advertisement
AndroLite.com - Baru-baru ini, Xiaomi resmi meluncurkan smartphone teranyar mereka, yaitu Xiaomi Pocophone F1 pada sebuah acara yang dilangsungkan di India. Perangkat ini merupakan smartphone berkategori flagship yang hadir dengan membawa berbagai fitur terbaru dan spesifikasi unggulan tentunya.

Salah satu keunggulan yang dimilikinya tersebut adalah menghadirkan prosessor super bertenaga dan sekaligus generasi terbaru saat ini, yaitu Qualcomm Snapdragon 845. Uniknya, terdapat teknologi terbaru didalam CPUnya ini, berupa sebuah "sistem cair yang membantu kecepatan pemrosesan data untuk kinerja yang lebih maksimal". Selain itu, tentu saja masih banyak hal lain yang dibawa oleh Pocophone F1. Lantas fitur dan spesifikasi apa saja yang terdapat didalam Xiaomi Pocophone F1 dan berapa harganya? Berikut informasinya.

1. Desain Bodi dan Layar Kekinian
Bertajuk smartphone flagship, Xiaomi Pocophone F1 hadir dengan mengusung desain bodi dan layar tampak kekinian. Termasuk menghadirkan bodi tanpa tombol fisik navigasi dan memiliki sentuhan finishing yang lebih baik dari para pendahulunya. Di keempat sudutnya, terlihat lengkungan lebih halus dan pada bagian belakang yang tampak lebih polos. Namun sayangnya, penutup bodi belakangnya terbuat dari bahan plastik dan bukannya dari bahan kaca seperti smartphone flagship pesaingnya.

Yang membuat Xiaomi Pocophone F1 terlihat lebih kekinian adalah karena mengusung layar berponi (takik / notch di atas layar) dan memiliki bezel yang sangat tipis, baik disisi kiri kanan, maupun atas bawah layar. Jenis layar tersebut diadopsi dari teknologi IPS LCD berukuran luas 6.18 inci dan memiliki resolusi tinggi FHD+ 2246 x 1080 piksel. Dengan ukuran dan resolusi layar sebesar itu, ditambah lagi dukungan tampilan penuh (fullview) dengan aspek rasio 18.7:9, pengguna akan lebih dimanjakan dalam menikmati berbagai konten multimedia dengan sudut pandang yang lebih luas.

2. Kamera Beresolusi Tinggi
Fitur terkini yang juga disematkan oleh vendor smartphone asal Tiongkok ini adalah menghadirkan dual lensa pada kamera utamanya. Memang tidak bisa dipungkiri, bahwa belakangan ini kamera dengan lensa ganda menjadi standar umum yang wajib dan sekaligus sebagai salah satu senjata untuk menarik minat pembeli. Terlebih Pocophone F1 yang berada pada level flagship, tentu ini menjadi hal yang wajar untuk diterapkan.

Dual lensa kamera utama Xiaomi Pocophone F1 masing-masing memiliki resolusi 12 MP aperture f/1.8 lengkap dengan fitur 4-axis OIS dan dual pixel PDAF untuk lensa primer dan 5 MP dengan depth sensor untuk lensa sekunder. Dua lensa ini memiliki fungsi berbeda saat proses pengambilan gambar atau perekaman video, termasuk kemampuannya memberikan efek bokeh yang sangat mengagumkan. Sementara kemampuannya dalam merekam video, mencapai resolusi 2160p dengan frame rate sebesar 30fps.

Kamera depannyapun tidak kalah canggih, dengan mengandalkan lensa beresolusi 20MP aperture f/2.0, pengguna akan dimanjakan dengan foto selfie beresolusi tinggi dengan hasil yang lebih memuaskan. Terlebih lagi terdapat teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence, AI) dan berbagai fitur dengan fungsi masing-masing, membuatnya dapat mengenali berbagai jenis objek serta mampu menghasilkan foto dengan berbagai efek yang mengagumkan.

3. Memiliki Performa Super Gesit
Selain desain bodi kece dan kamera canggih, Pocophone F1 juga memiliki komponen handal dalam menghasilkan perfoma dan kinerja super cepat. Di bagian prosessor, mengandalkan CPU generasi terbaru dari Qualcomm yakni seri Snapdragon 845 yang memiliki 8 inti (octa-core) berkecepatan 4x 2.8GHz Kryo 385 Gold + 4x 1.8GHz Kryo 385 Silver. Salah satu teknologi yang mendukung prosessornya ini adalah "sistem cair yang membantu kecepatan pemrosesan data untuk kinerja yang lebih maksimal".

Tidak sampai disitu saja, ponsel ini juga dilengkapi dengan RAM berkapasitas jumbo 8GB / 6GB, pengolah grafis Qualcomm Adreno 630 dan berjalan pada sistem operasi Android Oreo 8.1 (MIUI 9.6). Dengan perpaduan ini, jangankan untuk membuka banyak aplikasi sekaligus (multitasking), menjalankan aplikasi super berat seperti game full HD pun terasa masih sangat enteng, tanpa lag dan smoot sejak awal hingga akhir permainan.

Untuk kebutuhan penyimpanan, Xiaomi Pocophone F1 menyiapkan storate berkapasitas 256GB / 128GB / 64GB. Bukan hanya itu saja, pengguna juga masih dapat melakukan perluasan kapasitas penyimpanan melalui slot kartu memori jenis microSD maksimal 256GB. Namun sayangnya, slot tersebut menyatu / hybrid dengan slot SIM 2. Disektor baterai, Pocophone F1 mempunyai penyuplai daya berkapasitas jumbo, yaitu 4000 mAh. Sehingga, selain dapat bertahan selama puluhan jam, pengisan ulangnyapun akan lebih cepat berkat adanya teknologi Quick Charge 3.0.

4. Sensor dan Konektivitas
Tidak jauh berbeda dari smartphone Android pada umumnya, Xiaomi Pocophone F1 juga dibekali sensor accelerometer, light, compass, gyroscope, proximity dan barometer. Selain sensor tersebut, juga terdapat sensor fingerprint sebagai sistem keamanannya yang diletakkan dibagian tengah punggung perangkat dengan posisi yang lebih mudah dijangkau.

Sedangkan di sektor konektivitas, terdapat dual slot kartu SIM jenis nano yang dapat diaktifkan secara bersamaan dengan dukungan koneksi internet 4G LTE berkecepatan hingga 1024 Mbps (1Gbps) untuk download dan 150 Mbps untuk upload. Selain itu, terdapat pula sambungan WiFi, bluetooth 5.0, MicroUSB 2.0 support USB On-The-Go, GPS, 3.5mm jack dan beberapa fitur penting lainnya.

Harga Xiaomi Pocophone F1 dan Spesifikasi Detail


Xiaomi Pocophone F1 dalam waktu dekat ini akan segera diperjual belikan di Indonesia dengan banderol harga Rp 4,4 juta untuk RAM 6GB + 64GB, Rp 5,2 juta RAM 6GB + 218GB dan untuk varian tertinggi yaitu RAM 8GB + 256GB dijual seharga Rp 6,1 juta. Adapun spesifikasi detail Xiaomi Pocophone F1, bisa kalian lihat pada tabel berikut.
UMUM
HargaRp 4,4 juta (6GB RAM / 64GB Storage)
Rp 5,2 juta (6GB RAM / 128GB Storage)
Rp 6,1 juta (8GB RAM / 256GB Storage)
StatusRilis
Tahun RilisAgustus 2018
JARINGAN
TeknologiGSM / CDMA / HSPA / LTE
SIMDual SIM (Nano SIM)
Koneksi4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
KecepatanHSPA: 42.2/5.76 Mbps, LTE-A (4CA) Kategori 16: 1024/150 Mbps
BODI
Dimensi155.5 x 75.3 x 8.8 mm
Berat180 gram
MaterialDepan kaca, bodi plastik
WarnaGraphite Black, Steel Blue, Rosso Red
LAYAR
JenisIPS LCD, layar sentuh kapasitif 16 juta warna
Ukuran6.18 inci
Resolusi2246 x 1080 piksel
Rasio18.7:9 (Fullview), 82.2% screen-to-body
Kerapatan Piksel407 ppi
PerlindunganCorning Gorilla Glass
PLATFORM
Sistem OperasiAndroid Oreo 8.1 (MIUI 9.6)
ChipsetQualcomm Snapdragon 845 (SDM845)
CPUOcta-core (4x 2.8GHz Kryo 385 Gold + 4x 1.8GHz Kryo 385 Silver)
GPUQualcomm Adreno 630
RAM8GB / 6GB
PENYIMPANAN
Internal256/128/64 GB
EkspansiYa, microSD maksimal 256 GB (hybrid slot SIM 2)
KAMERA UTAMA
ResolusiDual lensa: 12 MP + 5 MP
Lensaf/1.9, 1/2.55", 1.4µm, dual pixel PDAF + f/2.0, 1.12µm, depth sensor
LED FlashYa, Dual-LED
Video2160p@30fps, 1080p@30fps (gyro-EIS), 1080p@240fps
FiturGeotagging, sentuh fokus, deteksi wajah, HDR, panorama
KAMERA DEPAN
Resolusi20 MP
Lensaf/2.0, 0.9µm
LED FlashTidak
Video1920 x 1080 piksel @30fps
FiturHDR
KONEKTIVITAS
Wi-Fi802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, direct, DLNA, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE, aptX HD
USBMicroUSB 2.0, Tipe-C 1.0, USB On-The-Go
Radio-
PenandaGPS, A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO, QZSS
BATERAI
JenisNon-removable Li-Po
Kapasitas4000 mAh
Pengisian CepatYa, 9V/2A Quick Charge 3.0
FITUR
KeamananFingerprint (belakang ponsel, Infrared face recognition
SensorAccelerometer, light, compass, gyroscope, proximity, barometer
3.5mm jackTidak, Pembatalan bising aktif dengan mikrofon khusus
LoudspeakerYa
Pemutar MusikMP3/WAV/eAAC+/FLAC
Pemutar VideoMP4/DivX/XviD/WMV/H.265
LainnyaBrowser HTML5
Photo/video editor
Document viewer
Disclaimer: Kami tidak menjamin bahwa informasi pada halaman ini 100% benar. Selengkapnya.

Kelebihan Xiaomi Pocophone F1

  • Dukungan dual slot kartu SIM yang dapat diaktifkan secara bersamaan dan telah mendukung koneksi internet 4G berkecepatan hingga 1Gbps (1024 Mbps).
  • Layar berukuran cukup luas untuk menikmati berbagai konten multimedia, yaitu 6.18 inci beresolusi 1080 x 2246 dengan aspek rasio 18.7:9.
  • Panel dilindungi oleh Corning Gorilla Glass, sehingga tidak akan mudah tergores ataupun retak ketika ponsel mengalami benturan.
  • Telah berjalan pada sistem operasi Android terbaru saat ini, yaitu Oreo 8.1 dengan antarmuka MIUI 9.6 (POCO customization).
  • Diotaki oleh prosessor super bertenaga Qualcomm Snapdragon 845 Octa-core dan memiliki pengolah grafis Adreno 630.
  • Memiliki RAM berkapasitas super besar 6GB / 8GB dan penyimpanan internal super jumbo 64GB / 128GB / 256GB yang masih bisa diperluas maksimal 256 GB.
  • Kamera utama dengan lensa ganda 12 MP + 5M dengan fitur Dual-LED flash dan kamera selfie beresolusi tinggi 20MP.
  • Dilengkapi sistem pengamanan masa kini, berupa Infrared face recognition dan fingerprint.
  • Sambungan bluetooth versi terbaru, 5.0 dengan A2DP, LE, aptX HD dan USB 2.0 Tipe-C 1.0.
  • Baterai berkapasitas jumbo 4000 mAh dengan dukungan fitur fastcharging 9V/2A Quick Charge 3.0.

Kekurangan Xiaomi Pocophone F1

  • Bodi bagian belakang terbuat dari bahan plastik, sehingga tidak terlalu kokoh, terlebih jika sudah digunakan dalam waktu cukup lama.
  • Slot SIM 2 dan slot kartu memori menyatu (hybrid), sehingga pengguna hanya dapat mengaktifkan 1 SIM saja ketika kartu memori ditambahkan.
  • Panel hanya terbuat dari IPS LCD (bukannya AMOLED) yang dinilai kurang efektif untuk menghemat daya baterai. Dengan kata lain boros konsumsi daya.
Dengan memperhatikan secara keseluruhan dari smartphone Xiaomi Pocophone F1, baik dari segi desain, harga, spesifikasi, fitur, kelebihan hingga kekurangannya, rasanya ponsel ini layak untuk dijadikan smartphone buruan berikutnya. Bagaimana menurut kalian?
Open Comments