advertisement
Harga Xiaomi Mi A2 Lite, Spesifikasi Detail dan Review Singkat - Xiaomi baru saja meluncurkan smartphone Mi A2 Lite dalam acara Xiaomi Global Launch yang dilangsungkan di Madrid, Spanyol pada Hari Selasa (24/07/2018) waktu setempat. Ponsel ini sebenarnya merupakan Xiaomi Redmi 6 Pro yang diluncurkan di China pada bulan Juni lalu, namun setelah masuk ke pasar Internasional, namanya berubah menjadi Mi A2 Lite.

Selain Mi A2 Lite, perusahaan asal China ini juga meluncurkan smartphone lain, yaitu Mi A2 (Mi 6X). Keduanya hadir dengan membawa sistem operasi Android One yang merupakan OS Murni dari Google karena tidak ada modifikasi / campur tangan Xiaomi di Dalamnya. Lalu, seperti apa spesifikasi dan fitur Xiaomi Mi A2 Lite? dan Berapa harganya? Temukan jawabannya disini.

Spesifikasi Xiaomi Mi A2 Lite

UMUM
BrandXiaomi
ModelMi A2 Lite
StatusRilis, Tersedia di Indonesia
Tahun RilisJuli 2018
JARINGAN
TeknologiGSM / HSPA / LTE
SIMNano Dual SIM
Koneksi4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
KecepatanHSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Kategori 6 300/50 Mbps
Bodi
Dimensi149.3 x 71.7 x 8.8
Berat178 gram
BuildRangka aluminium
WarnaHitam, Biru, Gold
LAYAR
JenisIPS LCD, layar sentuh kapasitif 16 Juta Warna
Ukuran5.84 inci
Resolusi1080 x 2280 piksel
Rasio19:9 (Fullview), 85.1% screen-to-body
Kerapatan Piksel432 ppi
Perlindungan-
PLATFORM
OSAndroid One (Oreo 8.1)
ChipsetQualcomm Snapdragon 625 (SDM625)
CPUOcta-core 2.0 GHz Cortex-A53
GPUQualcomm Adreno 506
RAM4GB / 3GB
PENYIMPANAN
Internal64GB / 32GB
EkspansiYa, microSD maksimal 256GB (Slot khusus)
KAMERA UTAMA
ResolusiDual sensor: 12MP + 5MP
Lensaf/2.2, 1.25 μm, PDAF + f/2.2, 1.12 μm, depth sensor
LED FlashYa
Video1920 x 1080 piksel @30fps didukung gyro-EIS
FiturGeotagging, sentuh fokus, deteksi wajah, panorama, HDR
KAMERA DEPAN
Resolusi5 MP
Lensaf/2.0
LED FlashTidak
Video1920 x 1080 piksel @30fps
KONEKTIVITAS
WiFi802.11 a/b/g/n/ac, direct, hotspot, dual-band
Bluetooth4.2, A2DP, LE
USBMicro USB 2.0
RadioTidak
PenandaGPS, A-GPS, GLONASS, BeiDou
BATERAI
JenisNon-removable Li-Po
Kapasitas4000 mAh
Charger Output5V/2A 10W
FITUR
KeamananFingerprint (belakang ponsel)
SensorAccelerometer, gyroscope, proximity, compass
Pemutar MP3MP3/WAV/eAAC+/FLAC
Pemutar MP4XviD/MP4/H.264
LainnyaBrowser HTML5
Photo/video editor
Document viewer
Disclaimer: Kami tidak menjamin bahwa informasi spesifikasi ataupun harga yant tertera pada halaman ini adalah 100% benar. Selengkapnya.

Review Xiaomi Mi A2 Lite (Redmi 6 Pro)


1. Usung Layar Luas dengan Tampilan Penuh
Tidak jauh berbeda dari ponsel canggih jaman sekarang, Mi A2 Lite juga telah dibekali panel berponi / takik di atas layar. Panel berponi ini sendiri, pertama kali diperkenalkan oleh Apple iPhone X, yang kemudian banyak diikuti oleh berbagai vendor smartphone, termasuk Xiaomi. Selain berponi, panel perangkat ini juga telah dilengkapi teknologi fullview dengan aspek rasio 19:9 sehingga pengguna dapat menikmati berbagai jenis konten multimedia lebih luas lagi.

Panelnya tersebut diadopsi dari teknologi IPS LCD berdiagonal 5.84 inci, beresolusi 1080 x 2280 piksel dan memiliki kepadatan piksel per inci mencapai 432ppi. Namun tidak diketahui apakah terdapat proteksi yang disematkan untuk melindungi layarnya ini dari goresan benda tajam / retak ataukah tidak. Terlepas dari hal tersebut, rasio screen-to-body Mi A2 Lite mencapai 79.5%. Artinya, pada bagian depan perangkat, sebesar 79.5% didominasi layar dan hanya menyisahkan sedikit bezel pada bagian atas dan bawah, terlebih pada bagian tepi kiri dan kanan.

Satu hal yang saat ini juga telah banyak diterapkan oleh berbagai vendor smartphone, termasuk Xiaomi adalah ponsel tanpa tombol navigasi fisik (home, recent, back) dan posisi tersebut kini telah tergantikan oleh layar. Untuk komponen ini sendiri, sekarang telah menjadi navigasi dalam bentuk perangkat lunak yang dapat dimunculkan atau disembunyikan melalui menu pengaturan.

2. Xiaomi Mi A2 Lite Punya Platform Mempuni
Walaupun Mi A2 Lite merupakan HP berkategori mid-range, akan tetapi platform yang dibawanya sangatlah mempuni. Dimulai dari prosessornya, Mi A2 Lite berbekal chipset buatan Qualcomm yaitu seri Snapdragon 625 yang memiliki 8 inti (Octa-core) dengan kecepatan 2.0 GHz, merata kesemua core-nya. Teknologi yang ada didalam prosessor ini adalah ARM Cortex-A53 64bit dengan pabrikasi 14nm. Selain chipset, pengolah grafis yang tertanam didalamnya juga berasal dari Qualcomm, yakni GPU Adreno 506. Jenis GPU ini memang bukanlah generasi terbaru, akan tetapi kemampuannya sangatlah handal dalam menampilkan visual.

Selanjutnya RAM dan penyimpanan internal. Smartphone pendatang terbaru miliki Xiaomi ini, juga membawa RAM dan storage yang tergolong besar. Terdapat dua varian yang tersedia, yakni RAM 4GB + Storage 64GB dan RAM 3GB + Storage 32GB. Dua hardware ini akan saling terintegrasi dengan CPU dan GPU untuk mengoptimalkan kinerja dan performa OS yang berjalan didalamnya.

Untuk perangkat lunaknya sendiri, menggunakan sistem operasi murni dari google (tanpa kostumasi vendor smartphone), yaitu Android One yang pada dasarnya merupakan Android Oreo 8.1. Perpaduan platform ini, jangankan melakukan proses mutlitasking (menjalankan banyak aplikasi sekaligus), aplikasi-aplikasi berat Full HD seperti game akan mampu dijalankan dengan sangat baik, lancar, smooth sejak awal permainan tanpa adanya lag yang berarti.

3. Xiaomi Mi A2 Kamera Utama Ganda Beresolusi Cukup
Tidak ingin ketinggalan jaman, Xiaomi pun melengkapi smartphone teranyar mereka ini dengan kamera utama berlensa ganda. Kedua lensa tersebut masing-masing beresolusi 12 MP aperture f/2.2, 1.25 μm didukung fitur PDAF untuk lensa primer dan 5 MP aperture f/2.2, 1.12 μm dengan depth sensor untuk lensa sekunder. Walaupun sensornya tidak terlalu tinggi, tetapi Xiaomi mengklaim bahwa kamera utama Mi A2 dapat merekam video beresolusi 4K.

Untuk kamera depan, sayangnya resolusinya sangatlah rendah, yaitu hanya 5 megapiksel saja. Dengan resolusi sebesar ini, tentu saja kualitas foto yang dihasilkan juga rendah. Tapi, kemampuannya dalam menghasilkan rekaman video mencapai resolusi FHD 1920 x 1080 piksel pada kecepatan 30fps.

4. Baterai, Sensor dan Konektivitas
Satu dari sekian keunggulan yang dibawa oleh Xiaomi Mi A2 Lite, ada di sektor baterai. Daya yang dapat ditampung oleh baterainya ini adalah 4000 mAh. Dengan kapasitas baterai sebesar ini, sudah pasti dapat bertahan selama puluhan jam meski digunakan secara ekstrim, misalnya bermain game tanpa henti. Untuk pengisian ulangnya, mengandalkan charger dengan output 5V / 2A.

Di sektor sensor, selain terdapat fingerprint yang ditempatkan di bagian tengah punggung perangkat, juga terdapat sensor penting lainnya, diantaranya sensor accelerometer, gyroscope, proximity dan compass. Selain itu, Xiaomi Mi A2 Lite juga dibekali berbagai jenis konektivitas, seperti WiFi, bluetooth 4.2, internet berkecepatan hingga 300 mbps pada jaringan 4G LTE kategori 6, Micro USB 2.0, GPS dan lain sebagainya.

Harga Terbaru Xiaomi Mi A2 Lite


Harga Perdana untuk mendapatkan Xiaomi Mi A2 Lite relatif sangatlah murah, untuk varian RAM 3GB + 32GB dijual dengan harga perdana 179 Euro (Rp3,1 juta) dan RAM 4GB + 64GB seharga 229 Euro (Rp3,8 juta). Adapun harga terbaru Mi A2 Lite, bisa kalian lihat pada daftar berikut ini.
BulanHargaRAM + Storage
Oktober 2018Rp 3,1 juta3GB + 32GB
Rp 3,8 juta4GB + 64GB
September 2018Rp 3,1 juta3GB + 32GB
Rp 3,8 juta4GB + 64GB
Disclaimer : Harga tersebut di atas, kemungkinan besar berbeda dari harga yang ada di tempat kalian, tetapi tidak akan jauh beda.

Kelebihan HP Xiaomi Mi A2 Lite (Redmi 6 Pro)

Dilihat dari tabel spesifikasi di atas, rasanya kurang lengkap jika tidak menguraikan kelebihan dan kekurangan yang terdapat pada Xiaomi Mi A2 Lite ini. Untuk itu, berikut ini kami uraikan secara singkat saja kepada kalian.
  • Terdapat dua slot SIM yang dapat diaktifkan secara bersamaan dan telah mendukung koneksi internet berkecepatan hingga 300 mbps.
  • Layar berukuran sedang 5.84 inci beresolusi 1080 x 2280 piksel dengan tampilan penuh, yakni memiliki aspek rasio 19:9.
  • Berjalan pada OS murni Android One yang pada dasarnya Android Oreo 8.1 dan merupakan OS terbaru saat ini.
  • Diotaki oleh prosessor bertenaga Qualcomm Snapdragon 625 Octa-core berkecepatan Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53.
  • Mengandalkan pengolah grafis Adreno 506 yang dinilai dapat menampilkan visual yang lebih baik.
  • Disokong oleh pengolah data sementara (RAM) berkapasitas lumayan besar 4GB / 3GB.
  • Penyimpanan internal berkapasitas 32GB / 64GB dan masih bisa diperluas melalui slot khusus maksimal 256GB.
  • Kamera utama dengan dual lensa yang masing-masing bersolusi 12MP + 5MP dan mampu merekam video 4K.
  • Baterai berkapasitas Jumbo 4000 mAh didukung oleh charger dengan output 5V / 2A.
  • Mengandalkan sistem keamanan masa kini, yaitu sensor pindai sidik jari.

Kekurangan HP Xiaomi Mi A2 Lite (Redmi 6 Pro)

Untuk ukuran ponsel cerdas dengan harga sekitar Rp 3 juta lebih, kamera depan / selfie tergolong sangat rendah, yakni hanya 5MP saja. Namun menurut kami jika dinilai secara keseluruhan, kamera selfie-nya inilah yang menjadi satu-satunya yang dimiliki oleh Xiaomi Mi A2 Lite. Bagaimana menurut kalian? Silahkan berikan pendapat kalian melalui kolom komentar.
Open Comments