advertisement
AndroLite.com - Sekarang ini, telah banyak banyak aplikasi perekam layar android yang beredar, mulai dari Mobizen, DU Screen Recorder, AZ Screen Recorder dan lain sebagainya, dengan menawarkan berbagai memiliki fitur-fitur menarik, kemudahan penggunaan dan kemampuannya dalam menghasilkan rekaman layar dalam bentuk video beresolusi tinggi.

Namun dari sekian banyaknya aplikasi tersebut, menurut saya aplikasi perekam layar Android terbaik saat ini adalah Mobizen Screen Recorder - Record, Capture, Edit. Alasannya utamanya adalah, karena selain mudah dalam penggunaannya, juga menawarkan berbagai fitur penting yang mungkin tidak dimiliki apliasi serupa dalam menghasilkan rekaman layar berkualitas.

1. Review Mobizen Screen Recorder - Record, Capture, Edit


Pada tahun 2016 lalu, Mobizen resmi mendapatkan penghargaan aplikasi terbaik dari Google. Hal ini tidak terlepas karena kecanggihannya, banyaknya fitur dan juga telah banyak mendapatkan respon positif dari para penggunanya. Lalu fitur apa saja yang dimilikinya? Berikut akan saya coba review secara singkat buat kalian.

1. Video Settings
Saat pertama kali aplikasi ini berjalan pada smartphone android, secara otomatis akan melakukan scanning terhadap komponen yang terdapat didalamnya, termasuk RAM, GPU, Prosessor dan sebagainya yang kemudian akan memberikan rekomendasi terbaik kualitas rekaman video.

Biasanya rekomendasi yang diberikan merupakan yang standar agar smartphone tetap bisa berjalan optimal saat proses perekaman berlangsung. Namun, rekomendasi yang diberikan masih bisa kalian optimalkan agar mendapatkan hasil yang maksimal. Nah didalam menu settings ini, terdapat 3 pilihan yang bisa dipilih, berikut detailnya.
  1. Resolution - Menu ini memberikan pilihan untuk resolusi video rekaman yang dihasilkan, mulai dari 240p hingga Full HD 1080p. Semakin tinggi resolusinya, maka hasilnyapun juga akan semakin baik.
  2. Quality - Selain video ditentukan dari segi resolusi, kualitasnya pun juga memberikan andil. Pada menu ini, terdapat pilihan mulai dari 0.5 MB hingga 24MB. Namun disarankan agar memilih ukuran antara 3MB hingga 6MB saja agar ukuran file video nantinya tidak terlalu besar dan juga kualitas video yang dihasilkan juga sudah lumayan bagus. Tapi jika memiliki penyimpanan lebih, silahkan disesuaikan.
  3. FPS - Artinya apa? FPS merupakan singkatan dari "Frame Rate Per Second" yakni jumlah frame gambar yang ditampilkan setiap detik. Semakin tinggi angka FPS-nya, maka video yang dihasilkan semakin halus atau smooth. Nah, didalam menu ini terdapat banyak pilihan, mulai dari 5fps hingga 60fps. Namun disarankan memilih FPS antara 25fps - 60fps.
Intinya dari ketiga menu diatas, semakin besar resolusi, kualitas dan fps yang dipilih, maka video rekaman layar yang dihasilkan juga akan semakin bagus.

2. Cleaning Recording Mode
Satu hal yang menjadikan aplikasi perekam layar android ini menjadi salah satu yang terbaik adalah pada fitur ini. Ya, fitur Cleaning Recording Mode berfungsi untuk memberikan hasil rekaman bersih, tanpa ada watermark, waktu recording ataupun hal-hal lain yang mengganggu.

Jadi selama dalam proses perekaman, yang menandakan bahwa aplikasi Mobizen sedang berjalan ada pada icon pada bagian Bar Notifikasi, sehingga hasil rekaman yang dihasilkan akan sangat bersih. Untuk mengaktifkan fitur ini, cukup usap kekanan pada tulisan "Enable".

3. Sound
Sebuah rekaman layar tidak akan menarik jika tanpa adanya suara. Mengenai hal ini, Mobizen menyediakan dua jenis perekam suara, yaitu External dan Internal.
  1. External Sound - Menu ini memberikan pilihan kepada penggunanya untuk bisa merekam suara dari luar dan dalam sekaligus. Artinya, selain suara dapat direkam dari dalam ponsel, juga dapat merekam suara luar, misalnya suara dari headphone. Jadi menu ini akan saat bermanfaat untuk digunakan membuat video tutorial / gaming disertai rekaman suara dari penggunanya.
  2. Internal Sound - Untuk menu ini, berfungsi hanya merekam suara yang terjadi di dalam ponsel saja. Jadi kalian tidak perlu khawatir akan adanya gangguan suara dari luar.

4. Air Circle Option
Fungsi menu ini adalah untuk menampilkan gambar / foto pengguna atau logo dari Mobizen dan menyertakannya kedalam hasil rekaman video dalam bentuk lingkaran. Namun fitur ini tidak akan muncul didalam hasil rekaman ketika pengguna mengaktifkan Cleaning Recording Mode.

5. Face Cam
Menu kelima ini, fungsinya tidak berbeda dari Air Circle Option. Tapi bedanya, Face Cam mampu merekam wajah pengguna melalui kamera depan smartphone dan kemudian disertakan didalam video. Terdapat dua pilihan dari Face Cam ini, yaitu segi empat dan lingkaran, serta posisinya bisa diatur sesuai keinginan. Misalnya dibagian sudut kanan/kiri atas, sudut kanan/kiri bawah ataupun tengah dengan cara mendragnya ke arah yang diinginkan.

6. My Own Watermak
My Own Watermak berfungsi untuk menambahkan tulisan misalnya nama / logo miliki kalian sendiri kedalam video. Namun sayangnya fitur ini hanya bisa digunakan untuk user premium / berbayar saja.

7. Countdown
Menu Countdown berfungsi untuk menghitung mundur waktu dalam hitungan detik dengan tujuan memberikan tanda kepada pengguna bahwa layar android akan segera mulai direkam. Terdapat 4 pilihan didalam menu ini, yakni 3sec, 5sec, 10sec dan Disable untuk menonaktifkannya.

8. Recording Time
Recording Time berfungsi untuk memperlihatkan seberapa lama proses peremakan berlangsung dan letaknya bisa ditempatkan dibagian dalam lingkaran, sudut kanan/kiri atas, sudut kiri bawah atau bisa juga dinonaktifkan dengan cara memilih "Do Not Show".

9. Storage Path
Untuk mengatur tempat penyimpanan hasil rekaman layar, ada pada menu Storage Path. Didalamnya terdapat dua pilihan yang diberikan, yakni Internal Storage dan External Storage. Apabila ingin menyimpannya didalam memori telepon, pilih Internal Storage atau External Storage apabila ingin menyimpannya di kartu memori.

10. Launch Editor
Fitur unggulan terakhir yang ada pada Mobizen adalah tersedianya menu untuk mengedit video. Fitur ini berfungsi untuk mengedit hasil rekaman, termasuk memotong / membuang bagian tidak penting, menyisipkan suara, intro, outro dan sebagainya. Bagi kalian yang tidak memiliki komputer, kalian bisa memanfaatkan fitur ini agar hasilnya nanti lebih maksimal lagi, menarik dan tidak membosankan.

2. Download Mobizen Screen Recorder

Aplikasi Mobizen dapat kalian temukan di Google Play Store secara gratis. Berikut link untuk mendownload Mobizen via Play Store atau File mentah / APK.
Catatan: Jika kalian melakukan instalasi melalui file Apk, maka apabila terdapat pesan "Install Blocked", selanjutnya pilih / klik pada Pengaturan / Settings » Keamanan / Security » lalu centang / aktifkan Unknown Source / Sumber Tidak Diketahui.

Itulah review singkat tentang aplikasi Mobizen Screen Recorder - Record, Capture, Edit. Semoga hal ini bisa bermanfaat, khususnya bagi kalian yang sedang mencari aplikasi screen recorder / perekam layar android terbaik.
Open Comments