advertisement
AndroLite.com - Tidak hanya meluncurkan Oppo K1, perusahaan asal China ini juga resmi merilis smartphone terbaru lainnya yakni Oppo R15X. Dari segi desain, fitur hingga spesifikasi, kedua ponsel pendatang baru tersebut memiliki banyak kesamaan, hanya saja R15x hadir dengan membawa penyimpanan internal berkapasitas lebih besar, yaitu 128GB.

Untuk menarik minat para calon pembeli, R15x dibekali berbagai macam fitur terbaru dan spesifikasi unggulan dikelasnya, termasuk sensor pindai sidik jari dalam layar, kamera utama lensa ganda dengan fitur AI, kamera depan beresolusi tinggi, RAM dan internal storage berkapasitas besar, baterai dengan daya tampung jumbo + pengisian super cepat, performa gahar dan lain sebagainya.

Selain itu, Oppo juga menjual perangkat mereka tersebut dengan banderol harga yang cukup terjangkau. Semakin penasaran dengan ponsel cerdas ini? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Spesifikasi Oppo R15X


UMUM
BrandOppo
ModelR15x
DiperkenalkanOktober 2018
StatusRilis
JARINGAN
TeknologiGSM / CDMA / HSPA / LTE
SIMDual SIM (Nano SIM)
Koneksi4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
KecepatanHSPA, LTE-A
BODI
Dimensi158.3 x 75.5 x 7.4 mm
Berat156 gram
Material-
WarnaNebula, Silver Green
LAYAR
JenisSuper AMOLED, layar sentuh kapasitif 16 juta warna
Ukuran6.4 inci
Resolusi2340 x 1080 piksel
Rasio19.5:9 (Fullview), 84.5% screen-to-body
Kerapatan Piksel402 ppi
PerlindunganCorning Gorilla Glass 5
PLATFORM
Sistem OperasiAndroid Oreo 8.1 (Color OS 5.2)
ChipsetQualcomm Snapdragon 660 (SDM660), pabrikasi 14nm
CPUOcta-core (4x 2.0GHz Kryo 260 + 4x 1.8GHz Kryo 260)
GPUQualcomm Adreno 512
RAM6 GB
PENYIMPANAN
Internal128 GB
EkspansiTidak
KAMERA UTAMA
Dual16 MP (f/1.7, PDAF)
2 MP (depth sensor)
FlashYa, LED Flash
Video2160p @30fps
FiturAutofocus, geotagging, sentuh fokus, deteksi wajah, HDR, panorama
KAMERA DEPAN
Single25 MP (f/2.0)
FlashTidak
Video1080p@30fps
FiturHDR
KONEKTIVITAS
Wi-Fi802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE
USBMicroUSB 2.0, USB On-The-Go
RadioTidak
PenandaGPS, A-GPS
BATERAI
JenisNon-removable Li-Ion
Kapasitas3500 mAh
Pengisian CepatYa, Output Charger 5V/2A 10W
FITUR
KeamananFingerprint (in-display)
SensorAccelerometer, light, compass, proximity, gyroscope
3.5mm jackYa, Pembatalan bising aktif dengan mikrofon khusus
LoudspeakerYa
Disclaimer: Kami tidak menjamin bahwa informasi pada halaman ini 100% benar. Selengkapnya.

Fitur Oppo R15X


1. Desain Bodi Premium dan Elegan
Oppo dikenal sebagai vendor yang selalu menghadirkan smartphone dengan tampilan elegan dan premium. Hal itu jelas terlihat dari segi desainnya, dimana bodinya didesain lebih ramping dengan struktur futuristik dan modern. Perpaduan gradasi warna biru + ungu (Nebula) dan Silver + hijau (Silver Green )yang dibawanya juga sangat memanjakan mata dan membuatnya lebih terlihat elegan.

Di bagian depan juga tampak sangat menawan, dimana Oppo R15X hadir dengan panel waterdrop display dan didesain dengan bezel super tipis dikeempat sisinya. Dengan desain bodi dan layar yang dibawanya, Oppo menjadikan R15x sebagai salah satu smartphone berpenampilan menarik dan premium terbaik yang pernah mereka ciptakan.

2. Layar Luas dari Teknologi Super AMOLED
Selain memiliki tampilan Waterdrop Display, layar yang diusung oleh R15x juga hadir dengan teknologi Super AMOLED. Dimana jenis layar ini merupakan salah satu panel smartphone terbaik saat ini yang diklaim mampu memberikan kontras warna yang begitu sangat jelas, terang, nyata dan lebih kaya warna serta mampu menghemat konsumsi daya baterai.

Tidak sampai disitu saja, layar Rl15 juga memiliki resolusi FHD+ 2340 x 1080 piksel dengan bentang 6.4 inci, tampilan penuh (fullview) yakni beraspek rasio 19.5:9 dan mempunyai kepadatan piksel per inci mencapai 402 ppi.

Dengan perpaduan teknologi yang terdapat pada layarnya tersebut, pengguna akan dimanjakan dengan visual yang begitu nyata, luas dan nyaman di mata meski digunakan selama berjam-jam.

Agar tidak mudah mengalami goresan ataupun retak saat mengalami benturan, layar R15x diberikan proteksi berupa perlindungan Corning Gorilla Glass generasi kelima.

3. Performa Gahar
Di sektor performa, Oppo R15x berjalan pada sistem operasi Android Oreo 8.1 antarmuka Color OS 5.2 yang didalamnya telah dibekali berbagai jenis aplikasi dan beberapa optimasi penting sehingga kinerjanya tetap terjaga dan stabil meski menjalankan banyak aplikasi berat sekaligus.

Untuk menopang kelancaran performanya tersebut, juga di dukung oleh beberapa komponen hardware penting lainnya. Untuk otaknya sendiri, mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 660 (SDM660) Octa-core pabrikasi 14nm yang memiliki kecepatan clocking sebesar 4x 2.0GHz Kryo 260 + 4x 1.8GHz Kryo 260, pengolah grafis Adreno 512 dan RAM 6GB.

Sementara untuk kebutuhan penyimpanan, tersedia internal storage berkapasitas super jumbo 128GB. Namun sayangnya, tidak ada slot untuk melakukan perluasan. Meski demikian, kapasitas tersebut sudah tergolong cukup besar untuk menyimpan berbagai jenis data / file seperti foto, video, musik dan aplikasi dalam skala besar.

Dengan perpaduan perangkat lunak dan hardaware yang dibawa oleh Oppo R15x, sudah pasti mampu memberikan kinerja handal, gesit dan responsive, termasuk menjalankan banyak aplikasi berat sekaligus, misalnya game Full HD.

4. Kamera Beresolusi Tinggi + Fitur AI
Keunggulan lain yang dimiliki oleh R15x ada pada sektor fotografinya. Ya, selain dibekali kamera beresolusi yang tinggi, juga didukung berbagai jenis fitur terbaru, seperti fitur AI (Artificial Intelligence) seperti AI beautification, AR sticker dan AI scene recognition yang akan sangat membantu pengguna dalam menghasilkan foto dan video dengan berbagai efek yang mengagumkan.

Untuk kamera belakang, dibekali dual lensa yang masing-masing beresolusi 16 MP bukaan f/1.7 dan 2 MP untuk kebutuhan depth sensor untuk lensa sekunder. Fitur yang mendukungnya berupa LED Flash, HDR, Autofocus, geotagging, sentuh fokus, deteksi wajah, panorama dan memiliki kemampuan merekam video hinga resolusi 2160p@30fps.

Dua lensa pada kamera utama tersebut selain dapat menghasilkan foto dengan efek bokeh yang menawan, juga memiliki kemampuan untuk menyesuaikan kondisi cahaya layaknya seperti mata manusia. Sehingga saat digunakan di tempat low-light, foto yang dihasilkan tetap maksimal.

Sementara untuk kamera depan, walaupun hanya berbekal satu lensa saja, tetapi resolusinya sangat tinggi, yaitu 25 MP aperture f/2.0, didukung oleh fitur HDR, AI dan mampu menghasilkan rekaman video pada resolusi 1080p@30fps.

5. Baterai Berkapasitas Jumbo
Jika dibandingkan dengan ponsel cerdas sekelasnya atau smartphone dengan harga sama, jelas baterai Oppo R15x jauh lebih baik, karena kebanyakan smartphone keluaran terbaru sekarang ini, rata-rata hanya berbekal baterai berkapasitas di bawah 3500 mAh. Sementara R15x telah dibekali baterai dengan daya tampung sebesar 3500 mAh.

Bukan hanya itu saja, penyuplai dayanya tersebut juga telah mendukung pengisian daya cepat, yaitu dengan output charger sebesar 5V/2A 10W. Dengan ini, proses pengisian ulang daya baterai 2X lebih cepat dibandingkan pengisian normal.

6. Finger Print In-Display
Fitur terbaru lainnya yang tersemat di dalam R15x berupa sensor fingerprint in-display (di dalam layar). Teknologi ini memang bukan merupakan hal yang baru lagi, namun hadirnya fitur ini membawa angin segar bagi para pecinta smartphone Oppo yang ingin mencicipinya.

Oppo juga mengklaim bahwa sensor sidik jari dalam layar milik mereka tersebut memiliki akurasi dan kecepatan tinggi dalam memindai sidik jari pemiliknya.

7. Fitur Penting Lainnya
Tidak jauh beda dari HP android pada umumnya, R15x juga hadir dengan membawa fitur penting lainnya, seperti sensor accelerometer, light, compass, proximity, gyroscope, dual slot kartu SIM yang dapat diaktifkan secara berasamaan, sambungan WiFi, bluetooth 5.0, 3.5mm jack dan GPS.

Namun sangat disayangkan karena jenis port USB yang digunakan, masih tipe USB 2.0 dan bukannya Type-C. Perlu diketahui bahwa USB Type-C memiliki kemampuan lebih baik ketimbang USB 2.0. Kendati demikian, port USB yang dimilkinya masih mendukung USB On-The-Go untuk sambungan device seperti flashdisk.

Harga Oppo R15X


Di negara asalnya, yakni China Oppo R15X dijual dengan harga perdana 2.499 Yuan atau sekitar Rp 5,5 juta. Lantas kapan masuk ke Indonesia? Kepastian mengenai apakah R15X akan masuk ke Indonesia ataukah tidak hingga saat ini masih belum ada informasi resminya.

Tetapi mengingat Negara tercinta kita ini merupakan salah satu pasar gadget dengan peminat smartphone Oppo terbanyak, maka tidak menutup kemungkinan perusahaan asal tirai bambu ini akan segera merilisnya, setidaknya paling lambat awal tahun 2019 nanti.
HargaRAM + Storage
Rp 5,5 juta6GB + 128GB
Dengan segala keunggulan yang dimiliki oleh Oppo R15X, rasanya banderol harga yang ditawarkannya tergolong cukup terjangkau, bahkan mampu bersaing smartphone sekelas lainnya dengan harga dan spesifikasi serupa.

Tetapi bagaimana menurut kalian? Apakah fitur, spesifikasi, desain dan harga yang ditawarkannya sudah sesuai ataukah kemahalan? Berikan pendapat kalian pada kolom komentar yang telah kami sediakan. Terima kasih telah berkunjung, salam.
Open Comments