Vivo X20 Plus (X20+) UD Harga Terbaru 2018 dan Spesifikasi Lengkap

advertisement
AndroLite.com - Hadirnya smartphone Vivo X20+ UD yang mengusung fitur pindai sidik jari (fingerprint) di bawah layar, menjadi bahan perbincangan hampir disemua kalangan masyarakat. Betapa tidak, smartphone terbaru super canggih besutan perusahaan asal Tirai Bambu ini, menghadirkan teknologi fingerprint underdisplay teranyar, bahkan yang pertama di dunia.

Ini adalah pengembangan teknologi melalui kerja sama antara Synaptics selaku pemilik teknologi in-display fingerprint scanner dengan Vivo. Hadirnya fingerprint under display ini, banyak mendapatkan sorotan positif dari berbagai kalangan, baik dari kalangan produsen ataupun konsumen.

Selain itu, Vivo X20 Plus UD juga mengusung spesifikasi unggulan dan desain bodi yang mewah. Diantaranya dual kamera utama, prosessor Snapdragon 660, baterai berkapasitas besar, RAM berukuran jumbo, internal storage berkapasitas tinggi dan lain sebagainya. Semakin penasaran dengan ponsel cerdas ini? berikut ulasan singkatnya.

Review Singkat Spesifikasi Vivo X20 Plus (X20+) UD


Image source (vivo.com)
1. Desain Bodi Berkelas, Layar Mengagumkan
Apa yang dihadirkan oleh Vivo kedalam X20+ UD ini patut mendapatkan apresiasi. Karena desain bodi yang diusungnya memiliki motif yang unik pada bagian atas dan bawah perangkat. Ditambah lagi perpaduan warna dan garis emas pada tepi perangkat dan kamera utama, membuatnya tampak semakin berkelas dan elegan. Adapun jenis material yang membalut bodinya ini adalah terbuat dari bahan metal aluminium, sehingga akan membuatnya lebih kokoh dan tangguh.

Sementara dimensi bodi yang dimilikinya, berukuran 155.3 x 80.1 x 7.5 mm dengan bobot 181.5 gram. Meski memiliki bodi yang bisa dikatakan bongsor, namun pada saat berada dalam genggaman akan terasa nyaman, karena pada setiap sisinya terdapat lekukan yang sangat halus. Sedang untuk penempatan beberapa komponen luarnya juga terlihat sangat pas, terutama pada bagian kamera utama, dimana ditempatkan secara horizontal di sudut kiri atas punggung ponsel.

Didalam bodi yang berukuran bongsor tersebut, terdapat sebuah layar berukuran lapang 6.43 inci yang hampir menutupi seluruh permukaan bagian depan dan hanya menyisahkan sedikit bezel tipis pada keempat sisinya. Adapun jenis layar yang digunakannya, diadopsi dari layar Super AMOLED yang dinilai mampu memberikan tampilan grafis yang lebih berwarna, halus, detail dan tampak sangat nyata serta disinyalir mampu menghemat konsumsi daya baterai.

Selain itu, layar Vivo X20 Plus UD ini memiliki aspek rasio 18:9. Yang artinya memiliki tampilan visual luas atau fullview. Ditambah lagi resolusinya sudah FHD+ 1080 x 2160 piksel dan memiliki kepadatan piksel sebesar 376ppi. Tidak berhenti sampai disitu saja, layarnya tersebut juga dibekali fitur always-on-display yang berfungsi menampilkan petunjuk waktu dan icon notifikasi meski kondisi layar dalam keadaan mati total.

Seperti yang sudah disinggung di awal tadi, bahwa teknologi lain, sekaligus teknologi utama yang terdapat didalam layar ini berupa sensor fingerprint under display. Yaitu sebuah sensor pindai sidik jari synaprics yang ditanamkan pada bawah layar yang diklaim mampu mendeteksi sidik jari penggunanya hanya dalam hitungan beberapa milidetik saja. Selain itu, sensor ini juga mampu bekerja di bawah lapisan setebal 1.5 mm, termasuk screen pelindung.
2. Dual Kamera Utama, Kamera Depan Resolusi Tinggi

Kamera Vivo X20+ (Plus) UD
Dari segi kamera yang diusung oleh Vivo X20 Plus UD, menjadi salah satu yang diunggulkan. Untuk kamera utama, diberikan dual sensor yang masing-masing memiliki resolusi 12 MP + 5 MP. Kemampuan dual kameranya ini, salah satu diantaranya adalah mampu menciptakan efek bokeh yang mengagumkan. Ditambah lagi dengan adanya fitur berupa autofocus, LED flash, geo-tagging, sentuh fokus, deteksi wajah, HDR dan panorama, akan semakin memberikan banyak pilihan kepada penggunanya untuk menghasilkan foto dan video yang berkualitas.

Sementara untuk kamera depan, Vivo membekali X20+ UD dengan sensor yang beresolusi sedang, yakni 12 MP aperture f/2.0. Namun sayangnya, tidak ada fitur berupa lampu kilatan LED untuk membantu penggunanya ketika ingin merekam video vlogging atau melakukan selfie ditempat yang minim cahaya atau ditempat gelap.
3. Performa Apik dengan CPU Snapdragon 660 dan Mempunyai Baterai Berkapasitas Jumbo

Image source (androidheadlines.com)
Dari segi performa, Vivo melengkapi smartphone terbaru mereka ini dengan beberapa komponen berkelas dan berkualitas. Dimulai dari prosessor yang digunakan. X20 Plus UD menggunakan jenis CPU Qualcomm Snapdragon 660 yang memiliki 8 inti atau Octa-core dan mempunyai kecepatan transmisi data atau clocking hingga 4x2.2 GHz Kryo 260 dan 4x1.8 GHz Kryo 260. Ia juga akan mendapatkan dukungan penuh dari RAM berkapasitas jumbo 4GB. Kedua komponen ini akan saling bekerja sama untuk mengolah semua data dari berbagai aktifitas yang dilakukan oleh ponsel cerdas ini, sehingga kinerja yang dihasilkan akan semakin terasa kencang dan responsive.

Namun sayangnya, Vivo X20+ UD hanya berjalan pada kostumasi OS Funtouch OS 3.2 yang basicnya merupakan Android Nougat 7.1.1. Padahal, jauh hari sebelum perangkat ini resmi dirilis, sudah ada OS teranyar, yaitu Android Oreo 8.0. Mengapa OS Oreo lebih diunggulkan? Karena perangkat lunak ini lebih banyak memiliki fitur unggulan dan terbaru dibandingkan versi sebelumnya.

Adapun pengolah grafis untuk menangani tampilan visual Vivo X20 Plus UD, dipercayakan kepada GPU Adreno 512. Dimana jenis ini disinyalir mampu memberikan visual yang sangat jernih, halus, detail dan nyaman dimata pengguna meskipun digunakan selama berjam-jam tanpa henti. Selain itu, ponsel pintar ini juga diberikan penyimpanan internal berkapasitas besar, yaitu 128GB. Dan apabila masih kurang, pengguna masih bisa melakukan ekspansi melalui slot SDcard (hybrid dengan slot SIM2) hingga kapasitas 256 GB.

Untuk menopang semua aktivitas yang dilakukan oleh sistem atau pengguna serta untuk menyuplai daya kepada komponen yang membutuhkan, Vivo X20+ UD dibekali baterai berkapasitas jumbo 3900 mAh. Dengan kapasitas penyimpanan daya yang dimilikinya dan komponen yang memerlukan suplay daya juga sudah bisa menghemat konsumsi baterai, maka perangkat ini akan mampu bertahan selama seharian untuk berbagai jenis aktivitas tanpa isi ulang.

Selain itu, baterainya tersebut juga sudah mendukung teknologi pengisian cepat (fascharging) 5V/4.5A, sehingga untuk pengisian ulang, tidak akan membutuhkan waktu lama.

4. Sensor dan Fitur Lainnya
Selain sensor fingerprint yang disematkan didalam layar, Vivo X20 Plus UD juga dilengkapi dengan sensor berupa accelerometer, proximity dan compass. Sedangkan untuk konektivitas, terdapat WLAN (Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot), bluetooth (5.0, A2DP, LE), GPS dan microUSB 2.0 yang sudah mendukung USB On-The-Go (OTG).

Untuk fitur multimedia suara, selain mampu menghasilkan stereo audio pada 3.5mm jacknya, ia juga bekali dengan pembatalan bising aktif dengan mikrofon khusus dan audio 32-bit/192kHz.

Harga Vivo X20 Plus (X20+) UD dan Spesifikasi Detail


Image source (vivo.com)
Harga perdana untuk memiliki Vivo X20+ (Plus) UD, diperkirakan akan dibanderol senilai 3598 Yuan atau setara dengan Rp 7.2 jutaan. Dan untuk spesifikasi detail HP ini, bisa anda lihat pada tabel berikut.
UMUM
HargaRp 7.2 jutaan
StatusRilis
Tahun RilisJanuari 2018
JARINGAN
TeknologiGSM / HSPA / LTE
SIMNano Dual SIM (Dual standby)
Koneksi4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
KecepatanHSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE
DESAIN
Dimensi155.3 x 80.1 x 7.5 mm
Berat181.5 gram
BuildDepan kaca, bodi aluminium
WarnaMatte Black, Gold, Rose gold
LAYAR
JenisSuper AMOLED, layar sentuh kapasitif 16 juta warna
Ukuran6.43 inci
Resolusi1080 x 2160 piksel
Rasio18:9
Kerapatan Piksel376 ppi
MultitouchYa
PerlindunganN/A
PLATFORM
OSAndroid Nougat 7.1.1 (Funtouch OS 3.2)
ChipsetQualcomm Snapdragon 660
CPUOcta-core (4x2.2 GHz Kryo 260 dan 4x1.8 GHz Kryo 260)
GPUAdreno 512
RAM4 GB
PENYIMPANAN
Internal128 GB
EkspansiYa, microSD hingga 256 GB (hybrid slot SIM 2)
KAMERA UTAMA
SensorDual: 12 MP + 5 MP
Lensaf/1.8
LED FlashYa
Video1920 x 1080 piksel @30fps
FiturGeo-tagging, auto fokus, sentuh fokus, deteksi wajah, HDR, panorama
KAMERA DEPAN
Sensor12 MP
Lensaf/2.0
LED FlashTidak
KONEKTIVITAS
WLANWi-Fi 802.11, dual-band, WiFi Direct, hotspot
Bluetooth5.0
USBmicroUSB 2.0, USB OTG
NFCTidak
RadioTidak
GPSA-GPS
BATERAI
JenisNon-removable Li-Ion
Kapasitas3900 mAh
Pengisian CepatYa (5V/4.5A)
FITUR
KeamananFingerprint (under display)
SensorAccelerometer, compass, proximity
3.5mm jackYa, dengan Pembatalan bising aktif dengan mikrofon khusus<
LoudspeakerYa
Pemutar MusikMP3/WAV/eAAC+/FLAC
Pemutar VideoMP4/H.264
LainnyaBrowser HTML5
Photo/video editor
Document viewer
Disclaimer: Kami tidak menjamin bahwa informasi pada halaman ini 100% benar. Selengkapnya.
Open Comments