advertisement
AndroLite.com - Setelah sekian lama menjadi rumor, Xiaomi akhirnya resmi merilis smartphone terbaru mereka yang diberi nama Xiaomi Mi Max 3. Perangkat ini resmi diluncurkan pada sebuah acara yang berlangsung di China pada Bulan Juli 2018 ini dengan membawa panel tanpa notch atau takik di atas layar.

Secara fisik, Mi Max 3 sangat mirip dengan Xiaomi Mi 6X, baik dari segi layar maupun penempatan komponen seperti kamera dan sensor fingerprint. Namun dari segi spesifikasi, lebih mirip dengan Redmi Note 5. Bisa dikatakan Mi Max 3 ini merupakan perpaduan antara Redmi Note 5 dan Mi 6X.

Mi Max 3 mengusung panel jenis IPS FHD+ 2160 x 1080 piksel berukuran 6,9 inci dengan aspek rasio 18:9 dan mempunyai rasio screen-to-body mencapai 79,8 persen, sehingga sangat cocok dipakai untuk menikmati berbagai jenis konten multimedia ataupun bermain game. Selain layar yang luas, juga dibekali chipset bertenaga buatan Qualcomm, yakni Snapdragron 636 octa-core 1.8 GHz dan GPU Adreno 509.

Dapur pacunya tersebut dipadukan dengan RAM dan penyimpanan internal berkapasitas lumayan cukup besar, dimana untuk varian RAM 4GB memiliki storage 64GB dan RAM 6GB dipadukan dengan storage 128GB. Dua varian ini sama-sama dibekali slot untuk memperluas penyimpanan melalui kartu memori jenis MicroSD. Namun sangat disayangkan, karena slot tersebut masih berbagi tempat alias hybrid dengan slot SIM 2.

Pada bagian punggung ponsel ini, terdapat sebuah sensor sidik jari yang diposisikan pada bagian tengah dan kamera utama, ditempatkan pada sudut kiri atas. Konfigurasi kamera belakangnya ini, menghadirkan lensa ganda yang masing-masing beresolusi 12 MP (f/1.9, 1.4μm, dual pixel PDAF) untuk sensor primer dan 5 MP untuk lensa sekunder. Diantara dua lensa tersebut, terdapat LED flash. Sementara kamera depan / selfie, mengandalkan konfigurasi 8 megapiksel.

Tidak hanya layar yang super luas, salah satu yang menjadi andalan Xiaomi Mi Max 3 ada pada sektor penampungan dayanya. Ya, ponsel pendatang baru ini hadir dengan membawa baterai berkapasitas super jumbo 5500 mAh dan telah dibekali teknologi pengisian super cepat Quick Charge 3.0. Jadi untuk mengisi ulang daya baterai yang berkapasitas jumbo tersebut, akan lebih cepat dari pengisian normal.

Perangkat lunak yang mengoperasikan Xiaomi Mi Max 3 adalah OS generasi terbaru Android saat ini, yakni Oreo 8.1 dengan antarmuka MIUI 9.5 dan didalamnya telah disematkan berbagai jenis fitur, termasuk teknologi artificial intelligence (AI), scene recognition, face unlock, dan voice assistant.

Xiaomi Mi Max selain hadir dalam 2 varian RAM, juga tersedia dalam varian warna hitam, biru dan emas. Untuk banderol harganya sendiri, di China, ponsel cerdas ini dibanderol seharga 1699 yuan atau sekitar Rp 3,6 jutaan untuk RAM 4GB / ROM 64GB, dan 1999 yuan atau sekitar Rp 4,3 jutaan untuk varian RAM 6GB / ROM 128GB.
Hingga saat berita ini diturunkan, belum ada kabar apakah HP Xiaomi Mi Max akan masuk ke Indonesia ataukah tidak. Akan tetapi, mengingat tanah air kita merupakan salah satu pasar gadget terbesar di dunia, kemungkinan besar perangkat teranyar Xiaomi ini akan segera menyapa tanah air kita. Adapun spesifikasi lengkap Xiaomi Mi Max 3, silahkan klik tautan ini.
Open Comments