advertisement
AndroLite.com - Hadirnya Coolpad Mega 5A yang dirilis oleh produsen smartphone sndroid asal Tiongkok, Coolpad, pada pertengahan tahun 2018 ini semakin menambah persaingan smartphone kelas entry-level. Pasalnya, selain menghadirkan fitur dan spesifikasi unggulan, ponsel juga ini dibandrol dengan harga yang sangat murah.

Disisi lain, inovasi terbaru Coolpad Mega 5A selain menyegarkan penampilan juga membawa desain yang cukup elegan dengan tema kekinian. Bentuk perubahan tersebut semakin memperindah dan mempercantik daya tarik Coolpad Mega 5A ini. Dan yang menjadi salah satu andalannya adalah ada pada bagian kamera yang dengan lensa ganda dan telah berjalan Sistem Operasi Android teranyar saat ini yaitu Android Oreo 8.1.

Selain itu, ponsel ini juga ditenagai oleh beberapa hardware unggulan seperti RAM 2GB, CPU Spreadtrum SC9850K Quad-core 1.3 GHz Cortex-A7, mendukung jaringan internet 4G LTE berkecepatan tinggi, internal storage 16GB dan masih banyak lagi. Semakin penasaran dengan smartphone Coolpad Mega 5A ini? Berikut ulasan singkat dan informasi harganya.

Spesifikasi Coolpad Mega 5A

UMUM
BrandCoolpad
ModelMega 5A
StatusRilis, Tersedia di Indonesia
Tahun RilisAgustus 2018
JARINGAN
SIMHybrid Dual SIM (dual stand-by)
TeknologiGSM / HSPA / LTE
Koneksi4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
KecepatanHSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps
BODI
Dimensi-
Berat-
MaterialBodi plastik
WarnaEmas
LAYAR
JenisIPS LCD, layar sentuh kapasitif 16 juta warna
Ukuran5.45 inci
Resolusi720 x 1440 piksel (HD+)
Rasio18:9 (fullview)
Kerapatan Piksel295 ppi
Perlindungan-
PLATFORM
OSAndroid Oreo 8.1
ChipsetSpreadtrum SC9850K
CPUQuad-core 1.3 GHz Cortex-A7
GPUMali-820MP1
RAM2 GB
PENYIMPANAN
Internal16 GB
EkspansiYa, microSD maksimal 128GB (hybrid slot SIM 2)
KAMERA UTAMA
ResolusiDual sensor: 8 MP + VGA
Lensaf/2.0, PDAF + depth sensor
LED FlashYa
Video1080p@30fps
FiturHDR, Panorama
KAMERA DEPAN
Resolusi5 Megapiksel
Lensa-
LED FlashYa
KONEKTIVITAS
Wi-Fi802.11 b/g/n, direct, hotspot
Bluetooth4.0, A2DP, LE
USBMicroUSB 2.0, USB On-The-Go
RadioYa, FM
PenandaGPS, A-GPS
Infra MerahYa
BATERAI
JenisNon-removable Li-Ion
Kapasitas2500 mAh
FITUR
KeamananFingerprint (belakang ponsel)
SensorAccelerometer
3.5mm jackYa
LoudspeakerYa
Pemutar MusikMP3/WAV/eAAC+/Flac
Pemutar VideoMP4/H.264
LainnyaBrowser HTML5
Photo/video editor
Document viewer
Disclaimer: Kami tidak menjamin bahwa informasi pada halaman ini 100% benar. Selengkapnya.

Review Coolpad Mega 5A


1. Desain Bodi dan Layar
Coolpad Mega 5A hadir dengan tampilan biasa saja dan tidak jauh berbeda para pendahulunya ataupun smartphone android pada umumnya. Dimana pada sisi kanan terdapat tombol volume dan tombol power serta di sisi kiri tampak polos. Sementara di bagian belakang, terdapat kamera utama dengan dua lensa, yang mana antara lensa primer dan sekunder ditempatkan secara terpisah. Tepat dibawah lensa sekunder, terdapat sensor fingerprint dan lampu kilatan LED di samping kanan kamera. Selain komponen-komponen ini, terdapat pula sebuah logo Coolpad dan lubang loudspeaker yang ditempatkan di bagian bawah.

Dibagian depan perangkat, terdapat sebuah panel berdiagonal 5.45 inci yang diadopsi dari teknologi IPS LCD beresolusi 720 x 1440 piksel (HD+) dan memiliki kepadatan piksel per inci mencapai 295 ppi. Uniknya, panel yang diusung oleh Coolpad Mega 5A ini telah mendukung tampilan penuh atau fullview, yaitu memiliki aspek rasio 18:9. Meski ukuran layarnya ini tergolong sedang, akan tetapi pengguna akan disuguhkan dengan sudut pandang yang lebih luas saat menikmati berbagai macam konten multimedia, misalnya menonton video.

2. Kamera Dengan Lensa Ganda
Salah satu yang menjadi andalan Coolpad Mega 5A adalah pada bagian kameranya. Ya, kamera utama perangkat ini memiliki dual lensa, dimana lensa primernya memiliki resolusi 8 megapiksel aperture f/2.0 didukung fitur PDAF dan resolusi VGA dengan depth sensor untuk lensa sekundernya. Dengan adanya dua lensa ini, pengguna dapat menghasilkan gambar dengan efek bokeh yang mengagumkan. Selain itu, kamera utamanya ini juga mampu menghasilkan rekaman video resolusi 1080p pada frame rate sebesar 30fps.

Agar lebih lengkap lagi, Coolpad juga menyematkan lampu kilatan LED yang berfungsi untuk memberikan penerangan pada saat pengambilan foto / video di tempat yang minim cahaya atau ditempat gelap sekalipun. Sementara untuk kamera depannya, meskipun hanya beresolusi 5 megapiksel saja, akan tetapi kualitas gambar / video yang dihasilkan cukup lumayan jernih dan sangat cocok untuk kalian gunakan untuk mengambil foto selfie ataupun video vlog.

3. Performa Handal dengan OS Terbaru
Selain mengandalkan kamera dengan lensa ganda, Coolpad Mega 5A juga dibekali dengan platform yang cukup handal. Termasuk telah berjalan dengan sistem operasi Android 8.1 yang didalamnya telah disematkan berbagai fitur, aplikasi dan optimasi khusus agar kinerjanya tetap berjalan maksimal. Untuk otaknya sendiri, mengandalkan chipset Spreadtrum SC9850K Quad-core yang memiliki kecepatan transmisi data hingga 1.3 GHz Cortex-A7 dan dipadukan dengan RAM berkapasitas 2GB.

Adapun untuk menangani tampilan grafisnya, Coolpad menggunakan GPU Mali-820MP1. Salah satu keunggulan dari GPU jenis ini adalah mampu menampilkan grafis dengan sangat halus, jernih dan memanjakan mata para penggunanya. Bukan hanya itu saja, pengguna juga akan dimanjakan dengan penyimpanan 16 GB untuk menyimpan file seperti video, foto, aplikasi, dokumen dan sebagainya dalam skala besar. Apabila kapasitas sebesar itu masih dirasa kurang, pengguna masih bisa melakukan ekspansi melalui maksimal 256GB melalui kartu memori jenis microSD.

Untuk menopang segala aktivitas selama seharian penuh, Coolpad Mega 5A dibekali penyimpanan daya baterai berkapasitas 2500 mAh. Meskipun kapasitas daya yang dapat ditampungnya tidak terlalu besar, namun perangkat ini mampu bertahan selama puluhan jam dalam pemakaian normal.

4. Konektivitas dan Fitur Penting Lainnya
Untuk menarik minat masyarakat, Coolpad Mega 5A dibekali sambungan internet 4G LTE yang mampu menembus kecepatan download data hingga 150 Mbps. Koneksi ini bisa diaktifkan secara bersamaan untuk kedua kartu SIM. Selain itu, Samsung juga menyiapkan dua buah slot kartu SIM (Dual SIM) berjenis mikro yang bisa diaktifkan keduanya secara bersamaan.

Selain itu, Coolpad Mega 5A dilengkapi berbagai jenis fasilitas seperti Bluetooth, Wi-Fi, port micro USB yang sudah support dengan kabel OTG, Infra Merah, Radio FM, GPS, editor foto/video, pembaca dokumen, browser HTML5, MP4/WMV/H.264 player, MP3/WAV/WMA/eAAC+/FLAC player, sensor accelerometer, Gyro, Proximity, Compass dan sebagainya.

Harga Coolpad Mega 5A

Coolpad Mega 5A saat pertama kali diperkenalkan, memiliki banderol harga perdana Rp 1,5 juta. Sedikit lebih mahal memang dari smarphone sekelas lainnya, akan tetapi fitur dan spesifikasi yang diusungnya sedikit lebih unggul jika dilakukan perbandingan secara detail.

Demikianlah informasi tentang Spesifikasi dan Harga Coolpad Mega 5A yang bisa kami sampaikan kepada kalian, semoga dengan adanya informasi di atas, bisa memberikan referensi tambahan sebelum memutuskan untuk membeli sebuah ponsel baru. Terima kasih telah berkunjung ke situs kami dan salam.
Open Comments