Vivo Z1i Usung Layar Fullview, Penyimpanan 128GB Harga Rp 4,1 jutaan

advertisement
AndroLite.com - Tidak butuh waktu lama setelah peluncuran duo Vivo Nex A dan Nex S, kini perusahaan asal Tiongkok tersebut kembali memperkenalkan smartphone teranyar mereka yang diberi nama Vivo Z1i. Ponsel ini secara diam-diam dirilis di China pada pertengahan tahun 2018 ini dengan mengusung beberapa spesifikasi dan fitur unggulan dikelasnya.

Vivo Z1i merupakan smartphone mid-range penerus seri Z1 yang terlebih dahulu telah dirilis beberapa bulan sebelumnya, namun dengan tampilan yang lebih segar serta membawa beberapa perubahan pada bagian prosessor, penyimpanan dan kamera. Untuk harga perdananya sendiri, dibanderol sekitar 250 EURO atau setara Rp 4,1 jutaan.

1. Desain Bodi Premium, Layar Berponi Fullview
Seperti yang terlihat pada gambar di atas, balutan bahan polycarbonate yang membungkus bodi Vivo Z1i terlihat sangat mengkilat dan berkelas serta sentuhan finishing yang sangat baik membuatnya tampak sangat elegan layaknya smartphone kelas premium. Begitupun penempatan beberapa komponen luar seperti kamera utama, sensor fingerprint dan beberapa tombol fisik lainnya yang terlihat sangat pas. Bodinya ini memiliki dimensi 154.8 x 75.1 x 7.9 mm dengan bobot sekitar 149 gram.

Pada bagian depan, terdapat sebuah panel berponi (notch di atas layar) berukuran lumayan besar 6.26 inci yang diadopsi dari teknologi IPS LCD beresolusi FHD+ 2280 x 1080 piksel dan telah mendukung fitur berupa tampilan penuh (fullview) dengan aspek rasio 19:9. Layar luasnya tersebut mencakup 84.1% screen-to-body ratio, yang artinya hampir sepenuhnya didominasi layar dan hanya menyisahkan bezel tipis di keempat sisinya.

Tidak diketahui pasti apakah terdapat teknologi pelindung layar yang terpasang di dalamnya atau tidak. Namun apabila benar-benar tidak ada yang memproteksi layarnya, maka pengguna perlu menambahkan pelindung tambahan seperti tempered glass agar terlindung dari goresan benda tajam yang tidak diinginkan.

2. Performa Gahar dengan CPU Snapdragon dan Penyimpanan Lebih Luas
Berjalan pada sistem operasi Android teranyar sekarang ini, yaitu Android Oreo 8.1 antarmuka Funtouch OS 4.0 akan dioptimalkan kinerjanya oleh prosessor bertenaga Qualcomm Snapdragon 636 (SDM636) Octa-core pabrikasi 14nm yang memiliki kemampuan dalam melakukan transmisi data sebesar 4x 1.8GHz Kryo-260 + 4x 1.6GHz Kryo-260 dan akan mendapatkan sokongan dari RAM berkapasitas lumayan besar 4GB.

Sementara untuk menangani tampilan grafisnya agar menghasilkan visual yang lebih bersih, jernih dan halus, Vivo mempercayakan kepada Qualcomm Adreno 509 sebagai pengolah grafisnya. Sedang untuk keperluan penyimpanan file / data dalam skala besar, disediakan internal storage berkapasitas jumbo 128GB dan masih bisa diperluas melalui kartu memori jenis Micro hingga kapasitas 256 GB.

Dengan perpaduan hardware dan software tersebut diatas, selain dapat menciptakan grafik yang jernih, juga dapat memberikan performa maksimal. Bahkan ketika menjalankan aplikasi berat, sepert bermain game full HD sekalipun akan tetap terasa cepat dan halus, bahkan hampir zero lag.

3. Kamera Utama Bersensor Ganda + Kamera Selfie Beresolusi Tinggi
Salah satu lini yang diunggulkan oleh Vivo Z1i agar tetap dapat bersain dengan para kopetitornya adalah dengan mengandalkan sektor kamera. Dimana untuk kamera utama, hadir dengan dual sensor yang masing-masing bersolusi 13 MP aperture f/2.2, PDAF + 2 MP f/2.4 tanpa AF dan didukung oleh fitur berupa LED Flash, Autofokus, continuous shooting, digital zoom, OIS, geotagging, panorama, HDR, sentuh fokus, deteksi wajah, self timer.

Fitur-fitur tersebut tentu saja akan sangat membantu saat proses pengambilan gambar atau video agar memberikan hasil yang lebih maksimal dan memuaskan. Sedangkan kamera depan / selfie juga tidak kalah dari kamera utamanya, yaitu beresolusi 16 megapiksel aperture f/2.0. Dengan resolusi sebesar ini, foto selfie yang dihasilkan akan terlihat lebih bersih dan tampak sangat nyata.

Pada kamera depannya tersebut, telah terintegrasi dengan sistem Face Recognation (face unlock) yang berfungsi untuk membuka kunci layar smartphone dengan cara memindai titik wajah penggunanya. Face Recognation ini dapat diaktifkan secara bersamaan dengan sistem keamanan fingerprint, dimana keduanya diklaim memiliki kecepatan membuka kunci ponsel hanya dalam hitungan beberapa milidetik saja.

4. Baterai Berkapasitas Lumayan Besar + Fitur Penting Lainnya
Komponen-komponen yang terdapat didalam bodi Vivo Z1i akan mendapatkan pasokan daya dari baterai berdaya tampung 3260 mAh yang terbuat dari teknologi Li-ion, bersifat non-removable dan telah didukung oleh pengisian super cepat (fastcharging). Kapasitas baterainya ini, dinilai akan mampu bertahan selama seharian penuh dalam pemakaian normal.

Adapun fitur penting lain yang turut disematkan didalam smartphone pendatang terbaru ini, termasuk dual SIM jenis nano yang telah mendukung koneksi internet 4G LTE berkecepatan hingga 300/50 Mbps, sensor accelerometer, gyroscope, compass, proximity, sambungan Wi-Fi (802.11 a/b/g/n/ac, direct, hotspot, dual band), bluetooth (5.0, A2DP), MicroUSB 2.0, USB On-The-Go, Radio FM, tracking/positioning (GPS, A-GPS, GLONASS, BeiDou), 3.5mm jack dan sebagainya.

Harga Vivo Z1i dan Spesifikasi Detail


Vivo Z1i rencananya akan mulai dijual pada awal Bulan Juli 2018 ini di China dengan harga perdana sekitar Rp 4,1 jutaan. Namun hingga saat ini belum ada kabar apakah HP ini akan masuk ke Indonesia atau tidak. Jadi kita tunggu saja informasi selanjutnya. Adapun spesifikasi lengkap Vivo Z1i, bisa kalian lihat pada tabel berikut.
UMUM
HargaRp 4,1 jutaan (4GB RAM / 128GB Storage)
StatusRilis
Tahun RilisJuli 2018
JARINGAN
TeknologiGSM / HSPA / LTE
SIMHybrid Dual SIM (Nano)
Koneksi4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
KecepatanHSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE 300/50 Mbps
DESAIN
Dimensi154.8 x 75.1 x 7.9 mm
Berat149.4 gram
MaterialRangka aluminium, bodi polycarbonate
WarnaMerah, hitam
LAYAR
JenisIPS LCD, layar sentuh kapasitif 16 juta warna
Ukuran6.26 inci
Resolusi2280 x 1080 piksel (FHD+)
Rasio19:9 (fullview)
Kerapatan403 ppi
PLATFORM
OSAndroid Oreo 8.1 (Funtouch OS 4.0)
ChipsetQualcomm Snapdragon 636 (SDM636) 14nm
CPUOcta-core 4x 1.8GHz Kryo-260 + 4x 1.6GHz Kryo-260
GPUQualcomm Adreno 509
RAM4GB, LPDDR4X Double Channel 1333 MHz
PENYIMPANAN
Internal128 GB
EkspansiYa, microSD hingga 256 GB (hybrid slot SIM 2)
KAMERA UTAMA
SensorDual sensor: 13 MP + 2 MP
Lensaf/2.2, PDAF + f/2.4 tanpa AF, depth sensor
LED FlashYa
Video2160p @30fps, 1080p @30fps
FiturAutofokus, continuous shooting, digital zoom, OIS, geotagging, panorama, HDR, sentuh fokus, deteksi wajah, self timer
KAMERA DEPAN
Sensor16 MP
Lensaf/2.0
Video1920 x 1080 piksel (FHD) @30fps
LED FlashTidak
FiturFace recognation
KONEKTIVITAS
Wi-Fi802.11 a/b/g/n/ac, direct, hotspot, dual band
Bluetooth5.0, A2DP
USBMicroUSB 2.0, USB On-The-Go
RadioYa, FM
PenandaGPS, A-GPS, GLONASS, BeiDou
BATERAI
JenisNon-removable Li-Ion
Kapasitas3260 mAh
Pengisian CepatYa
FITUR
KeamananFace Unlock, Fingerprint (belakang ponsel)
SensorAccelerometer, gyroscope, compass, proximity
Pemutar MusikMP3/WAV/eAAC+/FLAC
Pemutar VideoMP4/H.264
LainnyaBrowser HTML5
Photo/video editor
Document viewer
3.5mm jack
Loudspeaker
Disclaimer: Kami tidak menjamin bahwa informasi pada halaman ini 100% benar. Selengkapnya.
Open Comments