advertisement
AndroLite.com - Sukses dengan perilisan Galaxy J6 beberapa waktu yang lalu, kini perusahaan asal Korea Selatan, Samsung, kembali resmi meluncurkan smartphone teranyar mereka, yaitu Samsung Galaxy J6+ (Plus). Smarphone ini hadir dengan tampilan yang lebih segar dengan mengikuti trend terkini, peningkatan spesifikasi dan membawa fitur terbaru.

Salah satunya adalah dengan menghadirkan sensor pindai sidik jari (fingerprint) yang ditempatkan di bagian samping perangkat. Meski fitur ini bukan merupakan hal baru lagi, namun fitur ini merupakan yang pertama bagi smartphone Samsung. Lantas seperti apakah spesifikasi, fitur dan tampilan Galaxy J4+ ini? dan Berapa harganya? Berikut informasinya.

Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy J6 Plus (J6+)

UMUM
BrandSamsung
ModelGalaxy J6+
StatusRilis, tersedia di Indonesia
Tahun RilisSeptember 2018
JARINGAN
TeknologiGSM / CDMA / HSPA / LTE
SIMDual SIM (Nano SIM)
Koneksi4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
KecepatanHSPA: 42.2/5.76 Mbps, LTE: 150/50 Mbps
BODI
Dimensi161.4 x 76.9 x 7.9 mm
Berat178 gram
MaterialPlastik
WarnaPink, Gold, Hitam
LAYAR
JenisIPS LCD, layar sentuh kapasitif 16 juta warna
Ukuran6.0 inci
Resolusi1480 x 720 piksel
Rasio18.5:9 (Fullview), 73.6% screen-to-body
Kerapatan Piksel274 ppi
Perlindungan-
PLATFORM
Sistem OperasiAndroid Oreo 8.1
ChipsetQualcomm Snapdragon 425 (MSM8917)
CPUQuad-core 1.4 GHz Cortex-A53
GPUQualcomm Adreno 308
RAM4GB / 3GB
PENYIMPANAN
Internal64GB / 32GB
EkspansiTidak
KAMERA UTAMA
ResolusiDual sensor: 13MP + 5MP
Lensaf/1.9, 28mm, AF + f/2.2, depth sensor
LED FlashYa
Video1920 x 1080 piksel @30fps
FiturAutofocus, geotagging, sentuh fokus, deteksi wajah, HDR, panorama
KAMERA DEPAN
Resolusi5 MP
Lensaf/2.2
LED FlashYa
Video-
Fitur-
KONEKTIVITAS
Wi-Fi802.11 b/g/n, direct, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE
USBMicroUSB 2.0, USB On-The-Go
RadioYa, FM stereo dengan fitur recording
PenandaGPS, A-GPS, GLONASS, BDS
NFCYa
BATERAI
JenisNon-removable Li-Ion
Kapasitas3300 mAh
Pengisian Cepat-
FITUR
KeamananFingerprint (samping ponsel)
SensorAccelerometer, light, compass, proximity, gyroscope
3.5mm jackYa, Pembatalan bising aktif dengan mikrofon khusus
LoudspeakerYa
Pemutar MusikMP3/WAV/eAAC+/FLAC
Pemutar VideoMP4/H.264
LainnyaBrowser HTML5
Photo/video editor
Document viewer
ANT+
Disclaimer: Kami tidak menjamin bahwa informasi pada halaman ini 100% benar. Selengkapnya.

Review Singkat Samsung Galaxy J6+ (J6 Plus)


Desain Bodi Kece dan Layar Lebih Luas
Desain bodi yang dibawa oleh Samsung J6+ terlihat lebih kece dan elegan serta tidak jauh berbeda dari varian J6 biasa, hanya saja desain pada casing belakang J6 Plus terlihat lebih flat. Sementara di bagian depan, tampak tidak ada perubahan yang terjadi, dimana kedua seri ini sama-sama menghadirkan layar super luas dengan bezel tipis dikeempat sisinya dan hadir tanpa tombol navigasi fisik.

Sayangnya, Samsung Galaxy J6 Plus ini hadir dengan membawa layar jenis IPS-LCD, sementara pendahulunya telah menggunakan Super AMOLED. Meski demikian, layar J6+ lebih luas yakni berdiagonal 6.0 beresolusi 1480 x 720 piksel dengan aspek rasio 18.5:9 atau fullview, mempunyai kepadatan piksel per inci 274 ppi dan rasio screen-to-body sebesar 73.6%.

Fingerprint Berada di Samping Ponsel
Hal terbaru atau mungkin yang pertama kali diterapkan oleh Samsung kedalam perangkat mereka ini adalah dengan menempatkan sensor pemindai sidik jari di samping kanan perangkat. Sebenarnya konsep ini bukan hal baru lagi, mengingat Sony terlebih dahulu mempopulerkannya melalui Xperia XA1+ yang jauh hari sudah diluncurkan.

Sensor tersebut memiliki fungsi yang sama dengan pemindai sidik jari pada umumnya, namun yang membedakan adalah posisinya dan dengan posisi tersebut, pengguna akan lebih mudah menjangkaunya, tanpa harus meraba-raba ke bagian punggung ponsel. Selain sensor fingerprint, Galaxy J6 Plus juga dilengkapi Face Unlock yang diklaim memiliki akurasi dan kecepatan tinggi untuk memidai wajah pemiliknya.

Performa Lebih Gesit dengan CPU Snapdragon 425
Di sektor performa, Samsung J6 Plus mengandalkan prosessor dan GPU buatan Qualcomm yang dinilai memiliki performa handal dalam mengoperasikan sebuah smartphone. Untuk pengolah grafisnya perangkat ini menggunakan GPU Adreno 308, sementara untuk prosessornya mengandalkan chipset Snapdragon 425 Quad-core seri MSM8917 yang memiliki kecepatan clocking mencapai 1.4 GHz dengan teknologi Cortex-A53.

Sementara di bagian RAM dan penyimpanan, ponsel ini hadir dalam dua varian, dimana RAM 4GB dipadukan dengan storage 64GB dan RAM 3GB dipadukan dengan penyimpanan 32GB. Namun sangat disayangkan, karena slot kartu memori tidak tersedia, sehingga pengguna tidak dapat melakukan perluasan kapasitas penyimpanan.

Untuk sistem operasinya, Galaxy J6+ berjalan pada Android Oreo 8.1 dengan antar muka Samsung Experience dan ditopang baterai berkapasitas 3300 mAh.

Kamera Utama Berlensa Ganda + Kamera Selfie 8MP
Sama seperti smartphone terkini pada umumnya, Samsung Galaxy J6 Plus juga hadir dengan kamera utama dengan lensa ganda. Lensa tersebut masing-masing memiliki resolusi 13 MP aperture f/1.9, 28mm untuk lensa primer dan 5 MP bukaan f/2.2 dengan depth sensor untuk lensa sekunder.

Dengan adanya lensa ganda tersebut, selain dapat menghasilkan foto dengan efek bokeh mengagumkan, juga dapat menyesuaikan kondisi cahaya dengan hasil yang lebih maksimal dan tampak lebih memuaskan. Sementara untuk kebutuhan selfie, terdapat sensor tunggal beresolusi 8 MP bukaan f/2.2 yang dapat digunakan pemiliknya untuk berselfie ria untuk menciptakan foto dengan kualitas mengagumkan.

Konektivitas dan Sensor
Di sektor konektivitas, smartphone pendatang terbaru milik Samsung ini juga dilengkapi berbagai jenis sambungan untuk menopang segala aktivitas keseharian pemilikinya. Termasuk hadir dengan dua slot kartu SIM yang dapat diaktifkan bersamaan dan telah mendukung sambungan internet berbasis 4G LTE hingga kecepatan 150 Mbps.

Selain itu, terdapat pula sambungan WiFi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.2, ANT+, pembayaran via mobile yaitu NFC, Radio FM stereo dengan fitur rekaman, microUSB 2.0 support USB On-The-Go dan sebagainya. Sedang untuk sensornya, selain terdapat sensor fingerprint dan face unlock, juga terdapat sensor accelerometer, gyroscope, proximity dan compass.

Harga Terbaru Samsung Galaxy J6 Plus (J6+)


Samsung Galaxy J6+ telah resmi menyapa Indonesia dan hadir dalam dua model, yaitu RAM 3GB + 32GB dijual dengan harga perdana sekitar Rp 2,9 juta dan RAM 4GB + 64GB sekitar Rp 3,5 juta. Berikut Harga Terbaru Samsung J6 Plus.
BulanHargaRAM + Storage
Oktober 2018Rp 2,9 juta3GB + 32GB
Rp 3,6 juta4GB + 64GB
September 2018Rp 2,9 juta3GB + 32GB
Rp 3,6 juta4GB + 64GB
Harga tersebut di atas kami ambil dari situs jual beli online ternama dan terpercaya dan kemungkinan besar akan sedikit berbeda dengan harga yang ada di kota kalian, namun tidak akan jauh berbeda.

Nah, menurut kalian, apakah dengan banderol harga yang ditawarkan untuk mendapatkan Galaxy J6+ sudah sesuai dengan fitur, desain dan spesifikasi yang ditawarkan? Serta apakah layak menjadi smartphone buruan berikutnya? Berikan pendapat kalian pada kolom komentar yang telah kami siapkan. Terima kasih telah berkunjung, Salam.
Open Comments