Harga Nokia 3.2 Terbaru 2019 dan Spesifikasi

Menyasar pangsa pasar kelas menengah, HMD Global rilis Nokia 3.2 yang dijual dengan harga murah Rp 1,9 juta untuk spesifikasi 16GB dan Rp 3,2 juta untuk memori 32GB.

AndroLite.com - HMD Global selaku pemilik resmi Nokia, meluncurkan smartphone Android murah Nokia 3.2, bersamaan dengan saudaranya Nokia 4.2. HP ini diperuntukan untuk konsumen kelas menengah yang dijual dengan harga mulai Rp 1,9 jutaan.

Mengusung tagline "View more, do more" menandakan bahwa Nokia 3.2 hadir dengan desain layar luas, performa mantap dan kamera mempuni dan sebagainya. Benarkah demikian? Berikut review singkat, spesifikasi dan harganya.

Harga Nokia 3.2 dan Spesifikasi


UMUM
BrandNokia
Model3.2
DiumumkanFebruari 2019
ReleasedJuni 2019
StatusRilis
SIMDual Slot Nano SIM
DESAIN
Dimensi8.6 x 76.2 x 159.4 mm
Berat181 gram
Material
  • Polycarbonate
  • Aluminium
Warna
  • Hitam
  • Steel
LAYAR
JenisIPS LCD
Ukuran6,26 inci
Resolusi1520 x 720 piksel (HD+)
Rasio19:9 (full view)
Kerapatan269 ppi
Perlindungan-
Fitur
  • Layar Sentuh Kapasitif
  • 2.5D curved glass screen
SISTEM OPERASI
OSAndroid Pie 9.0
AntarmukaAndroid One
SISTEM ON CHIP (SoC)
ChipsetQualcomm Snapdragon 429
Teknologi8 nm (nanometer)
Inti4 (quad) core
Kecepatan1.8 GHz
TeknologiCortex-A53
GPUQualcomm Adreno 504
RAM
Kapasitas
  • 2 GB
  • 3 GB
JenisLPDDR3
ChannelSingle
Frekuensi800 Mhz
PENYIMPANAN
Internal
  • 16 GB
  • 32 GB
Ekspansi
Slot MMCmicroSD hingga 400 GB
KAMERA BELAKANG
Single13 MP (f/2.2)
LED Flash
Video1080p@30fps
Fitur
  • Autofokus
  • Continous Shooting
  • Geotagging
  • Panorama
  • HDR
  • Sentuh Fokus
  • Deteksi Wajah
  • Self Timer
KAMERA DEPAN
Single5 MP (f/2.2, 27mm, wide)
LED Flash
Video720p@30fps
Fitur
  • Angel view 77°
  • Face Unlock
BATERAI
JenisNon-removable Li-Po
Kapasitas4.000 mAh
Pengisian CepatYa, 10 Watt
KONEKTIVITAS
USB2.0 Type-C 1.0
Bluetooth5.0
WiFi802.11 a/b/g/n/ac
Radio
GPS
3.5mm jack
Lainnya
  • Sinkronisasi komputer
  • Sinkronisasi OTA
  • Tethering
  • VoLTE
  • VoWiFi
SENSOR
Keamanan
  • Fingerprint (hanya model 32/3GB)
  • Face Unlock
Lainnya
  • Accelerometer
  • Proximity
  • Light
HARGA
Baru
  • Rp 1,9 juta (2 GB / 16 GB)
  • Rp 2,3 juta (3 GB / 32 GB)
Second-
Disclaimer: Kami tidak menjamin bahwa informasi pada halaman ini 100% benar. Selengkapnya.
Nokia 3Nokia 3.1
Nokia 3.1 PlusNokia 2.2

Desain Polycarbonate Unibody


Dari segi desain, Nokia 3.2 dapat digambarkan memang terlihat mengagumkan dan bersahaja. Desainnya yang unibody berbahan polikarbonat dengan Panel belakang terlihat seperti kaca hingga kaca melengkung 2.5D di bagian depan, menampilkan hasil akhir yang reflektif dan futuristik.

Tetapi bodi polycarbonatenya memiliki kelemahan lain. Meski mengkilap seperti kaca, panel belakang sangat rentan tergores atau lecet. Meski demikian, konsumennya dapat mencegah hal itu terjadi, yaitu dengan membeli casing pelindung.

Ponsel ini memiliki ukuran besar, yakni berdimensi 8.6 x 76.2 x 159.4 mm. Artinya untuk penggunaan satu tangan, penggunanya harus merenggangkan ibu jari untuk mencapai konten dalam layar, terutama yang ada di ujung layar.

Layar Tear-Drop Notch


Selain melengkung, layar Nokia 3.2 juga didesain berponi yang menyerupai tetes air yang jatuh (tear-drop). Notch tersebut sangat mungil, sehingga memberikan ruang lebih luas terhadap layarnya.

Diukur dari sudut ke sudut, diagonalnya lumayan cukup luas, yaitu 6,26 inci. Tetapi sedikit lebih kecil dibandingkan dengan pesaingnya Galaxy A20 yang memiliki layar berukuran 6,4 inci.

Jenis layarnya adalah IPS LCD dengan aspek rasio 19:9 atau tampilan penuh dan memiliki kepadatan piksel tergolong sedang 269 ppi. Sayangnya, luas ukuran layarnya tidak dibarengi dengan resolusinya yang hanya beresolusi HD+ 1520 x 720 piksel saja. Sehingga menghasilkan reproduksi warna juga kurang begitu baik.

Selain itu, HMD Global juga tidak menyertakan sertifikasi Widevine L1 di dalamnya. Artinya pengguna tidak akan dapat melakukan streaming video dari layanan seperti Netflix yang memiliki konten HD.

Performa Kurang Gesit


Untuk performanya, Nokia 3.2 jelas bukan merupakan salah satu yang terbaik dikelasnya, bahkan ia dengan mudah dikalahkan para pesaingnya, misalnya Redmi Note 7 atau Realme 3 yang dijual dengan harga hampir sama.

Mengapa demikian? Karena chipsetnya hanya mengandalkan Snapdragon 429 yang memiliki 4 inti (quad-core) berkecepatan 1.8 GHz saja. Sementara para pesaingnya kebanyakan berbekal prosessor 8 inti atau octa-core dan memiliki kecepatan clocking lebih tinggi.

Dari yang AndroLite kutip dari GSMArena.com, meskipun menjalankan Android murni tanpa kustom UI, tetapi kinerja Nokia 3.2 sangatlah berjalan lamban, bahkan untuk melakukan proses multitasking berat hampir tidak mampu.

Menggunakan varian tertinggi, yakni RAM 3GB + Storage 32 GB untuk pengetesan, terbukti Nokia 3.2 hanya mencetak skor benchmark 849 dan skor 2.444 dalam tes single serta multi-core di Geekbench 4. Sedangkan di AnTuTu, Nokia 3.2 mempreoleh skor rendah 64.346 dan test grafis di 3DMark Slingshot Extreme dengan skor 190.

Dengan hasil test tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa Nokia 3.2 kurang cocok untuk melakukan pekerjaan multitasking atau menjalankan game berat.

Nokia 6Nokia 6.1
Nokia 6.1 PlusNokia X6

Kamera Cukup Mempuni


Sektor fotografi, Walaupun hanya mengandalkan lensa tunggal berkekuatan 13 megapiksel pada kamera belakangnya, tetapi mampu memberikan hasil yang tidak terlalu mengecewakan bahkan mengesankan. Gambar yang diambil di tempat dengan cahaya alami mampu mempertahankan warna alami dengan ketajaman yang baik.

Di ruangan intensitas cahaya tiggipun tetap menampilkan warna yang baik, tetapi agak sedikit diredam dan tidak terlalu tajam. Namun saat membidik objek yang jauh, menghasilkan tekstur yang berbintik-bintik. Meski demikian, untuk ukuran ponsel sekelasnya, kamera Nokia 3.2 sudah cukup baik.

Untuk pengambilan gambar efek bokeh, juga tidak terlalu buruk. Meski pada kenyataannya kamera utama Nokia 3.2 tidak dibekali lensa khusus, seperti pada Realme 3 atau Redmi Note 7. Objek yang akan ditangkapunya mampu mengaburkan latar belakang dengan sangat baik.

Lanjut ke kamera selfie. Kamera depan ponsel ini memang hanya beresolusi 5 megapiksel saja, tetapi mampu menghasilkan foto yang cerah dan menghaluskan tekstur kulit tanpa menggunakan filter kecantikan.

Bagaimana dengan rekaman videonya? Untuk kamera belakangnya mampu menghasilkan rekaman FHD 1920 x 1080 piksel, sedangkan kamera selfie adalah HD 1280 x 720 piksel.

Baterai Tahan Lama


Yang menjadi sorotan utama Nokia 3.2 adalah pada baterainya. Bukan karena kapasitasnya yang mengemas 4.000 mAh, tetapi pada daya tahannya yang tinggi.

Jika digunakan secara reguler, termasuk browsing internet, media sosial, panggilan telepon, memutar musik sesekali dan sedikit bermain game, HP ini bisa dengan mudah bertahan selama satu hari penuh, bahkan lebih. Tetapi untuk penggunaan ekstrim, seperti memutar video tanpa henti, hanya mampu bertahan selama 10 jam 30 menit saja.

Sayangnya, meski telah didukung oleh fitur pengisian cepat dengan output 10 watt, tetapi pada kenyataannya pengisian ulang daya dari 0 hingga 100% membutuhkan waktu kurang lebih 2,5 jam.

Sistem Keamanan


Ponsel pendatang terbaru ini, berbekal beberapa sistem keamanan sekaligus, termasuk fingerprint, face unlock beserta pengamanan konvensional lainnya.

Sensor sidik jari Nokia 3.2 sama seperti ponsel kelas menengah kebawah lainnya, dimana memiliki kinerja yang cukup cepat untuk membuka kunci layar. Tetapi lain halnya dengan face unlock, yang memiliki kecepatan kurang atau tidak berjalan dengan baik, meski di tempat dengan intensitas cahaya tinggi sekalipun.

Nokia 5Nokia 5.1
Nokia 5.1 PlusNokia 4.2

Harga Nokia 3.2


Nokia 3.2 secara resmi diperkenalkan pada bulan Februari lalu, tetapi pada bulan Juni 2019 barulah perangkat ini tersedia di pasaran, baik global maupun Indonesia.

Harga yang ditawarkannya lumayan cukup murah dan terjangkau. Untuk varian 2/16 GB dijual dengan harga Rp 1,9 jutaan dan model 3/32 GB dijual dengan banderol Rp 2,3 jutaan. Adapun pilhan warna yang tersedia, yaitu hitam dan steel saja.
Open Comments