Perbandingan Harga Xiaomi Mi A2 vs Mi A2 Lite dan Spesifikasinya

advertisement
Perbandingan Harga Xiaomi Mi A2 vs Mi A2 Lite dan Spesifikasi - Pasar gadget internasional baru saja kedatangan dua smartphone sekaligus milik Xiaomi dan keduanya sama-sama berkategori mid-range, yaitu Mi A2 dan Mi A2 Lite. Perusahaan asal China ini, resmi meluncurkan duo Mi A2 pada acara Xiaomi Global Launch yang dilangsungkan di Kota Madrid, Spanyol pada hari Selasa (27/07/2018).

Keduanya memang hadir dalam seri sama, namun jika dibandingkan, keduanya sudah pasti memiliki perbedaan yang cukup lumayan signifikan. Untuk penempatan beberapa komponen luar, keduanya tampak identik. Termasuk tombol power dan pengatur suara yang ditempatkan di sisi kiri, microphone, loudspeaker, port USB di bagian bawah, posisi kamera utama di pojok kiri atas pada punggung perangkat dan letak sensor fingerprint yang sama persis.

Tetapi apabila dilihat di bagian depan, tampak sebuah perbedaan yang sangat siginifikan. Dimana untuk versi Mi A2 biasa hadir dengan layar "tanpa notch" berukuran 5,99 inci, beresolusi FHD+, rasio 18:9 dan memiliki kerapatan piksel 403ppi. Sedangkan Mi A2 Lite justru hadir dengan layar berponi (notch di atas layar) bersolusi lebih rendah 5,84 inci FHD+, aspek rasio 19:9 dan mempunyai kepadatan piksel sedikit lebih tinggi, yaitu 432ppi.

Perbedaan selanjutnya, terdapat pada platformnya. Meski keduanya hadir dengan chipset dan GPU buatan Qualcomm, namun Mi A2 lebih unggul, yaitu mengandalkan prosessor Snapdragron 660 Octa-core berkecepatan 4x2.2 GHz Kryo 260 & 4x1.8 GHz Kryo 260 dan dipadukan dengan GPU Adreno 512. Sementara Mi A2 Lite dibekali CPU dan pengolah grafis lebih rendah, yaitu Snapdragon 625 octa-core 2.0 GHz Cortex-A53 dan GPU Adreno 506.

Di sektor penyimpanan dan RAM, keduanya memang hadir dalam beberapa varian, yang mana Mi A2 reguler memiliki varian RAM 6GB + ROM 128 GB dan RAM 4GB + ROM 32/64 GB. Sedangkan Mi A2 Lite memadukan RAM 4GB + ROM 6GB dan RAM 3GB + ROM 32GB. Letak perbedaannya disektor ini ada pada slot untuk perluasan penyimpanan. Jika Mi A2 Lite dibekali slot kartu memori khusus untuk ekspansi maksimal 256GB, lain halnya dengan Mi A2 reguler yang justru hadir tanpa slot ekspansi.

Dari segi fotografi, walaupun sama-sama membawa lensa ganda pada kamera utama dan lensa tunggal di kamera selfie, tetapi Mi A2 masih unggul dari segi resolusi. Untuk versi reguler memiliki kamera utama beresolusi 12MP aperture f/1.8 + 20MP aperture f/1.8 dan kamera depan 20 MP dengan lensa bukaan f/2.2. Sedangkan untuk versi lite, hanya megandalkan resolusi 12MP f/2.2 + 5MP f/2.2 dan kamera selfie beresolusi 5 megapiksel saja.

Fitur yang mendukung kamera keduanya, berupa AI Dual Camera, AI Potrait Mode, Depth Mode, Beautify 4.0, Face Recognitaion dan keduanya memiliki kemampuan dalam merekam video hingga kualitas 4K. Satu-satunya keunggulan yang dimiliki oleh A2 Lite, terdapat pada baterainya, karena dapat menampung daya sebesar 4000 mAh, sementara A2 reguler hanya mampu menampung daya sebesar 3010 mAh.

Duo pendatang teranyar miliki Xiaomi ini, sama-sama hadir dalam warna hitam, biru dan gold serta mempuyai fitur sama, diantaranya dukungan koneksi internet 4G LTE berkecepatan tinggi, sensor, konektivitas, bluetooth dan lain sebagainya.

Harga Xiaomi Mi A2 dan Mi A2 Lite

Dari segi harga, tentu saja kedua perangkat ini memiliki perbedaan dan sudah pasti Mi A2 Lite dibanderol dengan harga yang jauh lebih murah dari Mi A2 biasa. Mi A2 Lite dijual dengan harga Rp 3,8 jutaan untuk varian RAM 4GB + ROM 64GB dan Rp 3,1 jutaan untuk RAM 3GB + ROM 32GB.

Sementara Mi A2 dibanderol dengan harga Rp 4,2 jutaan untuk RAM 4GB + Storage 32GB, Rp 4,7 juta RAM 4GB + Storage 64GB dan Rp 5,9 juta untuk RAM 6GB + internal 128GB. Harga kedua HP tersebut merupakan harga global, dan bisa saja saat ponsel ini masuk ke Indonesia harganya berbeda.
Open Comments