Harga Lenovo Z5s, Review Singkat, Gambar dan Spesifikasi Lengkap

advertisement
AndroLite.com - Harga Lenovo Z5s, Review Singkat, Fitur, Gambar dan Spesifikasi Lengkap - Menjelang pergantian tahun 2018 ke 2019, dijadikan sebagai momen penting bagi Lenovo, untuk meluncurkan ponsel cerdas teranyar mereka, bernama Lenovo Z5s. Perangkat tersebut merupakan smartphone mid-range, usung berbagai fitur terbaru dan tentu saja dengan spesifikasi mempuni.

Beberapa keunggulan yang dimilikinya, adalah hadir dengan triple kamera utama beresolusi tinggi, diotaki CPU bertenaga Qualcomm Snapdragon 710, RAM dan internal storage berdaya tampung besar, sudah berjalan pada sistem operasi terbaru saat ini, yaitu Android Pie 9.0 dan masih banyak lagi.

Lenovo Z5s juga hadir dengan banderol harga perdana yang sangat terjangkau, yakni sekitar Rp 3,7 jutaan. Harga tersebut tergolong sangatlah murah jika dibandingkan dengan smartphone android lainnya yang membawa fitur dan spesifikasi sertupa, seperti Samsung Galaxy A8s yang mempunyai harga jauh lebih mahal.

Lantas seperti apakah desain, fitur dan spesifikasi yang dibawa oleh Lenovo Z5s ini? berikut informasi lengkapnya.

1. Spesifikasi Lenovo Z5s


UMUM
BrandLenovo
ModelZ5s
StatusRilis
Tahun RilisDesember 2018
JARINGAN
TeknologiGSM / CDMA / HSPA / LTE
SIMHybrid Dual SIM (Nano SIM)
Koneksi4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
KecepatanHSPA: 42.2/5.76 Mbps, LTE: 300/50 Mbps
BODI
Dimensi156.7 x 74.5 x 7.9 mm
Berat172 gram
Material-
WarnaStarry Night Grey, Love Orange, Titanium Blue
LAYAR
JenisLTPS IPS LCD, layar sentuh kapasitif 16 juta warna
Ukuran6.3 inci
Resolusi2340 x 1080 piksel
Rasio19:9 (Fullview), 83.5% screen-to-body
Kerapatan Piksel409 ppi
PerlindunganCorning Gorilla Glass
PLATFORM
Sistem OperasiAndroid Pie 9.0 (ZUI10)
ChipsetQualcomm Snapdragon 710, pabrikasi 10 nm
CPUOcta-core 2.2 GHz Kryo 260
GPUAdreno 616
RAM / Storage6 GB + 128 GB,
4 GB + 64 GB
EkspansiYa, microSD maksimal 512 GB
KAMERA UTAMA
Triple16 MP (f/1.8, PDAF)
8 MP (f/2.4, telephoto, PDAF, 2x optical zoom)
5 MP (f/2.4, depth sensor)
LED FlashYa, dual-tone flash
Video2160p@30fps
FiturHDR, panorama
KAMERA DEPAN
Single16 MP (f/2.0)
LED FlashTidak
Video1080p@30fps
FiturHDR
KONEKTIVITAS
WiFi802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, direct, hotspot
Bluetooth5.0 (A2DP, LE)
USB2.0 Type-C, On-The-Go
Radio-
PenandaGPS, A-GPS
BATERAI
JenisNon-removable Li-Ion
Kapasitas3300 mAh
Pengisian CepatYa, Output 15W
FITUR
KeamananFingerprint, Face Unlock
SensorAccelerometer, light, gyroscope, compass, proximity
3.5mm jackYa, Pembatalan bising aktif dengan mikrofon khusus
LoudspeakerYa
Disclaimer: Kami tidak menjamin bahwa informasi pada halaman ini 100% benar. Selengkapnya.

2. Fitur Lenovo Z5s


2.1. Desain Bodi Super Elegan
Dari segi desain bodi secara keseluruhan pada Lenovo Z5s, memang tidak jauh berbeda dari HP android pada umumnya, yakni menghadirkan sentuhan finishing dengan sudut melengkung, layar berponi waterdrop dengan bezel tipis, posisi kamera utama berada disudut kiri atas dengan posisi vertikal, fingerprint di bagian punggung perangkat dan sebagainya.

Namun yang membuatnya tampak begitu elegan adalah adanya warna pelangi pada bagian casing penutup belakang yang akan terlihat jelas ketika terkena pantulan cahaya. Hal tersebut membuatnya memiliki kesan tersendiri bagi penggunanya, terlebih akan terasa lebih stylish saat digunakan untuk gaya-gayaan.

2.2. Layar Luas Waterdrop Display
Perkembangan panel dengan poni kini semakin populer hampir disemua kalangan, baik itu vendor maupun masyarakat luas tentunya. Nah hal ini juga diterapkan oleh Lenovo kedalam Z5s untuk mengikuti perkembangan jaman. Namun ada yang sedikit berbeda dari desain poninya tersebut dan tampak sedikit berbeda dengan smartphone android pada umumnya.

Bentuk poni layar Z5s hampir mirip dengan Ponsel Realme U1, dimana desainnya berupa waterdrop display, yaitu poni berbentuk seperti setetes air dan didalamnya terdapat sebuah kamera selfie, serta bezel super tipis dikeempat sisinya.

Adapun jenis layar yang digunakannya, berasal dari teknologi LTPS IPS LCD berdiagonal 6.3 inci, beresolusi Full HD+ 2340 x 1080 piksel, aspek rasio 19:9 dengan kerapatan piksel per inci 409 ppi dan dilapisi perlindungan anti gores berupa Corning Gorilla Glass.

2.3. Performa Lebih Kencang
Di sektor performa, Lenovo Z5s dibekali berbagai jenis hardware mempuni dan juga telah berjalan pada sistem operasi android terbaru sekarang ini, yaitu Android Pie versi 9.0 dengan segudang fitur dan aplikasi terbaru di dalamnya. Untuk antarmukanya, mengandalkan ZUI10.

Untuk menopang kinerja OS-nya tersebut, perangkat ini dibekali otak pemrosesan super bertenaga Qualcomm Snapdragon 710, pabrikasi 10 nm dengan inti Octa-core berkecepatan 2.2 GHz Kryo 260 merata untuk setiap core-nya dan dibekali pengolah grafis yang juga buatan Qualcomm, yakni Adreno 616.

Sementara untuk sektor penyimpanan, Lenovo Z5s mengahdirkan 2 model sekaligus, yaitu RAM 6 GB dipadukan dengan internal storage berkapasitas 128 GB dan RAM 4 GB dipadukan storage 64 GB. Selain itu, pengguna masih bisa memperluas kapasitas penyimpanannya melalui slot kartu memori jenis microSD maksimal 256GB.

Perpaduan hardware dan softwre yang dihasilkan, selain menghasilkan kinerja handal, responsive dan cepat juga dapat menjalankan berbagai jenis aplikasi super berat, seperti game online full hd, misalnya mobile legends, PUBG Mobile, bola dan sebagainya.

2.4. Triple Kamera
Salah satu yang paling diunggulkan oleh Lenovo Z5s untuk menarik minat para calon pembelinya adalah pada sektor kameranya. Ya, smartphone ini hadir dengan triple lensa sekaligus pada kamera utamanya yang ditempatkan pada bagian sudut kiri atas dengan posisi ditumpuk secara vertikal, disusul lampu kilatan LED flash dual-tone di bawahnya.

Ketiga lensa tersebut masing-masing memiliki fungsi tersendiri untuk menciptakan hasil tangkapan yang lebih memuaskan dan mengagumkan. Untuk lensa primer, beresolusi 16 MP (f/1.8, PDAF), lensa kedua 8 MP (f/2.4, telephoto, PDAF, 2x optical zoom) dan lensa paling bawah beresolusi 5 MP (f/2.4, depth sensor) serta didukung oleh fitur kecerdasan buatan, HDR, panorama.

Adapun kemampuannya dalam menghasilkan rekaman video, dapat mencapai resolusi 4K 2160p pada kecepatan @30fps. Sementara kamera depan, hanya dapat merekam video beresolusi 1080p@30fps melalui lensa beresolusi 16 MP aperture f/2.0 dan didukung oleh fitur HDR serta AI tentunya.

2.5. Baterai, Sensor dan Konektivitas
Untuk fitur penting lainnya, seperti Baterai, Sensor dan Konektivitas tidak jauh berbeda dengan ponsel pesaing lainnya. Untuk penyuplai daya, Lenovo Z5s mengandalkan baterai berkapasitas 3300 mAh, didukung oleh fitur pengisian super cepat melalui output charter sebesar 15W.

Lalu untuk sensornya, dibekali fingerprint scanner yang berada di bagain tengah punggun ponsel dan face unlock yang terintegrasi dengan kamera depan sebagai sistem keamanannya. Selain itu, ia juga memiliki sensor seperti accelerometer, light, gyroscope, compass dan proximity.

Selanjutnya pada bagian sambungan atau konektivitas. Meski tidak dibekali sistem pembayaran mobile NFC dan radio FM, namun dilengkapi dual slot kartu SIM jenis hybrid, sambungan WiFi 802.11 a/b/g/n/ac (dual-band, direct, hotspot), bluetooth 5.0 (A2DP, LE), port 3.5mm jack dan telah mengandalkan port USB 2.0 type-C sebagai penopang fitur fastcharging ataupun transfer data.

3. Harga Lenovo Z5s


Walaupun Lenovo Z5s masih belum resmi dilepas kepasaran, namun perkiraan harganya telah banyak beredara di berbagai media online, seperti GSMArena.com yang menyebutkan bahwa HP pendatang terbaru ini akan dijual dengan harga perdana mulai 220 EURO atau sekitar Rp 3,7 jutaan untuk model terendah (4GB + 64GB), sedangkan untuk model 6GB + 128GB, kemungiknan besar akan dihargai sekitar Rp 4,3 jutaan.

Kedua model tersebut memiliki spesifikasi yang sama, hanya saja berbeda pada sektor RAM dan internal storage. Selain itu keduanya menyediakan 3 varian warna, termasuk Starry Night Grey, Love Orange dan Titanium Blue.

Lantas apakah Lenovo Z5s akan masuk ke Indonesia ataukah tidak? Sayangnya tidak ada informasi terkait hal tersebut. Namun diharapkan Lenovo Indonesia dapat merilisnya di Tanah air, karena selain berharga murah dan terjangkau, juga memiliki spesifikasi mempuni.
Nah, menurut kalian, apakah spesifikasi dan fitur yang dibawa oleh Lenovo Z5s sudah sesuai dengan harga yang ditawarkannya? Berikan pendapat kalian pada kolom komentar yang telah kami sediakan. Terima kasih telah berkunjung, Salam!
Open Comments