advertisement
AndroLite.com - Setelah sekian lama menjadi rumor, akhirnya Samsung resmi meluncurkan smartphone "Android Go" pertama mereka pada sebuah acara yang dilangsungkan di India pada bulan Agustus 2018 ini. Ponsel tersebut adalah Samsung Galaxy J2 Core, yang mana perangkat ini merupakan smartphone kelas entry level dengan banderol harga yang sangat murah.

Tidak jauh berbeda dari apa yang diberitakan sebelumnya, Galaxy J2 Core hadir dengan menggunakan sistem operasi Android edisi Go, yang pada dasarnya merupakan Android Oreo 8.1 dan memiliki banyak kostumasi sehingga membuatnya tetap ringan apabila berada pada ponsel entry-level yang memiliki RAM berkapasitas rendah, mulai 512 MB hingga 1GB. Lantas, seperti apa desain, fitur, spesifikasi dan harga Samsung Galaxy J2 Core ini? Berikut informasinya.

Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy J2 Core

UMUM
BrandSamsung
ModelGalaxy J2 Core
StatusRilis, Tersedia di Indonesia
Tahun RilisAgustus 2018
JARINGAN
TeknologiGSM / CDMA / HSPA / LTE
SIMDual SIM (Nano SIM)
Koneksi4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
KecepatanHSPA: 42.2/5.76 Mbps, LTE-A Kategori 4: 150/50 Mbps
BODI
Dimensi143.4 x 72.1 x 8.9 mm
Berat154 gram
MaterialPenutup belakang plastik
WarnaHitam, gold, biru
LAYAR
JenisTFT, layar sentuh kapasitif 16 juta warna
Ukuran5.0 inci
Resolusi960 x 540 piksel
Rasio16:9, 66.7% screen-to-body
Kerapatan Piksel220 ppi
PerlindunganCorning Gorilla Glass
PLATFORM
Sistem OperasiAndroid Oreo 8.1 (Edisi Go)
ChipsetExynos 7570 Quad
CPUQuad-core 1.4 GHz Cortex-A53
GPUMali-T720
RAM1 GB
PENYIMPANAN
Internal8 GB
EkspansiYa, microSD maksimal 256GB
KAMERA UTAMA
Resolusi8 MP
Lensaf/2.2
LED FlashYa
Video1920 x 1080 piksel @30fps
FiturHDR, panorama, Autofocus
KAMERA DEPAN
Resolusi5 MP
Lensaf/2.2
LED FlashTidak
Video1280 x 720 piksel @30fps
Fitur-
KONEKTIVITAS
Wi-Fi802.11 b/g/n, direct, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP
USBMicroUSB 2.0, USB On-The-Go
RadioYa
PenandaGPS, A-GPS, GLONASS, BDS
BATERAI
JenisRemovable Li-Ion
Kapasitas2600 mAh
Pengisian CepatTidak
FITUR
KeamananPIN, Pola, Password
SensorAccelerometer, light, proximity
3.5mm jackYa
LoudspeakerYa
Pemutar MusikMP3/WAV/eAAC+/Flac
Pemutar VideoMP4/H.264
LainnyaBrowser HTML5
Photo/video editor
Document viewer
Disclaimer: Kami tidak menjamin bahwa informasi pada halaman ini 100% benar. Selengkapnya.

Review Singkat Samsung Galaxy J2 Core


1. Desain Bodi Kekinian dan Layar Lebih Luas
Mengapa dikatakan desain bodi Samsung J2 Core kekinian? Alasannya adalah pada tombol navigasi (home, recent dan back) yang digunakannya sudah tidak berbentuk fisik seperti ponsel samsung pendahulunya, melainkan berbentuk software dan ditempatkan didalam layar. Posisi tombol navigasi tersebut, pada J2 Core kini telah tergantikan dengan logo Samsung. Hal tersebut sangat tampak jelas dari gambar yang ada di atas.

Sementara untuk tombol lainnya, seperti tombol power dan pengatur suara, tidak ada yang berubah, dimana pada pada sisi kanan terdapat tombol power dan sebelah kiri terdapat tombol volume. Dibagian punggungnya sendiri, hanya terdapat sebuah kamera, lampu kilatan LED, lubang loudspeaker dan sebuah logo Samsung. Selain itu, penutup belakang J2 Core juga bisa dilepas dengan mudah. Secara keseluruhan hampir semua bodi J2 Core terbuat dari bahan plastik, terkecuali dibagian depan yang terbuat dari bahan kaca, namun bezelnya tetap terbuat dari plastik.

Nah, pada bagian depan ini, meski bezel di sekitar layar masih terlihat tebal dan belum mendukung tampilan penuh, akan tetapi diagonal layarnya tergolong cukup luas 5.0 inci beresolusi 960 x 540 piksel jika dibandingkan dengan smartphone sekelasnya. Dengan ukuran layarnya tersebut, mata pengguna tetap akan dimanjakan saat menikmati berbagai konten multimedia, misalnya menonton video atau bermain game. Selain itu, samsung juga melindungi layar ponsel terbaru mereka ini dengan proteksi Corning Gorilla Glass, sehingga panelnya tidak akan mudah tergores ataupun retak saat terjadi benturan.

2. Performa Mempuni dengan Android Go
Satu dari sekian hal yang membuat Samsung J2 Core memiliki performa handal adalah pada sistem operasi yang berjalan didalamnya. Ya, ponsel ini berjalan pada Android edisi Go, yang mana OS jenis ini merupakan Android Oreo 8.1 yang memiliki banyak kostumasi dan aplikasi ringan, sehingga meski hanya mengandalkan RAM berkapasitas 1GB saja, kinerjanya akan tetap berjalan dengan lancar dan gesit.

Bukan hanya itu saja, dukungan dari prosessor buatan Samsung sendiri, yakni Exynos 7570 Quad memiliki andil besar untuk meningkatkan performanya. CPU Exynos 7570 memiliki 4 inti (Quad-core) dengan kecepatan transmisi data mencapai 1.4 GHz teknologi Cortex-A53. Untuk pengolah grafisnya, mengandalkan GPU Mali-T720 yang dinilai mampu memberikan visual jernih, terang, detail dan tampak lebih nyata.

Di sektor penyimpanan, Samsung J2 Core menyiapkan internal storage berkapasitas 8 GB. Walaupun ukurannya tergolong rendah untuk smartphone sekarang ini, akan tetapi pengguna dapat melakukan perluasan kapasitas melalui kartu memori jenis microSD maksimal 256GB. Slot tersebut memiliki lubang khusus, sehingga tidak akan mengganggu dua slot SIM lainnya. Dengan kata lain, pengguna dapat mengaktifkan dua SIM dan menambahkan microSD sekaligus.

3. Samsung J2 Core Punya Kamera Beresolusi Tinggi
Walaupun Samsung J2 Core dibanderol dengan harga murah, bukan berarti spesifikasinya juga murahan. Melainkan mengusung kamera utama beresolusi cukup tinggi, yaitu 8 megapiksel aperture f/2.2 yang memiliki kemampuan merekam video beresolusi 1920 x 1080 piksel @30fps. Bukan hanya itu saja, ia juga dibekali fitur HDR, panorama, Autofocus serta lampu kilatan LED untuk membantunya memberikan pencahayaan saat pengambilan gambar / video ditempat minim cahaya untuk hasil yang lebih maksimal.

Sementara untuk kamera depan, mengandalkan kamera beresolusi 5 megapiksel aperture f/2.2. Walaupun resolusinya tergolong standar, tetapi J2 Core mampu memenuhi kebutuhan pengguna yang gemar berfoto selfie dengan hasil yang lebih memuaskan. Sayangnya, kemera selfie J2 Core tidak didukung oleh LED Flash, sehingga untuk pengambilan foto selie / video vlog di tempat minim cahaya, tidak akan maksimal.

4. Minus Sensor Finger Print dan Fitur Penting Lainnya
Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh Galaxy J2 Core adalah tidak dibekali sistem keamanan masa kini, seperti fingerprint ataupun face unlock. Karena seperti yang kita ketahui bersama bahwa sensor fingerprint / face unlock merupakan sistem keamanan standar untuk ponsel masa kini, mulai dari kelas entry-level hingga flagship. Namun terlepas dari hal tersebut, J2 Core tetap dibekali sistem keamanan berupa kunci PIN, Pola ataupun Password untuk melindungi data yang ada didalam HP.

Dibagian penyuplai daya, J2 Core dibekali baterai berkapasitas 2600 mAh terbuat dari jenis Li-Ion yang mampu bertahan selama puluhan jam. Satu hal yang menarik dari baterainya ini adalah bersifat Removable atau dapat dilepas dengan mudah. Sehingga pengguna bisa dengan mudah melepasnya dari bodi perangkat dan menggantinya jika baterai mengalami kerusakan.

Untuk fitur penting lainnya, Samsung J2 Core dibekali kemampuan untuk mengakses internet pada koneksi 4G LTE dengan kecepatan hingga 150 Mbps, sambungan WiFi, bluetooth 4.2, microUSB 2.0 yang telah support USB On-The-Go (OTG), GPS, 3.5mm jack, sensor accelerometer, light, proximity, dual slot kartu SIM jenis nano yang dapat diaktifkan secara bersamaan dan fitur penting lainnya.

Kelebihan Samsung Galaxy J2 Core

  • Desain bodi lebih kekinian, termasuk tanpa tombol navigasi fisik (home, back, recent).
  • Menyiapkan dua slot kartu SIM yang dapat diaktifkan secara bersamaan.
  • Telah mendukung jaringan internet 4G LTE hingga kecepatan 150 Mbps.
  • Layar berukuran cukup luas 5.0 inci dan dilindungi oleh anti gores Corning Gorilla Glass.
  • Berjalan pada sistem operasi Android Oreo 8.1 (Edisi Go) yang memiliki optimasi untuk peningkatan kinerja perangkat.
  • Ditengai oleh prosessor Exynos 7570 Quad-core berkecepatan 1.4 GHz Cortex-A53.
  • Memiliki pengolah grafis handal berupa Mali-T720.
  • RAM berkapasitas 1GB + internal storage 8GB yang dapat diperluas hingga 256GB melalui kartu memori.
  • Kamera utama beresolusi tinggi 8 MP didukung fitur LED Flash + kamera selfie 5MP.
  • Sambungan MicroUSB 2.0 yang sudah mendukung USB On-The-Go (OTG).
  • Baterai berkapasitas 2600 mAh yang dapat dilepas dari bodi (removable).
  • Dibekali sensor Accelerometer, light, proximity.

Kekurangan Samsung Galaxy J2 Core

  • Hampir seluruh bodinya terbuat dari bahan plastik.
  • Kamera depan tidak didukung fitur lampu kilatan LED.
  • Tidak dibekali sensor fingerprint ataupun face unlock sebagai sistem keamanannya.
  • Layar hanya terbuat dari jenis TFT, bukannya IPS LCD ataupun Super AMOLED dan belum mendukung tampilan penuh (fullview).

Harga Samsung Galaxy J2 Core


Samsung Galaxy J2 Core kini telah resmi menyapa Indonesia dengan banderol harga perdana sekitar Rp 1,3 juta dan hanya tersedia dalam satu model saja, yaitu RAM 1GB + Penyimpanan 8GB. Adapun harga terbaru Samsung J2 Core, bisa kalian lihat pada tabel berikut ini.
BulanHargaRAM + Storage
Oktober 2018Rp 1,3 juta1GB + 8GB
September 2018Rp 1,3 juta1GB + 8GB
Agustus 2018Rp 1,3 juta1GB + 8GB
Demikianlah informasi tentang spesifikasi, fitur, kelebihan, kekurangan dan harga Samsung Galaxy J2 Core di atas. Semoga bisa memberikan referensi tambahan bagi kalian, khususnya yang sedang mencari informasi untuk dijadikan sebagai bahan perbandingan ataupun informasi tambahan sebelum memutuskan untuk membeli smartphone android baru. Terima kasih telah berkunjung dan jangan lupa memberikan komentar. Salam.
Open Comments