advertisement
AndroLite.com - Vivo secara diam-diam resmi meluncurkan smartphone Vivo Y97 di negara asalnya, China. Ponsel cerdas pendatang terbaru ini hadir dengan layar water drop atau poni menyerupai setetes air yang desainnya sangat mirip dengan Oppo F9 ataupun Vivo Y11 Pro.

Vivo Y97 juga hadir dengan mengusung layar super luas, dibekali prosessor mediatak helio P60, RAM dan penyimpanan internal berkapasitas besar, kamera ganda dan beberapa fitur unggulan terbaru lainnya. Lantas seperti apakah tampilan, fitur, spesifikasi dan harga Vivo Y97 ini? Berikut informasinya.

Spesifikasi Vivo Y97


UMUM
BrandVivo
ModelY97
StatusRilis
Tahun RilisSeptember 2018
JARINGAN
TeknologiGSM / CDMA / HSPA / LTE
SIMDual SIM (Nano SIM)
Koneksi4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
KecepatanHSPA: 42.2/5.76 Mbps, LTE-A
BODI
Dimensi155.9 x 75.6 x 8.1 mm
Berat162 gram
MaterialDepan kaca, belakang plastik
WarnaStarry Night, Nebula, Pink
LAYAR
JenisS-IPS LCD, layar sentuh kapasitif 16 juta warna
Ukuran6.3 inci
Resolusi2280 x 1080 piksel
Rasio19:9 (Fullview), 84.1% screen-to-body
Kerapatan Piksel400 ppi
Perlindungan-
PLATFORM
Sistem OperasiAndroid Oreo 8.1 (Funtouch OS 4.5)
ChipsetMediatek Helio P60 (MT6771)
CPUOcta-core (4x 2.0 GHz Cortex-A73 + 4x 2.0 GHz Cortex-A53)
GPUMali-G72 MP3
RAM4 GB
PENYIMPANAN
Internal128 GB
EkspansiYa, microSD maksimal 256GB (slot khusus)
KAMERA UTAMA
ResolusiDual lensa: 16 MP + 2 MP
Lensaf/2.0, PDAF + f/2.4, depth sensor
LED FlashYa
Video1920 x 1080 piksel @30fps
FiturGeotagging, sentuh fokus, deteksi wajah, HDR, panorama
KAMERA DEPAN
Resolusi16 MP
Lensaf/2.0
LED FlashTidak
Video1920 x 1080 piksel @30fps
FiturHDR
KONEKTIVITAS
Wi-Fi802.11 a/b/g/n/ac, direct, hotspot, dual-band
Bluetooth5.0, A2DP, LE, EDR
USBMicroUSB 2.0, USB On-The-Go
RadioYa, FM
PenandaGPS, A-GPS, GLONASS
BATERAI
JenisNon-removable Li-Po
Kapasitas3315 mAh
Pengisian Cepat-
FITUR
KeamananFace Unlock
SensorAccelerometer, light, compass, proximity
3.5mm jackYa, Pembatalan bising aktif dengan mikrofon khusus
LoudspeakerYa
Pemutar MusikMP3/WAV/eAAC+/FLAC
Pemutar VideoMP4/H.264
LainnyaBrowser HTML5
Photo/video editor
Document viewer
Disclaimer: Kami tidak menjamin bahwa informasi pada halaman ini 100% benar. Selengkapnya.

Review Vivo Y97


Desain Bodi Elegan
Meski bodi Vivo Y97 hanya terbuat dari bahan plastik di bagian penutup casing belakang, akan tetapi secara keseluruhan tampilannya begitu sangat elegan dan berkelas. Di bagian belakangnya sendiri tampak begitu polos dan hanya terdapat logo Vivo dibagian tengah dan kamera belakang di sudut kiri atas.

Sementara dibagian depan, terdapat sebuah layar dengan tampilan waterdrop yang terlihat menawan, ditambah bezel tipis yang mengelilingnya. Secara keseluruhan, bodi Vivo Y97 berdimensi 155.9 x 75.6 x 8.1 mm dengan bobot 162 gram dan hadir dalam 3 varian warna, termasuk Starry Night, Nebula dan Pink.

Layar Luas Tampilan Penuh
Tidak bisa dipungkiri bahwa sekarang ini, kebanyakan pengguna smartphone sekarang ini lebih tertarik dengan layar luas, bezel tipis dengan tampilan penuh. Nah hal ini kembali diterapkan oleh Vivo kedalam Y97 untuk menarik minat para calon pembelinya, yaitu dengan menghadirkan layar luas dengan bezel-less dan didesain dengan waterdrop display.

Tampilan waterdrop ini memang bukan yang pertama, sebelumnya Oppo lebih dulu mempopulerkan melalui Oppo F9, yang kemudian disusul oleh Vivo pada perangkat V11 Pro. Untuk ukuran layar pada Vivo Y97 ini adalah 6.3 inci beresolusi FHD+ 2280 x 1080 piksel, aspek rasio 19:9, 84.1% screen-to-body, memiliki kepadatan piksel per inci 400 ppi dan terbuat dari jenis S-IPS LCD.

Selain didesain dengan tampilan waterdrop, layar Vivo Y79 juga terlihat melengkung di bagian sisi kiri kanan karena mengandalkan layar 2.5D curved glass screen yang terlihat lebih menawan dan mengagumkan. Namun sayangnya, tidak ada informasi mengenai apakah layarnya ini diberikan pelindung anti gores ataukah tidak.

Kamera Beresolusi Tinggi
Salah satu yang sekarang menjadi populer dan bisa dikatakan menjadi hal yang wajib pada sebuah smartphone adalah kamera dengan lensa ganda beresolusi tinggi. Nah, hal ini juga bisa ditemukan pada Vivo Y97 yang menghadirkan kamera utama dengan lensa ganda beresolusi 16 MP bukaan f/2.0 dengan fitur PDAF untuk lensa primer dan 2 MP bukaan f/2.4 untuk lensa sekunder.

Dua lensa tersebut, selain dapat menciptakan foto dengan efek bokeh yang mengagumkan, juga mampu memberikan hasil jepretan lebih optimal yang dipadukan dengan berbagai fitur unggulan seperti LED Flash, geotagging, sentuh fokus, deteksi wajah, HDR, panorama. Untuk video, dapat menghasilkan rekaman resolusi FHD 1920 x 1080 piksel pada kecepatan @30fps.

Sementara untuk kebutuhan selfie, Vivo Y97 juga dibekali kamera depan beresolusi tinggi, yaitu 16 MP dengan lensa bukaan f/2.0 lengkap dengan fitur HDR. Meski tidak didukung lampu kilatan LED seperti pada kamera utama, akan tetapi saat pengambilan gambar di tempat minim cahaya akan tetap memberikan foto dengan hasil yang lebih terang dan jelas.

Performa Lebih Cepat dan Gesit
Untuk mengoperasikan Vivo Y97, perusahaan asal China ini membekalinya dengan prosessor Mediatek Helio P60 seri MT6771 Octa-core yang memiliki kecepatan 4x 2.0 GHz Cortex-A73 + 4x 2.0 GHz Cortex-A53. CPU-nya ini akan didukung oleh RAM berkapasitas 4GB dan pengolah grafis dari Mali-G72 MP3.

Komponen-komponen tersebut akan saling bekerjasama untuk memaksimalkan kinerja sistem operasi Android Oreo 8.1 dengan antarmuka Funtouch OS 4.5. Sementara untuk kebutuhan penyimpanan, Vivo Y97 menyediakan storage berkapasitas super jumbo 128GB dan masih dapat diperluas melalui kartu memori dengan slot khusus maksimal 256GB.

Disektor penyuplai dayanya, terdapat baterai berkapasitas 3315 mAh untuk menopang segala aktivitas pengguna selama seharian penuh. Sekali lagi, tidak ada informasi yang kami dapatkan tentang apakah terdapat dukungan pengisian cepat yang disematkan ataukah tidak.

Dengan perpaduan antara hardaware dan sistem operasi yang berjalan pada Vivo Y97 tersebut, jangankan membukan banyak aplikasi sekaligus (multitasking), menjalankan aplikasi berat seperti game full HD akan dilahapnya dengan sangat enteng, responsive dan smooth sejak awal permainan.

Tanpa Sensor Fingerprint
Salah satu yang mungkin menjadi kekurangan smartphone pendatang terbaru ini adalah karena tidak menyediakan sistem keamanan berupa sensor pindai sidik jari layaknya smartphone android pada umumnya. Padahal fitur ini sangat memiliki peran yang sangat penting serta memberikan kemudahan bagi para penggunanya untuk membuka kunci layar hanya dengan menggunakan sidik jari saja.

Namun sebagai gantinya, Vivo menyematkan sistem keamanan lain berupa Face Unlock yang terintegrasi pada kamera depan. Meski demikian, tetap saja fingerprint menjadi hal yang wajib pada smartphone android sekarang ini. Bagaimana menurut kalian?

Harga Vivo Y97


Di negara asalnya, China, Vivo Y97 hanya hadir dalam satu varian, yaitu RAM 4GB + Storage 128GB dan dijual dengan harga perdana 1.998 Yuan atau setara dengan Rp 4,3 juta. Sedangkan untuk pilihan warnanya, terdapat tiga varian yakni Starry Night, Nebula dan Pink. Adapun mengenai kapan Vivo Y97 masuk ke Indonesia dan berapa harganya, hingga saat ini masih belum ada kabar. Untuk itu kita tunggu saja informasi selanjutnya.
Open Comments