Resmi Rilis, ini Harga Asus Zenfone Ares dan Spesifikasi Lengkapnya

advertisement
AndroLite.com - Hanya berselang beberapa pekan setelah peluncuran smartphone gaming ROG Phone, Asus kembali merilis Zenfone Ares dengan mengusung spesifikasi yang tergolong mempuni di kelasnya. Smartphone ini secara diam-diam diluncurkan di Negara asalnya, Taiwan pada bulan Juni 2018.

Asus Zenfone Ares merupakan smartphone Mid-Range berbekal kamera beresolusi tinggi, diotaki prosessor bertenaga, RAM dan penyimpanan internal berkapasitas besar, baterai mempuni dengan dukungan pengisian cepat, disematkan fitur AR (augmented reality) dan VR (virtual reality) serta beberapa keunggulan lainnya. Penasaran dengan spesifikasi dan harga Asus Zenfone Ares ini, yuk mari kita ulas secara singkat.

Review Singkat Spesifikasi Asus Zenfone Ares


1. Desain Bodi dan Layar
Bodi Zenfone Ares memiliki rangka yang terbuat dari bahan metal dan polycarbonate pada bagian penutup belakang. Tampilannya terlihat unik dengan ciri khasnya tersendiri, dimana pada setiap sudutnya terlihat seperti terpotong tegas dan sisi kiri kanan bagian punggung sedikit melengkung. Secara keseluruhan bodinya berdimensi 158.6 x 77.4 x 7.9 dengan bobot sekitar 170 gram.

Pada bagian depannya, terdapat bentangan layar berukuran 5.7 inci yang diadopsi dari teknologi Super AMOLED beresolusi UHD+ 2560 x 1440 piksel dan memiliki kerapatan piksel per inci sekitar 515ppi. Dengan resolusi dan ukuran yang tergolong sedang ini, akan menyuguhkan tampilan visual yang mengesankan, sekaligus memanjakan penggunanya.

Selain itu, ada pula teknologi Tru2life yang diklaim dapat meningkatkan visibilitas layar di luar ruangan, sehingga pemiliknya tidak akan terganggu oleh cahaya terik pada saat smartphone digunakan di bawah paparan sinar matahari.

Namun sayangnya, layar tersebut masih belum mendukung tampilan penuh / fullview dan hanya memiliki aspek rasio standar 16:9 saja. Padahal apabila fitur ini disematkan, maka akan semakin menyempurnakan visual yang ditampilkan. Terlepas dari hal ini, layarnya tersebut telah dilapisi scratch resistant dan diproteksi oleh anti gores berupa corning gorilla glass generasi keempat.

2. Kamera Beresolusi Tinggi Full Fitur
Berkategori smartphone kelas menengah, bukan berarti komponen kamera yang tersemat didalam Asus Zenfone Ares juga memiliki resolusi sedang, melainkan beresolusi cukup tinggi, yakni 23 megapiksel aperture f/2.0 dengan mengandalkan sensor dari Sony IMX318 Exmor RS dan didukung fitur berupa Dual-LED Flash, Phase detection, 2nd gen laser autofocus, 4-axis, 4 stop OIS, 6-element lens, Blue filter glass, Motion tracking camera dan sebagainya.

Kemampuannya dalam mengambil gambar, dapat mencapai resolusi 5488 x 4096 piksel dan dapat merekam video hingga 3160 x 2160 piksel pada kecepatan @30fps. Didalamnya terdapat teknologi PixelMaster 3.0 yang mampu melacak gerakan dan depth sensing berfungsi untuk merekam informasi 3D dalam memaksimalkan penggunaan AR (Augmented Reality).

Sementara untuk kamera sekunder atau depan, mengandalkan sensor 8 megapiksel aperture f/2.0 didukung fitur Wide angle lens-85° dan dapat menghasilkan rekaman video HD 1280 x 720 piksel @20fps. Namun sayangnya, tidak ada LED flash yang mendukungnya.

3. Performa Handal dengan Platform Unggulan
Untuk menjalankan Zenfone Ares, Asus membekalinya dengan beberapa plaform unggulan dikelasnya. Termasuk mengandalkan prosessor bertenaga buatan Qualcomm seri Snapdragon 821 (MSM8996 Pro) pabrikasi 14nm (nanometers), memiliki chiset Quad-core / 4 inti dan mempunyai kecepatan clocking 2x 2.35 Ghz Kryo, 2x 2.0 Ghz Kryo. Dukungan penuh juga diberikan oleh RAM berkapasitas jumbo 8GB LPDDR4 Double Channel, 1866 Mhz.

Sedang untuk menangani tampilan grafisnya, HP ini mengandalkan Adreno 530 sebagai GPU-nya. Namun sangat disayangkan, karena sistem operasi Android yang berjalan di dalamnya merupakan versi Nougat 7.0 dan bukannya Android Oreo 8.0. Padalah OS Oreo diyakini lebih efisien dalam penggunaan daya baterai serta memiliki lebih banyak fitur dibandingkan Android Nougat.

Terlepas dari hal tersebut, perpaduan antara hardware dan software sebagai platform untuk mengoperasikan Zenfone Ares, menghasilkan performa gahar, tangguh, responsive dan dapat menjalankan berbagai jenis aplikasi berat sekalipun. Selain itu, kebutuhan untuk penyimpanan file / aplikasi, disediakan internal storage berkapasitas besar 128GB dengan dukungan slot ekspansi melalui microSD hingga kapasitas 2000GB atau 2TB.

4. Baterai, Sensor dan Fitur Lainnya
Segala komponen yang terdapat didalam Asus Zenfone Ares, akan mendapatkan suplay daya dari baterai berkapasitas 3300 mAh dengan dukungan pengisian super cepat teknologi Qualcomm Quick Charge 3.0. Jenis baterai yang digunakannya, terbuat dari Li-Polymer (Li-Po) dan mempunyai sifat non-removable atau tertanam rapat didalam bodinya.

Untuk sensor, perangkat ini memiliki sensor fingerprint sebagai sistem keamanannya, sensor accelerometer, light, gyroscope, proximity, compass dan barometer. Selanjutnya konektivitas yang ada didalamnya, terdapat Wi-Fi (802.11 a/b/g/n, Dual Band, Direct, Hotspot), bluetooth versi 4.2, USB 2.0 tipe-C, USB On-The-Go, positioning (GPS, A-GPS, BeiDou, GLONASS), infra merah, GPS dan dukungan koneksi internet 4G LTE melalui dual SIM yang dapat diaktifkan secara bersamaan.

Harga Asus Zenfone Ares dan Spesifikasi Detail

Lantas, berapakah harga Asus Zenfone Ares ini? Di Negara asalnya, HP ini dibanderol sekitar $333 atau setara dengan Rp 4,6 jutaan. Namun belum diketahui secara pasti, apakah ponsel ini akan masuk ke Indonesia atau tidak dan untuk spesifikasi lengkapnya, bisa kalian lihat pada tabel spesifikasi berikut ini.
UMUM
HargaPerkiraan Rp 4,6 jutaan (8GB RAM / 128GB Storage)
StatusRilis
Tahun RilisJuni 2018
JARINGAN
SIMNano Dual SIM (Dual standby)
TeknologiGSM / HSPA / LTE
Koneksi4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
KecepatanHSPA, LTE
DESAIN
Dimensi158.6 x 77.4 x 7.9
Berat170 gram
BuildMetal, Polycarbonate
WarnaHitam
LAYAR
JenisSuper AMOLED, layar sentuh kapasitif 16 juta warna
Ukuran5.7 inci
Resolusi2560 x 1440 piksel (UHD+)
Rasio16:9 (fullview)
Kerapatan515 ppi
PerlindunganCorning Gorilla Glass 4
PLATFORM
OSAndroid Nougat 7.0 (ZenUI 3.0)
ChipsetQualcomm Snapdragon 821 (MSM8996 Pro) 14nm (nanometers)
CPUQuad-core 2x 2.35 Ghz Kryo, 2x 2.0 Ghz Kryo
GPUAdreno 530
RAM8 GB (LPDDR4 Double Channel, 1866 Mhz)
PENYIMPANAN
Internal128 GB
EkspansiYa, microSD hingga 2000GB (2TB)
KAMERA UTAMA
Sensor23 MP (Sony IMX318 Exmor RS)
Lensaf/2.0
LED FlashYa, Dual-LED Flash
Video3840 x 2160 piksel @30fps
Fitur- Phase detection
- 2nd gen laser autofocus
- Contras autofocus
- 4-axis, 4 stop OIS
- 6-element lens
- Blue filter glass
- Motion tracking camera
- Depth sensing camera
- Autofocus
- Continues Shooting
- Digital Zoom
- Digital Image Stabilization
- Optical Imagae Stabilization
- Geotagging
- Panorama
- HDR
- Sentuh Fokus
- Deteksi wajah
- White balance settings
- ISO Settings
- Exposure Compensation
- Self timer
- Scene mode
- Macro mode
- RAW
KAMERA DEPAN
Resolusi8 MP
Lensaf/2.0
LED FlashTidak
Video1280 x 720 piksel @20fps
FiturWide angle lens - 85°
KONEKTIVITAS
Wi-Fi802.11 a/b/g/n, Dual Band, Direct, Hotspot
Bluetooth4.2
USB2.0 tipe-C, USB On-The-Go
Radio-
GPSYa, dengan A-GPS, BeiDou, GLONASS
Infra MerahYa
NFCYa
BATERAI
JenisNon-removable Li-Polymer
Kapasitas3300 mAh
Pengisian CepatYa, Qualcomm Quick Charge 3.0
FITUR
KeamananFingerprint
SensorAccelerometer, light, gyroscope, proximity, compass, barometer
3.5mm jackYa
LoudspeakerYa
Pemutar MusikMP3/WAV/eAAC+/Flac
Pemutar VideoXviD/MP4/H.264
LainnyaBrowser HTML5
Photo/video editor
Document viewer
Disclaimer: Kami tidak menjamin bahwa informasi pada halaman ini 100% benar. Selengkapnya.
Open Comments