advertisement
Cara Pasang Xposed Framework Android Nougat, Marshmallow dan Lollipop Samsung Galaxy A5 Semua Seri - Xposed Framework Installer pada dasarnya adalah sebuah induk aplikasi yang memiliki kemampuan untuk menjalankan aplikasi editor untuk melakukan modifikasi terhadap interface Android, mengedit, menghapus / menambah fitur, atau bahkan melakukan hal ekstrim terhadap ROM Android. Namun untuk melakukan hal tersebut, ponsel harus sudah dalam keadaan diRoot.

Secara umum, proses penginstallan xposed framework hanya bisa dilakukan dengan cara flashing melalui menu recovery, baik itu via CWM atau custom TWRP (Team Win Recovery Project). Dan hal ini berlaku untuk semua versi Android seperti Nougat, Marshmallow, Lollipop atau versi terlawas android, hanya saja perbedaannya ada pada pemilihan versi xposed itu sendiri.

Dengan demikian, bagi kalian yang mau memasukkan Xposed Framework kedalam ponsel Samsung Galaxy A5 kalian, baik itu keluaran Tahun 2015, 2016 atau 2017, berbasis Android Nougat, Marshmallow ataupun Lollipop, mungkin tutorial berikut ini bisa memberikan solusi atas apa yang kalian inginkan.

Cara Pasang Xposed Samsung Galaxy A5

Ada beberapa hal yang diperlukan sebelum memasang aplikasi ini kedalam perangkat, diantaranya adalah persiapan, mengunduh beberapa file yang diperlukan dan sebagainya. Namun kalian tidak perlu khawatir, karena prosesnya tidak memerlukan bantuan komputer. Untuk tutorialnya, silahkan simak berikut ini.

Step#1 : Persiapan

  1. Ponsel harus sudah terpasang TWRP dan sudah Root. Untuk memasang TWRP dan Root, silahkan baca tutorialnya di Panduan Install TWRP dan Root Samsung Galaxy A5
  2. Mencari tau jenis Arsitektur Karnel (ARM) CPU yang digunakan oleh smartphone.
    • Download aplikasi CPU-Z di Play Store, install dan jalankan.
    • Buka tab "System" dan lihat pada bagian "Karnel Architecture" (ARM / ARM64 / x86).
  3. Wajib Download Xposed Installer.apk.
  4. Pilih salah satu link download di bawah dan setiap versi Android memiliki versi Xposed yang berbeda dan didalamnya terdapat 3 buah file yaitu arm, arm64 dan x86. Silahkan pilih sesuai jenis ARM karnel CPU yang dipakai oleh perangkat kalian.
  5. Xposed Uninstaller (Untuk menghapus xposed).
Semua file yang sudah kalian unduh, silahkan simpan di dalam penyimpanan ponsel.
Penting!
Pilihlah salah satu file di atas sesuai dengan Karnel Arsitekrur (ARM) CPU dan versi Android N yang kalian gunakan. Ingat jangan sampai tertukar.

Step#2 : Proses Pemasangan

Langkah #1. Install Xposed Installer.apk terlebih dahulu. Cara pasangnya sama saja dengan aplikasi berekstensi apk lainnya. Setelah selesai, aplikasinya tidak perlu dijalankan.

Langkah #2. Selanjutnya nonaktifkan perangkat hingga off total dan lanjutkan masuk ke menu Recovery atau TWRP dengan cara menekan 3 tombol bersamaan (Home + Power + Volume Atas).

Langkah #3. Pada menu TWRP, tap Install lalu pilih file Xposed yang sudah kalian tempatkan di dalam penyimpanan ponsel.

Langkah #4. Untuk memulai flash, usap ke arah kanan pada menu Swipe to confirm flash dan tunggu hingga prosesnya selesai. Setelah itu, tap Wipe Dalvik/Cache.

Langkah #5. Reboot / Restart smartphone. Saat menyala, kadang memerlukan waktu sekitar 3-5 menit. Nah pada tahap ini, kalian biarkan saja hingga perangkat menyala dengan sempurna hingga ke menu home.
Catatan!
Ketika smartphone menyala, kemungkinan besar akan ada pemberitahuan seperti ini "Xposed is not compatible with Android SDK version 25 or your processor architecture". Tapi jangan khawatir, aplikasi ini akan tetap berjalan dengan baik.

Xposed Uninstaller

Fungsi aplikasi ini adalah untuk menghapus Xposed Framework di dalam smartphone kalian. Cara menggunakannya sama saja pada tahap kedua, yakni flash melalui TWRP.
  1. Nonaktifkan Ponsel.
  2. Masuk ke Menu TWRP.
  3. Pilih Install dan cari file Xposed Unistaller
  4. Usap ke kanan pada "Swipe to confirm flash".
  5. Tap "Wipe dalvik/cache".
  6. Pilih "Reboot to system".
  7. Selesai.

Bantuan dan Saran

Bagi kalian yang mengalami kendala saat menerapkan tutorial di atas, silahkan tinggalkan komentar atau bisa juga menanyakan langsung kepada admin melalui Formulir Kontak yang sudah disediakan.

Demikianlah tutorial tentang Panduan Lengkap Bagaimana Cara Pasang Xposed Installer Framework Samsung Galaxy A5 Semua Model di atas. Semoga bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan. Jangan lupa untuk share ke sosial media kalian. Terima kasih dan salam.
Open Comments