advertisement
AndroLite.com - Suksesnya Oppo menduduki posisi kedua di pasar smartphone Tanah Air, membuatnya semakin berhasrat untuk tetap mampu mempertahankan posisi mereka. Kesuksesan yang mereka raih tersebut disebabkan oleh semakin bertambahnya peminat terhadap produk-produk mereka. Hal ini kembali terbukti dengan kesuksesan atas penjualan salah satu smartphone terbaru mereka yaitu Oppo F7.

Dengan hasil tersebut, Oppo kali ini kembali merilis sub-brand terbaru dengan nama Oppo Realme 1. Dari segi desain, Realme sangat mirip dengan Oppo A3 yang telah dirilis beberapa waktu lalu, yakni mengusung layar berponi dan sentuhan finishing seperti pecahan berlian di bagian punggungnya.

Banyak kalangan berpendapat bahwa Realme merupakan brand yang sama dengan A3 dan ada juga yang menyebutkan bahwa keduanya memiliki beberapa perbedaan dan bukan merupakan brand yang sama. Akan tetapi, dari beberapa laporan terbaru menyatakan bahwa spesifikasi Realme 1 tidak akan sama persis dengan Oppo A3. Itu artinya, perangkat ini benar-benar merupakan brand terbaru dari Oppo.

Spesifikasi Oppo Realme 1


Image source : GSMArena
UMUM
BrandOppo
ModelRealme 1
Tahun RilisMei 2018
StatusRilis
JARINGAN
TeknologiGSM / HSPA / LTE
SIMNano Dual SIM (Dual standby)
Koneksi4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
KecepatanHSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE 600/100 Mbps
DESAIN
Dimensi156.5 x 75.2 x 7.8 mm
Berat155 gram
WarnaBlack, Red, Silver
LAYAR
JenisIPS LCD, layar sentuh kapasitif 16 juta warna
Ukuran6.0 inci
Resolusi1080 x 2160 piksel
Rasio18:9
Kerapatan Piksel402 ppi
PerlindunganN/A
PLATFORM
OSAndroid Oreo 8.0 (ColorOS 5.0)
ChipsetMediatek MT6771 Helio P60
CPUOcta-core (4x2.0 GHz Cortex-A73 dan 4x2.0 GHz Cortex-A53)
GPUMali-G72 MP3
RAM6GB / 4GB / 3GB
PENYIMPANAN
Internal128GB / 64GB / 32GB
EkspansiYa, microSD hingga 256 GB (slot khusus)
KAMERA UTAMA
Sensor13 MP
Lensa-
LED FlashYa
VideoFHD 1920 x 1080 piksel @30fps
FiturPhase detection autofocus, Geo-tagging, sentuh fokus, deteksi wajah, HDR, panorama
KAMERA DEPAN
Sensor8 MP
Lensaf/2.2
LED FlashTidak
Video-
KONEKTIVITAS
WLANWi-Fi 802.11, WiFi Direct, hotspot
Bluetooth4.2
USBmicroUSB 2.0, USB On-The-Go
NFCTidak
RadioFM radio
GPSA-GPS
BATERAI
Kapasitas3410 mAh
JenisNon-removable Li-Ion
Pengisian CepatN/A
FITUR
KeamananFace Unlock
SensorAccelerometer, gyroscope, compass, proximity
3.5mm jackYa, dengan pembatalan bising aktif dengan mikrofon khusus
LoudspeakerYa
Pemutar MusikMP3/eAAC+/WAV
Pemutar VideoMP4/H.264/FLAC
LainnyaBrowser HTML5
Photo/video editor
Document viewer
Disclaimer: Kami tidak menjamin bahwa informasi pada halaman ini 100% benar. Selengkapnya.

Review Oppo Realme 1


Image source (iGyaan)
1. Desain Bodi Mirip Pola Berlian
Realme 1 memiliki desain bodi yang sangat mirip dengan Oppo A3 dan F7, yaitu dengan pola mirip potongan-potongan berlian nan mengkilat. Pola berlian tersebut jika terkena cahaya, maka akan tampak sangat jelas terlihat.

Sisi belakang dari Realme 1 juta terlihat sangat metalik dengan beberapa desain poligonal di atasnya. Tepi bawah perangkat ini terdapat speaker eksternal, port microUSB 2.0 dan audio jack 3.5mm. Secara keseluruhan, dimensinya berukuran 156 x 75.2 x 7.8 mm dengan bobot sekitar 155 gram.

2. RAM Berkapasitas Jumbo dan CPU Helio P60 dengan Fitur AI
Realme 1 akan berjalan pada kostumasi sistem operasi Color OS 5.0 yang pada dasarnya merupakan Android Oreo versi 8.1. Ponsel ini akan ditenagai oleh RAM berkapasitas 6GB / 4GB / 3GB dan prosessor MediaTek MT6771 Helio P60. Yang menarik dari prosessor ini karena memiliki multi-core berpadukan kecerdasan buatan / artificial intelligence (AI).

Fitur AI tersebut selain berfungsi untuk mengoptimalkan performa dan kinerjanya, juga memiliki kemampuan untuk mendinginkan prosessor. Sehingga kestabilan suhu saat dioperasikan, terutama pada saat perangkat menjalankan aplikasi-aplikasi berat seperti bermain game atau multitasking akan tetap terjaga.

3. Penyimpanan Internal Super Jumbo
Tidak berbeda dengan A3 dan F7, Oppo Realme juga dibekali penyimpanan internal berkapasitas besar yakni 128 GB. Terdapat pula sebuah slot yang bisa digunakan penggunanya untuk melakukan ekspansi hingga kapasitas 256GB.

Menariknya, slot microSD ini sudah tidak menyatu dengan slot SIM 2 (hybrid) seperti kebanyakan smartphone pada umumnya. Melainkan terdapat slot khusus (dedicated).
4. Kamera dengan Fitur AI

Image source (gizmochina.com)
Kamera utama Realme, mengandalkan sensor 13 megapiksel lengkap dengan fitur phase detection autofocus dan LED flash untuk membatu memberikan pencahayaan tambahan jika diperlukan. Untuk pemotretan selfie, kamera depan memiliki resolusi 8 megapiksel.

Satu hal yang menarik dari kamera depan Realme 1 adalah dengan menawarkan beberapa fitur AI Selfie. Fitur kecerdasan buatan ini berguna untuk memperjelas objek yang ditangkapnya dan menghasilkan gambar yang lebih terang, kaya akan warna dan tampak terlihat sangat nyata.

5. Layar Tampilan Penuh (Fullview) Rasio 18:9
Pada smartphone Oppo A3, mengandalkan layar berlekuk di sisi kiri kananya. Tetapi tidak demikian dengan Realme 1 yang hanya mengusung layar datar tanpa lekukan. Namun layarnya ini sudah memiliki tampilan penuh dengan aspek rasio 18:9 dan memiliki resolusi 2160 x 1080 piksel.

Jenis layar yang diusungnya, diadopsi dari teknologi IPS LCD layar sentuh kapasitif, 16 juta warna berukuran 6.0 inci. Dengan perpaduan antara aspek rasio, resolusi, ukuran dan teknologi yang digunakannya, pengguna akan disuguhkan dengan tampilan visual dengan sudut pandang luas dan memiliki tingkat ketajaman yang mengagumkan.

6. Baterai 3410 mAh dan Minus FingerPrint
Tidak berbeda dengan Oppo A3, Realme 1 juga menggunakan baterai berkapasitas 3410 mAh sebagai penopang segala aktivitas untuk menemani keseharian penggunanya. Baterainya ini diadopsi dari teknologi Li-Ion yang sifatnya non-removable dan didukung oleh fitur pengisian cepat.

Sayangnya, Oppo Realme 1 tidak dilengkapi sistem keamanan berupa sensor fingerprint. Namun sebagai gantinya, Oppo menanamkan fitur Face unlock. Fitur yang berfungsi untuk membuka kunci layar ponsel dengan cara memindai wajah pemiliknya.

Selain itu, perangkat ini juga masih dilengkapi dengan sistem kemanana standar, seperti smartphone pada umumnya, yaitu sistem pola dan pin. Semua sistem keamanan ini bisa diaktifkan secara bersamaan dan tidak akan saling berbenturan atau mengganggu.

Harga Oppo Realme 1

Oppo Realme 1 hadir dalam tiga varian warna, yaitu Black, Red, Silver dan tiga varian RAM dan ROM. Untuk RAM 3GB + ROM 32GB, dibanderol sekitar Rp1,8 juta, RAM 4GB + ROM 64GB sekitar Rp2,2 juta dan RAM 6GB + storage 128GB dihargai sekitar Rp2,9 juta.
BulanHargaRAM + Storage
Oktober 2018Rp 1,8 juta3GB + 32GB
Rp 2,2 juta4GB + 64GB
Rp 2,9 juta6GB + 128GB
Disclaimer : Harga Oppo Realme 1 tersebut di atas kami rangkum dari berbagai situs jual beli online ternama yang ada di Indonesia dan kemungkinan besar akan sedikit berbeda dengan harga yang ada di tempat kalian, tetapi tidak akan jauh beda.

Setelah mengetahui fitur, harga dan spesifikasi Oppo Realme 1, bagaimana menurut kalian? Apakah spesifikasi, desain dan harga yang ditawarkannya sudah sesuai? Silahkan berikan jawaban kalian pada kolom komentera yang telah disediakan.
Open Comments