advertisement
AndroLite.com - Deretan smartphone keluarga Mi 8 resmi bertambah. Setelah Mi 8, Explorer dan SE, kini giliran model dengan embel-embel "Lite" atau "Youth" resmi diluncurkan di China beberapa waktu yang lalu. Ya, model terbaru ini merupakan smartphone berktegori mid-range yang dibanderol dengan harga paling murah diantara keluarga Mi 8 Series lainnya. Selain model ini, Xiaomi juga meluncurkan varian lainnya yakni Mi 8 Pro.

Meskipun Xiaomi Mi 8 Lite memiliki harga murah dan tidak dibekali beberapa fitur unggulan yang ada pada model Mi 8 lainnya, namun spesifikasi yang diusungnya masih bisa diandalkan, bahkan masih mampu untuk bersaing dengan smartphone sekelasnya. Lantas seperti apa penampakan dan spesifikasi ponsel pendatang terbaru ini? Berapa harganya? Berikut informasinya.

Fitur dan Spesifikasi Xiaomi Mi 8 Youth (Lite)


Desain Bodi Premium dan Layar Lebih Luas
Dari segi desain, tampilan bodi yang dibawa oleh Mi 8 Lite tidak jauh berbeda dari keluarga Mi 8 lainnya, dimana bodinya didesain dengan sudut lebih halus dan tipis, tampak sangat elegan dan berkelas, layar dengan sedikit notch di bagian atasnya, bagian belakang tampak mengkilat dan lebih polos, serta memiliki bodi berukuran 156.4 x 75.8 x 7.5 mm dengan bobot 169 gram yang membuatnya lebih nyaman saat berada dalam genggaman tangan.

Dan yang paling membuat ponsel ini terlihat lebih premium adalah pada bagian depan. Ya, dengan sentuhan finishing panel yang hanya menyisahkan bezel tipis dikeempat sisinya disertai lekukan halus di keempat sudutnya, membuatnya tampak sangat kece dan berkelas. Selain itu, panelnya tersebut juga menyuguhkan sudut pandang lebih luas, yakni berdiagonal 6.26 inci beresolusi 2280 x 1080 piksel dengan aspek rasio 19:9.

Layar tersebut terbuat dari 2.5D curved glass screen, yaitu panel dengan sisi kiri dan kanan sedikit infinity, terbuat dari jenis IPS LCD dan berlapiskan proteksi Corning Gorilla Glass dan scratch resistant yang akan melindunginya dari goresan berbagai benda-benda tajam dan retak saat ponsel mengalami benturan atau terjatuh.

Performa Gahar
Walaupun Mi 8 Lite (youth) adalah model dengan paling murah diantara seri lain Mi 8, bukan berarti spesifikasi yang dibawanya murahan. Akan tetapi ponsel cerdas ini dibekali hardware mempuni dengan performa handal. Termasuk diotaki oleh prosessor super bertenaga buatan Qualcomm, yaitu seri Snapdragon 660 Octa-core dengan kecepatan clocking sebesar 4x 2.2GHz + 4x 1.8GHz dengan teknologi Kryo 260.

Selain prosessor, Xiaomi juga membekali Mi 8 Youth dengan GPU buatan Qualcomm, yakni Adreno 512 yang berfungsi untuk menangani tampilan grafis yang dinilai memiliki performa handal dalam memberikan visual lebih halus, jernih dan tajam. Dua komponen tersebut juga mendapatkan dukungan penuh dari RAM berkapasitas 4GB / 6GB dan akan saling bekerjasama untuk memaksimalkan kinerja sistem operasi Android Oreo 8.1 yang berjalan didalamnya.

Penyimpanan Besar, Namun Minus Slot Kartu Memori
Untuk kebutuhan penyimpanan file atau data dalam skala besar, Xiaomi Mi 8 Youth hadir dengan dua model ruang penyimpanan. Yaitu storage 64GB + RAM 4GB, 64GB storage + 6GB RAM dan 128GB + RAM 6GB. Dengan penyimpanan internal sebesar ini, pengguna akan lebih leluasa dalam menyimpan banyak file seperti foto, video, lagu dan sebagainya dalam skala besar.

Namun sangat disayangkan, karena ponsel ini tidak menyediakan slot kartu memori untuk perluasan ruang penyimpanan. Hal ini tentu saja mungkin menjadi pertimbangan bagi para calon pembelinya, karena salah satu hal yang wajib bagi smartphone jaman sekarang ini adalah slot kartu memori. Bagaimana menurut kalian?

Dual Lensa Kamera Utama + Kamera Selfie Beresolusi Tinggi
Salah satu keunggulan lain yang terdapat pada Mi 8 Lite adalah dengan menghadirkan kamera utama dengan lensa ganda ditambah kamera depan dengan resolusi yang sangat tinggi. Untuk dua lensa pada kamera utamanya tersebut masing-masing memiliki resolusi 12 MP bukaan f/1.9 dengan fitur dual pixel PDAF untuk lensa primer dan 5 MP aperture f/2.0 dengan lensa sekunder.

Dengan adanya dua lensa tersebut, penggunanya akan dimanjakan dengan foto dan video beresolusi tinggi, efek bokeh yang mengagumkan dan mampu menghasilkan rekaman video 2160p@30fps atau 1080p @120fps dengan fitur gyro-EIS. Untuk fitur lain yang mendukungnya, terdapat lampu kilatan LED, geotagging, sentuh fokus, deteksi wajah, HDR dan panorama.

Sementara untuk kamera depan, meski hanya memiliki lensa tunggal, tetapi resolusinya sangatlah tinggi, yakni 24 MP dengan lensa bukaan f/2.0, 0.9µm yang dilengkapi dengan fitur Auto HDR. Kemampuannya dalam memotret dan merekam video tentu tidak perlu diragukan lagi, karena dapat menghasilkan foto selfie / wefie dengan berbagai efek mengagumkan dan rekaman video 1080p @30fps.

Baterai, Konektivitas dan Sensor
Untuk menopang segala aktivitas penggunanya selama seharian penuh, Xiaomi Mi 8 Lite dibekali baterai jenis Lithium Polymer (Li-Po) berkapasitas 3350. Fitur yang mendukungnya berupa pengisian super cepat Quick Charge 3.0 yang diklaim memiliki kecepatan tinggi dalam mengisi ulang daya baterainya.

Selanjutnya, disektor konektivitas dan sensor, Mi 8 Lite tidak jauh berbeda dari HP Android pada umumnya, termasuk dibekali dual slot kartu SIM jenis nano yang dapat diaktifkan secara bersamaan, sambungan WiFi, bluetooth 5.0, GPS, USB Type-C 1.0 dan sayangnya ponsel ini tidak memiliki port 3.5mm jack dan radio.

Sementara untuk sensornya sendiri, terdapat fingerprint yang letaknya berada dibagian belakang perangkat, face unlock yang terintegrasi dengan kamera depan, sensor accelerometer, light, compass, proximity dan gyroscope.

Harga Xiaomi Mi 8 Lite (Youth) dan Spesifikasi Detail


Harga Xiaomi Mi 8 Youth (Lite) diperkirakan akan dijual dengan harga 1399 Yuan (Rp 2,9 juta) untuk model RAM 4GB + 64GB, 1699 Yuan (Rp 3,6 juta) model RAM 6GB + 64GB dan 1999 Yuan (Rp 4,2 juta) untuk model RAM 6GB + 128GB. Selain hadir dalam 3 model, Mi 8 Youth juga hadir dalam tiga varian warna berbeda, diantaranya twilight gold, dream blue dan deep space gray.
UMUM
HargaRp 2,9 juta (4GB RAM + 64GB Storage)
Rp 3,6 juta (6GB RAM + 64GB Storage)
Rp 4,2 juta (6GB RAM + 128GB Storage)
StatusRilis
Tahun RilisSeptember 2018
JARINGAN
TeknologiGSM / CDMA / HSPA / LTE
SIMDual SIM
Koneksi4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
KecepatanHSPA: 42.2/5.76 Mbps, LTE-A
BODI
Dimensi156.4 x 75.8 x 7.5 mm
Berat169 gram
MaterialMetal, kaca
WarnaTwilight gold, Dream blue, Deep space gray
LAYAR
JenisIPS LCD, layar sentuh kapasitif 16 juta warna
Ukuran6.26 inci
Resolusi2280 x 1080 piksel
Rasio19:9 (Fullview), 82.5% screen-to-body
Kerapatan Piksel403 ppi
PerlindunganCorning Gorilla Glass
PLATFORM
Sistem OperasiAndroid Oreo 8.1 (MIUI)
ChipsetQualcomm Snapdragon 660 (SDM660)
CPUOcta-core (4x 2.2GHz Kryo 260 + 4x 1.8GHz Kryo 260)
GPUAdreno 512
RAM6GB / 4GB
PENYIMPANAN
Internal128GB / 64GB
EkspansiTidak
KAMERA UTAMA
ResolusiDual lensa: 12MP + 5MP
Lensaf/1.9, 1/2.55", 1.4µm, dual pixel PDAF + f/2.0, 1.12µm, depth sensor
LED FlashYa
Video2160p @30fps, 1080p @120fps (gyro-EIS)
FiturGeotagging, sentuh fokus, deteksi wajah, HDR, panorama
KAMERA DEPAN
Resolusi24 MP
Lensaf/2.0, 0.9µm
LED FlashTidak
Video1080p @30fps
FiturAuto HDR
KONEKTIVITAS
Wi-Fi802.11 a/b/g/n/ac, direct, hotspot, dual-band
Bluetooth5.0, A2DP, LE
USBType-C 1.0
RadioTidak
PenandaGPS, A-GPS, GLONASS, BDS
BATERAI
JenisNon-removable Li-Po
Kapasitas3350 mAh
Pengisian CepatYa, Quick Charge 3.0
FITUR
KeamananFingerprint
SensorAccelerometer, light, compass, proximity, gyroscope
3.5mm jackTidak
LoudspeakerYa
Pemutar MusikMP3/WAV/eAAC+/FLAC
Pemutar VideoMP4/DivX/XviD/WMV/H.265
LainnyaBrowser HTML5
Photo/video editor
Document viewer
Disclaimer: Kami tidak menjamin bahwa informasi pada halaman ini 100% benar. Selengkapnya.
Dengan banderol harga yang cukup lumayan murah untuk mendapatkan Xiaomi Mi 8 Lite, menurut kalian apakah desain, spesifikasi dan fiturnya yang dibawa smartphone pendatang baru miliki Xiaomi ini sudah sebanding dengan harganya? Berikan pendapat kalian pada kolom komentar yang telah kami siapkan.
Open Comments