advertisement
AndroLite.com - Oppo, baru saja meluncurkan salah satu ponsel teranyar mereka dengan membawa berbagai fitur unggulan, yakni Oppo A7. Sebelum meluncurkan produk ini, perusahaan asal Tiongkok tersebut terlebih dahulu telah merilis Oppo A7X dengan desain yang hampir sama.

Seri A7 ini sendiri hadir dengan mengandalkan beberapa sektor sebagai senjata utama untuk menarik minat para calon pembelinya, termasuk ditenagai prosessor dan GPU buatan Qualcomm yang didalamnya terdapat fitur HyperBoost, baterai berkapasitas besar, kamera ganda, layar luas dan lain sebagainya.

1. Spesifikasi Oppo A7


UMUM
BrandOppo
ModelA7
StatusRilis, Tersedia di Indonesia
Tahun RilisNovember 2018
JARINGAN
TeknologiGSM / HSPA / LTE
SIMDual SIM (Nano SIM)
Koneksi4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
KecepatanHSPA: 42.2/5.76 Mbps, LTE: 300/50 Mbps
BODI
Dimensi155.9 x 75.4 x 8.1 mm
Berat168 gram
MaterialPolycarbonate
WarnaGlazing Blue, Dazzling Gold, Rose Pink
LAYAR
JenisIPS LCD, layar sentuh kapasitif 16 juta warna
Ukuran6.2 inci
Resolusi1520 x 720 piksel
Rasio19:9 (Fullview), 82.9% screen-to-body
Kerapatan Piksel271 ppi
PerlindunganCorning Gorilla Glass 3
PLATFORM
Sistem OperasiAndroid Oreo 8.1 (Color OS 5.2)
ChipsetQualcomm Snapdragon 450, pabrikasi 14 nm
CPUOcta-core 1.8 GHz Cortex-A53
GPUQualcomm Adreno 506
RAM4 GB / 3 GB
PENYIMPANAN
Internal64 GB / 32 GB
EkspansiYa, microSD maksimal 256 GB
KAMERA UTAMA
Dual13 MP (f/2.2, PDAF)
2 MP (f/2.4, depth sensor)
LED FlashYa
Video1920 x 1080 piksel @30fps
FiturHDR, panorama
KAMERA DEPAN
Single16 MP
LED FlashTidak
Video1920 x 1080 piksel @30fps
FiturHDR
KONEKTIVITAS
WiFi802.11 a/b/g/n, direct, hotspot
Bluetooth4.2
USBMicroUSB 2.0, USB On-The-Go
RadioYa, FM
PenandaGPS, A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO
BATERAI
JenisNon-removable Li-Ion
Kapasitas4230 mAh
Pengisian CepatYa
FITUR
KeamananFingerprint
SensorAccelerometer, light, compass, proximity
3.5mm jackYa, Pembatalan bising aktif dengan mikrofon khusus
LoudspeakerYa
Disclaimer: Kami tidak menjamin bahwa informasi pada halaman ini 100% benar. Selengkapnya.

2. Fitur Oppo A7


2.1. Desain Elegan dan Mewah
Memiliki bodi berdimensi 155.9 x 75.4 x 8.1 mm dengan bobot sekitar 168 gram, membuat Oppo A7 terlihat lebih ramping, tipis dan membuatnya akan terasa nyaman meski hanya di genggam dengan menggunakan satu tangan saja.

Bukan hanya itu, tampilannya juga terlihat lebih mewah dan menawan, yakni menghadirkan desain unik dan dipadukan dengan warna dengan garis aurora putih bernuansa alami pada casing penutup bagian belakang.

Sementara di bagian depannya sendiri, terdapat sebuah panel dengan notch waterdrop disertai bezel super tipis di keempat sisinya. Dengan desain secara keseluruhan pada A7 ini, membuatnya terlihat lebih elegan dan mewah.

2.2. Layar Lebih Luas
Di sektor layar, Oppo A7 hadir dengan mengandalkan panel lebih luas berukuran 6.2 inci yang nyaris tanpa bezel di keempat sisinya. Pada bagian atas layarnya tersebut terdapat sebuah notch mungil menyerupai setetes air atau yang biasa disebut sebagai waterdrop display.

Adapun jenis panel yang digunakannya berasal dari teknologi IPS LCD dengan kedalaman 16 juta warna, beresolusi 1520 x 720 piksel, aspek rasio 19:9 (fullview), memiliki kerapatan piksel per inci mencapai 271 ppi dan dilapisi proteksi anti gores / retak berupa Corning Gorilla Glass 3.

Dengan perpaduan luas, ukuran dan resolusi pada layarnya tersebut, pengguna akan disuguhkan visual dengan sudut pandang yang lebih lebar, jernih dan kaya warna saat menikmati berbagai jenis konten multimedia seperti menonton video.

2.3. Performa Gesit dengan HyperBoost
Salah satu fitur unggulan terbaru yang ada di dalam Oppo A7 adalah HyperBoost. Teknologi ini merupakan fitur yang mampu menciptakan performa sebesar 31% lebih gesit dengan cara mengoptimalkan penggunaan CPU dan GPU.

Selain itu, HyperBoost juga mampu menghasilkan grafis lebih smooth ketika menjalankan berbagai game mobile berat full HD, seperti Arena of Valor, PUBG, Mobile Legends dan lain sebagainya.

Adapun jenis GPU dan CPU yang tertanam di dalamnya berupa Adreno 506 sebagai GPUnya dan Qualcomm Snapdragon 450 (14 nm) Octa-core teknologi Cortex-A53 dengan kecepatan clocking sebesar 1.8 GHz.

Sementara di bagian RAM dan penyimpanan, ponsel ini hadir dalam dua model, dimana RAM 4GB dipadukan dengan storage 64GB dan RAM 3GB dipadukan dengan storage 32GB serta dibekali slot ekspasi penyimpanan maksimal 256GB.

2.4. Kamera Beresolusi Tinggi
Untuk kebutuhan fotografi, Oppo A7 berbekal kamera belakang berlensa ganda yang masing-masing beresolusi 13 MP (aperture f/2.2, PDAF) untuk lensa primer dan 2 MP (bukaan f/2.4, depth sensor) untuk lensa sekunder serta didukung oleh fitur berupa LED Flash, HDR, panorama dan sebagainya.

Dual lensa pada kamera utamanya tersebut, selain mampu menghasilkan foto dengan efek bokeh yang mengagumkan, juga mampu merekam video beresolis FHD 1920 x 1080 piksel pada kecepatan 30 frame rate per detik.

Sementara untuk kamera depan / selfie, terdapat sebuah kamera berlensa tunggal beresolusi tinggi 16 MP, didukung oleh fitur HDR dan AI Beauty.

2.5. Baterai Super Jumbo
Salah satu keunggulan lain yang ada pada Oppo A7 adalah hadir dengan baterai dengan daya tampung super jumbo, yakni 4230 mAh. Dengan daya tampung sebesar itu, baterai ponsel ini sudah pasti mampu bertahan selama seharian penuh (dalam pemakaian normal), meski tanpa terhubung charger.

Jenis baterainya tersebut, terbuat dari teknologi Lithium Ion dan dibekali fitur pengisian super cepat (fastcharging), agar saat proses pengisian ulang daya bisa lebih cepat dibandingkan dengan pengisian standar.

2.6. Sensor dan Fitur Lainnya
Sama seperti ponsel android lainnya, Oppo A7 juga dibekali beberapa fitur penting lainnya, sensor fingerprint yang diletakkan di bagian tengah punggung ponsel dan sensor Face Unlcok sebagai sistem keamanannya. Selain dua sensor tersebut, juga disematkan pula sensor accelerometer, proximity dan compass.

Sementara untuk konektivitas, terdapat dual slot SIM yang telah mendukung sambungan internet 4G LTE, WiFi, bluetooth 4.2, radio FM GPS, USB 2.0 support USB On-The-Go, 3.5mm jack dan beberapa fitur penting lainnya.

3. Harga Oppo A7


Akhirnya Oppo A7 resmi masuk ke Indonesia dan sudah mulai di pesan di beberapa situs jual beli online yang ada di Indonesia, termasuk salah satunya Shoope.co.id.

Harga yang ditawarkan untuk mendapatkannya dibanderol dengan harga perdana mulai Rp 3,7 juta. Harga ini sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan harga yang ada di China yang hanya dijual dengan harga CNY 1.599 (sekitar Rp 3,4 juta).
HargaRAM / StorageE-Commerce
Rp 3,7 juta4 GB / 64 GBShoope.co.id
Jika dilihat dari segala aspek, baik dari segi desain, fitur hingga spesifikasinya, menurut kalian apakah harga yang ditawarkan untuk mendapatkan Oppo A7 sudah sesuai ataukah kemahalan?

Berikan pendapat kalian pada kolom komentar yang telah kami sediakan. Terima kasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk share ke sosial media kalian. Salam!
Open Comments