasi Chrome
  1. Buka aplikasi Google Chrome.
  2. Di sudut kanan atas, tap/klik icon menu (tiga titik).
  3. Pilih Settings / Pengaturan.
  4. Setelah itu, lanjutkan mengeklik "Notifications / Pemberitahuan".
  5. Di dalam menu tersebut, silahkan nonaktifkan situs-situs yang tidak diinginkan.
  6. Selesai.
Sangat mudah bukan? Nah selain cara di atas, kalian bisa juga melakukannya pada menu pengaturan. Berikut langkah-langkahnya.

2. Melalui Menu Pengaturan
  1. Buka menu "Settings / Pengaturan / Setelan".
  2. Pilih menu "Notifications / Pemberitahuan".
  3. Scroll ke bawah dan hilangkan checklist pada "Chrome".
  4. Selesai.
Sayangnya kekurangan dari cara kedua ini akan menonaktifkan / memblokir semua pemberitahuan yang masuk ke dalam ponsel. Artinya ketika ada update dari situs favorite kalian, maka semuanya akan diblokir atau tidak akan memunculkan notifikasi.

Dan untuk cara kedua di atas, juga bisa digunakan untuk menonaktifkan notifkasi untuk semua aplikasi, termasuk Facebook, Twitter, Instagram, Youtube dan lain sebagainya.

Mencegah Notifikasi Chrome

Salah satu penyebab mengapa ada notifikasi yang terus-terusan muncul melalui Chrome disebabkan karena kita mengklik "Accept" pada icon lonceng yang muncup pada webiste yang dikunjungi.

Nah untuk mencegahnya, kalian jangan mengeklik "Accept / Terima" pada pop-up icon lonceng yang muncul. Cukup tekan "Cancel".

Penutup
Cara untuk mematikan / menonaktifkan pemberitahuan yang muncul pada browser chrome di atas memang mudah untuk dilakukan, tetapi masih banyak pengguna Android di luar sana yang belum mengetahuinya, mungkin termasuk kamu. Hehehe!

Terima kasih telah berkunjung, semoga Tips kali ini bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan. Salam!
Open Comments