advertisement
AndroLite.com - Vendor smartphone asal China, Huawei, resmi meluncurkan ponsel teranyar mereka, yaitu Huawei Mate 20 Lite. Ponsel ini merupakan perangkat mid-range yang dihadirkan untuk meramaikan dan sekaligus menjadi pesaing smartphone lain pada pasar kelas menengah.

Tidak jauh berbeda dari romor yang diberitakan jauh hari sebelum perilisannya, Huawei Mate 20 Lite hadir dengan membawa 4 buah kamera sekaligus, mengusung layar luas berponi fullview, RAM dan penyimpanan berkapasitas jumbo, performa handal dan bertenaga serta dibekali fitur-fitur terbaru lainnya. Lantas seperti apa penampakan, spesifikasi dan harga Huawei Mate 20 Lite ini? Berikut informasinya kepada kalian.

Review Singkat Fitur dan Spesifikasi Huawei Mate 20 Lite


1. Desain Bodi Elegan dan Layar Lebih Luas
Desain bodi yang dibawa Huawei Mate 20 Lite tampak terlihat sangat mewah dan elegan. Dimana pada penutup bagian belakang ponsel terlihat infinity, layar berponi bezel-less dan tanpa tombol navigasi fisik. Yang membuat ponsel ini tampak lebih menarik dan tampil beda adalah posisi dua lensa kamera utama ditempatkan secara terpisah dan vertikal serta menonjol.

Desain seperti ini memang masih jarang diterapkan oleh para pesaing huawei, karena kebanyakan hanya menempatkan dua lensa dalam satu frame. Selain itu, terdapat pula sebuah sensor pindai sidik jari yang sedikit menonjol kedalam, sehingga pengguna akan lebih mudah mengidentifikasinya.

Di bagian depan, meski tidak menggunakan layar lengkung (infinity display) seperti smartphone pesaing lainnya, akan tetapi panel Huawei Mate 20 Lite mengusung layar lengkung 2.5D dengan bezel yang sangat tipis dikeempat sisinya. Ditambah lagi ukurannya yang mencapai 6.3 inci beresolusi FHD+ 2340 x 1080 piksel serta rasio screen to body yang mencapai 81.7%, membuatnya tampak semakin luas dan semakin nyaman untuk menikmati berbagai jenis konten multimedia.

2. Memiliki 4 Buah Kamera Bersesolusi Tinggi
Salah satu keunggulan yang dibawa oleh Huawei Mate 20 Lite, adalah menghadirkan kamera dengan empat lensa 4 sekaligus. Dimana dua lensa berada di kamera utama yang masing-masing memiliki resolusi 20 MP aperture f/1.8 dengan fitur PDAF + 2 MP depth sensor. Sementara dua lensa lainnya terdapat pada kamera selfie beresolusi 24 MP + 2 MP. Sebenarnya bukan kali ini saja Huawei meluncurkan ponsel dengan 4 kamera, sebelumnya sudah ada Nova 3 dan Nova 3i.

Untuk kemampuan dua kamera Mate 20 Lite, sudah pasti tidak perlu diragukan lagi, karena selain mampu menghasilkan foto dengan efek bokeh yang mengagumkan, juga mampu menghasilkan gambar yang sangat jernih, tajam, kaya warna dan tampak lebih nyata. Sementara untuk video yang dapat dihasilkan, mampu merekam hingga resolusi 1920 x 1080 piksel @30fps. Selain itu, kedua kameranya ini juga dibekali fitur berupa teknologi kecerdasan buatan, AI (Artificial Intelligence) yang berfungsi untuk memaksimalkan hasil tangkapan kameranya.

3. Performa Handal dan Bertenaga
Walaupun terdapat embel-embel "Lite" pada smartphone ini, bukan berarti spesifikasinya juga berkategori lite, melainkan mempunyai hardware dengan top performance. Mulai dari prosessornya, Mate 20 Lite diotaki oleh prosessor buatan Huawei sendiri, yakni Hisilicon Kirin 710 Octa-core berkecepatan 4x 2.2GHz Cortex-A73 + 4x 1.7GHz Cortex-A53. Chipset Kirin 710 ini mempunyai performa mendekati prosesor Qualcomm Snapdragon seri-600.

Disektor pengolah data sementara, mengandalkan RAM berkapasitas 6GB dipadukan penyimpanan internal 64GB. Sayangnya, walaupun Huawei Mate 20 Lite menyediakan slot untuk perluasan kapasitas penyimpanan hingga 256GB, namun slot microSD tersebut menyatu / hybrid dengan slot SIM 2. Artinya, ketika pengguna memilih untuk memasukkan kartu memori, maka hanya dapat memasang satu SIM saja.

Terlepas dari hal tersebut, HP pendatang terbaru ini dibekali pengolah grafis Mali-G51 MP4 dan baterai berkapasitas 3750 mAh dengan dukungan pengisian super cepat (fastcharging) serta berjalan pada sistem operasi Android Oreo 8.1 (tidak menutup kemungkinan perusahaan akan segera memperbaruinya ke versi yang lebih baru, yaitu Android 9 Pie). Dengan perpaduan ini, jangankan menjalankan banyak aplikasi sekaligus (multitasking), aplikasi beratpun seperti Game Full HD akan dilahapnya dengan sangat enteng, tanpa lag, smooth dan responsive.

4. Membawa Fitur Terkini Lainnya
Tidak jauh berbeda dengan ponsel pintar lainnya, Huawei Mate 20 Lite juga dibekali berbagai jenis fitur terkini, termasuk sistem keamanan berupa sensor pindai sidik jari, sambungan internet 4G LTE berkecepatan 600 Mbps, GPS, WiFi, USB 2.0 Tipe-C support USB On-The-Go (OTG), bluetooth 4.2, 3.5mm jack, sensor accelerometer, light, proximity, compass dan beberapa fitur penting lainnya.

Harga Huawei Mate 20 Lite dan Spesifikasi Detail


Dikutip dari GSMArena, Senin (27/08/2018) Huawei Mate 20 Lite dijual dengan harga perdana 400 EURO. Jika dikonversi kedalam Rupiah, setara dengan Rp 6,7 juta. Namun harga tersebut merupakan harga global dan untuk harga di Indonesia, hingga saat ini masih belum ada informasi resmi. Akan tetapi dari bocoran beberapa media online Indonesia mengungkapkan bahwa kemungkinan besar Mate 20 Lite akan dijual sekitar Rp 5,7 juta.
UMUM
HargaRp 5,7 juta s/d Rp 6,7 juta (6GB RAM + 64GB Storage)
StatusRilis
Tahun RilisAgustus 2018
JARINGAN
TeknologiGSM / HSPA / LTE
SIMSingle / Dual SIM (Nano, Dual stand-by)
Koneksi4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
KecepatanHSPA: 42.2/5.76 Mbps, LTE-A (3CA) Kategori 12: 600/150 Mbps
BODI
Dimensi158.3 x 75.3 x 7.6 mm
Berat172 gram
MaterialBodi aluminium
WarnaHitam, gold, biru
LAYAR
JenisIPS LCD, 2.5D curved glass screen, layar sentuh kapasitif 16 juta warna
Ukuran6.3 inci
Resolusi2340 x 1080 piksel (FHD+)
Rasio19,5:9 (Fullview), 81.7% screen-to-body
Kerapatan Piksel409 ppi
Perlindungan-
PLATFORM
Sistem OperasiAndroid Oreo 8.1
ChipsetHisilicon Kirin 710
CPUOcta-core (4x 2.2GHz Cortex-A73 + 4x 1.7GHz Cortex-A53)
GPUMali-G51 MP4
RAM6 GB
PENYIMPANAN
Internal64 GB
EkspansiYa, microSD maksimal 256GB (hybrid slot SIM 2)
KAMERA UTAMA
ResolusiDual sensor: 20 MP + 2 MP
Lensaf/1.8, PDAF + depth sensor
LED FlashYa
Video1920 x 1080 piksel @30fps
FiturHDR, panorama
KAMERA DEPAN
ResolusiDual sensor: 24 MP + 2 MP
Lensaf/2.0 + depth sensor
LED FlashTidak
Video1920 x 1080 piksel @30fps
Fitur-
KONEKTIVITAS
Wi-Fi802.11 b/g/n/ac, direct, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE
USB2.0 Tipe-C, USB On-The-Go
RadioYa
PenandaGPS, A-GPS, GLONASS, BDS
BATERAI
JenisRemovable Li-Ion
Kapasitas3750 mAh
Pengisian CepatYa
FITUR
KeamananFingerprint (belakang ponsel)
SensorAccelerometer, light, proximity, compass
3.5mm jackYa, Pembatalan bising aktif dengan mikrofon khusus
LoudspeakerYa
Pemutar MusikMP3/WAV/eAAC+/Flac
Pemutar VideoMP4/H.264
LainnyaBrowser HTML5
Photo/video editor
Document viewer
Disclaimer: Kami tidak menjamin bahwa informasi pada halaman ini 100% benar. Selengkapnya.

Kelebihan Huawei Mate 20 Lite

  • Mengusung desain bodi yang tampak sangat elegan dan bodinya terbuat dari bahan metal aluminium.
  • Telah mendukung jaringan internet 4G LTE dengan kecepatan download hingga 600 Mbps.
  • Layar luas berukuran 6.3 inci yang terbuat dari jenis IPS LCD, 2.5D curved glass screen.
  • Layar memiliki poni / takik beresolusi 2340 x 1080 piksel, rasio 19,5:9 (Fullview) dengan bezel yang sangat tipis.
  • Berjalan pada sistem operasi Android Oreo versi 8.1 dengan segudang fitur dan aplikasi.
  • Ditenagai oleh prosessor Hisilicon Kirin 710 Octa-core berkecepatan 4x 2.2GHz + 4x 1.7GHz.
  • Mengandalkan pengolah grafis Mali-G51 MP4 yang dinilai memiliki performa handal dan memberikan visual mengagumkan.
  • Berbekal RAM super jumbo 6 GB dan penyimpanan internal 64 GB dengan dukungan slot ekspansi hingga 256GB.
  • Mengusung 4 buah kamera sekaligus, dimana kamera utama memiliki dual sensor 20 MP + 2 MP dan kamera depan 24 MP + 2 MP.
  • Dibekali sambungan berupa WiFi, bluetooth 4.2, USB 2.0 Tipe-C serta GPS.
  • Baterai berkapasitas lumayan besar 3750 mAh didukung oleh fitur pengisian cepat.
  • Usung sistem keamanan terkini berupa sensor Fingerprint yang ditempatkan di bagian belakang ponsel.

Kekurangan Huawei Mate 20 Lite

Menurut penilaian kami, Huawei Mate 20 Lite hanya memiliki satu kekurangan saja, yaitu pada bagian slot SIM dan slot kartu memori. Dimana kedua slot ini bersifat hybrid / menyatu, sehingga pengguna hanya dapat mengaktifkan / memasukkan 1 buah kartu SIM saja ketika kartu memori ditambahkan. Bagaimana menurut kalian?
Open Comments