advertisement
AndroLite.com - Perusahaan asal Korea Selatan, Samsung, kembali meluncurkan sebuah smartphone berkategori entry-level, yaitu Galaxy J4 Core dengan sistem operasi Android Go. Hadirnya perangkat ini semakin memperpanjang daftar Galaxy J4 Series, dimana Samsung J4 dan J4 Plus terlebih dahulu meluncur beberapa waktu yang lalu.

Selain itu, Galaxy J4 Core merupakan smartphone kedua Samsung yang membawa Android Edisi Go dimana sebelumnya terdapat Galaxy J2 Core yang terlebih dahulu mencicipinya. Android Edisi Go sendiri merupakan sebuah perangkat lunak versi ringan (lite) yang mampu berjalan secara maksimal pada perangkat dengan RAM 512 MB hingga 1 GB.

J4 Core sangat identik dengan J4 Plus, baik dari segi spesifikasi, fitur hingga desain. Semakin penasaran dengan ponsel cerdas pendatang terbaru ini? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy J4 Core


UMUM
BrandSamsung
ModelGalaxy J4 Core
StatusRilis
DiperkenalkanNovember 2018
Tahun RilisSegera hadir, November 2018
JARINGAN
TeknologiGSM / HSPA / LTE
SIMDual SIM (Nano SIM)
Koneksi4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
KecepatanHSPA: 42.2/5.76 Mbps, LTE: 150/50 Mbps
BODI
Dimensi161.4 x 76.9 x 7.9 mm
Berat-
MaterialPlastik
WarnaBiru, Hitam, Copper
LAYAR
JenisIPS LCD, layar sentuh kapasitif 16 juta warna
Ukuran6.0 inci
Resolusi1480 x 720 piksel
Rasio18.5:9 (Fullview), 73.6% screen-to-body
Kerapatan Piksel274 ppi
Perlindungan-
PLATFORM
Sistem OperasiAndroid Oreo 8.1 (Edisi Go)
ChipsetQualcomm Snapdragon 425 (MSM8917), pabrikasi 28 nm
CPUQuad-core 1.4 GHz Cortex-A53
GPUQualcomm Adreno 308
RAM1 GB
PENYIMPANAN
Internal16 GB
EkspansiYa, microSD maksimal 512GB
KAMERA UTAMA
Single8 MP (f/2.2, Autofocus)
LED FlashYa
Video1920 x 1080 piksel @30fps
FiturAutofocus, geotagging, sentuh fokus, deteksi wajah, HDR, panorama
KAMERA DEPAN
Single5 MP (f/2.2)
LED FlashYa
Video1280 x 720 piksel @30fps
KONEKTIVITAS
WiFi802.11 b/g/n, direct, hotspot
Bluetooth4.2
USBMicroUSB 2.0, USB On-The-Go
RadioYa, FM dengan fitur recording
PenandaGPS, A-GPS, GLONASS, BDS
NFCYa
BATERAI
JenisNon-removable Li-Ion
Kapasitas3300 mAh
Pengisian CepatYa
FITUR
KeamananFace Unlock
SensorAccelerometer, light, compass, proximity, gyroscope
3.5mm jackYa, Pembatalan bising aktif dengan mikrofon khusus
LoudspeakerYa
LainnyaANT+
Disclaimer: Kami tidak menjamin bahwa informasi pada halaman ini 100% benar. Selengkapnya.

Fitur Samsung Galaxy J4 Core


1. Desain Lebih Segar
Dari segi desain bodi, tampak jelas terlihat Galaxy J4 Core memiliki banyak kesamaan dengan J4 plus, baik pada bagian depan, belakang, sisi kiri kanan, bagaian atas bawah, material hingga dimensinya yakni berukuran 161.4 x 76.9 x 7.9 mm.

Pada sisi kirinya terdapat tombol power, sisi kanan tombol pengatur suara, belakang terdapat kamera utama + lampu kilatan LED dan sebuah logo Samsung dan bagian depan terdapat panel berbezel tipis serta tanpa tombol navigasi fisik.

Untuk material, ponsel ini terbuat dari bahan kaca di bagian depan dan plastik di bagian casing belakang. Sementara untuk pilihan warna yang tersedia, ada 3 pilihan termasuk hitam, biru dan copper.

2. Layar Lebih Luas
Hadirnya Galaxy J4 Core tanpa navigasi fisik seperti tombol home, back, recent di bagian depan yang telah dipindahkan ke dalam layar dan desain bezel super tipis pada sisi kiri dan kanan membuat bagian depannya terlihat seperti dipenuhi / didominasi layar.

Sementara ukurannya sendiri berdiagonal 6.0 inci beresolusi HD+ 1480 x 720 piksel dengan aspek rasio sebesar 18.5:9, sehingga akan lebih memanjakan penggunanya dalam menikmati berbagai konten multimedia dengan sudut pandang yang lebih luas.

Namun sangat disayangkan, karena jenis layar yang digunakannya bukan berasal dari teknologi Super AMOLED andalan Samsung, tetapi hanya terbuat dari jenis IPS-LCD serta tidak dibekali proteksi pelindung layar seperti smartphone android pada umumnya.

3. Performa Gesit dengan Android Go
Seperti yang telah disebutkan di awal bahwa Samsung Galaxy J4 Core hadir dengan dioperasikan oleh OS Android Edisi Go, tentu kinerjanya akan tetap mampu berjalan secara maksimal, meskipun hanya memiliki RAM berkapasitas 1 GB saja.

Sistem operasi tersebut pada dasarnya merupapakan Android Oreo 8.1 yang ditopang dengan chipset bertenaga Qualcomm Snapdragon 425 Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53 pabrikasi 28 nm dan pengolgah grafis (GPU) Adreno 308.

Sementara untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan berbagai jenis data / file, Galaxy J4 Core menyediakan internal storage 16GB. Meski berkapasitas rendah, namun masih bisa dipeluas melalui kartu memori jenis microSD maksimal 512GB.

Dengan adanya slot ekspansi tersebut, pengguna bisa lebih leluasa lagi untuk menyimpan berbagai jenis file seperti foto, video, aplikasi atau data penting lainnya dalam jumlah / skala besar.

4. Kamera Beresolusi Standar
Karena Galaxy J4 Core merupakan smartphone entry level dengan banderol harga murah, sudah pasti beberapa spesifikasi yang terdapta di dalamnya tergolong standar bahkan rendah, termasuk pada sektor fotografinya.

Ya, ponsel cerdas ini hadir dengan kamera tunggal di belakang dengan resolusi 8 megapiksel, aperture f/2.2 dan kamera depan 5 megapiksel. Untuk kamera utama, memiliki kemampuan untuk merekam video 1080p@30fps dan kamera selfie 720@30fps.

Keduanya sama-sama dibekali fitur berupa lampu kilatan LED, sehingga akan sangat membantu dalam memberikan penerangan saat proses pengambilan gambar atau perekaman video di tempat yang minim cahanya dan beberapa mode penting lainnya, seperti panorama, pro, timelapse, HDR dan AR Emoji.

5. Baterai
Untuk menopang segala keseharian penggunanya dan untuk menyuplai daya ke komponen-komponen yang memerlukan, J4 Core dibekali baterai jenis Lithium Ion dengan daya tampung sebesar 3300 mAh.

Selain berkapasitas besar, baterainya juga telah didukung oleh fitur pengisian super cepat (fastcharging). Tetapi sayangnya tidak diketahui seperti apa jenis / teknologinya.

6. Tanpa Sensor Pindai Sidik Jari
Salah satu yang mungkin menjadi kekurangan Galaxy J4 Core adalah karena tidak dibekali sistem keamanan berupa sensor fingerprint, padahal untuk smartphone sekelasnya atau dengan harga serupa, telah dilengkapi sensor ini.

Meski demikian, perusahaan Samsung tetap menyematkan sistem keamanan lain sebagai gantinya berupa Face Unlock. Sensor ini bisa diaktifkan secara bersamaan dengan sistem keamanan bawaan seperti pola, pin ataupun password.

7. Fitur Penting Lainnya
Tidak jauh berbeda dengan ponsel android yang saat ini banyak beredara, Samsung Galaxy J4 core juga dibekali dual slot SIM yang dapat diaktifkan secara bersamaan dan dengan dukungan koneksi internet 4G LTE kategori 4 berkecepatan hingga 150 Mbps untuk download dan upload 50 Mbps.

Selain itu, juga terdapat fitur lainnya seperti WiFi, bluetooth 4.2, ANT+, radio FM dengan fitur recording, GPS, MicroUSB 2.0 support USB On-The-Go, 3.5mm jack, sensor accelerometer, light, compass, proximity dan sebagainya.

Harga Samsung Galaxy J4 Core


Lantas, kapan smartphone edisi go kedua Samsung ini akan masuk ke Indonesia? Sayangnya, hingga berita ini diturunkan, tidak ada informasi mengenai hal tersebut. Begitupun dengan harganya.

Tetapi, dikutip dari GSMArena.com (09/11/2018), ponsel ini dibanderol dengan harga 150 EURO atau sekitar Rp 2,5 juta. Namun perlu diketahui bahwa harga tersebut merupakan harga global dan biasanya ketika sudah masuk ke Indonesia, harganya akan lebih rendah / murah.

Nah, menurut kalian apakah spesifikasi dan fitur Samsung Galaxy J4 Core sudah sesuai harga (perkiraan) yang ditawarkan atau kemahalan? Berikan pendapat kalian melalui kolom komentar yang telah kami sediakan. Terima kasih telah berkunjung, Salam.
Open Comments