Cara Root Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge

Cara Root Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge - Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge adalah ponsel dengan segudang fitur yang fantasis, modern dan memiliki desain yang sangat kompleks serta mewah dengan menggunakan sistem operasi bawaan Android Marshmallow 6.0.1. Galaxy S7 dan S7 Edge memiliki dua jenis chipset, yakni versi Exynos dan Snapdragon. Exynos dikembangkan oleh Samsung sendiri dan Snapdragon dikembangkan oleh Qualcomm. Walaupun ada beberapa perbedaan yang besar yang perlu kita ketahui, adalah kenyataan bahwa versi Exynos lebih mudah diroot dibandingkan Snapdragon.

Tetapi Sobat tidak perlu khawatir, karena sekarang keduanya sudah bisa di root dengan mudah karena adanya metode baru yang dirilis oleh Chainfire beberapa waktu lalu. Menggunakan metode ini untuk root memang tidak memungkinkan untuk melakukan flash custom recovery atau kustom ROM untuk versi snapdragon (tidak untuk versi Exynos yang sudah root), tetapi hal tersebut bukanlah menjadi penghalang untuk melakukan beberapa hal menyenangkan lainnya hal seperti menginstal xposed untuk menyesuaikan ROM, menjalankan beberapa script untuk mengoptimalkan dan menghapus bloatware dari Samsung Galaxy S7 sobat.
Jika sobat ingin mencoba melakukan root terhadap Galaxy S7 yang dimiliki, berikut tutorial lengkapnya. Silahkan disimak baik-baik!
Peringatan!
Memodifikasi dan Rooting Perangkat dapat menyebabkan Hilangnya garansi, Kerusakan, Bootlop dan sebagainya. More Info »

Ingat, androlite.com tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang mungkin terjadi pada perangkat kalian yang disebabkan oleh penggunaan informasi dan file yang ada di situs ini. Do with your own risk.

#1. Persiapan Sebelum Root

Sebelum melakukan root, ada beberapa hal penting yang harus dilakukan.
  1. Backup, Backup dan Backup data sobat ke komputer atau kartu memori karena dengan menggunakan metode ini akan menghapus semua data yang tersimpan di memori telepon / internal Galaxy S7.
  2. Siapkan komputer PC atau Laptop OS Windows.
  3. Download serta install aplikasi ODIN3_v3.12.3 dan Samsung USB Driver kedalam komputer (restart jika pemasangan sudah selesai)
  4. Download dan ektrak file CF Auto Root untuk Samsung Galaxy S7 atau untuk Samsung Galaxy S7 Edge.

#2. Proses Rooting Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge

Penting!
Sebelum memulai Proses, saya sarankan agar melakukan FULL BACKUP, karena hal ini sangat diperlukan mengingat apabila terjadi kesalahan, maka kalian bisa melakukan restore/mengembalikan ROM dan data kekeadaan seperti semula.
#1. Aktifkan mode developer option dan OEM Unlocking. Jika menu Developer Optionnya tersembunyi, buka menu setting > about. Tap 'Build Number' sekitar 5 hingga 7 kali (lakukan dengan cepat) hingga muncul notifikasi bahwa Developer option telah diaktifkan. Selanjutnya kembali ke menu setting, cari dan buka menu developer option yang baru saja diaktifkan. Cari, lalu aktifkan OEM Unlocking serta Enable pada USB Debugging.
[Video] Mengaktifkan Developer Options, USB Debugging dan OEM Lock:

#2. Masuk ke Downloading Mode. Caranya, matikan ponsel kemudian tekan tombol 'volume bawah + home + power' secara bersamaan selama kurang lebih 5 detik. Tekan tombol volume atas untuk melanjutkan ke mode downloading. Selanjutnya hubungkan ponsel dengan komputer dengan menggunakan kabel usb original.

#3. Proses Rooting. Buka aplikasi odin. Perhatikan pesan yang ada dibagian sebelah kiri odin, jika terdapat tulisan 'Added!' berarti Galaxy S7 sobat sudah terbaca. Selanjutnya klik "AP" lalu cari file CF auto root yang memiliki ekstensi file berupa tar.md5 yang sudah didownload dan diekstrak sebelumnya. Lanjutkan dengan mengklik tombol "Start" untuk proses rooting. Tunggu beberapa saat hingga proses rooting selesai. Ini akan memakan waktu sekitar 1 sampai 3 menit dan apabila sudah selesai, ponsel sobat akan melakukan restart dengan sendirinya.

#4. Mengecek Hasil. Untuk mengetahui apakah ponsel sobat benar-benar sudah diroot, silahkan download aplikasi "Root checker" yang ada di google play store. Setelah itu, buka aplikasinya dan tap pada "verify root > Grant". Apabila ada pesan Root access is properly installed on this device, itu menandakan bahwa ponsel Galaxy S7 sobat sudah diroot.
PERINGATAN!
INGAT!!! Walaupun bisa memberikan akses root, tetapi jangan sekali-kali melakukan flash kustom ROM atau melakukan recovery karena akan berakibat fatal dan bisa merusak telepon sobat.

[UPDATE] Root Menggunakan MagiskRoot (via TWRP)

Magisk merupakan sebuah aplikasi terbaru yang dikembangkan oleh salah seorang member di XDA-Developers dan aplikasi ini memilik 2 metode yang bisa digunakan untuk melakukan root, yaitu flash MagiskRoot melalui TWRP dan Install menggunakan Magisk Manager.

Penggunaannyapun hampir sama dengan SuperSU, namun magisk memiliki metode ROOT terbaik untuk saat ini. Untuk tutorial serta link downloadnya, silahkan kalian buka artikel Tentang Bagaimana Cara ROOT Menggunakan Magisk. Selain tutorial dan link downloadnya, disana juga dijelaskan beberapa kelebihan, kekurangan dan cara kerjanya.

#3. Apa yang harus dilakukan jika root gagal?

Proses ini tidak selalu sukses pertama kalinya, karena kadang-kadang dunia ini kejam. Jika rooting Samsung Anda gagal, ulangi langkah-langkah di atas sekali lagi. Jika masih belum bisa, berarti sobat tidak beruntung.

Beberapa faktor utama penyebab terjadinya kegagalan dalam proses root biasanya disebabkan oleh penggunaan kabel usb yang bukan original, adanya virus di komputer, file CF auto root rusak (corrupt) sesaat sesudah di download dan beberapa hal lainnya. Untuk mengatasinya adalah dengan cara menggunakan kabel usb asli, bersihkan komputer dari virus dengan cara memasang antivirus dan download ulang file CF auto root.

Apakah S7 atau S7 Edge sobat sudah Root? atau Apakah sobat mengalami masalah saat melakukannya? Silahkan memberikan komentar, siapa tau admin bisa membantu. Terima kasih!