Cara Setting / Ganti Password GPON Fiberhome Indihome

Panduan lengkap bagaimana cara setting GPON Fiberhome Indihome, termasuk cara login ke modem / router, reset total, ganti password login / WiFi, tambah jaringan SSID

AndroLite.com : Tutorial / Panduan Lengkap Bagaimana Cara Setting atau Ganti Password WiFi GPON Fiberhome Indihome Terbaru - Modem GPON ONU Fiberhome adalah jenis router yang saat ini umum digunakan oleh Telkom Indihome sebagai alat untuk menghubungkan koneksi internet.

Seri GPON Fiberhome yang saat ini banyak digunakan diantaranya HG6243C, HG6243C, AN5506-04-FS, AN5506-04-FG dan sebagainya. Meski memiliki seri berbeda, tetapi menu pengaturan GPON Fiberhome pada dasarnya semuanya sama saja.

Jadi bagi kalian yang ingin melakukan pengaturan sendiri, kalian tidak perlu khawatir karena jenis modem ini sangat mudah untuk di setting.

Terkait hal tersebut, berikut ini beberapa panduan tentang Bagaimana cara mengatur Fiberhome Indihome Modem GPON yang perlu kalian ketahui. Mulai dari cara mereset, ganti password hingga mengganti password login bawaan (default).

1. Reset Modem GPON Indihome

Tindakan melakukan reset modem ini, adalah untuk mengembalikan pengaturan awal modem atau sebagai solusi lupa password login modem GPON.

Tetapi jika modem belum pernah diutak-atik sebelumnya atau masih dalam kondisi baru, maka disarankan untuk melewati langkah ini.

Reset modem sendiri, selain untuk reset total menjadi default, juga mereset semua yang ada didalamnya, baik nama wifi, password login router ataupun semua pengaturan-pengaturan yang ada di dalamnya.
  1. Pertama, matikan modem. Kemudian lihat di samping kiri / kanan dan temukan lubang kecil yang diatasnya tertulis "Reset".
  2. Setelah itu, ambil kayu atau besi yang kira-kira muat dengan lubang reset tersebut.
  3. Tekan dan tahan selama kurang lebih 3-5 detik hingga lampu indikator menyala dan berkedip.
  4. Setelah itu tunggu beberapa saat hingga lampu indikator menyala normal / sudah tidak berkedip lagi.
  5. Pada tahap ini, modem sepenuhnya sudah tereset dan pengaturannya sudah kembali awal (default).
  6. Selanjutnya, silahkan hubungkan jaringan wifi dengan komputer/hp android menggunakan SSID default dan password yang tertera pada bagian belakang router.
  7. Setelah berhasil terhubung, tahap berikutnya adalah melakukan pengaturan Indihome. Untuk panduan ini, silahkan lihat pada langkah-langkah berikut ini.

2. Cara Setting Fiberhome GPON Indihome

Untuk pengaturan pada router indihome, ada beberapa tahapan yang akan dijelaskan disini. Mulai dari cara login ke modem, mengganti nama wifi, menambah SSID dan mengganti username dan password bawaan modem indihome.

2.1. Login ke dalam Modem Fiberhome

Sebelum melakukan pengaturan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah login ke router. Bagaimana caranya, berikut langkah-langkahnya.
  1. Nyalakan modem fiberhome Indihome.
  2. Buka komputer / HP kemudian sambungkan ke WiFi.
  3. Untuk nama wifi / SSID dan passwordnya sendiri, bisa dilihat dibagian belakang modem / router. Contohnya seperti di bawah ini.
    • Default WLAN SSID Name : 04F2G_3a*** adalah nama SSID.
    • Default WLAN Security(WPA) : wlanc*** adalah password untuk menyambungkan ke WiFi.
  4. Setelah terhubung, buka browser yang ada di komputer / ponsel kalian. Misalnya, Chrome, Mozilla Firefox dan sebagainya lalu pada address bar, ketikkan : 192.168.1.1.
  5. Selanjutnya, untuk login ke dalam modem / router, gunakan username dan password yang juga terdapat di bagian belakang modem. Dalam hal ini, biasanya tertera seperti ini :
Username : user
Password : user1234
atau
Username : admin
Password : admin
Catatan : Pengaturan dengan login menggunakan username "user" berbeda dengan tampilan pengaturan menggunakan user "Admin". Tetapi jika kalian masih awam soal ini, lebih baik memilih username user saja.

Jika tidak bisa menggunakan username dan password tersebut di atas, coba lihat Kumpulan Username dan Password Telkom Indihome Terbaru.

2.2. Mengganti Nama dan Password WiFi

Setelah berada di dalam halaman pengaturan router, selanjutnya proses bagaimana cara mengganti nama Wifi/SSID dan passwordnya.

  1. Klik pada tab "Network" yang ada pada menu atas.
  2. Arahkan cursor ke menu yang ada di bagian kiri, kemudian pilih "Advance".
  3. Pada "SSID Choice", pilih jaringan nomor berapa yang nama dan passwordnya ingin diganti. Ada 4 pilihan disana, silhakan kalian sesuaikan dan jangan lupa untuk memilih "Enable" yang ada disampingnya.
  4. Untuk mengganti nama Wifi, silahkan ganti pada kolom "SSID Name" dan untuk menyembunyikannya, kalian bisa mencentang pada "Hidden" yang ada di samping kanannya.
  5. Selanjutnya, pada "Security Mode", pilih keamanan tertinggi "WPAPSKWPA2PSK".
  6. Di bagian "WPA Alogorithms", pilih "TKIPAES".
  7. Setelah itu, untuk mengganti password, masukkan ke kolom "Pass Pharse".
  8. Terakhir simpan semua pengaturan dengan cara menekan tombol "Apply".
Sesaat setelah tombol "Apply" ditekan, maka koneksi ke modem akan langsung terputus. Jadi silahkan sambungkan ulang ke nama SSID baru dan dengan menggunakan dengan menggunakan password yang baru juga (jangan menggunakan yang ada dibelakang router lagi).

2.3. Menambah Jaringan Wifi/SSID

Menambah jaringan wifi, pengaturannya sama saja dengan Mengganti Nama dan Password WiFi, hanya saja pada pemilihan nomor jaringan pada SSID Choice.

  1. Login ke router.
  2. Klik "Network", lalu pilih "Advance".
  3. Pilih angka 1 sampai 4 pada SSID Choice dan jangan lupa centang "Enable" di samping kanannya.
  4. Selanjutnya, masukkan nama jaringan baru pada kolom "SSID Name".
  5. Pada "Security Mode", pilih "WPAPSKWPA2PSK".
  6. Lalu pada "WPA Alogorithms", pilih "TKIPAES".
  7. Setelah itu masukkan passwordnya pada kolom "Pass Pharse".
  8. Terakhir klik "Apply" untuk menyimpan pengaturan.
Untuk mengaktifkan 4 nama jaringan sekaligus, silahkan kalian lakukan pengaturan seperti di atas, mulai dari SSID Choice 1 sampai 4.

2.4. Mengganti Password Login Modem

Untuk menghindari terjadinya pembobolan WiFi, sebaiknya kalian ganti password default modem, baik pada username "User" ataupun "Admin".
  1. Login ke modem, disarankan menggunakan user "admin".
  2. Pilih tab "Management".
  3. Pilih lagi "User Account".
  4. Di bagian "Username", centang user yang passwordnya akan diganti.
  5. Setelah itu, masukkan password baru beserta konfirmasinya.
  6. Terakhir, klik "Apply" untuk menyimpan.
Selain pengaturan-pengaturan yang telah dijelaskan di atas, sebenarnya masih banyak lagi pengaturan lainnya. Diantaranya mengaktifkan / menonaktifkan firewall, melakukan pemblokiran website atau perangkat, mengatur kecepatan Indihome dan sebagainya. Tetapi untuk pengaturan tersebut, akan dibahas lebih lanjut.

Itulan beberapa panduan dasar melakukan setting terhadap modem GPON Fiberhome Indihome. Semoga bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan. Terima kasih telah berkunjung, salam!
Open Comments