advertisement
AndroLite.com - Menjelang akhir kuartal pertama tahun 2018, Vivo kembali meluncurkan dua smartphone terbaru mereka sekaligus yang diberi nama "Vivo X21 UD" dan "Vivo X21". Khusus Vivo X21 UD, perangkat ini memiliki teknologi yang terbaru dan berbeda dengan ponsel cerdas lainnya, yaitu dengan menerapkan teknologi fingerprint yang ditempatkan di bawah layar atau under display.

Selain teknologi baru tersebut, Vivo X21 UD juga mengusung desain layar berponi yang mirip dengan perangkat Apple iPhone X. Layar berponi ini merupakan inovasi yang sekarang ini lagi trend dikalangan depelover sendiri dan masyarakat tentunya.

Selain berbekal teknologi terbaru dan layar berponi, Vivo juga membekali perangkat baru mereka ini dengan beberapa fitur, desain dan spesifikasi unggulan di kelasnya. Salah satu diantaranya adalah dengan berjalan pada sistem operasi terbaru saat ini menyematkan dual kamera utama, dioperasikan oleh prosessor super bertenaga buatan Qualcomm, menanamkan RAM berkapasitas jumbo, dan beberapa spesifikasi unggulan lainnya.

Review Singkat Spesifikasi Vivo X21 UD


Desain Bodi Berkelas dan Elegan - Bukan hanya pada bagian layar, desain bodi yang diusung oleh Vivo X21 UD ini bisa dikatakan hampir 90% mirip dengan iPhone X. Baik dari segi desain bodi secara keseluruhan, hingga penempatan beberapa hardware seperti kamera, tombol dan komponen lainnya. Vivo X21 UD memiliki dimensi bodi berukuran 154.5 x 74.8 x 7.4 mm berbobot sekitar 156.2 gram dan hadir dalam 2 varian warna saja, yaitu black dan ruby red.

Untuk penempatan beberapa komponen yang letaknya berada di luar bodi, tampak dari sisi kanan sebuah tombol power dan pengatur suara atau volume. Dibagian atas layar terlihat juga sebuah kamera dan sebuah sensor cahaya. Kemudian di bagian bawah layar tampak polos dan tidak ditemukan tombol fisik apapun. Lanjut ke bagian belakang, tepatnya kiri atas, terdapat dual kamera utama dengan posisi vertikal, disusul sebuah lampu kilatan LED Flash.

Satu hal yang paling unik, menarik bahkan terbaru dari perangkat X21 UD adalah penempatan dari sensor fingerprint atau pindai sidik jarinya. Dimana dari sekian banyak ponsel yang sudah beredar, masih mengusung fingerprint yang letaknya dibagian belakang, samping atau di atas tombol home. Namun Inovasi terbaru yang diterapkan oleh Vivo pada smartphone X21 UD adalah dengan menempatkan sensor sidik jari di bawah / di dalam layar.

Layar Tampilan Penuh, Bezel Tipis - Trend smartphone masa kini yang mengusung layar berponi atau terdapat notch di bagian atas layar juga ikut diterapkan oleh Vivo X21 UD. Tampak di bagian depan dari perangkat ini, hampir seluruhnya tertutupi oleh layar dan hanya menyisakan sedikit bezel (bezelless), baik pada sisi kiri kanan, maupun dibagian atas dan bawah layar.

Adapun jenis layar yang diusung oleh X21 UD ini, diadopsi dari teknologi Super AMOLED layar sentuh kapasitif kedalaman 16 juta warna berukuran lumayan lapang 6.28 inci. Selain itu, resolusinya juga sangat tinggi 1080 x 2280 piksel didukung oleh kepadatan piksel per incinya yang mencapai 402 ppi. Namun sayangnya, tidak diketahui apakah terdapat teknologi pelindung yang tersemat di dalam layarnya ini agar terlindung dari berbagai jenis goresan ataupun benturan atau tidak.

Platform Responsive dengan CPU Bertenaga - Integrasi antara hardware dan software dalam mengoperasikan sebuah smartphone sangatlah penting untuk meningkatkan performa dan kinerja. Hal itulah yang dicoba diterapkan oleh Vivo kedalam X21 UD ini, yakni dengan menyematkan OS terbaru dan CPU bertenaga serta RAM berkapasitas cukup tinggi.

Dimulai dari OS yang digunakan. Vivo X21 UD berjalan pada sistem operasi Android terbaru saat ini, yaitu Oreo versi 8.1 dengan tampilan ciri khas Vivo, Funtouch OS 4.0. Lanjut ke bagian hardware, yang dalam hal ini CPU dan RAM. Jenis CPU yang tertanam di dalam perangkat ini berasal dari teknologi buatan Qualcomm SDM660 Snapdragon 660 dengan inti Octa Core (8 inti) yang mampu melakukan clocking hingga kecepatan 4x2.2 GHz Kryo 260 dan 4x1.8 GHz Kryo 260.

Sementara RAM yang digunakan juga tidak kalah besar, yaitu berkapasitas 6GB serta mendapatkan dukungan penuh dari penyimpanan internal untuk menyimpan berbagai jenis file atau data dalam skala besar hingga kapasitas 128 GB. Disediakan pula sebuah slot untuk melakukan ekspansi melalui kartu memori jenis MicroSD hingga kapasitas 256GB.

Untuk urusan grafis, diserahkan kepada GPU jenis Adreno 512 yang dinilai mampu menghasilkan visual berkualitas, detail, jernih serta lembut di mata penggunanya. Integrasi antara hardware dan software yang mengoperasikan Vivo X21 UD, bisa dipastikan menghasilkan kinerja responsive dan super cepat.

Dual Kamera Utama Resolusi Tinggi - Untuk urusan fotografi, Vivo X21 UD dibekali kamera utama dan selfie beresolusi cukup tinggi. Mulai dari kamera utama. Kamera utama yang tersemat di dalam seri X21 UD ini mengandalkan dual kamera utama yang masing-masing memiliki resolusi 12 MP + 5 MP dengan aperture f/1.8, 1/2.5", 1.4 µm, Dual Pixel PDAF dan f/2.4. Didukung pula dengan beberapa fitur tambahan untuk memaksimalkan hasil fotografi / video berupa phase detection autofocus, LED flash, geo-tagging, sentuh fokus, deteksi wajah, HDR dan panorama.

Lanjut ke kamera selfie. Kekuatan kamera depan dari perangkat ini, memiliki resolusi yang sama dengan salah satu kamera utama, yaitu beresolusi 12 MP aperture f/2.0. Kemampuannya dalam menghasilkan video mencapai resolusi full HD 1920 x 1080 piksel. Namun sayangnya, pada kamera depan ini tidak dilengkapi dengan lampu kilatan LED untuk membantunya saat proses fotografi di tempat minim cahaya atau di tempat yang gelap.

Baterai Jumbo, Konektivitas dan Sensor Lainnya - Untuk menopang segala aktivitas yang dilakukan oleh HP Vivo X21 UD ini, baik pada saat sedang bermain game, merekam video dan lain sebagainya, dibekali baterai super jumbo 3200 mAh. Jenis baterai yang digunakannya ini diadopsi dari teknologi Li-Ion bersifat Non-Removable dan sudah mendukung pengisian kilat atau fastcharging.

Fitur pendukung lainnya, terdapat konektivitas berupa WLAN (Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot), buletooth versi 5.0 (dengan A2DP, LE), MicroUSB 2.0 support USB On-The-Go, FM radio, GPS dan lain sebagainya. Untuk sensor, selain dari fingerprint yang sudah di bahas di atas, terdapat pula sensor lain berupa accelerometer, proximity dan compass.

Harga Terbaru Vivo X21 UD dan Spesifikasi Lengkap


Banderol harga perdana yang ditawarkan untuk mendapatkan HP Vivo X21 UD sekitar 550 EURO atau setara dengan Rp 8,9 jutaan. Tidak berbeda dari smartphone lain pada umumnya, ponsel ini juga dari waktu ke waktu terus mengalami penurunan harga. Berikut informasinya.
UMUM
HargaRp 8,5 jutaan (Perkiraan)
StatusRilis
Tahun RilisMaret 2018
JARINGAN
TeknologiGSM / HSPA / LTE
SIMHybrid Nano Dual SIM (Dual standby)
Koneksi4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
KecepatanHSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE
DESAIN
Dimensi154.5 x 74.8 x 7.4 mm
Berat156.2 gram
WarnaBlack, Aurora White, Ruby Red
BuildDepan kaca, bodi aluminium
LAYAR
JenisSuper AMOLED, layar sentuh kapasitif 16 juta warna
Ukuran6.28 inci
ResolusiFHD+ 1080 x 2280 piksel
Rasio19:9 (fullview)
Kerapatan Piksel402 ppi
PLATFORM
Sistem OperasiAndroid Oreo 8.1, Funtouch OS 4.0
ChipsetQualcomm Snapdragon 660 (SDM660)
CPUOcta-core (4x2.2 GHz Kryo 260 + 4x1.8 GHz Kryo 260)
GPUAdreno 512
RAM6 GB
PENYIMPANAN
Internal128 GB
EkspansiYa, microSD hingga 256 GB (Hybrid slot SIM 2)
KAMERA UTAMA
ResolusiDual sensor: 12MP + 5MP
Lensaf/1.8, 1/2.5", 1.4 µm, Dual Pixel PDAF + f/2.4
LED FlashYa
FiturPhase detection autofocus, geo-tagging, sentuh fokus, deteksi wajah, HDR, panorama
Video1080p@30fps
KAMERA DEPAN
Resolusi12 MP
Lensaf/2.0
LED FlashTidak
VideoFHD 1920 x 1080 piksel
KONEKTIVITAS
Wi-Fi802.11, dual-band, direct, hotspot
Bluetooth5.0
USBMicroUSB 2.0, USB On-The-Go
NFCTidak
RadioFM radio
PenandaGPS, A-GPS, GLONASS
BATERAI
JenisNon-removable Li-Ion
Kapasitas3200 mAh
Pengisian CepatYa
FITUR
KeamananFingerprint (dibawah layar)
SensorAccelerometer, gyroscope, compass, proximity
3.5mm jackYa
LoudspeakerYa
Pemutar MusikMP3/WAV/eAAC+/FLAC
Pemutar VideoMP4/H.264
LainnyaBrowser HTML5
Photo/video editor
Document viewer
Disclaimer: Kami tidak menjamin bahwa informasi pada halaman ini 100% benar. Selengkapnya.
Open Comments