advertisement
AndroLite.com - Vivo secara resmi akhirnya meluncurkan Y83 Pro. Seri ini merupakan varian terbaru dari Y83 dan meskipun ada embel-embel "Pro" pada ponsel ini, akan tetapi desain, fitur hingga spesifikasinya hampir mirip dengan versi biasa. Yang membedakannya hanya terdapat pada kamera, dimana versi Pro ini hadir dengan mengusung kamera utama dengan lensa ganda, sementara versi biasa hanya berlesa tunggal.

Meskipun sangat mirip, namun Vivo Y83 Pro dibanderol dengan harga lumayan cukup mahal, yakni sekitar Rp 3,4 juta. Nah sekarang yang menjadi pertanyaan, apakah dengan harga yang ditawarkannya setara dengan fitur dan spesifikasinya? Berikut ulasan singkatnya.

Spesifikasi Vivo Y83 Pro


UMUM
BrandVivo
ModelY83 Pro
StatusRilis
Tahun RilisSeptember 2018
JARINGAN
TeknologiGSM / HSPA / LTE
SIMDual SIM (Nano SIM)
Koneksi4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
KecepatanHSPA: 42.2/5.76 Mbps, LTE
BODI
Dimensi155.2 x 75.2 x 7.7 mm
Berat152 gram
MaterialAluminium alloy, plastik
WarnaHitam, Gold
LAYAR
JenisIPS LCD, layar sentuh kapasitif 16 juta warna
Ukuran6.22 inci
Resolusi1520 x 720 piksel
Rasio19:9 (Fullview), 82.7% screen-to-body
Kerapatan Piksel270 ppi
PerlindunganCorning Gorilla Glass
PLATFORM
Sistem OperasiAndroid Oreo 8.1 (Funtouch OS 4.0)
ChipsetMediatek Helio P22 (MT6762)
CPUOcta-core 2.0 GHz Cortex-A53
GPUPowerVR GE8320
RAM4 GB
PENYIMPANAN
Internal64 GB
EkspansiYa, microSD maksimal 256GB (slot khusus)
KAMERA UTAMA
ResolusiDual lensa: 13 MP + 2 MP
Lensaf/2.2, PDAF + f/2.4, depth sensor
LED FlashYa
Video1920 x 1080 piksel @30fps
FiturGeotagging, sentuh fokus, deteksi wajah, HDR, panorama
KAMERA DEPAN
Resolusi8 MP
Lensaf/2.2
LED FlashTidak
Video1920 x 1080 piksel
FiturHDR, Face Recognation
KONEKTIVITAS
Wi-Fi802.11 a/b/g/n, direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE
USBMicroUSB 2.0, USB On-The-Go
RadioYa, FM
PenandaGPS, A-GPS, GLONASS
BATERAI
JenisNon-removable Li-Ion
Kapasitas3260 mAh
Charger Output5V/2A
FITUR
KeamananFingerprint (punggung ponsel)
SensorAccelerometer, light, compass, proximity
3.5mm jackYa, Pembatalan bising aktif dengan mikrofon khusus
LoudspeakerYa
Pemutar MusikMP3/WAV/eAAC+/FLAC
Pemutar VideoMP4/H.264
LainnyaBrowser HTML5
Photo/video editor
Document viewer
Disclaimer: Kami tidak menjamin bahwa informasi pada halaman ini 100% benar. Selengkapnya.

Review Vivo Y83 Pro


1. Desain Bodi Polos dan Layar Berponi Kekinian
Layaknya smartphone android jaman sekarang, Vivo Y83 Pro juga hadir trendi dengan menghadirkan layar berponi dengan tampilan penuh yaitu beraspek rasio 19:9, berbezel tipis dan memiliki rasio screen-to-bodi mencapai 82.7%. Jenis layar yang digunakannya, terbuat dari IPS LCD beresolusi HD+ 1520 x 720 piksel dengan kerapatan piksel per inci sebesar 270 ppi.

Tidak ketinggalan proteksi layar dari teknologi Corning Gorilla Glass yang berfungsi untuk melindunginya dari goresan benda tajam maupun retak saat ponsel mengalami benturan. Untuk desain bodinya sendiri, tampak biasa saja layaknya ponsel android pada umumnya, dimana pada bagian belakang ponsel mempunyai tampilan polos (tanpa motif / gradient warna).

2. Kamera Utama Berlensa Ganda + Kamera Selfie 8MP
Yang membedakan antara Y83 versi biasa dengan Pro ini adalah pada kamera utamanya, dimana versi pro telah dilengkapi dua lensa yang masing-masing beresolusi 13 MP bukaan f/2.2 dengan fitur PDAF untuk lensa primer dan 2 MP bukaan f/2.4 dengan depth sensor untuk lensa sekunder. Fungsi lensa ganda ini selain mampu menghasilkan gambar dengan efek bokeh yang mengagumkan, juga mampu mengoptimalkan hasil tangkapan objek dengan sangat jelas, detail dan tampak sangat nyata.

Adapun untuk memenuhi kebutuhan selfie penggunanya, Vivo membekali Y83 Pro dengan kamera depan beresolusi 8MP bukaan f/2.4 dan dibekali fitur berupa HDR. Selain untuk mengambil foto selfie / video vlog, kamera depannya ini juga telah terintegrasi dengan "Face Recognation" atau "Face Unlock" yang berfungsi untuk mengenali wajah pengguna berkemampuan sangat cepat untuk membuka kunci layar ponsel.

3. RAM 4GB, Storage 64GB, CPU Mediatek Helio P22
Saat pertama kali dirilis, Vivo Y83 Pro berjalan pada sistem operasi Android Oreo 8.1 antarmuka Funtouch OS 4.0 dan tidak menutup kemungkinan, perusahaan akan segera melakukan update ke OS Android 9. Untuk memaksimalkan kinerja OS-nya tersebut, Vivo menanamkan chipset Mediatek Helio P22 Octa-core berkecepatan 2.0 GHz teknologi Cortex-A53 untuk mengotaki Y83 Pro dan akan mendapatkan dukungan penuh dari RAM berkapasitas 4GB.

Untuk penyuplai dayanya sendiri, ponsel besutan asal China ini hadir dengan baterai berkapasitas 3260 mAh. Sayangnya tidak ada fitur pengisian super cepat yang menyokongnya. Namun dengan output charger sebesar 5V/2A, pengisian ulang daya akan terasa lebih cepat jika dibandingkan pengisian dengan output charger standar.

Lalu untuk kebutuhan penyimpanan berbagai jenis file, Vivo Y83 Pro menyediakan internal storage berkapasitas 64GB dan disediakan pula slot khusus kartu memori jenis microSD untuk perluasan maksimal 256GB. Dengan ini, pengguna dapat menyimpan banyak file dalam skala besar dan tidak perlu lagi mengkhawatirkan akan penyimpanan cepat penuh.

4. Sensor Fingerprint dan Konektivitas
Untuk membuka kunci layar ponsel, selain terdapat face unlock, Vivo Y83 Pro juga dilengkapi sistem keamanan lain berupa sensor pindai sidik jari. Sensor ini ditempakan di bagian tengah punggung ponsel dengan posisi yang lebih mudah dijangkau oleh jari penggunanya. Selain dua sensor ini, terdapat pula sensor penting lainnya, diantaranya accelerometer, light, compass dan proximity.

Adapun untuk kebutuhan konektivitas, Y83 Pro juga dilengkapi berbagai jenis sambungan, termasuk dual slot kartu SIM jenis nano yang dapat diaktifkan secara bersamaan, sambungan Wifi, bluetooth 5.0, positioning berupa GPS, A-GPS dan GLONASS, radio FM, 3.5mm jack dan port MicroUSB 2.0 yang telah mendukung USB On-The-Go.

Harga Vivo Y83 Pro

Vivo Y83 Pro hadir dalam satu model saja, yaitu RAM 4GB + Storage 64 GB. Untuk pilihan warnanya sendiri, hanya ada dua saja, yakni warna Hitam dan putih. Adapun harga terbaru Vivo Y83 Pro, bisa kalian lihat pada tabel di bawah ini.
BulanHarga BaruHarga Bekas
Oktober 2018Rp 3,4 juta-
September 2018Rp 3,4 juta-
Disclaimer : Harga Vivo Y83 Pro tersebut di atas kemungkinan besar akan sedikit berbeda dengan harga yang ada di tempat kalian, tetapi tidak akan jauh beda.

Setelah melihat desain, fitur dan spesifikasi Vivo Y83 Pro di atas, menurut kalian apakah harga yang ditawarkan untuk mendapatkan ponsel buatan asal China ini sudah sesuai? Berikan pendapat kalian pada kolom komentar yang telah kami siapkan. Terima kasih telah berkunjung, Salam.
Open Comments