advertisement
AndroLite.com - Perusahaan elektronik asal Tiongkok, Xiaomi, secara resmi telah memperkenalkan smartphone terbaru mereka di Thailand beberapa waktu yang lalu, yaitu Redmi Note 6 Pro. Perangkat ini merupakan ponsel cerdas berkategori Mid-Range dan sekaligus sebagai penerus Redmi Note 5 Pro yang hadir dengan membawa berbagai fitur terbaru, spesifikasi unggulan dikelasnya serta dibanderol dengan harga perdana yang cukup murah, mulai Rp 3 jutaan saja.

Salah satu keunggulan yang dibawa oleh Redmi Note 6 Pro adalah dengan mengadirkan 4 buah kamera sekaligus dengan dukungan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence / AI). Dengan ini, Redmi Note 6 Pro secara resmi menjadi smartphone pertama Xiaomi yang menghadirkan 4 lensa kamera sekaligus. Lantas fitur apa lagi yang dibawa oleh ponsel pendatang terbaru ini? berikut informasinya.

Spesifikasi Lengkap Xiaomi Redmi Note 6 Pro

UMUM
BrandXiaomi
ModelRedmi Note 6 Pro
StatusSegera Hadir, Perkiraan Oktober 2018
Tahun RilisSeptember 2018
JARINGAN
TeknologiGSM / CDMA / HSPA / LTE
SIMDual SIM (Nano SIM)
Koneksi4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
KecepatanHSPA: 42.2/5.76 Mbps, LTE-A
BODI
Dimensi157.9 x 76.4 x 8.2 mm
Berat-
MaterialAluminium alloy
WarnaHitam, Biru, Pink, Merah
LAYAR
JenisIPS LCD, layar sentuh kapasitif 16 juta warna
Ukuran6.26 inci
Resolusi2280 x 1080 piksel
Rasio19:9 (Fullview), 81.1% screen-to-body
Kerapatan Piksel403 ppi
PerlindunganCorning Gorilla Glass
PLATFORM
Sistem OperasiAndroid Oreo 8.1 (MIUI 10)
ChipsetQualcomm Snapdragon 636 (SDM636)
CPUOcta-core 1.8 GHz Kryo 260
GPUQualcomm Adreno 509
RAM6GB / 4GB / 3GB
PENYIMPANAN
Internal64GB / 32GB
EkspansiYa, microSD maksimal 256GB
KAMERA UTAMA
ResolusiDual sensor: 12MP + 5MP
Lensaf/1.9, 1/2.55", 1.4µm, dual pixel PDAF + f/2.0, 1.12µm, depth sensor
FlashYa, LED Flash
Video2160p @30fps
FiturAutofocus, geotagging, sentuh fokus, deteksi wajah, HDR, panorama
KAMERA DEPAN
ResolusiDual sensor: 20MP + 2MP
Lensaf/2.0 + depth sensor
FlashYa, Screen Flash
Video1080p@30fps
FiturHDR
KONEKTIVITAS
Wi-Fi802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE
USBMicroUSB 2.0
RadioTidak
PenandaGPS, A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO
Infra MerahYa
BATERAI
JenisNon-removable Li-Po
Kapasitas4000 mAh
Pengisian CepatYa, Qualcomm Quick Charge (5V/2A)
FITUR
KeamananFingerprint (belakang ponsel)
SensorAccelerometer, light, compass, proximity, gyroscope
3.5mm jackYa, Pembatalan bising aktif dengan mikrofon khusus
LoudspeakerYa
Pemutar MusikMP3/WAV/eAAC+/FLAC
Pemutar VideoMP4/DivX/H.265
LainnyaBrowser HTML5
Photo/video editor
Document viewer
Disclaimer: Kami tidak menjamin bahwa informasi pada halaman ini 100% benar. Selengkapnya.

Review Singkat Xiaomi Redmi Note 6 Pro


Desain Bodi Elegan dan Layar Berponi
Tidak jauh berbeda dari ponsel Xioami keluaran terbaru, Redmi Note 6 Pro juga memiliki desain yang terlihat elegan, dimana pada bagian belakang ponsel terlihat polos, lengkungan halus pada keempat sudutnya dan dibagian depan terdapat layar yang didesain dengan bezel super tipis pada keempat sisinya dan terdapat poni / notch di bagian atasnya.

Selain itu, ponsel ini juga tidak memiliki tombol navigasi fisik (home, back dan recent) sehingga di bagian depan lebih luas bisa ditempati layar dengan ukuran yang lebih luas. Adapun ukuran panel yang diusung oleh Redmi Note 6 Pro, berdiagonal 6.26 inci, beresolusi 2280 x 1080 piksel, beraspek rasio 19:9 (fullview) dengan rasio screen-to-body mencapai 81.1%.

Dengan perpaduan luas, resolusi dan rasio pada layarnya tersebut, mata pengguna akan lebih dimanjakan dengan tampilan penuh dan lebih luas saat menikmati berbagai jenis konten multimedia. Dan untuk melindunginya dari berbagai jenis ancaman goresan benda tajam, layar Redmi Note 6 Pro diberikan lapisan pelindung dari teknologi Corning Gorilla Glass.

Performa Gesit dengan CPU Snapdragon 636
Saat pertama kali diperkenalkan, Redmi Note 6 Pro telah berjalan pada sistem operasi Android Oreo 8.1 dengan antarmuka MIUI 10. Nah untuk memaksimalkan kinerja OS yang berjalan didalamnya agar tetap mampu membukan banyak aplikasi sekaligus (multitasking) maupun menjalankan aplikasi berat seperti game full HD, Xiaomi melengkapi perangkat mereka ini dengan komponen-komponen super handal di kelasnya.

Mulai dari prosessonya, Redmi Note 6 Pro memiliki chipset super bertenaga buatan Qualcomm, yakni seri Snapdragon 636 yang memiliki 8 inti (Octa-core) dan memiliki kecepatan clocking mencapai 1.8 GHz Kryo 260. Selain chipset, juga terdapat pengolah grafis buatan Qualcomm, yaitu Adreno 509 yang dinilai mampu memberikan tampilan grafis dengan sangat baik dan mengesankan.

Di sektor pengolah data sementara atau RAM dan penyimpanan, Redmi Note 6 Pro hadir dalam 3 model, yaitu RAM 6GB dipadukan dengan penyimpanan 64GB, RAM 4GB + 64GB dan model terendah 3GB + 32GB. Smartphone ini juga menyiapkan slot kartu memori eksternal jenis microSD dengan daya tampung maksimal 256GB.

Kamera dengan 4 Lensa
Hal yang paling diunggulkan oleh Xiaomi Redmi Note 6 Pro adalah pada sektor kameranya. Ya, ponsel cerdas ini hadir dengan 4 buah lensa sekaligus, dimana dua lensa ditempatkan pada kamera utama dan dua lensa lainnya pada kamera depan. Untuk kamera utama memiliki konfigurasi 12 MP bukaan f/1.9 dengan fitur dual pixel PDAF dan 5 MP aperutre f/2.0 dengan depth sensor yang dilengkapi dual autofocus.

Sementara dua lensa pada kamera utama, masing-masing memiliki resolusi 20MP bukaan f/2.0 untuk lensa primer dan 2MP depth sensor untuk lensa sekunder. dan kamera sekunder beresolusi 5 megapiksel depth sensor. Kedua kamera Xiaomi Redmi Note 6 Pro, sama-sama telah dilengkapi fitur kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence), yakni AI Scene Recognition untuk kamera belakang dan AI Portrait 2.0 untuk kamera selfie.

Dengan adanya dua lensa pada tiap kamera, selain dapat menghasilkan efek bokeh mengagumkan, pengguna juga dapat menggunakannya untuk mengabadikan berbagai momen penting dengan hasil dan kualitas yang lebih memuaskan.

Baterai Berkapasitas Super Jumbo
Selain kamera, sektor lain yang menjadi andalan Redmi Note 6 Pro ada pada sektor baterai. Ya, produk terbaru perusahaan asal Tiongkok ini dibekali penyimpanan daya berkapasitas super jumbo 4000 mAh. Dengan kapasitas sebesar ini, daya tahan penggunaannya tidak perlu diragukan lagi, karena akan mampu bertahan selama puluhan jam tanpa isi ulang meski digunakan secara ekstrim.

Tidak sampai disitu saja, baterainya juga telah didukung dengan pengisian super cepat, yang sekali lagi berasal dari teknologi Qualcomm, yaitu Quick Charge dengan output 5V/2A. Dengan adanya teknologi ini, proses pengisian ulang daya akan lebih cepat dibandingkan dengan pengisian tanpan fitur fast charging.

Fitur Penting Lainnya
Selain beberapa keunggulan yang telah disebutkan di atas, Xiaomi Redmi Note 6 Pro juga masih memiliki keunggulan lainnya. Termasuk diberikan sistem keamanan berupa fingerprint dan Face Unlock serta sensor Accelerometer, light, compass, proximity dan gyroscope.

Sedangkan di sektor konektivitas, terdapat dual slot kartu SIM yang telah mendukung koneksi internet 4G LTE kategori A, sambungan WiFi dengan fitur dual-band, direct dan hotspot, bluetooth 5.0 denga A2DP dan LE, GPS dengan A-GPS, GLONASS, BDS dan GALILEO, port 3.5mm jack dan Infra Merah. Namun sayangnya, port USB yang digunakannya masih mengandalkan USB 2.0 dan bukannya jenis Type-C.

Harga Xiaomi Redmi Note 6 Pro


Xiaomi Redmi Note 6 Pro saat ini masih belum tersedia di pasar lokal maupun global, karena ponsel ini rencanya baru akan dilepas kepasaran pada bulan Oktober 2018 mendatang. Dikutip dari GSMarena.com, smartphone pendatang terbaru milik Xiaomi ini akan dijual dengan harga mulai 200 EURO atau sekitar Rp 3,3 juta dan hadir dalam 3 model, yakni 6GB + 64GB, 4GB + 64GB dan model terendah 3GB + 32GB.
HargaRAM + Storage
Coming Soon6GB + 64GB
Coming Soon4GB + 64GB
Sekitar Rp 3,3 juta3GB + 32GB
Nah, menurut kalian, apakah harga yang ditawarkan untuk mendapatkan Redmi Note 6 Pro sudah sesuai dengan fitur, desain dan spesifikasi yang ditawarkan? Serta apakah ponsel ini layak menjadi buruan berikutnya? Berikan pendapat kalian pada kolom komentar yang telah kami siapkan. Terima kasih, Salam.
Open Comments