Samsung Galaxy A20 Resmi Meluncur, Usung Layar Ininity-V

Samsung Galaxy A20 adalah martphone kelas menengah yang dibanderol dengan harga sekitar Rp 2 jutaan, berbekal spesifikasi dan fitur unggulan dikelasnya serta hadir dengan membawa layar Infinity-V, yakni pada bagian atas layar terdapat sebuah poni kecil berbentuk V.

AndroLite.com: Hanya berselang beberapa pekan saja setelah peluncuran Galaxy A10, Galaxy A30, Galaxy A50 dan Galaxy A60, kini Samsung kembali meluncurkan model terbaru dari keluarga A Series, yaitu Galaxy A20. Bahkan sehari sebelumnya, ponsel entry-level Galaxy A2 Core juga diluncurkan.

Hal ini tentu semakin menambah varian baru keluarga A Series. Tercatat, selama Tahun 2019 ini, Samsung telah merilis 6 model A Series. Meski masih dari keluarga yang sama, namun setiap model memiliki spesifikasi dan fitur tersendiri, serta harga yang berbeda-beda pula.

Samsung Galaxy A20 sendiri, merupakan smartphone kelas menengah yang hadir dengan membawa spesifikasi dan fitur unggulan dikelasnya. Dari segi desain, A20 tidak jauh berbeda dari saudaranya, yaitu hadir dengan membawa layar Infinity-V, yakni pada bagian atas layar terdapat sebuah poni kecil berbentuk "V".

Layar yang diusungnya tersebut memiliki ukuran super luas 6.4 inci yang diadopsi dari teknologi andalan Samsung, yaitu Super AMOLED yang diklaim mampu menghemat daya dan memiliki kecerahan warna lebih tajam dibandingkan jenis layar lainnya. Namun sayangnya resolusi layarnya tidak sebanding dengan ukurannya, yaitu hanya beresolusi HD+ 1560 x 720 piksel saja.

Di bagian belakang, terdapat sebuah logo dan sensor fingerprint dibagian tengah punggung ponsel, disusul dual lensa kamera belakang yang ditempatkan pada bagian sudut kiri atas. Casing belakang Galaxy A20 tersebut terbuat dari bahan plastik.

Di sektor kamera, Galaxy A20 dibekali dual lensa pada kamera belakang yang masing-masing memiliki resolusi 13 MP bukaan f/1.9 didukung oleh wide-lens dan autofokus untuk lensa primer dan 5 MP bukaan f/2.2 untuk depth sensor pada lensa sekundernya.

Sementara kamera depan, meski hanya dilengkapi dengan lensa tunggal saja, namun resolusinya cukup lumayan tinggi, yaitu 8 megapiksel dengan kemampuan merekam video resolusi FHD 1080p@30fps.

Untuk performanya, Galaxy A20 telah berjalan pada sistem operasi Android Pie 9.0 dengan antar muka keluaran terbaru Samsung, yakni One UI. Perangkat lunaknya ini akan ditopang oleh prosessor Exynos 7884 Octa-cores berkecepatan 2x ARM Cortex-A73 1.6 GHz + 6x ARM Cortex-A53 1.35 GHz, pengolah grafis Mali G71, RAM 4 GB dan penyimpanan internal 32 GB.

Kapasitas penyimpanannya tersebut masih dapat diperluas melalui kartu memori jenis microSD dengan daya tampung maksimal 512 GB. Menariknya, slot untuk kartu memorinya tersebut dibuatkan secara khusus (dedicated) sehingga pengguna dapat mengaktifkan dual SIM sekaligus.

Di bagaian penyuplai daya, ponsel keluran terbaru ini dibekali baterai dengan daya tampung super jumbo 4000 mAh yang sudah pasti dapat bertahan selama puluhan hingga ratusan jam. Tetapi sayangnya, tidak diketahui apakah baterainya tersebut didukung oleh fitur pengisian super cepat ataukah tidak.

Fitur lain yang ada didalam Samsung A20 adalah dilengkapi fitur NFC yang mendukung cashless dan pembayaran melalui ponsel untuk memberikan kemudahan pembayaran / finansial penggunanya.

Untuk harganya sendiri, Dilansir dari GSMArena.com, Selasa (19/03/2019) Samsung Galaxy dibanderol dengan harga 200 EURO (sekitar Rp 3,2 juta). Tetapi di Rusia, tempat dimana ponsel ini pertama kali meluncur, dijual dengan harga 200 USD atau sekitar Rp 2,8 juta.

Lantas bagaimana dengan Indonesia? Sayangnya tidak ada informasi mengenai kapan Galaxy A20 akan masuk ke Tanah Air dan berapa banderol harganya. Namun diperkirakan, ponsel ini akan segera masuk ke Indonesia, paling lambat bulan April mendatang.

Samsung Galaxy A20 tersedia dalam dua warna saja, yaitu Hitam dan Biru saja, serta hadir dalam satu model saja yakni RAM 3 GB + Storage 32 GB. Lebih lengkap tentang Spesifikasi Detail Samsung Galaxy A20.
Open Comments