advertisement
AndroLite.com - Setelah sukses dengan smartphone Galaxy A6 dan A6 Plus, Samsung kembali meluncurkan model baru dari A6 Series, yaitu Galaxy A6s. Model ini hadir dengan desain yang lebih segar dan dari segi spesifikasinya lebih mengandalkan performa ketimbang segi fotografi.

Di sektor performa, membawa chipset Snapdragon dan pengolah grafis (GPU) dengan seri lebih tinggi dan RAM / penyimpanan internal berkapasitas lebih besar. Namun dari segi fotografi, Galaxy A6s justru mempunyai kamera beresolusi lebih rendah dari kedua saudaranya tersebut.

Lantas seperti apa tampilan, fitur dan spesifikasi Samsung A6s ini? serta berapa harganya? Berikut informasinya.

Spesifikasi Samsung Galaxy A6s


UMUM
BrandSamsung
ModelGalaxy A6s
StatusComing Soon
DiperkenalkanOktober 2018
JARINGAN
TeknologiGSM / HSPA / LTE
SIMHybrid Nano Dual SIM (Dual standby)
Koneksi4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
KecepatanHSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A
BODI
Dimensi156.1 x 76.4 x 8.4 mm
Berat-
Material-
WarnaHitam, Putih, Biru, Pink, Merah
LAYAR
JenisSuper AMOLED, layar sentuh kapasitif 16 juta warna
Ukuran6.0 inci
Resolusi2160 x 1080 piksel
Rasio18:9 (fullview), 77.9% screen-to-body
Kerapatan Piksel402 ppi
Perlindungan-
PLATFORM
OSAndroid Oreo 8.0
ChipsetQualcomm Snapdragon 660 (SDM660), Pabrikasi 14nm
CPUOcta-core (4x 2.2 GHz + 4x1.8 GHz)
GPUQualcomm Adreno 512
RAM6 GB
PENYIMPANAN
Internal64 GB / 128 GB
EkspansiYa, microSD hingga 256 GB (slot khusus)
KAMERA UTAMA
Dual12 MP (PDAF)
2 MP (depth sensor)
LED FlashYa
Video2160p@30fps
FiturHDR, panorama
KAMERA DEPAN
Single12 MP
LED FlashTidak
Video1080p@30fps
Fitur-
KONEKTIVITAS
WiFi802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE
USBUSB 2.0 Type-C, USB On-The-Go
Radio-
PositioningGPS, A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO
BATERAI
Kapasitas3300 mAh
JenisNon-removable Li-Ion
Pengisian CepatYa
FITUR
KeamananFingerprint, Face Unlock
SensorAccelerometer, compass, proximity, gyroscope
3.5mm jackYa, dengan pembatalan bising aktif dengan mikrofon khusus
LoudspeakerYa
Disclaimer: Kami tidak menjamin bahwa informasi pada halaman ini 100% benar. Selengkapnya.

Fitur Samsung Galaxy A6s


1. Desain Lebih Segar
Jika Galaxy A6 dan A6 Plus mempunyai desain seperti smartphone samsung lainnya, diataranya penempatan kamera belakang yang berposisi di bagian tengah punggung ponsel, lain halnya dengan A6s, dimana kamera utamanya diletakkan dibagian sudut kiri atas. Pemindahan posisi dari tengah ke sudut kiri atas, kemungkinan besar Samung lakukan untuk mengikuti trend smartphone masa kini.

Bukan hanya itu, bagian belakang A6s juga tampak lebih polos, sedangkan kedua saudaranya memiliki motif timbul pada bagian atas dan bawah. Namun dari segi penempatan tombol volume + power, port USB, speaker, 3.5mm jack dan desain layar tidak mengalami perubahan.

2. Layar
Tidak jauh berbeda dari HP Samsung lainnya, Galaxy A6s juga hadir dengan mengandalkan panel buatan Samsung sendiri, yakni Super AMOLED yang diklaim mampu menghemat konsumsi daya baterai dan lebih kaya warna. Layarnya ini berukuran 6.0 inci, beresolusi FHD+ 2160 x 1080 piksel, tampilan penuh dengan aspek rasio 18:9 dan mempunyai kepadatan piksel per inci 402 ppi.

Yang membuat ponsel pendatang terbaru ini terlihat mengesankan adalah desain layarnya yang tanpa notch dan bezel tipis di keempat sisinya, terutama di bagian kiri kanan. Dengan ini, bagian depan Galaxy A6s terlihat lebih luas dan tentu saja akan menyuguhkan pengalaman mengagumkan kepada para pengguna, baik pada saat menonton video, bermain game ataupun melakukan aktivitas lainnya.

3. Kamera Beresolusi Lebih Rendah
Galaxy A6s hadir dengan membawa kamera dengan resolusi yang lebih rendah dari A6 dan A6 Plus, baik pada kamera utama maupun selfie. Apabila A6 usung kamera utama 16MP + selfie 16MP dan A6+ usung kamera utama dual lensa 16MP + 5MP dan kamera selfie 24MP, lain halnya dengan A6s yang mengandalkan resolusi 12MP (PDAF) + 2MP (Depth Sensor) pada kamera belakang dan 12MP kamera depan.

Meski demikian, kemampuannya tetap bisa diandalkan dalam mengabadikan berbagai momen penting dengan hasil yang lebih optimal. Adapun fitur yang mendukungnya, terdapat lampu kilatan LED flash, HDR, panorama, live focus dan dapat merekam video hingga resolusi 2160p@30fps untuk kamera belakang.

Sedangkan untuk kamera depan dibekali berbagai fitur penting, termasuk kecerdasan buatan (AI) dan mampu merekam video resolusi 1080p@30fps.

4. Performa Lebih Handal
Meski mempunyai kamera beresolusi lebih rendah, akan tetapi sektor yang paling diunggulkan oleh Galaxy A6s adalah pada performanya. Ya, ponsel ini hadir dengan diotaki chipset dan GPU dengan seri lebih tinggi serta RAM/Storage berkapasitas lebih besar jika dibandingkan A6 dan A6+.

Untuk hardwarenya, mengandalkan prosessor Qualcomm Snapdragon 660 Octa-Core berkecepatan 4x 2.2 GHz + 4x 1.8 GHz teknologi Kryo 260 pabrikasi 14nm, pengolah grafis (GPU) Adreno 512, RAM 6 GB dan penyimpanan internal berkapasitas besar 64 GB atau 128 GB yang masih bisa diperluas maksimal 256GB melalui kartu memori jenis microSD.

Perpaduan hardwarenya tersebut, menghasilkan performa super gesit dan mampu melahap semua aplikasi berat seperti Game FHD dengan sangat enteng, minim lag dan smooth sejak awal permainan. Adapun sistem operasi yang berjalan didalamnya, berjalan pada Android Oreo 8.0.

5. Baterai, sensor dan Konektivitas
Untuk menopang segala aktivitas yang dilakukan pengguna selama seharian penuh, Galaxy A6s dibekali baterai berkapasitas 3300 mAh yang berasal dari teknologi Lithium Ion (Li-Ion) dan didukung oleh fitur fastcharging.

Di sektor sensor, selain terdapat sensor fingerprint yang letaknya dibagian tengah punggung perangkat dan Face Unlock yang terintegrasi dengan kamera depan, juga dibekali beberapa sensor penting lainnya, termasuk Accelerometer, compass, proximity dan gyroscope.

Sementara untuk urusan konektivitas, Galaxy A6s dibekali dual slot kartu SIM, bluetooth 5.0, WiFi 802.11 a/b/g/n/ac, GPS, 3.5mm Jack support mikrofon khusus untuk pengurangan bising/noise dan juga port USB 2.0 Type-C support USB On-The-Go.

Harga Samsung Galaxy A6s


Dikutip dari GSMArena.com (25/10/2018), Galaxy A6s dijual dengan harga lebih murah dari A6+ dan sedikit lebih mahal dari A6 model biasa, yakni 270 EURO atau sekitar Rp 4,7 jutaan untuk model 64GB dan untuk model 128GB belum diketahui.
HargaRAM + Storage
Rp 4,7 juta6 GB + 64 GB
Coming Soon6 GB + 128 GB
Adapun mengenai ketersediaannya di Pasar Global, smartphone pendatang baru akan meluncur pada bulan November 2018 mendatang. Lalu bagaimana dengan Indonesia? Sayangnya tidak ada informasi terkait hal ini. Untuk itu kita tunggu saja kabar selanjutnya.

Menurut kalian, apakah harga Samsung A6s worth it dengan semua keunggulan yang dimilikinya? ataukah kemahalan? Tuliskan pendapat kalian pada kolom komentar yang ada di bawah. Terima kasih telah berkunjung, salam.
Open Comments