advertisement
AndroLite.com - Hanya berselang beberapa bulan saja setelah perilisan Vivo Z1, vendor smartphone asal Tiongkok tersebut kembali meluncurkan versi baru dari seri ini, yaitu Vivo Z1 Lite. Seri ini juga dikenal dengan sebutan Z1 Youth Edition dengan banderol harga yang lebih murah / terjangkau.

Walaupun Z1 Lite memiliki banderol harga jauh lebih murah (hampir 2 kali lipat) dari Z1, akan tetapi spesifikasi yang diusungnya tidak jauh berbeda, bahkan di beberapa sektor, seperti prosessor, Z1 Lite sedikit lebih unggul ketimbang saudaranya tersebut. Nah, semakin penasaran dengan smartphone pendatang terbaru ini, yuk mari kita ulas secara mendalam.

1. Spesifikasi Vivo Z1 Lite


UMUM
BrandVivo
ModelZ1 Lite (Youth Edition)
StatusRilis
Tahun RilisNovember 2018
JARINGAN
TeknologiGSM / CDMA / HSPA / LTE
SIMDual SIM (Nano SIM)
Koneksi4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
KecepatanHSPA: 42.2/5.76 Mbps, LTE: 300/50 Mbps
BODI
Dimensi154.8 x 75 x 7.9 mm
Berat149 gram
MaterialPolycarbonate
WarnaHitam, Merah, Aurora
LAYAR
JenisIPS LCD, layar sentuh kapasitif 16 juta warna
Ukuran6.26 inci
Resolusi2280 x 1080 piksel
Rasio19:9 (Fullview), 84.2% screen-to-body
Kerapatan Piksel403 ppi
Perlindungan-
PLATFORM
Sistem OperasiAndroid Oreo 8.1 (Funtouch OS 4.0)
ChipsetQualcomm Snapdragon 626 (MSM8953-Pro), pabrikasi 14 nm
CPUOcta-core 2.2 GHz Cortex-A53
GPUQualcomm Adreno 506
RAM4 GB
PENYIMPANAN
Internal32 GB
EkspansiYa, microSD maksimal 256 GB
KAMERA UTAMA
Dual16 MP (f/2.0, PDAF)
2 MP (depth sensor)
LED FlashYa
Video1920 x 1080 piksel @30fps
FiturHDR, panorama
KAMERA DEPAN
Single16 MP
LED FlashTidak
Video1920 x 1080 piksel @30fps
FiturHDR
KONEKTIVITAS
WiFi802.11 a/b/g/n, direct, hotspot
Bluetooth5.2
USBMicroUSB 2.0, USB On-The-Go
RadioYa, FM dengan fitur recording
PenandaGPS, A-GPS, BDS
BATERAI
JenisNon-removable Li-Ion
Kapasitas3260 mAh
Pengisian CepatYa
FITUR
KeamananFingerprint, Face Unlock
SensorAccelerometer, light, compass, proximity, gyroscope
3.5mm jackYa, Pembatalan bising aktif dengan mikrofon khusus
LoudspeakerYa
Disclaimer: Kami tidak menjamin bahwa informasi pada halaman ini 100% benar. Selengkapnya.

2. Fitur Vivo Z1 Lite


2.1. Desain Elegan dan Berkelas
Memiliki dimensi 154.8 x 75 x 7.9 mm dengan bobot sekitar 149 gram saja, membuat Vivo Z1 Lite tampak lebih ramping, tipis dan membuatnya akan terasa nyaman meski hanya di genggam dengan menggunakan satu tangan saja.

Desain yang diusungnya juga memiliki ciri khas tersendiri, dimana pada sisi kiri dan kanan didesain dengan sudut infinity ke arah layar maupun ke bagian belakang. Begitupun keempat sudutnya yang juga sedikit melengkung.

Sementara untuk penempatan beberapa komponen luar, tidak jauh berbeda dari smartphone android pada umumnya, dimana kamera utama dan led flash ditempatkan di bagian sudut kiri atas, fingerprint di bagian tengah serta tombol volume dan pengatur suara di sisi kanan.

Pada bagian depannya sendiri, terdapat sebuah panel dengan notch / takik yang didalamnya terdapat sebuah kamera selfie, lubang speaker dan sensor cahaya. Dengan desain yang dibawa oleh Z1 Lite ini, membuatnya terlihat lebih elegan dan berkelas.

2.2. Layar Lebih Luas
Di sektor layar, Vivo Z1 Lite hadir dengan membawa panel berukuran 6.26 inci yang didesain dengan notch di bagian atasnya dan di keempat sisinya nyaris tanpa bezel serta memiliki rasio screen to bodi mencapai 84.2%.

Adapun jenis layar yang diusungnya, terbuat dari jenis IPS LCD dengan kedalaman 16 juta warna, beresolusi Full HD 2280 x 1080 piksel dengan rasio 19:9 atau fullview dan mempunyai kepadatan piksel per inci 403 ppi.

Perpaduan antara luas, bezel tipis, resolusi dan rasio pada layar ponsel ini, membuatnya terlihat lebih luas dan dipastikan akan mampu memberikan tampilan visual menjadi lebih tajam, jernih dan lebih kaya warna.

2.3. Performa Handal
Saat pertama kali diperkenalkan, Vivo Z1 Youth berjalan pada sistem operasi Android Oreo versi 8.1 dengan antarmuka Funtouch OS 4.0. Meski bukan perangkat lunak versi terbaru, namun kinerjanya akan tetap berjalan maksimal karena didukung oleh beberapa hardware super handal dikelasnya.

Termasuk dukungan dari prosessor bertenaga Qualcomm Snapdragon 626 seri MSM8953-Pro Octa-core pabrikasi 14 nm dengan kecepatan transmisi data mencapai 2.2 GHz Cortex-A53, GPU Adreno 506 dan RAM berkapasitas 4 GB.

Sementara untuk kebutuhan penyimpanan berbagai jenis data atau file, sayangnya perangkat ini hanya dibekali internal storage berkapasitas 32 GB saja. Meski demikian, pengguna masih bisa melakukan perluasan melalui slot SD Card jenis Micro dengan daya tampung maksimal 256GB.

Dengan perpaduan platform yang mengoperasikan Z1 Lite, jangankan untuk membuka banyak aplikasi sekaligus (multitasking), saat digunakan untuk bermain game berat full HD akan tetap mampu menghasilkan performa handal, gesit dan halus.

2.4. Kamera Beresolusi Tinggi
Selain memiliki performa handal, Vivo Z1 Lite juga dibekali kamera beresolusi tinggi dengan berbagai fitur terbaru. Untuk kamera utamanya, hadir dengan dual lensa yang masing-masing beresolusi 16 MP (f/2.0, PDAF) dan 2 MP (depth sensor) 13 MP didukung oleh fitur berupa LED Flash, HDR dan panorama.

Dengan adanya dua lensa tersebut, pengguna dapat mengambil gambar dengan efek bokeh (latar belakang blur) yang memukau. Sementara untuk kebutuhan selfie atau video call, disematkan sebuah kamera depan bersensor tunggal beresolusi 16 MP dengan dukungan fitur HDR dan teknologi AI.

Baik kamera utama maupun depan, keduanya sama-sama memiliki kemampuan untuk merekam video dengan resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel pada kecepatan 30 frame rate per detik.

2.5. Baterai 3260 mAh
Untuk mampu bertahan selama seharian penuh guna mendukung segala aktivitas pemakainya dan sekaligus sebagai penyuplai daya, Vivo Z1 Lite dibekali baterai berkapasitas sedang, yakni 3260 mAh.

Walaupun kapasitasnya tidak terlalu besar, namun mampu bertahan selama seharian penuh meski tanpa isi ulang. Nah untuk pengisian ulang dayanya sendiri, telah didukung oleh teknologi fast charging yang memungkinkan proses isi ulang daya hingga 100% hanya dalam waktu singkat.

2.6. Sensor dan Fitur Lainnya
Selain dibekali sensor Accelerometer, light, compass, proximity dan gyroscope, Z1 Lite juga hadir dengan sensor fingerprint dan Face Unlock sebagai sistem keamanan untuk menjaga data yang ada di dalam ponsel. Dua sistem tersebut diklaim memiliki akurasi dan kecepatan tinggi untuk membukan kunci layar smartphone.

Sementara untuk fitur penting lainnya, terdapat dual slot SIM yang telah mendukung sambungan internet 4G LTE, WiFi, bluetooth 5.0, radio FM dengan fitur recording, GPS, USB 2.0 support USB On-The-Go, 3.5mm jack dan lain sebagainya.

3. Harga Vivo Z1 Lite


HargaRAM + Storage
Rp 2,9 juta4 GB + 32 GB
Jika Vivo Z1 dibanderol dengan harga perdana sekitar Rp 5 jutaan, lainnya halnya dengan Z1 Lite (Youth) yang dijual dengan harga sangat murah yakni 170 EURO atau sekitar Rp 2,9 jutaan saja (model 4 GB / 32 GB).

Padahal jika dilihat dari segi spesifikasinya, kedua ponsel miliki Vivo tersebut hampir sama, bahkan di beberapa sektor Z1 Youth sedikit lebih unggul ketimbang Z1.
Lantas kapan ponsel ini tersedia di Indonesia? Sayangnya hingga saat ini belum ada kabar apakan HP Vivo Z1 Lite akan menyapa tahah air kita ataukah tidak.

Nah, menurut kalian, apakah fitur dan spesifikasi Vivo Z1 Lite sesuai dengan harga yang ditawarkannnya? Berikan pendapat kalian pada kolom komentar yang telah kami sediakan. Terima kasih telah berkunjung, Salam!
Open Comments