Tips Membeli dan Rekomendasi Asuransi Mobil Terbaik

jika tombol Continue tidak muncul atau Laporkan.

1. Lima Tips Sebelum Membeli Asuransi Mobil

Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah asuransi mobil, sebaiknya perhatikan beberapa sektor sehingga kalian tidak salah dalam memilih. Nah, berikut ini beberapa tipsnya yang mungkin bisa dijadikan referensi tambahan untuk membulatkan tekad kalian.

1.1. Kenali Kondisi Mobil & Lokasi Pemakaian

Tips pertama yaitu pastikan kalian memahami kondisi dan harga mobil terlebih dulu. Karena setiap mobil memiliki asuransi berbeda yang didasarkan pada kondisi mobil, dalam hal ini apakah mobil keluaran baru, keluaran lama dan jangka waktu pemakaian, sehingga layanan asuransi dapat dipilih sesuai kebutuhan.

Jika harga mobil cukup tinggi, tentu membutuhkan biaya besar ketika mengalami kerusakan. Untuk itu sebaiknya pilihlah asuransi all risk. Selain itu, perhatikan juga lokasi pemakaian. Bila yang dilalui sehari-hari cukup legang atau tingkat kriminalitas tinggi, sebaiknya pilih asuransi jenis TLO.

1.2. Pilih Asuransi Sesuai Kebutuhan & Kemampuan

Hal penting berikutnya yang harus diperhatikan adalah kemampuan untuk membayar premi setiap bulannya. Oleh karena itu, hitunglah berapa besar perkiraan dana yang bisa dialokasikan setiap bulan untuk membayarnya.

Sebagai perbandinga, sekarang ini rata-rata harga asuransi mobil dipatok mulai dari 0,8% hingga 1% dari harga mobil untuk asuransi jenis TLO, dan 2% sampai 3% untuk asuransi mobil jenis all risk.

1.3. Perhatikan Kredibilitas Perusahaan Asuransi

Aspek lain yang juga harus diperhatikan adalah Kredibilitas Perusahaan Asuransi. Reputasi sebuah perusahaan asuransi dapat dilihat dari banyaknya keluhan, kualitas bengkel rekanan, serta sebera sulit klaim garansi.

Untuk mendapatkan informasi tersebut, kalian bisa mencarinya di Internet atau bertanya langsung kepada kerabat yang telah berlangganan asuransi mobil. Tetapi yang paling penting adalah apakah perusahaan tersebut sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ataukah tidak.

1.4. Perhatikan Penawaran Fitur Layanan

Setiap jasa asuransi mobil sudah pasti menawarkan berbagai fitur layanan untuk menarik minat para calon kosumen. Oleh sebab itu, pastikan kalian telah mengetahui fitur layanan apa saja yang diberikan oleh perusahaan asuransi mobil.

1.5. Perhatikan Rekanan Bengkel

Hal terakhir yang tidak kalah penting adalah Bengkel rekanan perusahaan asuransi mobil. Pastikan perusahaan tersebut telah memiliki rekanan bengkel sebagai tujuan utama ketika mobil mengalami kerusakan. Selain itu, pastikan bengkel rekanan memiliki reputasi yang baik dan dekat dengan tempat tinggal kalian.

2. Perbedaan asuransi mobil all risk dan total loss only (TLO)

Asuransi mobil all risk yang juga sering disebut sebagai asuransi comprehensive atau gabungan merupakan perlindungan seluruh risiko kerugian mobil tanpa mempedulikan persentase kerusakan. Termasuk meliputi perluasan jaminan kerusakan oleh banjir, huru-hara, dan sebagainya.

Sedangkan Asuransi mobil total loss only (TLO) adalah perlindungan yang hanya menanggung kerusakan atau kehilangan seperti pencurian yang nilainya lebih dari 75%. Artinya bila terjadi kerusakan dengan kerugian dibawah 75% dari nilai mobil, maka perusahaan asuransi tidak akan menanggunnya.

3. Rekomendasi Asuransi Mobil Terbaik

Nah, bila kalian bingung dalam menentukan perusahaan mobil asuransi mana yang memberikan penawaran terbaik, berikut rekomendasinya:
  • Asuransi Mobil Sinarmas
  • Asuransi mobil ACA Otomate
  • Asuransi mobil Garda Oto
  • Asuransi mobil Allianz MobilKu
  • Autocillin Auto Insurance
  • Axa Auto Insurance
  • Asuransi mobil Jasaraharja Putera (JP-Astor)