advertisement
AndroLite.com - Dengan dihadirkannya Xiaomi Mi 8 Pro yang baru-baru resmi diluncurkan oleh Xiaomi pada sebuah acara peluncuran yang dilakukan di Tiongkok, semakin menambah deretan smartphone Mi 8 series. Tercatat sudah ada 5 model dari varian ini, yaitu Mi 8 versi biasa, Explorer, SE dan Mi 8 Lite (Youth) yang juga baru-baru ini resmi diluncurkan bersamaan dengan Mi 8 Pro.

Baik seri Pro ataupun Mi 8 lainnya, dari segi desain semuanya memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda, namun setiap model memiliki fitur dan keunggulan tersendiri. Lantas seperti apakah tampilan, fitur dan spesifikasi Xiaomi Mi 8 Pro ini? Berapa harganya? Berikut ulasannya.

Fitur dan Spesifikasi Xiaomi Mi 8 Pro


Desain Bodi Ciamik dan Elegan
Xiaomi Mi 8 Pro memiliki tampilan bodi yang terlihat sangat keren, elegan, berkelas sebagaimana smartphone kelas flagship pada umumnya. Bodinya tersebut tampak sangat mempesona, dimana pada setiap sudutnya mempunyai lekukan yang sangat halus, bodi tipis, dan penutup casing belakang infinity terbuat dari bahan kaca.

Perangkat ini juga hadir dalam tiga warna berbeda, yaitu hitam dengan penutup belakang transparan, sehingga kita bisa melihat beberapa komponen yang ada didalamnya. Kemudian warna kedua, yaitu gold dipadukan dengan warna pink (gradient) yang sangat mengagumkan dan ketiga Meteorite black polos atau tanpa motif / gradient.

Sementara di bagian depan, terdapat sebuah layar dengan desain bertakik (notch) yang memiliki bezel super tipis di keempat sisinya dan tanpa tombol navigasi fisik. Secara keseluruhan, bodi Xiaomi Mi 8 Pro ini memiliki ukuran 154.9 x 74.8 x 7.6 mm dengan bobot 177 gram dan memiliki rangka bodi yang terbuat dari aluminium seri 7000 yang sangat kuat dan kokoh.

Layar Lebih Luas
Xiaomi Mi 8 Pro hadir dengan mengandalkan panel Super AMOLED berdiagonal 6.21 inci beresolusi full HD+ 2248 x 1080 piksel, didesain dengan tampilan penuh atau mempunyai aspek rasio 18:9 dan rasio screen-to-body mencapai 83.8%. Artinya sebesar 83.8% di bagian depan perangkat didominasi layar dan hanya menyisakan bezel super tipis dikeempat sisinya.

Dengan layar tersebut, pengguna akan lebih dimanjakan tampialn visual dengan sudut pandang yang lebih luas. Selain itu, terdapat pula fitur yang turut disemakan didalamnya, termasuk teknologi HDR10 display, DCI-P3, kontras rasio 60000:1, kecerahan 600nits, mode pelindung mata, always-on display dan dilapisi proteksi Corning Gorilla Glass 5.

Performa Lebih Gahar dengan Chpset Snapdragon 845
Salah satu faktor yang membuat harga smartphone tinggi adalah hardware yang tertanam didalamnya, termasuk prosessor, pengolah grafis, RAM hingga penyimpanan internal. Nah, hal inilah yang membuat Xiaomi Mi 8 Pro dijual dengan harga tinggi karena komponen-komponen tersebut.

Untuk prosessornya, ponsel ini mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 845 Octa-core yang memiliki kecepatan clocking super cepat, yaitu 4x 2.8GHz Kryo 385 Gold + 4x 1.8GHz Kryo 385 Silver, didukung oleh pengolah grafis yang juga buatan Qualcomm, yakni Adreno 630, RAM 8GB / 6GB dan Penyimpanan internal berkapasitas jumbo 128 GB.

Namun sayangnya, tidak ada slot kartu memori eksternal yang disediakan apabila pengguna ingin memperluasnya. Namun terlepas dari hal ini, perpaduan hardware yang tertanam didalam bodi Mi 8 Pro tersebut, mampu melahap semua konten-konten berat seperti game berat full HD dengan enteng, tanpa lag, smooth sejak awal dan mampu menampilkan grafis berkualitas tinggi.

Kamera Utama Berlensa Ganda + Kamera Selfie Beresolusi Tinggi
Sebagai smartphone kelas flagship, tentu saja Xiaomi melengkapi Mi 8 Pro dengan kamera beresolusi tinggi untuk menopang segala aktivitas pengabadian momen penggunanya dengan hasil mengagumkan. Untuk kamera utamanya, terdapat dua lensa yang ditumpuk secara vertikal dan ditengahnya ditempakan lampu kilatan LED. Dua lensa tersebut beresolusi 12 MP bukaan f/1.8 dengan fitur 4-axis OIS dan dual pixel PDAF untuk lensa primer dan 12 MP aperture f/2.4 dengan AF, 2x optical zoom untuk lensa sekundernya.

Lensa ganda tersebut memiliki kemampuan seperti mata manusia dan mempunyai peran penting dalam menyesuaikan kondisi cahaya saat pengambilan gambar / perekaman video dengan hasil yang lebih maksimal. Fitur lain yang mendukungnya berupa HDR dan panorama serta memiliki kemampuan merekam video resolusi 2160p@60fps atau 1080p@240fps.

Sementara dibagian depan, terdapat kamera beresolusi sangat tinggi, yaitu 20 MP lensa bukaan f/2.0 dengan dukungan HDR. Dengan adanya kamera selfie beresolusi tinggi seperti ini, pengguna akan dimanjakan oleh hasil foto selfie / wefie berkualitas tinggi, tampak lebih nyata dan terang, jernih, detail dan kaya warna.

Fingerprint In-Display dan Infrared face recognition
Ada dua fitur baru lagi yang terdapat di dalam layar Mi 8 Pro ini, yaitu hadir dengan sensor Fingerprint In-Display dan Infrared face recognition. Ya, dua fitur ini merupakan teknologi yang sekarang ini menjadi populer di berbagai kalangan yang berfungsi sebagai sistem keamanan untuk membukan kunci layar ponsel.

Xiaomi mengklaim bahwa Fingerprint In-Display dan Infrared face recognition milik mereka ini memiliki kecepatan dan akurasi tinggi saat membaca sidik jari dan wajah pemiliknya, bahkan saat digunakan di tempat dengan cahaya minim.

Baterai Berkapasitas Sedang
Satu hal yang mungkin menjadi kekurangan Xiaomi Mi 8 Pro adalah pada sektor penyuplai dayanya. Ya, smartphone pendatang baru ini hanya dibekali baterai berkapasitas 3000 mAh saja. Padahal sekarang ini, banyak smartphone sekelasnya telah menggunakan baterai dengan kapasitas yang lebih besar, terlebih ponsel ini berkategori flagship yang rasanya tidak seimbang dengan penyuplai daya yang dimilikinya.

Untungnya, baterainya tersebut telah dibekali fitur pengisian super cepat Quick Charge 4.0+ yang memiliki kemampuan mengisi ulang daya baterai dengan sangat cepat.

Koneksi Internet 1Gbps dan Fitur Penting Lainnya
Layaknya smartphone pada umumnya, Xiaomi Mi 8 Pro juga dibekali dual slot kartu SIM jenis nano yang dapat diaktifkan secara bersamaan. Namun ada satu hal yang menarik perhatian, yaitu dukungan koneksi internet yang dapat ditembusnya mencapai kecepatan 1 Gbps atau 1024 Mbps untuk download dan 150 Mbps untuk upload.

Selain itu, terdapat pula sambungan GPS dual-band untuk navigasi dengan GLONASS, BDS, GALILEO, QZSS. Xiaomi mengklaim bahwa GPS dual band milik mereka ini merupakan teknologi pertama di dunia yang memiliki kemampuan untuk menampilkan arah yang lebih akurat dibandingkan dengan smartphone konvensional lainnya.

Adapun fitur penting tambahan lainnya, termasuk bluettoh 5.0, USB Type-C 1.0, NFC, sensor accelerometer, gyroscope, proximity, barometer dan compass. Sayangnya, port 3.5mm jack pada Mi 8 Pro telah dihilangkan, namun sebagai gantinya, Xiaomi memberikan headphone jack adapter type-C to 3.5mm. Sehingga dengan ini pengguna tetap bisa menggunakan headset dengan port 3.5mm dengan menghubungkannya melalui adapter tersebut.

Harga Xiaomi Mi 8 Pro dan Spesifikasi Detail


Dikutip dari GSMArena.com, Xiaomi Mi 8 Pro dijual dengan harga 480 EURO atau sekitar Rp 8,2 juta. Namun sayangnya, tidak diketahuai secara pasti, berapa banderol harga untuk setiap modelnya, karena Mi 8 Pro hadir dalam dua model yaitu RAM 8GB + 128 dan RAM 6GB + 128GB.

Sementara untuk ketersediaannya di pasar Global, termasuk Indonesia, hingga saat ini juga masih belum ada kabar. Untuk itu kita tunggu saja informasi selanjutnya. Adapun spesifikasi lengkap Xiaomi Mi 8 Pro, bisa kalian lihat pada tabel dibawah ini.
UMUM
HargaSekitar Rp 8,2 juta
StatusRilis
Tahun RilisSeptember 2018
JARINGAN
TeknologiGSM / HSPA / LTE
SIMDual SIM (Nano SIM)
Koneksi4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
KecepatanHSPA: 42.2/5.76 Mbps, LTE: 1024/150 Mbps
BODI
Dimensi154.9 x 74.8 x 7.6 mm
Berat177 gram
MaterialDepan/belakang kaca, rangka aluminium (seri 7000)
WarnaBlack (transparent back), Meteorite black, Shuguangjin
LAYAR
JenisSuper AMOLED, layar sentuh kapasitif 16 juta warna
Ukuran6.21 inci
Resolusi2248 x 1080 piksel
Rasio18:9 (Fullview), 83.8% screen-to-body
Kerapatan Piksel402 ppi
PerlindunganCorning Gorilla Glass 5
Fitur- HDR10 display
- DCI-P3
PLATFORM
Sistem OperasiAndroid Oreo 8.1 (MIUI 10)
ChipsetQualcomm Snapdragon 845 (SDM845)
CPUOcta-core (4x 2.8GHz Kryo 385 Gold + 4x 1.8GHz Kryo 385 Silver)
GPUAdreno 630
RAM8GB / 6GB
PENYIMPANAN
Internal128GB
EkspansiTidak
KAMERA UTAMA
ResolusiDual lensa: 12MP + 12MP
Lensaf/1.8, 4-axis OIS, dual pixel PDAF + f/2.4, AF, 2x optical zoom
LED FlashYa
Video2160p @60fps, 1080p @240fps
FiturGeotagging, sentuh fokus, deteksi wajah, HDR, panorama
KAMERA DEPAN
Resolusi20 MP
Lensaf/2.0, 0.9┬Ám
LED FlashTidak
Video1080p @30fps
FiturHDR
KONEKTIVITAS
Wi-Fi802.11 a/b/g/n/ac, direct, hotspot, dual-band, DLNA
Bluetooth5.0, A2DP, LE, aptX HD
USBType-C 1.0
RadioTidak
PenandaGPS, dual-band A-GPS, GALILEO, QZSS, GLONASS, BDS
NFCYa
BATERAI
JenisNon-removable Li-Po
Kapasitas3000 mAh
Pengisian CepatYa, Quick Charge 4.0+
FITUR
KeamananFingerprint (in-display), Infrared face recognition
SensorAccelerometer, light, compass, proximity, gyroscope
3.5mm jackTidak, Type-C to 3.5 mm headphone jack adapter dengan Pembatalan bising aktif dengan mikrofon khusus
LoudspeakerYa
Pemutar MusikMP3/WAV/eAAC+/FLAC
Pemutar VideoMP4/DivX/XviD/WMV/H.265
LainnyaBrowser HTML5
Photo/video editor
Document viewer
ANT+ support
Disclaimer: Kami tidak menjamin bahwa informasi pada halaman ini 100% benar. Selengkapnya.
Menurut kalian, apakah harga Xiaomi Mi 8 Pro sudah sesuai dengan fitur, desain dan spesifikasi yang diusungnya? Berikan pendapat kalian pada kolom komentar yang telah kami siapkan. Terima kasih telah berkunjung, Salam.
Open Comments