advertisement
Install TWRP Cara Root Samsung Galaxy J7 2016 SM-J710FN dan J7 2017 SM-J720 Dengan atau Tanpa Menggunakan Komputer - Memasang TWRP dan melakukan Root terhadap Samsung Galaxy J7 2016 dan J7 2017 ada beberapa cara yang bisa dilakukan, baik itu dengan menggunakan ataupun tanpa bantuan komputer. Root menggunakan komputer, bisa dilakukan dengan cara memasang custom recovery yang dalam hal ini TWRP (Team Win Recovery Project) terlebih dahulu ataupun langsung meroot melalui aplikasi odin menggunakan CF Auto Root. Dan untuk root tanpa komputer, bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti KingRoot dan FramaRoot.

Sebelum lanjut ke pembahasan, bagi kalian yang masih awam atau belum tau soal root, saya sarankan agar kalian membaca artikel saya yang lalu tentang Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan Root Android Karena saya rasa hal ini sangat penting untuk kalian ketahui.

Dan bagi kalian yang sudah memahami akan hal ini serta memiliki kemauan untuk meroot Smartphone Samsung Galaxy J7 baik itu terbitan 2016 ataupun 2017, mungkin tutorial berikut ini bisa memberikan solusi atas keinginan kalian. Dan untuk tutorial kali ini saya akan bagi kedalam 4 cara root, ditambah satu bonus yaitu cara memasang custom recovery TWRP.

Sebenarnya, rooting dan pemasangan custom recovery menggunakan komputer untuk semua smartphone merk Samsung prosesnya sama saja. Hanya saja yang membedakannya ada pada bagian pemilihan versi TWRP dan versi CF Auto Rootnya sendiri. Karena kedua file ini memiliki settingan yang berbeda untuk setiap jenis Smartphone. Dan untuk proses root dengan aplikasi ketiga (KingRoot dan FramaRoot) cara pemakaiannya sama sekali tidak ada yang membedakan. Kita tinggal menginstalnya kedalam Smartphone kemudian jalankan.
Peringatan!
Memodifikasi dan Rooting Perangkat dapat menyebabkan Hilangnya garansi, Kerusakan, Bootlop dan sebagainya. More Info »

Ingat, androlite.com tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang mungkin terjadi pada perangkat kalian yang disebabkan oleh penggunaan informasi dan file yang ada di situs ini. Do with your own risk.

#1. Install TWRP Samsung Galaxy J7 2016 dan 2017

Memasang TWRP atau mengganti recovery bawaan (CWM), bisa dilakukan dengan menggunakan komputer melalui aplikasi odin. Untuk cara pemasangannya, berikut tahapannya.

Langkah #1. Persiapkan peralatan dan download beberapa file serta aplikasi yang diperlukan berikut ini.
  1. Siapkan Komputer, baik itu berupa PC ataupun laptop.
  2. Siapkan Kabel Data/USB yang asli atau original.
  3. Unduh Samsung USB Driver kemudian install ke dalam komputer.
  4. Unduh ODIN3_v3.12.3 dan ekstrak filenya kedalam komputer kalian.
  5. Unduh TWRPv3.0.2-J710FN-J7-2016 | TWRP-J7-2017.
Penting!
Sebelum memulai Proses, saya sarankan agar melakukan FULL BACKUP, baik itu Sistem Operasi Android ataupun data-data penting lainnya. Karena apabila terjadi kesalahan, maka kalian bisa merestore / mengembalikannnya ke keadaan seperti semula.
Langkah #2. Selanjutnya, aktifkan OEM Lock dan USB Debugging. Untuk mengaktifkan kedua mode ini, silahkan baca Tutorial Cara Mengaktifkan USB Debugging dan OEM Lock Samsung atau bisa juga tonton video berikut ini.


Langkah #3. Matikan smartphone hingga off total atau terasa ada getaran. Selanjutnya masuk ke Downloading Mode. Caranya, silahkan tekan tombol Power + Home + Volume Bawah secara bersamaan sampai smartphone kalian bergetar. Setelah itu tekan lagi tombol Volume Atas untuk continue.

Langkah #4. Seanjutnya, jalankan aplikasi ODIN yang ada di dalam komputer dengan cara mengklik kanan kemudian pilih Run as Administrator.

Langkah #5. Hubungkan Smartphone ke komputer menggunakan kabel USB. Jika Odin membaca Smartphone kalian, maka akan ada pesan <ID:0/003> Added!! pada bagian Log Odin.

Langkah #6. Klik pada bagian AP dan cari file TWRP yang sudah kalian download sebelumnya, lalu klik tombol Start. Tunggu hingga proses pemasangannya selesai.


Langkah #7. Jika proses instalasi berhasil, maka akan ada tulisan PASS (latar dengan warna hijau). Pada tahap ini, silahkan tutup aplikasi odin dan cabut kabel USB yang menyambungkan antara Smartphone dengan komputer.


Langkah #8. Biasanya, setelah proses pemasangan selesai, secara otomatis Smartphone akan reboot sendiri dan masuk kedalam custom recovery TWRP. Tapi jika hal ini tidak terjadi, silahkan tekan tombol Power + Home + Volume Atas secara bersamaan hingga perangkat bergetar. Selamat pemasangan TWRP sudah berhasil.

#2. ROOT Menggunakan Komputer

Untuk tutorial kali ini, proses rooting dengan menggunakan komputer akan saya bagi kedalam 2 tutorial, yang pertama flash aplikasi SuperSU melalui TWRP dan kedua Root menggunakan ODIN.

#2.1. Root via TWRP (SuperSU)

  1. Install TWRP terlebih dahulu. Jika belum terpasang, lihat tutorial Nomor 1 yang ada di atas (Cara Install TWRP J7 2016/2017). Jia sudah terpasang, skip langkah ini.
  2. Download SuperSU-v2.82.zip kemudian simpan filenya di dalam memori telepon atau kartu memori.
  3. Matikan perangkat dan masuk ke menu TWRP (tekan tombol Home + Power + Vol Atas hingga terasa ada getaran).
  4. Pilih menu Install dan cari file Flashable-SuperSU-v2.82.zip.
  5. Usap ke kanan pada Swipe to confirm flash dan tunggu hingga prosesnya selesai.
  6. Setelah selesai, pilih Wipe Dalvik/Cache.
  7. Selanjutnya tap menu Reboot to system dan sekali lagi silahkan tunggu hingga Smartphone menyala dengan sempurna.
  8. Selamat, Smartphone kalian sudah rooted.

#2.2. Root via TWRP (MagiskRoot)

Magisk merupakan sebuah aplikasi terbaru yang dikembangkan oleh salah seorang member di XDA-Developers dan aplikasi ini memilik 2 metode yang bisa digunakan untuk melakukan root, yaitu flash MagiskRoot melalui TWRP dan Install menggunakan Magisk Manager.

Penggunaannyapun hampir sama dengan SuperSU, namun magisk memiliki metode ROOT terbaik untuk saat ini. Untuk tutorial serta link downloadnya, silahkan kalian buka artikel Tentang Bagaimana Cara ROOT Menggunakan Magisk. Selain tutorial dan link downloadnya, disana juga dijelaskan beberapa kelebihan, kekurangan dan cara kerjanya.

#2.3. Root via Odin (CF Auto Root)

Root menggunakan CF Auto Root prosesnya akan dilakukan dengan menggunakan komputer dan aplikasi ODIN sebagai medianya.
  1. Download CF Auto Root Di SINI (didalamnya sudah disertakan aplikasi ODIN). Ingat pilih file sesuai dengan nomor model Smartphone kalian.
  2. Matikan Smartphone.
  3. Masuk ke menu Downloading Mode (tekan tombol Home + Vol Bawah + Power) dan lanjutkan lagi menekan tombol Volume Atas.
  4. Sambungkan Smartphone kalian melalui kabel USB ke komputer.
  5. Buka aplikasi ODIN dengan cara Run as administrator.
  6. Klik tombol AP dan cari file CF Auto Root.
  7. Pada tab Option Odin, centang Auto Reboot dan F. Reset Time.
  8. Klik tombol Start dan tunggu hingga proses pemasangan selesai.
  9. Smartphone akan melakukan restart secara otomatis, sekali lagi silahkan tunggu.
  10. Proses restart akan membutuhkan waktu kurang lebih 3 hingga 5 menit, jadi jangan matikan Smartphone kalian.
  11. Selesai.

#3. ROOT Tanpa Komputer

Bagi kalian yang tidak memiliki komputer, dibawah ini ada dua cara yang bisa dicoba untuk melakukan ROOT Samsung Galaxy J7.

#3.1. Memakai Aplikasi KingRoot.apk

  1. Download aplikasi KingRoot.zip kemudian ekstrak filenya.
  2. Sambungkan Smartphone ke koneksi internet (wajib).
  3. Install aplikasi kingroot.
  4. Jika ada pesan Install Blocked, silahkan tap Pengaturan » Keamanan » aktifkan Unknown Source.
  5. Apabila masih ada pesan Installation Blocked saat penginstalan, tap pada tulisan More Details » Install anyway (Unsave).
  6. Setelah proses install selesai, aplikasinya jangan dijalankan dulu, melainkan buka Pengaturan » Accessibility » Gulir Kebawah, buka KingRoot » Aktifkan / Enable » Pilih OK.
  7. Jalankan KingRoot. Secara otomatis kingroot akan melakukan cek, tunggu beberapa saat.
  8. Selanjutnya, tap Try Root.
  9. Setelah proses rooting selesai, restart Smartphone kalian.
  10. Selesai.

#3.2. Memakai Aplikasi FramaRoot.apk

  1. Download FramaRoot.apk.
  2. Install aplikasi FramaRoot.
  3. Akan ada pesan Install Blocked. Silahkan buka Pengaturan » Keamanan » aktifkan Unknown Source.
  4. Apabila masih ada pesan Installation Blocked saat pemasangan, tap tulisan More Details » Install anyway (Unsave).
  5. Jalankan aplikasi FramaRoot.
  6. Lihat di bagian atas, pastikan yang terpilih SuperUser / SuperSU.
  7. Selanjutnya, pilih Barahir. Tunggu hingga prosesnya selesai.
  8. Setelah selesai, restart smartphone kalian.
  9. Selesai.
Untuk memastikan bahwa perangkat kalian sudah root, silahkan cari aplikasi SuperSU di dalam menu android kalian. Jika ada berarti rootnya berhasil, jika tidak ada berarti gagal. Untuk lebih memastikannya, silahkan download aplikasi bernama Root Checker yang ada di google play store.

Cara UNROOT

Jika ingin melakukan UNROOT Android, setidaknya ada dua cara yang bisa dilakukan. Yang pertama silahkan baca artikel Tentang Cara UNROOT Semua Jenis HP Android dan Kedua menginstall ulang firmware atau sistem operasi Android. Cara yang kedua ini bisa kalian baca tutorialnya di Cara Install / Flash ROM Android Samsung via ODIN

Demikianlah Pasang Custom Recovery TWRP dan Empat Cara Root Samsung Galaxy J7 2016 dan J7 2017 Dengan atau Tanpa Menggunakan Komputer. Semoga tuturial di atas bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan. Terima kasih sudah berkunjung, salam dan sampai jumpa di tutorial berikutnya.
Open Comments