advertisement
Kabar menarik kembali datang dari Oppo yang belum lama ini mengeluarkan pengumuman tentang kehadiran Oppo F9. Perusahaan asal Tiongkok ini telah mengkonfirmasi bahwa perangkat teranyar Oppo F9 akan resmi diluncurkan pada tanggal 19 Agustus mendatang. Sebelum tanggal peluncurannya, bocoran spesifikasinya juga ikut bocor.

Oppo F9 akan hadir dengan tiga pilihan warna Sunrise Red, Twilight Blue dan Starry Purple dengan bodi berdimensi 156.7 x 74 x 7.99 mm dan berat 168 gram. Perangkat ini memiliki layar berdiagonal lumayan besar 6,3 inci dengan desain berponi. Namun poni tersebut sangat berbeda dari smartphone lain pada umumnya, karena poni pada F9 hanya sedikit atau lebih tepatnya menyerupai setetes air.

Layarnya tersebut juga telah mendukung teknologi terkini, yakni tampilan penuh (fullview) dengan aspek rasio 19:9 serta memiliki resolusi FHD+ 2280 x 1080 piksel. Satu hal yang menarik, bahwa teknologi yang dihadirkan untuk melindungi layar F9 datang dari Corning Gorilla Glass 6, dimana teknologi ini merupakan generasi terbaru dan Oppo F9 merupakan perangkat yang pertama kali mencicipnya.

Dilansir dari GSMArena.com Selasa (07/08/2018), Oppo F9 akan menggunakan prosessor Mediatek MT6771 Helio P60 pabrikasi 12nm SoC Octa-core berkecepatan 2.0 GHz. Jika diperhatikan secara detail, jenis ini merupakan prosessor sama yang digunakan Oppo pada perangkat Realme 1 dan Oppo F7. Sementara untuk pengolah grafisnya, akan ditangani oleh GPU Mali-G72 MP3.

Oppo F9 juga akan hadir dalam dua varian RAM dan internal storage, dimana RAM 4GB dipadukan dengan storage 64GB dan RAM 6GB dipadukan dengan penyimpanan 128GB. Selain itu, perangkat ini juga dibekali sebuah slot khusus (dedicated) untuk perluasan penyimpanan hingga 256GB melalui kartu memori jenis microSD.

Untuk urusan fotografi, bisa dikatakan bahwa setiap kali Oppo meluncurkan perangkat teranyar, mereka selalu membekalinya dengan kamera beresolusi tinggi sebagai ciri khasnya. Tidak terkecuali dengan Oppo F9, dimana ponsel ini menggunakan kamera utama dengan lensa ganda yang masing-masing beresolusi 16 MP aperture f/1.9, PDAF untuk lensa primer dan 2 MP dengan depth sensor untuk lensa sekunder. Di bagian depan, terdapat kamera selfie yang memiliki resolusi sangat tinggi, 25MP dengan lensa bukaan f/2.0.

Oppo F9 akan hadir dengan Color OS 5.2 berbasis Android 8.1 Oreo dan dibekali konektivitas seperti 4G VoLTE, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.2, microUSB, USB OTG, GPS dan audio jack 3.5mm. Lalu untuk penyuplai dayanya, F9 dibekali baterai berkapasitas 3.500mAh dengan dukungan pengisian cepat VOOC yang memungkinkan ponsel bertahan selama dua jam hanya dengan mengisinya selama 5 menit saja.

Sayangnya, pihak Oppo masih enggan memberikan bocoran mengenai banderol harga untuk Oppo F9. Akan tetapi dari berbagai kabar yang beredar, kemungkinan besar Oppo F9 akan dijual sekitar $362 atau sekitar Rp 5,2 juta.
Open Comments