advertisement
AndroLite.com - Sukses dengan penjualan Redmi generasi kelima, Xiaomi kembali meluncurkan generasi terbaru Redmi yang diberi nama Xiaomi Redmi 6. Smartphone ini merupakan penerus dari varian sebelumnya, namun dengan tampilan yang lebih segar dan tentu saja memilki banderol harga yang sangat terjangkau.

Xiaomi Redmi 6 merupakan ponsel cerdas berkategori Mid-End yang hadir dengan berbekal spesifikasi dan fitur unggulan dikelasnya. Diantaranya mengandalkan dual kamera utama, RAM berkapasitas lumayan besar, berjalan pada sistem operasi android oreo, kapasitas penyimpanan besar, ditenagai oleh prosessor Helio P22 dan lain sebagainya. Semakin penasaran dengan Redmi 6 ini? Yuk, mari kita ulas secara singkat.

Spesifikasi Xiaomi Redmi 6

UMUM
BrandXiaomi
ModelRedmi 6
StatusRilis
Tahun RilisJuni 2018
JARINGAN
SIMHybrid Nano Dual SIM (Dual standby)
TeknologiGSM / HSPA / LTE
Koneksi4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
KecepatanHSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE
DESAIN
Dimensi147.5 x 71.5 x 8.3 mm
Berat146 gram
Build-
WarnaAbu-abu, gold, biru, rose gold
LAYAR
JenisIPS LCD, layar sentuh kapasitif 16 juta warna
Ukuran5.45 inci
Resolusi1440 x 720 piksel (HD+)
Rasio18:9 (fullview)
Kerapatan295 ppi
Perlindungan-
PLATFORM
OSAndroid Oreo 8.1 (MIUI 9)
ChipsetMediatek Helio P22 (MT6762)
CPUOcta-core 2.0 GHz Cortex-A53
GPUPowerVR GE8320
RAM4 GB / 3 GB
PENYIMPANAN
Internal64 GB / 32 GB
EkspansiYa, microSD hingga 256GB (Hybrid slot SIM 2)
KAMERA UTAMA
ResolusiDual sensor: 12 MP + 5 MP
Lensaf/2.2, 1.25 μm + f/2.2, 1.12 μm
LED FlashYa
Video1080p @30fps
FiturPhase detection autofocus, geo-tagging, sentuh fokus, deteksi wajah/senyum, HDR, panorama
KAMERA DEPAN
Resolusi5 MP
Lensa-
LED FlashTidak
Video1080p
Fitur-
KONEKTIVITAS
Wi-Fi802.11, Direct, hotspot
Bluetooth4.2
USBmicroUSB 2.0, USB On-The-Go
RadioYa, FM
PenandaGPS, A-GPS, BDS, GNSS
Infra MerahTidak
NFCTidak
BATERAI
JenisNon-removable Li-Po
Kapasitas3000 mAh
Pengisian Cepat-
FITUR
KeamananFingerprint (belakang ponsel)
SensorAccelerometer, proximity, compass
3.5mm jackYa
LoudspeakerYa
Pemutar MusikMP3/WAV/eAAC+/Flac
Pemutar VideoXviD/MP4/H.264
LainnyaBrowser HTML5
Photo/video editor
Document viewer
Disclaimer: Kami tidak menjamin bahwa informasi pada halaman ini 100% benar. Selengkapnya.

Review Xiaomi Redmi 6


1. Desain Lebih Segar dan Layar Tampilan Penuh
Desain bodi yang dibawa oleh Redmi 6, sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda dari Redmi 5. Perbedaanya ada pada penempatan kamera utama, dimana Redmi 5 posisinya berada di bagian tengah belakang ponsel dan memiliki panel yang menyisahkan bezel tipis saja. Sedangkan generasi keenam ini letak kameranya ditempatkan di sudut kiri atas dan bezel pada tepi layar juga terlihat lebih tebal. Secara keseluruhan Redmi 6 berdimensi 147.5 x 71.5 x 8.3 mm dengan bobot 146 gram dan hadir dalam 4 varian warna, yakni abu-abu, gold, biru dan rose gold.

Panel yang digunakannya, diadopsi dari teknologi IPS LCD layar sentuh kapasitif kedalaman 16 juta warna, berukuran 5.45 inci dan beresolusi 1440 x 720 piksel (HD+). Xiaomi juga telah menanamkan teknologi trend masa kini, yakni layar tampilan penuh (fullview) dengan aspek rasio 18:9. Dengan ini, pengguna bisa menikmati berbagai konten multimedia dengan tampilan yang lebih luas.

2. Kinerja Mantap dengan CPU Helio P22 dan RAM Berkapasitas Besar
Xiaomi mengandalkan prosessor Mediatek Helio P22(MT6762) sebagai otak untuk menjalankan perangkat terbaru mereka ini, yang dinilai mampu untuk memberikan performa lebih tangguh dan responsive. Kecepatan clockingnya, dapat mencapai 2.0 GHz merata ke semua 8 inti (octa-core) yang dimilikinya. Selain itu, dukungan RAM berkapasitas 4GB / 3GB juga akan sangat membantu untuk meningkatkan performanya.

Kedua komponen di atas, akan saling bekerjasama dalam mengoptimalkan kinerja sistem operasi MIUI 9, yang pada dasarnya merupakan kostumasi Android Oreo 8.1. Sementara untuk urusan grafis, Xiaomi Redmi 6 mengandalkan GPU PowerVR GE8320 untuk mengelola tampilan visual, sehingga pengguna akan merasa dimanjakan oleh kualitas visual yang mengagumkan, jernih dan halus.

Adapun kebutuhan penyimpanan data / file, dalam hal ini Xiaomi menyiapkan dua varian. Varian storage 64GB dipadukan dengan RAM 4GB, sedangkan 32GB dipadukan RAM berkapasitas 3GB. Keduanya juga menyediakan slot microSD untuk ekspansi penyimpanan hingga 256GB. Namun sayangnya, slot microSD ini hybrid (menyatu) dengan slot SIM 2, sehingga pengguna hanya bisa mengaktifkan 1 SIM saja, apabila kartu memori ditambahkan.

3. Dual Sensor Kamera Utama dan Kamera Depan Standar
Tidak berbeda dari smartphone trend masa kini, Xiaomi Redmi 6 juga tampil dengan kamera utama dual sensor. Untuk sensor primer, beresolusi 12 MP dengan lensa bukaan f/2.2, 1.25 μm, sedang untuk sensor sekunder beresolusi 5 MP aperuter f/2.2, 1.12 μm. Agar foto dan video yang dihasilkan bisa maksimal, kamera utamanya ini dibekali pula fitur berupa lampu kilatan LED, phase detection autofocus, geo-tagging, sentuh fokus, deteksi wajah/senyum, HDR dan panorama.

Lanjut ke kamera depan. Pada sektor ini, tidak ada yang terlalu spesial ataupun diunggulkan, karena kamera depan Xiaomi Redmi 6 hanya mengandalkan sensor standar 5 megapiksel saja dan tidak didukung oleh LED flash. Meski demikian, kemampuannya dalam merekam video tidak perlu diragunkan, karena dapat menghasilkan rekaman FHD 1920 x 1080 piksel.

4. Sensor, Konektivitas dan Baterai
Selain dibekali sensor Face Unlock yang terintegrasi dengan kecerdasan buatan (AI) sebagai sistem keamanannya, Redmi 6 juga dibekali sistem pengamanan lain berupa sensor fingerprint yang diletakkan di bagian tengah belakang ponsel. Selain dua sensor ini, terdapat pula beberapa sensor lainnya, termasuk accelerometer, proximity dan compass.

Di sektor konektivitas, terdapat sambungan berupa WLAN (Wi-Fi 802.11, Wi-Fi Direct, hotspot), bluetooth 4.2, microUSB 2.0, USB On-The-Go, GPS (A-GPS, BDS, GNSS), radio dan dual slot kartu SIM dengan dukungan koneksi internet berbasis 4G LTE berkecepatan mempuni.

Sementara untuk menopang segala aktivitas, Redmi 6 dibekali baterai berkapasitas lumayan 3000 mAh sebagai penyuplai dayanya. Baterainya ini diadopsi dari teknologi Li-Po yang sifatnya non-removable atau tertanam rapat di dalam bodi smartphone. Sayangnya, tidak ada teknologi pengisian cepat (fastcharging) yang mendukungnya, sehingga proses pengisian ulang akan membutuhkan waktu sedikit lebih lama.

Harga Terbaru Xiaomi Redmi 6


Xiaomi Redmi 6 akhirnya resmi menyapa Indonesia dan hadir dalam dua model, yakni RAM 3GB dipadukan storage 32GB dengan banderol harga perdana sekitar Rp 1,9 juta dan RAM 4GB + 64GB sekitar Rp 2,5 juta. Adapun harga terbaru ponsel ini, khususnya periode bulan ini, bisa kalian lihat pada daftar di bawah ini.
BulanHargaRAM + Storage
Oktober 2018Rp 1,8 juta3GB + 32GB
Rp 2,4 juta4GB + 64GB
September 2018Rp 1,8 juta3GB + 32GB
Rp 2,4 juta4GB + 64GB
Disclaimer : Harga tersebut di atas, kemungkinan besar berbeda dari harga yang ada di tempat kalian, tetapi tidak akan jauh beda.

Kelebihan Xiaomi Redmi 6

  • Dukungan koneksi internet berbasis 4G dan slot Dual SIM yang bisa diaktifkan secara bersamaan.
  • Bodi terlihat lebih ramping karena hanya berdimensi 147.5 x 71.5 x 8.3 mm saja.
  • Layar berukuran sedang 5.45 inci, beresolusi HD+ 1440 x 720 piksel dengan aspek rasio 18:9 (fullview).
  • Telah berjalan pada OS Android 8.1 dengan antarmuka MIUI 9.
  • Ditenagai oleh prosessor Mediatek Helio P22 Octa-core berkecepatan 2.0 GHz.
  • RAM berkapasitas besar 3GB / 4GB.
  • Penyimpanan internal 32GB / 64GB dengan slot ekspansi hingga 256GB.
  • Mengandalkan pengolah grafis PowerVR GE8320.
  • Kamera utama Dual sensor: 12 MP + 5 MP didukung lampu kilatan LED.
  • Baterai berkapasitas lumayan besar 3000 mAh.
  • Sistem keamanan berupa sensor pindai sidik jari dan Face Unlock.

Kekurangan Xiaomi Redmi 6

  • Slot SIM dan microSD menyatu (hybrid) sehingga ketika pengguna lebih memilih melakukan ekspansi, maka hanya bisa mengaktifkan 1 SIM saja.
  • Mengandalkan layar jenis IPS LCD yang dinilai boros mengkonsumsi daya baterai.
  • Kamera depan hanya beresolusi 5 megapiksel saja dan tidak didukung oleh LED Flash.
  • Baterai tidak dilengkapi fitur pengisian cepat / fast charging.
Itulah beberapa informasi penting terkait HP Xiaomi Redmi 6 yang mungkin bermanfaat bagi kalian. Semoga dengan informasi yang ada di atas bisa memberikan informasi tambahan untuk dijadikan sebagai bahan pembanding bagi kalian sebelum memutuskan untuk membeli sebuah smartphone android baru. Terima kasih telah berkunjung, salam.
Open Comments