advertisement
AndroLite.com - Salah satu merek "Rebrand" milik Oppo, yakni Realme, baru saja meluncurkan smartphone teranyar mereka di Indonesia pada sebuah acara peluncuran yang dilangsungkan di Ballroom Grand Hyatt, Jakarta. Perangkat tersebut adalah Realme C1 yang merupakan smartphone berkategori entry-level dan memiliki banderol harga yang sangat terjangkau, yaitu sekitar Rp 1,4 jutaan. Selain seri ini, Realme juga meluncurkan dua smartphone lainnya, yaitu Realme 2 dan Realme 2 Pro.

Meski dijual dengan harga murah, Realme C1 hadir dengan membawa beberapa fitur unggulan di kelasnya, termasuk mengandalkan kamera utama dengan dual lensa, baterai berkapasitas super jumbo, layar luas, desain untuk kalangan milenial dan lain sebagainya. Lantas seperti apakah penampilan, fitur dan spesifikasi Oppo Realme C1? serta berapa harganya? Berikut ulasannya.

Spesifikasi Realme C1


UMUM
BrandOppo
ModelRealme C1
DiperkenalkanOktober 2018
StatusRilis, Tersedia di Indonesia
JARINGAN
TeknologiGSM / HSPA / LTE
SIMDual SIM (Nano SIM)
Koneksi4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
KecepatanHSPA: 42.2/5.76 Mbps, LTE-A: 300/50 Mbps
BODI
Dimensi156.2 x 75.6 x 8.2 mm
Berat168 gram
MaterialBodi Plastik
WarnaDeep Black, Ocean Blue
LAYAR
JenisIPS LCD, layar sentuh kapasitif 16 juta warna
Ukuran6.2 inci
Resolusi1520 x 720 piksel
Rasio19:9 (Fullview), 81.2% screen-to-body
Kerapatan Piksel271 ppi
PerlindunganCorning Gorilla Glass 3
PLATFORM
Sistem OperasiAndroid Oreo 8.1 (Color OS 5.1)
ChipsetQualcomm Snapdragon 450 (SDM450) 14nm
CPUOcta-core 1.8 GHz Cortex-A53
GPUQualcomm Adreno 506
RAM2 GB
PENYIMPANAN
Internal16 GB
EkspansiYa, microSD maksimal 256 GB (slot khusus)
KAMERA UTAMA
ResolusiDual sensor: 13 MP + 2 MP
Lensaf/2.2, AF + f/2.4, depth sensor
FlashYa, LED Flash
Video1080p @30fps
FiturAutofocus, geotagging, sentuh fokus, deteksi wajah, HDR, panorama
KAMERA DEPAN
Resolusi5 MP
Lensaf/2.2
FlashTidak
Video-
FiturHDR
KONEKTIVITAS
Wi-Fi802.11 b/g/n, direct, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE
USBMicroUSB 2.0, USB On-The-Go
RadioTidak
PenandaGPS, A-GPS
BATERAI
JenisNon-removable Li-Ion
Kapasitas4230 mAh
Pengisian CepatYa, Output Charge2 5V/2A 10W
FITUR
KeamananAI Facial Unlock
SensorAccelerometer, light, compass, proximity
3.5mm jackYa, Pembatalan bising aktif dengan mikrofon khusus
LoudspeakerYa
Pemutar MusikMP3/eAAC+/WAV
Pemutar VideoMP4/H.264/FLAC
LainnyaBrowser HTML5
Photo/video editor
Document viewer
Disclaimer: Kami tidak menjamin bahwa informasi pada halaman ini 100% benar. Selengkapnya.

Review Realme C1


1. Desain Kece Untuk Kalangan Milenial
Realme C1 menghadirkan tampilan yang menyerupai refleksi permukaan air dengan panel terluar yang terbuat dari 12 lapisan material komposit nano, sehingga menghasilkan desain yang mulus dan mengkilat tampak seperti cermin. Sentuhan ini membuatnya terlihat sangat memukau dan elegan serta sangat cocok untuk pada kalangan milenial.

Untuk penempatan komponen luar, tidak jauh berbeda dengan smartphone android pada umumnya, dimana pada bagian belakang terdapat kamera utama denga lensa yang disusun secara horizontal, disusul lampu LED Flash, sisi kanan terdapat tombol power serta tombol pengatur volume di sisi kiri dan port USB, loudspeaker dan 3.5mm audio jack di bagian bawah.

2. Layar Lebih Luas
Oppo Realme C1 juga hadir dengan layar imersif super luas berdiagonal 6.3 yang nyaris tanpa bezel dan memberikan tampilan 17% lebih lebar untuk keperluan multimedia, seperti gaming, menonton video dan lain sebagainya. Bukan hanya luas, layarnya tersebut juga memiliki tampilan penuh dengan aspek rasio 19:9 dan memiliki resolusi HD+ 1520 x 720 piksel.

Jenis layar yang digunakannya, berasal dari teknologi IPS LCD dengan desain berponi dan mempunyai kepadatan piksel per inci 271 ppi. Agar terlindung dari berbagai jenis goresan yang tidak diinginkan, layar Realme C1 diberikan proteksi berupa perlindungan Corning Gorilla Glass 3.

3. Kamera Utama Berlensa Ganda
Salah satu yang menjadi keunggulan Realme C1 ada di sektor kameranya. Ya, smartphone ini hadir membawa kamera dual lensa yang diletakkan dibagian belakang sudut kiri atas dengan posisi lensa yang disusun secara horizontal. Kedua lensanya tersebut masing-masing memiliki resolusi 13 MP aperture f/2.2 dengan fitur AF untuk lensa primer dan 2 MP bukaan f/2.4 dengan depth sensor untuk lensa sekunder.

Kamera utamanya ini, selain mampu merekam video resolusi FHD 1920 x 1080 piksel pada kecepatan 30fps, juga dibekali fitur berupa teknologi AI untuk menghasilkan gambar bokeh dengan efek blur yang natural seperti kamera profesional, AI Dual Kamera dengan Mode Portrait, HDR, panorama dan lampu kilatan LED yang berfungsi untuk memberikan pencahayaan tambahan saat proses pengambilan gambar / video di tempat minim cahaya.

Sementara untuk kamera depan, meskipun hanya memiliki resolusi standar, yaitu 5 megapiksel saja dengan lensa bukaan f/2.2, namun telah didukung fitur AI Selfie yang mampu menciptakan foto dengan hasil yang lebih maksimal, tampak lebih nyata, terang dan mengagumkan.

4. Performa Gesit dengan Chipset Snapdragon 450
Untuk mengoperasikan Realme C1, perusahaan asal Tiongkok ini membekalinya dengan prosessor super bertenaga Qualcomm Snapdragon 450 Octa-core pabrikasi 14nm yang memiliki kecepatan clocking mencapai 1.8 GHz dan didalamnya terdapat teknologi Cortex-A53. Realme mengklaim bahwa chipset tersebut mampu mempercepat rendering grafis hingga 25% dan dapat menghemat daya hingga 30%.

Selain chipset, juga disematkan pengolah grafis prosuk Qualcomm lainnya, yakni Adreno 506 yang dinilai mampu memberikan tampilan visual yang lebih jernih dan halus. Untuk mendukung kedua komponen tersebut, sebuah RAM berkapasitas 2GB juga turut disematkan kedalamnya.

Komponen-komponen tersebut di atas akan saling bekerjasama untuk mengoptimalkan sistem operasi Color OS 5.1 yang pada dasarnya merupakan kostumasi Android Oreo 8.1 yang berjalan didalamnya. Sementara untuk kebutuhan penyimpanan, meskipun hanya dibekali storage 16GB, namun pengguna masih bisa melakukan ekspansi melalu slot khusus kartu memori jenis microSD maksimal 256GB.

5. Baterai Super Jumbo
Berlabel smartphone dengan harga murah, bukan berarti spesifikasi yang dibawanya murahan. Hal ini dibuktikan oleh Realme C1 dengan menghadirkan baterai berkapasitas super jumbo 4230 mAh yang mampu bertahan selama 18 jam untuk memutar musik tanpa henti, 15 jam memutar video, 10 jam gaming dan 18 jam browsing internet.

Salah satu yang membuatnya mampu bertahan lama adalah dengan disematkannya fitur AI Power Master yaitu teknologi yang dapat menghemat daya dari aplikasi yang tidak digunakan. Tidak sampai disitu saja, agar proses isi ulang tidak membutuhkan waktu lama, baterai Realme C1 juga didukung oleh pengisian super cepat dengan output charger 5V/2A.

6. Tanpa Sensor Fingerprint
Salah satu yang mungkin menjadi kekurangan Realme C1 adalah karena tidak memiliki sistem keamanan jaman sekarang, yaitu sensor fingerprint. Namun sebagai gantinya, Realme menanamkan teknologi AI Facial Unlock yang dinilai memiliki kecepatan dan akurasi tinggi saat memindai wajah penggunanya, meski berada di tempat yang minim cahaya.

7. Konektivitas
Tidak jauh berbeda dengan ponsel android pada umumnya, Realme C1 juga dibekali dual slot kartu SIM jenis nano yang dapat diaktifkan secara bersamaan dan telah mendukung koneksi internet 4G LTE dengan kecepatan yang dapat ditembus sebesar 300 Mbps. Sedang untuk kebutuhan konektivitas, terdapat sambungan Wifi, bluetooth 4.2, GPS, port microUSB 2.0 support USB On-The-Go, port 3.5mm jack dan dibekali sensor accelerometer, proximity dan compass.

Harga Realme C1


Realme C1 tersedia dalam dua varian warna, yakni hitam dan biru serta tersedia dalam satu model RAM dan penyimpanan saja, yaitu RAM 2GB + 16GB. Untuk membelinya, Realme C1 di Indonesia dijual dengan harga cukup murah Rp 1.399.000 dan akan tersedia pada tanggal 30 Oktober mendatang.

Dengan banderol harga yang cukup murah dan dibekali dengan spesifikasi mempuni, menurut kalian apakah smartphone Realme C1 ini layak untuk dijadikan sebagai smartphone buruan selanjutnya? Berikan pendapat kalian pada kolom komentar yang telah kami sediakan. Terima kasih telah berkunjung, Salam.
Open Comments