advertisement
AndroLite.com - Dipenghujung Tahun 2018 ini, HMD Global selaku pemegang resmi lisensi Nokia, kembali meluncurkan sebuah smartphone teranyar berkategori high-end. Ponsel tersebut adalah Nokia 8.1 untuk versi Global dan Nokia X7 untuk versi China.

Kabar akan kehadirannya memang sudah menjadi buah bibir beberapa pekan sebelumnya, mulai dari bocoran gambar, fitur hingga spesifikasinya. Dan kini ponsel ini secara resmi diperkenalkan dengan mengusung spesifikasi handal, termasuk diotaki prosessor Snapdragon, layar luas, bodi terbuat dari bahan kaca, RAM dan internal storage berkapasitas lumayan besar dan lain sebagainya.
Lantas seperti apa tampilan, fitur dan spesifikasi yang dibawa oleh Nokia 8.1 dan berapa harganya? berikut ulasannya.

1. Spesifikasi Nokia 8.1


UMUM
BrandNokia
Model8.1
StatusRilis
Tahun RilisDesember 2018
JARINGAN
TeknologiGSM / CDMA / HSPA / LTE
SIMDual SIM (Nano SIM)
Koneksi4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
KecepatanHSPA: 42.2/5.76 Mbps, LTE: 300/50 Mbps
BODI
Dimensi154.8 x 75.8 x 8 mm
Berat180 gram
MaterialRangka aluminium, depan/belakang kaca
WarnaBiru, Silver, Steel, Putih, Iron
LAYAR
JenisIPS LCD, layar sentuh kapasitif 16 juta warna
Ukuran6.18 inci
Resolusi2280 x 1080 piksel
Rasio19:9 (Fullview), 81.2% screen-to-body
Kerapatan Piksel408 ppi
Perlindungan-
PLATFORM
Sistem OperasiAndroid Pie 9.0 (Android One)
ChipsetQualcomm Snapdragon 710, pabrikasi 10 nm
CPUOcta-core (2x 2.2 GHz + 6x1.7 GHz)
GPUAdreno 616
RAM4 GB
PENYIMPANAN
Internal64 GB
EkspansiYa, microSD maksimal 400 GB
KAMERA UTAMA
Dual12 MP (f/1.8, dual pixel PDAF, OIS)
13 MP
LED FlashYa, dual-LED dual-tone flash
Video2160p@30fps / 1080p@30fps (gyro-EIS)
FiturZeiss optics, HDR, panorama
KAMERA DEPAN
Single20 MP (f/2.0)
LED FlashTidak
Video1080p@30fps
Fitur-
KONEKTIVITAS
WiFi802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, direct, hotspot
Bluetooth5.0
USB2.0 Type-C 1.0, USB On-The-Go
RadioTidak
PenandaGPS, A-GPS, BDS, GLONASS
BATERAI
JenisNon-removable Li-Ion
Kapasitas3500 mAh
Pengisian CepatYa, 2A/9V (18W)
FITUR
KeamananFingerprint, Face Unlock
SensorAccelerometer, light, gyroscope, compass, proximity
3.5mm jackYa, Pembatalan bising aktif dengan mikrofon khusus
LoudspeakerYa
Disclaimer: Kami tidak menjamin bahwa informasi pada halaman ini 100% benar. Selengkapnya.

2. Fitur Nokia 8.1


2.1. Desain Bodi Lebih Kokoh
Dari segi desain yang dibawa oleh ponsel ini, sebenarnya tidak terlalu beda jauh dengan perangkat Android lainnya, termasuk hadir dengan layar berponi, tanpa tombol fisik navigasi, penempatan tombol power dan volume di sebelah kanan, kamera utama + sensor fingerprint di bagian tengah belakan dan sebagainya.

Namun yang membuatnya lebih mantap adalah dari segi pembuatan bodinya, dimana rangkanya terbuat dari bahan metal aluminium dan bahan kaca di bagian depan dan belakang. Dengan ini, bodi Nokia 8.1 akan lebih kokoh, kuat dan akan mampu bertahan di segala medan.

2.2. Layar Lebih Luas
Nokia 8.1 usung panel jenis IPS LCD berdiagonal 6.18 inci beresolusi FHD+ 2280 x 1080 piksel dengan aspek rasio 19:9 (fullview) dan memiliki kerapatan piksel per inci sebesar 408 ppi.

Namun sayangnya layar yang dibawanya tersebut memiliki poni yang tergolong cukup besar sehingga akan sangat mengganggu penggunanya terutama saat ingin menikmati berbagai konten multimedia dengan tampilan penuh tanpa ada notch yang menghalangi pandangan.

2.3. Performa Gahar
Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Nokia 8.1 ada pada sektor performanya. Ya ponsel cerdas buatan HMD Global ini telah berjalan pada sistem operasi terbaru saat ini yaitu Android Pie 9.0 dengan segudang fitur dan aplikasi yang ada didalamnya. Nah OSnya tersebut merupakan perangkat lunak jenis Android One, sehingga akan lebih mendongkrak kinerjanya.

Selain itu, beberapa hardware didalamnya akan memberikan dukungan secara maksimal agar performanya lebih maksimal. Diantaranya diotaki oleh prosessor bertenaga Qualcomm Snapdragon 710 pabrikasi 10 nm Octa-core berkecepatan 2x 2.2 GHz + 6x1.7 GHz, pengolah grafis Adreno 616 dan RAM berkapasitas 4GB.

Sementara untuk kebutuhan penyimpanan berbagai data dalam jumlah skala besar, tersedia internal storage berkapasitas 64GB dan masih bisa diekspansi melalui kartu memori eksternal jenis microSD dengan daya tampung maksimal 400GB.

2.4. Kamera Lebih Canggih
Di sektor fotografi, apa yang tersemat di dalam Nokia 8.1 dapat dipastikan akan menjadi salah satu favorite bagi para penggunanya terutama bagi yang gemar melakukan foto-foto. Ya, pada kamera utamanya dibekali dua lensa Zeiss optics beresolusi 12 MP (f/1.8, dual pixel PDAF, OIS)+ 13 MP.

Fitur yang mendukungnya berupa optical image stabilization, dual-LED dual-tone flash, HDR dan panorama yang mampu memberikan gambar dengan hasil yang lebih maksimal, terang, tampak nyata dan lebih detail. Untuk video, mampu menghasilkan rekaman hingga resolusi 2160p@30fps atau resolusi 1080p@30fps dengan dukungan gyro-EIS.

Kamera selfienya juga tidak kalah mantap, yakni berbekal lensa beresolusi tinggi 20 MP dengan Google Lens, AI-powered imaging dan Motion yang dapat menghasilkan foto selfie dengan hasil mengagumkan dan video super smooth.

2.5. Baterai, Sensor dan Konektivitas
Untuk menopang segala aktivitas pengguna selama seharian penuh, Nokia 8.1 dibekali penyuplai daya dengan daya tampung sebesar 3500 mAh didukung oleh pengisian super cepat dengan output charger sebesar 2A/9V (18W).

Di sektor sensor, selain berbekal sensor fingerprint dan face unlock sebagai sistem keamanannya, juga dibekali sensor berupa accelerometer, gyroscope, proximity dan compass.

Sedangkan untuk urusan konektivitas, Nokia 8.1 (X7) dibekali dual SIM dengan dukungan koneksi internet hingga kecepatan 300 Mbps, sambungan WiFi, bluetooth 5.0, GPS dan telah menggukan port USB 2.0 Type-C 1.0 yang support USB On-The-Go.

3. Harga Nokia 8.1


Di kutip dari situs GSMArena.com, Nokia 8.1 untuk versi global hanya hadir dalam 1 model saja, yakni RAM 4GB + 64GB dengan banderol harga sekitar 400 EURO atau setara dengan Rp 6,6 jutaan. Namun harga tersebut merupakan harga global.

Adapun mengenai ketersediaannya di Indonesia, hingga saat artikel ini diturunkan, HMD Global belum memberikan informasi apapun mengenai apakan ponsel pendatang terbaru ini akan masuk ke Indonesia ataukah tidak. Untuk itu kita tunggu saja informasi selanjutnya.

Nah, menurut kalian, apakah spesifikasi dan fitur yang dibawa oleh Nokia 8.1 sudah sesuai dengan harga yang ditawarkannya? Berikan pendapat kalian pada kolom komentar yang telah kami sediakan. Terima kasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk share ke sosial media kalian. Salam!
Open Comments