advertisement
AndroLite.com - Perusahaan elektronik asal Korea Selatan, Samsung akhirnya resmi meluncurkan smartphone terbaru mereka, yaitu Galaxy A9 (2018) disela-sela acara bertemakan "4X Fun". Hal yang paling istimewa pada ponsel ini adalah membawa 5 buah kamera sekaligus (4 di belakang dan 1 di depan) dan inilah seri Galaxy pertama Samsung dengan dukungan empat kamera utama.

Bukan hanya pada sektor kamera yang menjadi andalan Galaxy A9, namun dari segi desain tampil begitu premium, performa super handal dengan mengandalkan chipset Snapdragon 660, RAM dan penyimpanan berkapasitas besar, baterai dengan daya tampung jumbo dan dibekali berbagai macam fitur unggulan. Semakin penasaran dengan Samsung A9 (2018) ini? berikut informasinya.

Spesifikasi Samsung Galaxy A9 (2018)


UMUM
BrandSamsung
ModelGalaxy A9 (2018)
StatusRilis
Tahun RilisOktober 2018
JARINGAN
TeknologiGSM / HSPA / LTE
SIMNano Dual SIM (Dual standby)
Koneksi4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
KecepatanHSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE kategori 5: 450/50 Mbps
BODI
Dimensi162.5 x 77 x 7.8 mm
Berat183 gram
MaterialPolycarbonate, Kaca
WarnaLemonade Blue, Caviar Black, Bubblegum Pink
FiturSertifikasi IP68 (tahan debu/air kedalaman 1,5 meter selama 30 menit)
LAYAR
JenisIPS LCD, layar sentuh kapasitif 16 juta warna
Ukuran6.3 inci
Resolusi2220 x 1080 piksel
Rasio18.5:9 (fullview), 80.5% screen-to-body
Kerapatan Piksel392 ppi
PerlindunganCorning Gorilla Glass
LainnyaAlways-on Display
PLATFORM
OSAndroid Oreo 8.0
ChipsetQualcomm Snapdragon 660 (SDM660) Pabrikasi 14 nm
CPUOcta-core (4x 2.2GHz Kryo 260 + 4x 1.8GHz Kryo 260)
GPUQualcomm Adreno 512
RAM + Storage6 GB + 128 GB, 8 GB + 128 GB
EkspansiYa, microSD hingga 512 GB (slot khusus)
KAMERA UTAMA
Resolusi- 8 MP (f/2.4, 12mm) (ultrawide)
- 10 MP (f/2.4, (telephoto), 2x optical zoom)
- 24 MP (f/1.7, PDAF)
- 5 MP (f/2.2, depth sensor)
LED FlashYa
Video2160p @30fps
FiturHDR, panorama
KAMERA DEPAN
Sensor24 MP (f/2.0)
LED FlashYa
Video1080p @30fps
FiturHDR
KONEKTIVITAS
WiFia/b/g/n/ac, dual-band, direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE
USBUSB 2.0 Type-C 1.0
RadioYa, FM
NFCYa
PositioningGPS, A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO
BATERAI
Kapasitas3800 mAh
JenisNon-removable Li-Ion
Pengisian CepatYa
FITUR
KeamananFingerprint (punggung ponsel)
SensorAccelerometer, Gyroscope, Geomagnetic, Hall, Proximity, RGB Light
3.5mm jackYa, dengan pembatalan bising aktif dengan mikrofon khusus
LoudspeakerYa
Pemutar MusikMP3/WAV/eAAC+/FLAC
Pemutar VideoMP4/H.264/FLAC
LainnyaBrowser HTML5
Photo/video editor
Document viewer
ANT+
Disclaimer: Kami tidak menjamin bahwa informasi pada halaman ini 100% benar. Selengkapnya.

Fitur Samsung Galaxy A9 (2018)


1. Punya 5 Kamera
Sektor yang paling diunggulkan oleh Samsung Galaxy A9 (2018) adalah hadir dengan mengusung lima buah kamera sekaligus, dimana empat lensa ditempatkan pada kamera belakang dan satunya lagi di bagian depan. Empat lensa pada kamera utamanya, selain memiliki resolusi tinggi, juga memiliki masing-masing fungsi tersendiri.
  • Lensa Pertama : Ultra Wide Camera 8 MP aperture f/2.4 dengan sudut lebar hingga 120 derajat yang dapat menghasilkan tangkapan dengan sudut pandang lebih luas.
  • Lensa Kedua: Telephoto Camera 10 MP bukaan f/2.4 berfungsi untuk menangkap objek jauh dengan fitur 2x Optical Zoom dengan hasil yang begitu jelas dan sempurna.
  • Lensa Ketiga : Main Camera 24MP aperture f/1.7 berfungsi memotret objek di siang dan malam hari dengan kualitas gambar yang jernih dan terang.
  • Lensa Keempat : Depth Camera 5 MP bukaan f/2.2 merupakan lensa Live Focus yang dapat digunakan untuk menciptakan foto dengan efek bokeh yang mengagumkan.
Selain memiliki fungsi tersendiri pada keempat lensa kamera utama tersebut, juga mampu merekam video beresolusi 2160p@30fps dengan fitur HDR dan lampu kilatan LED.

Sementara untuk kamera selfie, juga tidak kalah impresif, yakni hadir dengan mengandalkan lensa beresolusi tinggi 24 MP bukaan f/2.0 yang juga dibekali HDR dengan kemampuan merekam video 1080@30fps.

2. Desain Tampil Beda
Yang membuat Galaxy A9 tampil beda dengan para pendahulunya yakni menghadirkan perpaduan dua warna jadi satu. Yaitu hijau dipadukan warna biru yang disebut Lemonade Blue, putih dengan merah muda alias Bubblegum Pink dan terakhir Caviar Black polos berwarna hitam.

Selain tampil beda, bodi perangkat ini juga memiliki sertifikasi IP68, yakni tahan terhadap debu/air hingga kedalaman 1.5 meter dan didesain dengan 3D Glass curved dibagian belakang dan memiliki ukuran pas dan nyaman saat berada dalam genggaman.


Perpaduan varian warna baru dan desain pada Samsung A9, membuatnya terlihat sangat mewah, elegan dan berkelas layaknya smartphone kelas flagship. Adapun material pada casing belakangnya, terbuat dari bahan polycarbonate, sedangkan di bagian depan terbuat dari bahan kaca.

3. Layar Lebih Luas
Demi memanjakan penggunanya, Samsung mengamas Galaxy A9 dengan layar super luas berukuran 6,3 inci beresolusi FHD+ 2220 x 1080 serta memiliki tampilan penuh (fullview) dengan aspek rasio 18.5:9. Pada keempat sisinya terlihat nyaris tanpa bezel baik pada sisi kiri kanan, maupun bagian atas bawah layar.

Perpaduan diagonal, resolusi hingga aspek rasio pada panel ponsel tersebut, pengguna dapat menikmati berbagai jenis konten multimedia dan sudut pandang yang lebih luas dan tampilan grafis lebih kaya warna, jelas dan lebih halus karena dukungan teknologi panel Super AMOLED.

Tidak jauh berbeda dengan Galaxy A Series lainnya, layar A9 juga didukung oleh teknologi Always-On display yang berfungsi untuk menampilkan waktu dan icon notifkasi saat kondisi layar mati total.

Agar terlindung dari berbagai jenis ancaman goresan benda tajam maupun retak saat terjadi benturan yang tidak diinginkan, Samsung memberikan proteksi layar dari teknologi Corning Gorilla Glass.

4. Performa Gahar
Saat diperkenalkan, Galaxy A9 berjalan pada sistem operasi Android Oreo 8.0, namun tidak menutup kemungkinan akan segera mendapatkan update ke Android 9.0. Agar menghasilkan kinerja super bertenaga, Samsung menanamkan chipset Qualcomm Snapdragon 660 (SDM660) Pabrikasi 14 nm Octa-core berkecepatan 4x 2.2GHz + 4x 1.8GHz teknologi Kryo 260 dan mendapatkan dukungan penuh dari RAM berkapasitas jumbo 6GB atau 8GB.

Untuk urusan grafis, dipercayakan kepada Qualcomm Adreno 512 yang dinilai memiliki kemampuan untuk memberikan visual yang lebih jernih, tajam, halus dan smooth. Sedangkan disektor penyimpanan, tersedia internal storage berkapasitas besar 128 GB yang masih bisa diperluas melalui slot kartu memori jenis microSD maksimal 512GB.

Perpaduan hardware dan sofware tersebut, jangankan untuk mengoperasikan banyak aplikasi sekaligus (multitasking), menjalankan game online berat full HD akan dilahapnya dengan sangat enteng, tanpa lag dan smooth sejak awal permainan.

5. Baterai Jumbo 3800 mAh
Hadirnya Galaxy A9 dengan membawa penyuplai daya berkapasitas 3800 mAh, membuatnya mampu bertahan selama seharian penuh untuk menemani keseharian penggunanya tanpa terhubung charger untuk pemakaian normal.

Kapasitas beterainya tersebut jauh lebih besar dibandingkan smartphone kelas flagship Samsung lainnya, seperti S9 yang hanya berkapasitas 3000 mAh atau S9+ yang hanya 3500 mAh saja.

Selain berkapasitas jumbo, baterai Samsung A9 (2018) juga dibekali fitur pengisian super cepat, sehingga untuk proses isi ulang daya akan lebih cepat dibandingkan dengan pengisian standar.

6. Lebih Banyak Sensor
Samsung Galaxy A9 selain mempunyai sensor fingerprint yang diletakkan dibagian tengah punggung ponsel dan Face Unlock yang terintegrasi dengan kamera depan, juga hadir dengan lebih banyak sensor yang tentunya dengan fungsi tersendiri. Termasuk sensor accelerometer, groscope, geomagnetic, hall, proximity dan RGB Light

7. Konektivitas Lebih Beragam
Tidak jauh berbeda dengan HP Samsung lainnya, Galaxy A9 juga dilengkapi berbagai jenis konektivitas untuk lebih memudahkan penggunanya dalam mengakses data dari dalam maupun dari luar ponsel.

Yaitu dibekali dual slot kartu SIM jenis nano yang telah mendukung sambungan internet 4G LTE kategori 9 berkecepatan hingga 450 Mbps, sambungan Wifi, bluetooth 5.0, 3.5mm jack, port USB 2.0 Type-C, GPS, sistem pembayaran mobile berupa NFC, ANT+ dan Radio FM.
Jelajahi HP Samsung Lainnya:
Galaxy A6 PlusGalaxy A6
Galaxy A7 (2018)Galaxy A8 Star
Galaxy A8 PlusGalaxy A8

Harga Samsung Galaxy A9 (2018)


Sayangnya, informasi mengenai harga Samsung Galaxy A9 hingga saat ini masih belum diketahui dan baru akan diumumkan pada bulan November 2018 mendatang. Namun, salah satu situs di Inggris yaitu Expert Reviews, Kamis (11/10/2018) mengungkapkan bahwa harga smartphone ini akan dijual dengan harga perdana 549 poundsterling atau sekitar Rp 11 jutaan.

Tetapi, perlu diingat bahwa harga tersebut untuk pasar Inggris dan tidak menutup kemungkinan harga untuk pasar Indonesia akan jauh berbeda.
HargaRAM + Storage
Segera hadir6GB + 128GB
Segera hadir8GB + 128GB
Jika benar adanya kalau Galaxy A9 akan dijual dengan harga sekitar Rp 11 jutaan, menurut kalian apakah fitur dan spesifikasi yang dibawanya sudah sesuai? Berikan pendapat kalian pada kolom komentar yang telah kami sediakan. Terima kasih telah berkunjung, salam.
Open Comments