advertisement
AndroLite.com - Apple baru saja resmi meluncurkan smartphone super canggih iPhone XS yang menghadirkan berbagai fitur unggulan. Termasuk layar super AMOLED dengan segudang fitur, prosessor super bertenaga Apple A12 Bionic dengan teknologi Neural Engine generasi terbaru, kamera ganda berkemampuan mengagumkan, desain mewah dan lain sebagainya.

Selain menghadirkan iPhone XS, Apple juga merilis dua smartphone lainnya, yaitu iPhone XR dan XS Max. Ketiga ponsel ini, memiliki desain hampir mirip, namun memiliki spesifikasi, fitur dan harga yang berbeda. Lantas, seperti apa penampakan dan spesifikasi iPhone XS? Berapa harganya? berikut informasinya.

Spesifikasi Lengkap Apple iPhone XS

UMUM
HargaMulai Rp 14,3 jutaan
StatusRilis
Tahun RilisSeptember 2018
JARINGAN
TeknologiGSM / CDMA / HSPA / EVDO / LTE
SIMNano-SIM dan e-SIM
Koneksi4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
KecepatanHSPA: 42.2/5.76 Mbps, LTE-A: 1024/150 Mbps
BODI
Dimensi143.6 x 70.9 x 7.7 mm
Berat177 gram
MaterialDepan/belakang kaca, rangka stainless steel
WarnaSpace Gray, Silver, Gold
LAYAR
JenisSuper AMOLED, layar sentuh kapasitif 16 juta warna
Ukuran5.8 inci
Resolusi2436 x 1125 piksel
Rasio19.5:9 (Fullview), 82.9% screen-to-body
Kerapatan Piksel453 ppi
PerlindunganScratch-resistant glass, oleophobic coating
FiturTrue-tone display
120 Hz touch-sensing
Wide color gamut display
Dolby Vision/HDR10 compliant
3D Touch display
PLATFORM
Sistem OperasiiOS 12
ChipsetApple A12 Bionic
CPUHexa-core
GPUApple GPU (4-core graphics)
RAM4 GB
PENYIMPANAN
Internal64/256/512 GB
EkspansiTidak
KAMERA UTAMA
ResolusiDual sensor: 12 MP + 12 MP
Lensaf/1.8, 28mm, 1/2.55", 1.4µm + f/2.4, 52mm, 1.0µm, 2x optical zoom
LED FlashYa, Quad-LED dual-tone flash
Video2160p @60fps, 1080p @240fps, HDR, stereo sound recorder
FiturOIS, PDAF, Geotagging, sentuh fokus, deteksi wajah, HDR, panorama
KAMERA DEPAN
Resolusi7 MP
Lensaf/2.2, 32mm
LED FlashTidak
Video1080p @60fps
FiturHDR
KONEKTIVITAS
Wi-Fi802.11 a/b/g/n/ac, hotspot, dual-band
Bluetooth5.0, A2DP, LE
USB2.0
RadioYa, FM
PenandaGPS, A-GPS, GLONASS, GALILEO, QZSS
BATERAI
JenisNon-removable Li-Ion
Kapasitas-
Pengisian CepatYa, 50% dalam 30 menit
Waktu BicaraHingga 20 jam (3G)
MusikHingga 60 jam
FITUR
KeamananFace ID
SensorAccelerometer, light, compass, proximity, three‑axis gyroscope, barometer
3.5mm jackYa, Pembatalan bising aktif dengan mikrofon khusus
LoudspeakerYa, stereo
Pemutar MusikMP3/WAV/AAX+/AIFF/Apple Lossless player
Pemutar VideoMP4/H.264
LainnyaBrowser HTML5
Audio/video/photo editor
Document viewer
Qi wireless charging
iCloud cloud service
Siri natural language commands and dictation
Sertifikasi IP68 (tahan debu/air kedalaman 2 meter selama 30 menit)
Disclaimer: Kami tidak menjamin bahwa informasi pada halaman ini 100% benar. Selengkapnya.

Review Singkat Apple iPhone XS


Desain Bodi Tahan Air, Kokoh dan Tampak Elegan
Produk keluaran Apple sejak dulu dikenal dengan ketahanan bodinya, hal ini kembali diterapkan kedalam iPhone XS, yang mana bodinya tersebut memiliki rangka yang terbuat dari stainless steel yang sangat kokoh dan tangguh. Begitupun pada bagian depan dan belakang ponsel yang dibuat dari bahan kaca yang berlapiskan perlindungan Scratch-resistant.

Selain kokoh, bodi iPhone XS juga dibuat agar tahan debu dan air pada kedalaman 2 meter dan mampu bertahan didalam air hingga 30 menit lamanya. Secara keseluruhan, bodi smartphone ini sedikit lebih kecil dari seri XS Mas, yakni berdimensi 143.6 x 70.9 x 7.7 mm dengan bobot 177 gram dan hadir dalam tiga varian warna, termasuk Space Gray, Silver dan Gold.

Layar Super AMOLED dengan Segudang Fitur
Panel OLED yang ada pada iPhone XS memungkinkan tampilan HDR dengan akurasi warna terbaik, warna hitam asli, serta kecerahan dan kontras yang luar biasa dan dengan sudut pandang yang lebih luas. Hal ini disebabkan karena adanya perpaduan beberapa teknologi unggulan yang tersemat didalamnya, termasuk Dolby Vision/HDR10 compliant, Wide color gamut display, True-tone display, 120 Hz touch-sensing dan didesain dengan tombol 3D Touch display sebagai pengganti tombol navigasi fisik.

Jenis panel ini diadopsi dari teknologi Super AMOLED berlapiskan perlindungan Scratch-resistant dan berukuran 5.8 beresolusi 1125 x 2436 piksel serta memiliki aspek rasio 19.5:9 atau fullview. Selain itu, dikeempat sisi layar hanya menyisakan bezel tipis, namun dibagian atas terdapat takik / notch sebagai tempat untuk kamera dan sensor. Untuk rasio screen-to-body layarnya tersebut mencapai 82.9%.

Sistem Operasi iOS 12 dan CPU Apple A12 Bionic
Sejak pertama kali diperkenalkan ke publik, iPhone XS sudah berjalan pada sistem operasi generasi terbaru, yaitu iOS 12 dengan segudang fitur dan aplikasi. Untuk membantu mengoptimalkan kinerjanya, Apple membenamkan prosessor buatan mereka sendiri yaitu A12 Bionic dengan 6,9 miliar transistor dipadukan dengan teknologi Neural Engine yang mampu memberikan kinerja handal, gesit dan lebih hemat daya.

CPU Apple A12 Bionic memiliki arsitektur 6 inti atau hexa-core berkecepatan luar biasa yang dipadukan dengan Apple GPU (4-core graphics) dan RAM berkapasitas 4GB. Sementara untuk penyimpanan data, iPhone XS hadir dalam 3 varian, yaitu storage 64GB, 256GB dan 512GB. Sayangnya, tidak ada slot kartu memori eksternal untuk memperluas penyimpanan.

Kamera Utama dengan Lensa Ganda
Kamera belakang pada iPhone XS hadir dengan dual lensa yang masing-masing beresolusi 12 MP bukaan f/1.8 untuk lensa primer dan 12 MP bukaan f/2.4. Fitur yang mendukungnya berupa OIS, PDAF, 2x optical zoom, Quad-LED dual-tone flash, HDR dan sebagainya. Perpaduan fitur kemera iPhone XS mampu memberikan efek bokeh menakjubkan pada mode portrait, fokus otomatis lebih cepat, sorotan dan detail bayangan lebih mantap, kejernihan / video dengan hasil maksimal meski kondisi minim cahaya.

Sementara untuk kamera depannya, terdapat lensa tunggal beresolusi 7 MP bukaan f/2.2 yang diklaim lebih cepat dalam mengenali objek yang dipadukan dengan teknologi Smart HDR, Image Signal, TrueDepth Neural Engine, dan Portrait Lighting untuk efek pencahayaan studio yang dramatis. Dengan fitur ini, gambar selfie yang dihasilkan akan lebih maksimal dan menakjubkan.

Untuk rekaman video yang dapat dihasilkan yaitu dapat menghasilkan video super slomotion pada kecepatan @240fps beresolusi 1920 x 1080 piksel untuk kamera utamanya dan 1080p pada kecepatan @60fps untuk kamera depan.

Baterai Lebih Tahan Lama, e-SIM dan Internet 1Gbps
Apple mengklaim bahwa baterai yang tertanam rapat didalam bodi iPhone XS, memiliki daya tahan 90 menit lebih lama dibandingkan dengan pendahulunya, iPhone 8 Plus dan dapat bertahan selama 20 jam untuk panggilan suara dan 60 jam nonstop untuk memutar musik. Selain lebih tahan lama, baterai ponsel ini juga telah dibekali fitur pengisian super cepat yang diklaim mampu mengisi ulang baterai sebesar 50% hanya dalam 30 menit saja.

Selain dibekali slot SIM berbentuk fisik, salah satu fitur baru yang juga ikut disematkan, adalah teknologi eSIM (elektronik SIM) dimana eSIM ini bentuk chip dan memiliki kemampuan untuk dapat mengubah jaringan dari operator A ke B secara cepat tanpa harus mengganti kartu SIM. Meski demikian, eSIM ini tidak akan berlaku di seluruh negara, termasuk mengingat belum semua operator mendukungnya.

Fitur eSIM ini sendiri bukanlah hal baru bagi Apple. Sebelumnya, teknologi tersebut telah sempat hadir di beberapa produk Apple lainnya, termasuk iPad dan Apple Watch. Kecepatan akses internetnya adalah mampu menembus hingga kecepatan 1 Gbps / 1024 detik pada koneksi internet 4G kategori 16.

Tanpa Sensor Fingerprint dan Fitur Lainnya
Tidak berbeda dengan iPhone X, smartphone pendatang terbaru ini juga tidak dibekali sistem keamanan berupa sensor fingerprint. Kendati demikian, Apple telah menggantinya dengan sistem keamanan berupa Face ID yang diklaim memiliki kecepatan dan akurasi tinggi untuk memindai titik wajah penggunanya dan akan tetap berfungsi dengan baik meski pengguna sedang menggunakan kacamata.

Adapun fitur penting lainnya, terdapat Qi wireless charging yaitu sebuah fitur pengisian ulang daya baterai tanpa kabel, Siri natural language commands and dictation, iCloud cloud service, bluetooth 5.0, Apple Pay, sensor accelerometer, light, compass, proximity, three‑axis gyroscope dan barometer, stereo speakers dan sangat disayangkan, karena iPhone XS tidak menyediakan port 3.5mm jack sebagaimana smartphone pada umumnya.

Harga Apple iPhone XS

Tidak jauh berbeda dari smartphone Apple lainnya, Apple iPhone XS juga hadir dalam beberapa varian penyimpanan, diantaranya 64GB, 256GB dan 512GB. Harga yang ditawarkan untuk mendapatkannya, dibanderol mulai harga $ 999 atau setara Rp 14,3 juta untuk varian lebih rendah, yaitu 64GB. Namun untuk harga detail setiap varian, hingga saat ini masih belum diketahui, untuk itu kita tunggu saja informasi selanjutnya.
BulanHargaStorage
September 2018Rp 14,3 juta64 GB
-256 GB
-512 GB
Dengan fitur terbaru, spesifikasi unggulan dan desain premium, menurut kalian apakah iPhone XS Max sesuai dengan harga yang begitu sangat tinggi? Berikan pendapat kalian pada kolom komentar yang telah kami sediakan. Terima kasih telah berkunjung, Salam.
Open Comments