Install TWRP + Cara Root Samsung J1 Mini SM-J105F

Cara Install TWRP + Root Samsung Galaxy J1 Mini SM-J105F - Salah satu alasan mengapa seseorang ingin melakukan rooting terhadap smartphone mereka adalah karena ingin mendapatkan akses secara penuh / mutlak terhadap sistem opeasi Android mereka. Dan untuk melakukannya, setidaknya ada dua cara yang bisa dilakukan yaitu tanpa menggunakan komputer atau dengan menggunakan komputer (PC/Laptop).

Untuk aplikasi yang memerlukan bantuan komputer, terbagi lagi kedalam beberapa cara. Yakni pemasangan melalui TWRP atau melalui ODIN secara langsung. Dan untuk aplikasi rooting tanpa PC, saya sarankan agar memakai KingRoot atau Framaroot. Namun perlu saya ingatkan bahwa rooting tanpa menggunakan bantuan komputer, tingkat keberhasilannya sangat rendah, bahkan cenderung gagal.

Apa sih Keuntungan dan Kekuranga ROOT Android? Keuntungan melakukan root adalah penggunanya bisa mengakses secara penuh sistem android sehingga bisa melakukan modifikasi terhadapnya. Sedangkan kekuranganya yaitu perangkat bisa saja mengalami bootlop (stack di logo android), kerusakan, hilangnya garansi dan sebagainya.

Nah untuk penjelasan lengkapnya mengenai hal ini, anda bisa membacanya pada artikel tentang Apa Itu Root Android? Apa Kelebihan dan Kekurangannya?.

Bagi anda yang sudah mengetahui kekurangan atau kelebihan ketika me-root android dan memiliki keinginan untuk melakukan root, yang dalam tutorial kali ini akan membahas tentang Bagaimana Cara Root Samsung Galaxy J1 Mini SM-J105F dan Install TWRP. Tutorial ini akan saya bagi kedalam dua bagian, yaitu Dengan dan Tanpa Menggunakan Komputer.
Peringatan!
Memodifikasi dan Melakukan Root terhadap Perangkat Android, dapat mengakibatkan Hilangnya Garansi, Kerusakan Permanen, Bootlop dan sebagainya. Ingat, Androlite.com tidak bertanggung jawab apabila hal tersebut terjadi karena disebabkan oleh penggunaan informasi dan file yang ada di situs ini. Do with your own risk.

1. Root Samsung J1 Mini Menggunakan Komputer

Proses rooting dengan memakai bantuan komputer diperlukan beberapa tahapan, dimulai dari penggantian recovery bawaan/standar (CWM) ke custom recovery TWRP. Kemudian rooting akan dilakukan melalui menu TWRP tersebut. Untuk itu, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memasang TWRP terlebih dahulu.
Penting!
Sebelum memulai Proses, saya sarankan agar melakukan FULL BACKUP, baik itu Sistem Operasi Android ataupun data-data penting lainnya. Karena apabila terjadi kesalahan, maka kalian bisa mengembalikannnya ke keadaan seperti semula.

1.1. Install TWRP Samsung J1 Mini

Step#1. Sebelum install TWRP, silahkan siapkan serta download tools yang dibutuhkan.
  1. Siapkan Komputer (PC/laptop).
  2. Siapkan Kabel USB.
  3. Download Samsung USB Driver (Install ke dalam komputer).
  4. Unduh ODIN3_v3.12.3 (Ekstrak filenya).
  5. Download file SM-J105F-TWRP-2.8.5.0.tar (Simpan filenya di dalam komputer).

Step#2. Wajib Aktifkan OEM Lock dan USB Debugging. Untuk mengaktifkan kedua mode ini, silahkan baca Tutorial Cara Mengaktifkan USB Debugging dan OEM Lock Samsung atau bisa juga tonton video berikut ini.


Step#3. Nonaktifkan ponsel hingga mati total. Masuk ke Downloading Mode dengan cara menekan tombol Power + Home + Volume Bawah secara bersamaan sampai smartphone anda bergetar. Tekan lagi tombol Volume Atas untuk melanjutkan.

Step#4. Jalankan aplikasi ODIN dengan cara klik kanan kemudian pilih Run as Administrator.

Step#5. Hubungkan perangkat Samsung J1 Mini ke komputer menggunakan kabel USB. Jika Odin membaca Smartphone kalian, maka akan ada pesan <ID:0/003> Added!! pada bagian Log Odin.

Step#6. Klik tombol AP dan cari file SM-J105F-TWRP-2.8.5.0.tar yang sudah anda download sebelumnya.

Step#6. Masih pada aplikasi odin, klik tab Options, centang Auto Reboot dan F. Reset Time. Setelah itu klik tombol Start. Tunggu hingga proses instalasinya selesai.

Step#7. Jika proses instalasi berhasil, maka akan ada tulisan PASS (latar dengan warna hijau). Pada tahap ini, silahkan tutup aplikasi odin dan cabut kabel USB.

Step#8. Biasanya, sesaat setelah proses instalasi selesai, secara otomatis ponsel akan melakukan reboot / restart sendiri dan akan masuk kedalam menu recovery TWRP. Tetapi jika hal ini tidak terjadi, silahkan tekan tombol Power + Home + Volume Atas secara bersamaan hingga perangkat bergetar. Selamat pemasangan TWRP sudah berhasil.

1.2. Proses Rooting Samsung J1 Mini (SM-J105F) via TWRP

Terdapat dua aplikasi yang bisa anda gunakan untuk melakukan rooting via TWRP, yaitu SuperSU dan Magisk Root. Silahkan anda pilih salah satunya dan pastikan bahwa Samsung J1 Mini anda sudah terpasang recovery TWRP.

1.2.1. Root dengan SuperSU

  1. Download Flashable-SuperSU-v2.82.zip kemudian simpan filenya di dalam memori internal atau kartu memori ponsel.
  2. Matikan ponsel dan masuk ke menu TWRP (tekan tombol Home + Power + Vol Atas hingga terasa ada getaran).
  3. Pilih menu Install, cari serta pilih file Flashable-SuperSU-v2.82.zip.
  4. Usap ke kanan pada Swipe to confirm flash dan tunggu hingga prosesnya selesai.
  5. Setelah selesai, pilih Wipe Dalvik/Cache.
  6. Selanjutnya tap menu Reboot to system dan sekali lagi silahkan tunggu hingga Smartphone menyala dengan sempurna.
  7. Selesai.

1.2.2. Root dengan MagiskRoot

Cara flash Magisk dengan SuperSU sama saja, hanya saja yang membedakan adalah filenya. Berikut panduan cara flash MagisRoot via TWRP.
  1. Download Flashable-MagiskRoot kemudian simpan filenya di dalam memori internal atau sd card ponsel.
  2. Masuk ke menu TWRP dengan cara nonaktikan ponsel, kemudian tekan tombol Home + Power + Volume Atas.
  3. Tap menu Install, lalu cari serta pilih file Flashable-SuperSU-v2.82.zip.
  4. Usap ke arah kanan pada Swipe to confirm flash dan tunggu hingga prosesnya selesai.
  5. Setelah selesai, pilih Wipe Dalvik/Cache.
  6. Selanjutnya tap menu Reboot to system dan sekali lagi silahkan tunggu hingga Smartphone menyala dengan sempurna.
  7. Selesai.

2. Cara ROOT Samsung J1 Mini Tanpa Komputer

Meski memiliki tingkat keberhasilan yang sangat rendah dalam melakukan root, tetapi dua aplikasi berikut patut anda coba. Karena kedua aplikasi ini, sudah terbukti me-root banyak perangkat android.

2.1. KingRoot.apk

  1. Download aplikasi KingRoot.zip kemudian ekstrak filenya.
  2. Sambungkan Smartphone ke koneksi internet (wajib).
  3. Install aplikasi kingroot.
  4. Jika ada pesan Install Blocked, silahkan tap Pengaturan » Keamanan » aktifkan Unknown Source.
  5. Apabila masih ada pesan Installation Blocked saat penginstalan, tap pada tulisan More Details » Install anyway (Unsave).
  6. Setelah proses install selesai, aplikasinya jangan dijalankan dulu, melainkan buka Pengaturan » Accessibility » Gulir Kebawah, buka KingRoot » Aktifkan / Enable » Pilih OK.
  7. Jalankan KingRoot. Secara otomatis kingroot akan melakukan cek, tunggu beberapa saat.
  8. Selanjutnya, tap Try Root.
  9. Setelah proses rooting selesai, restart Smartphone kalian.
  10. Selesai.

2.2. FramaRoot.apk

  1. Download FramaRoot.rar. Ektrak filenya terlebih dahulu.
  2. Install aplikasi FramaRoot.
  3. Akan ada pesan Install Blocked. Silahkan buka Pengaturan » Keamanan » aktifkan Unknown Source.
  4. Apabila masih ada pesan Installation Blocked saat pemasangan, tap tulisan More Details » Install anyway (Unsave).
  5. Jalankan aplikasi FramaRoot.
  6. Lihat di bagian atas, pastikan yang terpilih SuperUser / SuperSU.
  7. Selanjutnya, pilih Barahir / Boramir. Tunggu hingga prosesnya selesai.
  8. Setelah selesai, restart smartphone kalian.
  9. Selesai.

Untuk memastikan apakah perangkat anda sudah berhasil diroot, silahkan cari aplikasi SuperSU di dalam menu android. Jika ada, berarti rootnya berhasil. Namun apabila anda tidak menemukannya berarti rootingnya gagal. Atau anda bisa mendownload aplikasi Root Checker yang ada di play store.

3. Cara UNROOT Samsung J1 Mini

Unroot atau menghapus Root Anroid bisa anda lakukan dengan sangat mudah, baik itu tanpa atau dengan menggunakan komputer. Biasanya hal ini juga diperlukan saat ingin mengklaim garansi, mengamankan perangkat dari serangan virus dan masih banyak alasan lainnya. Untuk tutorialnya, silahkan buka salah satu link berikut ini.
  1. UNROOT Semua Jenis HP Android.
  2. Install / Flashing Ulang ROM Android Samsung via ODIN.

Itulah Panduan Tentang Bagaimana Cara Root dan Install TWRP Samsung J1 Mini (SM-J105F). Semoga tutorial di atas bermanfaat bagi anda yang membutuhkan. Terima kasih dan salam.