advertisement
AndroLite.com - Ingin mengulangi kesuksesan dengan penjualan Oppo F7 yang dirilis pada Bulan April 2018 lalu, kini Oppo kembali memperkenalkan smartphone terbaru mereka dengan mengusung spesifikasi unggulan dan dibekali fitur-fitur terbaru masa kini, yaitu Oppo F9. Sebenarnya Oppo F9 ini merupakan versi global, sementara di China, ponsel ini dikenal dengan nama Oppo F9 Pro.

Perangkat ini merupakan smartphone kelas menengah (mid-range) dan sekaligus sebagai generasi penerus F Series dengan mengusung fitur terbaru dan desain tampil beda dibandingkan para pendahulunya. Termasuk mengusung layar dengan poni (takik) yang tampil beda dari smartphone lainnya, yaitu menyerupai setetes air dan dibekali fitur VOOC Flash Charge, yaitu teknologi pengisian ulang baterai super cepat yang hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk 75% daya baterai.

Selain itu, masih banyak terdapat keunggulan yang dimiliki oleh F9. Lantas seperti apa desain, fitur, spesifikasi dan harga Oppo F9 ini? Berikut informasinya kepada kalian.

Spesifikasi Oppo F9

UMUM
BrandOppo
ModelF9
StatusRilis
Tahun RilisAgustus 2018
JARINGAN
TeknologiGSM / CDMA / HSPA / LTE
SIMDual SIM (Nano SIM)
Koneksi4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
KecepatanHSPA: 42.2/5.76 Mbps, LTE-A Kategori 13: 600/100 Mbps
BODI
Dimensi156.7 x 74 x 8 mm
Berat169 gram
MaterialDepan kaca, rangka metal
WarnaSunrise Red, Twilight Blue, Starry Purple
LAYAR
JenisIPS LCD, layar sentuh kapasitif 16 juta warna
Ukuran6.3 inci
Resolusi2340 x 1080 piksel
Rasio19.5:9 (Fullview), 84% screen-to-body
Kerapatan Piksel409 ppi
PerlindunganCorning Gorilla Glass 6
PLATFORM
Sistem OperasiAndroid Oreo 8.1 (ColorOS 5.2)
ChipsetMediatek Helio P60 (MT6771)
CPUOcta-core (4x 2.0GHz Cortex-A73 + 4x 2.0GHz Cortex-A53)
GPUMali-G72 MP3
RAM4GB / 6GB
PENYIMPANAN
Internal64GB
EkspansiYa, microSD maksimal 256GB (slot khusus)
KAMERA UTAMA
ResolusiDual lensa: 16 MP + 2 MP
Lensaf/1.9, PDAF + f/2.4, depth sensor
LED FlashYa
Video1920 x 1080 piksel @30fps
FiturGeotagging, sentuh fokus, deteksi wajah, HDR, panorama
KAMERA DEPAN
Resolusi25 MP
Lensaf/2.0
LED FlashTidak
Video1920 x 1080 piksel @30fps
Fitur-
KONEKTIVITAS
Wi-Fi802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, direct, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE
USBMicroUSB 2.0, USB On-The-Go
RadioYa
PenandaGPS, A-GPS
BATERAI
JenisNon-removable Li-Ion
Kapasitas3500 mAh
Pengisian CepatYa, VOOC Flash Charge 5V/4A 20W
FITUR
KeamananFingerprint
SensorAccelerometer, light, compass, gyroscope, proximity
3.5mm jackYa, Pembatalan bising aktif dengan mikrofon khusus
LoudspeakerYa
Pemutar MusikMP3/WAV/eAAC+/Flac
Pemutar VideoMP4/H.264
LainnyaBrowser HTML5
Photo/video editor
Document viewer
Disclaimer: Kami tidak menjamin bahwa informasi pada halaman ini 100% benar. Selengkapnya.

Review Oppo F9


1. Desain Bodi dan Layar Tampil Beda
Beberapa bulan belakangan ini, secara konsisten Oppo selalu menghadirkan smartphone yang tampil beda dari para pesaingnya. Termasuk saat merilis ponsel cerdas Oppo Find X beberapa waktu lalu yang menghadirkan berbagai teknologi super canggih dan desain terbaru. Meski desain pada Find X tidak diterapkan pada Oppo F9, namun ponsel ini memiliki keunikan tersendiri.

Dimana pada bagian depan terdapat sebuah panel "waterdrop fullscreen" yang menghadirkan layar lebih luas dengan pengalaman visual terbaik jika dibandingkan smartphone dengan layar bertakik yang ada di pasaran saat ini. Desain poni tersebut menyerupai setetes air dan sekaligus merupakan hal terbaru yang diterapakan Oppo kedalam F9. Layar tersebut memiliki ukuran 6.3 inci yang diadopsi dari teknologi IPS LCD beresolusi FHD+ 2340 x 1080 piksel dengan aspek rasio 19.5:9 dan diberikan perlindungan Corning Gorilla Glass generasi keenam.

Luas cakupan layar dibagian depan, mencapai 85.4%. Artinya sebanyak 85.4% seluruhnya didominasi layar dan hanya menyisakan sedikit bezel tipis di keempat sisinya, termasuk bagian atas dan bawah layar. Sementara dibagian belakang perangkat, juga tampak sangat unik dan menarik, yakni dengan manghadirkan finishing gradient spraying dan mirip potongan berlian yang akan terlihat lebih jelas saat terkena pantulan cahaya.

Jika diperhatikan dari smartphone yang saat ini beredar dipasaran, kebanyakan hadir dalam varian warna polos saja. Namun sekali lagi Oppo ingin tampil beda, yaitu dengan menghadirkan F9 dengan kombinasi dua warna kedalam satu wadah. Dalam hal ini F9 hadir dengan 3 varian, termasuk Sunrise Red, Twilight Blue, Starry Purple.

2. Kamera Beresolusi Tinggi Dengan Fitur Canggih
Mengklaim perusahaan mereka dengan sebutan Oppo "The Selfie Expert", rasanya memang pantas untuk mereka dapatkan. Karena sekali lagi perangkat teranyar F9 ini juga dibekali kamera selfie bersolusi cukup tinggi 25MP aperture f/1.9, PDAF dipadukan dengan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence, AI). Dengan perpaduan ini, foto selfie yang dihasilkan akan lebih maksimal, tampak lebih nyata dan jernih.

Sementara kamera belakangnyapun tidak kalah expert dari kamera depan, dimana dibekali kamera dengan dual lensa yang masing-masing beresolusi 16 MP aperture f/1.9, PDAF untuk lensa primer dan 2 MP dengan depth sensor untuk lensa sekunder. Dual lensa ini, selain berfungsi untuk menciptakan gambar dengan efek bokeh yang mengagumkan, juga dapat memotret objek / pemandangan dengan berbagai efek memukau.

3. Kinerja Handal Dengan Hardware Top Perfomance
Untuk menghasilkan kinerja dengan performa gahar, Oppo menyematkan hardware berspesifikasi top kedalam F9 agar mampu melahap semua aplikasi-aplikasi berat full HD, seperti game dengan sangat lancar, smooth dan gesit. Antara lain menggandeng CPU Mediatek Helio P60 (MT6771) dengan 8 inti (octa-core) berkecepatan 4x 2.0GHz Cortex-A73 + 4x 2.0GHz Cortex-A53 sebagai prosessornya, RAM berkapasitas jumbo 4GB / 6GB dan mengandalkan GPU Mali-G72 MP3 sebagai pengolah grafisnya.

Sementara untuk kebutuhan penyimpanan data, tersedia internal storage berkapasitas 64GB. Selain berkapasitas besar, pengguna juga masih dapat memperluasnya melalui slot khusus kartu memori jenis microSD maksimal 256GB. Disektor sistem operasi, Oppo F9 berjalan pada ColorOS 5.2 yang pada dasarnya merupakan Android Oreo 8.1 dengan menyematkan segudang aplikasi dan dibekali beberapa fitur optimasi yang berfungsi untuk meningkatkan kinerjanya.

Untuk menopang / memberikan suplay kepada semua komponen yang memerlukan daya, Oppo menanamkan baterai berkapasitas besar 3500 mAh jenis Lithium Ion kedalam F9. Dengan baterai berkapasitas sebesar ini, pengguna tidak perlu khawatir kehilangan momen penting dikarenakan daya baterai yang cepat terkuras habis. Bukan hanya itu saja, teknologi pengisian super cepat VOOC Flash Charge 5V/4A 20W juga turut disematkan. Teknologi ini memiliki kemampuan untuk mengisi ulang daya baterai yang hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk 75% daya baterai.

4. Sensor, Konektivitas dan Fitur Penting Lainnya
Tidak jauh berbeda dari smartphone Android lainnya, Oppo F9 juga mempunyai dua slot kartu SIM jenis nano, dimana keduanya dapat diaktifkan secara bersamaan dan mendukung sambungan internet 4G LTE dengan kecepatan yang dapat ditembus mencapai 600 Mbps untuk download dan 100 Mbps untuk upload. Kecepatan tersebut dapat tercepai apabila koneksinya berada pada LTE-A Kategori 13.

Untuk sistem keamanannya, mengandalkan sensor Face Unlock dan sensor fingerprint yang diletakkan di bagian punggung perangkat. Kedua sistem ini diklaim memiliki kecepatan tinggi untuk membuka kunci layar smartphone. Selain dua sensor tersebut, terdapat pula sensor accelerometer, light, compass, gyroscope dan proximity.

Adapun beberapa fitur penting lainnya, termasuk sambungan WiFi, bluetooth 4.2, GPS, microUSB 2.0 support USB On-The-Go, OTA / Computer sync, tethering, 3.5mm jack support microfon khusus untuk pembatalan bising / mengurangi noise dan sebagainya.

Kelebihan Oppo F9

Dari daftar spesifikasi detail Oppo F9 yang ada di atas, kita dapat menarik kesimpulan atas kelebihan maupun kekurangan yang dimilikinya. Berikut uraiannya.
  • Mempunyai dual slot untuk kartu SIM yang dapat diaktifkan secara bersamaan dan telah mendukung jaringan internet 4G LTE dengan kecepatan hingga 600 Mbps.
  • Pengguna dapat menikmati berbagai konten multimedia dengan sudut pandang lebih luas karena layarnya berdiagonal 6.3 inci beresolusi FHD+ 2340 x 1080 piksel dengan aspek rasio 19.5:9.
  • Layar diberikan perlindungan Corning Gorilla Glass 6 sehingga tidak akan mudah mengalami goresan ataupun retak saat perangkat mengalami benturan.
  • Sudah berjalan pada OS Android terbaru, yakni Android Oreo 8.1 dengan antarmuka ColorOS 5.2.
  • Diotaki oleh prosessor Mediatek Helio P60 Octa-core 4x 2.0GHz + 4x 2.0GHz dan mengandalkan GPU Mali-G72 MP3 sebagai pengolah grafisnya.
  • RAM berkapasitas jumbo 4GB / 6GB dan penyimpanan internal 64GB yang masih dapat diperluas melalui kartu memori slot khusus maksimal 256GB.
  • Kamera utama dengan lensa ganda 16 MP + 2 MP dan kamera depan beresolusi tinggi 25 MP.
  • Baterai mampu menampung daya 3500 mAh dan didukung oleh fitur pengisian super cepat VOOC Flash Charge 5V/4A 20W.
  • Mengandalkan sistem keamanan terkini, yaitu sensor pindai sidik jari dengan posisi yang lebih mudah dijangkau.

Kekurangan Oppo F9

Salah satu yang menjadi kekurangan Oppo F9 menurut kami, hanya terdapat pada bagian layar saja. Dimana layar ponsel ini hanya terbuat dari dari jenis IPS LCD yang dinilai boros pemakaian daya baterai jika dibandingkan dengan layar jenis AMOLED.

Harga Terbaru Oppo F9


Oppo, baru saja resmi meluncurkan Smartphone Oppo F9 di Indonesia pada hari kamis (23/08/2018) waktu setempat dengan banderol harga perdana Rp 4,29 juta untuk varian RAM 4GB + 64GB dan Rp 4,99 juta untuk model 6GB + 64GB. Adapun harga terbaru khususnya periode bulan ini, bisa kalian lihat pada table berikut ini.
BulanHargaRAM + Storage
Oktober 2018Rp 4.299.0004GB + 64GB
Rp 4.999.0006GB + 64GB
September 2018Rp 4.299.0004GB + 64GB
Rp 4.999.0006GB + 64GB
Jika diperhatikan dari segala aspek, mulai dari desain, spesifikasi hingga fitur yang terdapat didalam Oppo F9, rasanya dengan banderol harga di atas 4 jutaan tergolong sangatlah murah. Bagaimana menurut kalian? Berikan pendapat kalian melalui kolom komentar.
Open Comments