LG G7 ThinQ Terbaru 2018 & Spesifikasi Detail

advertisement
Androlite.com - Memasuki pertengahan kuartal kedua Tahun 2018, LG resmi memperkenalkan sebuah smartphone baru yang mengusung branding "ThinQ" berkategori flagship. Perangkat tersebut adalah LG G7 ThinQ. Smartphone android ini hadir dengan mengusung berbagai jenis fitur terbaru, salah satunya adalah menghadirkan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) dalam paket AI Pack 2.0, termasuk Voice AI (perintah suara) dan AI Cam.

Spesifikasi utama perangkat ini, yakni mengandalkan chipset Snapdragron 845, dual kamera utama, layar berponi fullview, tahan terbadap air/debu, berbekal RAM dan internal storage berkapasits jumbo dan menyematkan tombol khusus untuk akses digital Google Assistant. Semakin penasaran dengan smartphone LG G7 ThinQ ini? Berikut akan coba kami review secara singkat kepada anda.

Desain Bodi LG G7 ThinQ dan Layar


Desain LG G7 ThinQ
Desain yang dihadirkan oleh LG G7 ThinQ, tidak lepas dari trend smartphone saat ini. Salah satunya adalah layar berponi atau terdapat notch di bagian atas layar. Tentu ini sudah tidak asing lagi bagi kita, mengingat teknologi ini pertama kali diperkenalkan oleh Apple iPhone X yang kemudian menjadi populer sekarang ini.

Layar berukuran lapang 6.1 inci yang diusungnya, diadopsi dari panel IPS LCD layar sentuh kapasitif kedalaman 16 juta warna berbingkai tipis dengan resolusi 3120 x 1440 piksel. Hal yang unik pada layarnya ini, yakni memiliki aspek rasio sedikit lebih besar dari sebagian smartphone flagship sekelasnya, yaitu 19.5:9. Perpaduan teknologi ini, diklaim memiliki tingkat kecerahan dan kontras tinggi.

Tidak berhenti sampai disitu saja, selain menyuguhkan layar beresolusi tinggi dengan tampilan penuh (fullview), layar G7 ThinQ juga diberikan beberapa fitur unggulan, termasuk DCI-P3 coverage, Dolby Vision/HDR10 compliant, Always-on display dan diberikan proteksi anti gores dan benturan berupa corning gorilla glass generasi ke-5.

Untuk ukuran bodinya sendiri, memang terlihat sangat besar, bahkan ketika berada dalam genggaman akan terasa sangat penuh dan tidak akan mampu dioperasikan hanya dengan menggunakan 1 tangan saja. Setidaknya dibutuhkan dua buah tangan untuk mengoperasikannya, satu untuk memegang dan yang satunya lagi untuk mengoperasikan. Secara keseluruhan, bodinya ini mempunyai dimensi 153.2 x 71.9 x 7.9 mm dengan bobot 162 gram.

Pada bagian depan dan belakang LG G7 ThinQ, terbuat dari bahan kaca yang dilindungi oleh perlindungan Gorilla Glass 5, bingkainya terbuat dari bahan metal aluminium dan dibalut oleh teknologi MIL-STD-810G compliant. Kombinasi ini akan membuat ponsel ini akan semakin kokoh dan kuat. Selain itu, LG juga telah menerapkan teknologi setifikasi IP68, yaitu tahan terhadap debu dan air kedalaman 1.5 meter selama 30 menit. Jadi bagi anda yang memiliki hobbi yang berhubungan dengan air, kami rasa HP ini bisa menjadi salah satu pilihan yang patut anda coba.

Dual Kamera LG G7 ThinQ dengan AI Cam


Kamera LG G7 ThinQ
LG G7 ThinQ memiliki konfigurasi dual lensa kamera utama beresolusi 16MP aperture f/1.6 dan kamera fokus 16MP f/1.9 dengan sudut tangkapan wide-angle 120 derajat. Fitur yang mendukung kamera utamannya ini, diantaranya berupa OIS, laser, PDAF, phase detection autofocus dan LED flash. Satu hal yang menarik adalah dengan adanya AI Cam. Fitur ini memiliki kemampuan untuk dapat mengenali objek dan mengubahnya kedalam berbagai bentuk saturasi dengan kontras warna yang terlihat lebih menarik.

Aplikasi kamera yang ada didalamnya memiliki mode malam khusus yang disebut Super Bright Camera, yang berfungsi untuk menghasilkan foto-foto dengan objek lebih jelas ketika pemotretan dilakukan pada kondisi gelap gulita. Hal ini dilakukan oleh adanya pixel binning-the light gathered yang merupakan penggabungan oleh empat piksel menjadi satu ketika proses penangkapan objek ditempat minim cahaya.

Untuk perekaman video, ia mampu menghasilkan rekaman resolusi Ultra HD 3840 x 2160 dengan frame rate @30fps. Agar kualitasnya bisa lebih maksimal lagi, LG melengkapinya dengan fitur HDR dan dapat merekam suara stereo 24-bit/192kHz. Adapun kamera depan G7 ThinQ memiliki konfigurasi beresolusi 8MP dengan lensa bukaan f/2.0 dan dua sudut pandang, yaitu 82 derajat biasa dan 90 derajat lebih lebar.

Performa Gahar G7 ThinQ dengan CPU Snapdragon 845


Img source bmobiled.com
Hardware utama yang menjadi otak untuk mengoperasikan dan memberikan kinerja responsive LG G7 ThinQ, datang dari prosessor bertenaga Snapdragon 845 Octa-core, yang memiliki kecepatan transimisi data sebesar 4x2.8 GHz dan 4x1.7 GHz. Ini merupakan CPU buatan Qualcomm yang terbaru saat ini yang dinilai memiliki kecepatan luar biasa untuk menciptakan performa handal serta diklaim mampu menghemat konsumsi daya baterai.

Komponen lain yang juga menjadi kecepatan sebuah smartphone adalah pada RAM. Untuk itu, LG membenamkan RAM berkapasitas jumbo 6GB / 4GB, agar smartphone flagship mereka ini dapat menghasilkan performa yang bisa diandalkan. Sementara untuk urusan grafik, dipercayakan kepada GPU Adreno 630 yang dinilai mampu memberikan visual yang tajam, jernih dan halus.

Ketiga hardware di atas, akan saling bekerjasama agar untuk menjalankan sistem operasi Android Oreo versi 8.1. Yang menarik dari OSnya ini, karena LG telah merencanakan akan segera meng-upgradenya ke Android P versi 9.0. Namun tanggal perilisannya masih belum diketahui secara pasti.

Dari segi penyimpanan, LG G7 ThinQ dibekali internal storage berkapasitas 128GB atau 64GB. Penyimpanan ini masih dapat diekspansi melalui slot kartu memori eksternal hingga kapasitas 400GB. Namun sayangnya, slot yang digunakannya tersebut menyatu dengan slot SIM 2 (hybrid). Artinya, jika lebih memilih melakukan ekspansi, maka pengguna hanya bisa mengaktifkan satu SIM saja.

Baterai G7 ThinQ yang Berkapasitas Rendah

Mungkin kekurangan dari perangkat ini adalah pada bagian penampungan daya baterainya, karena hanya berkapasitas 3000 mAh saja. Untuk smartphone flagship sekelas G7 ThinQ, LG seharusnya menyematkan baterai yang mempunyai kapasitas penampungan yang lebih besar lagi.

Alasan utamanya adalah karena layar berukuran 6.1 inci yang digunakannya. Dengan ukuran layar sebesar itu, pastinya akan membutuhkan banyak daya. Belum lagi komponen lain yang juga memerlukannya. Tentu akan membuat daya yang tersimpan didalam baterai akan cepat terkuras habis.

Dua hal yang menjadi kelebihan pada sektor penyimpanan dayanya tersebut, adalah karena sudah didukung oleh teknologi fastcharging atau pengisian cepat Quick Charge 3.0 dan wireless charging (versi US). Namun hal ini tetap saja tidak akan cukup menutupi kekurangan baterai yang dimilikinya.

Konektivitas, Sensor dan Fitur Lainnya

Terlepas dari kapasitas penyimpanan baterai yang rendah, LG G7 ThinQ telah mendukung jaringan internet berbasis 4G LTE yang memiliki kecepatan yang luar biasa. Jika terhubung pada koneksi LTE-A (3CA) kategori 16, maka kecepatan downloadnya mencapai 1024 Mbps (1 Gbps) dan upload hingga 150 Mbps. Sedangkan pada koneksi HPSA / 3G, kecepatan downloadnya dapat menembus kecepatan 42.2 dan 5.76 Mbps untuk upload.

Selain itu, pengguna juga dapat memanfaatkan beberapa konektivitas lainnya, termasuk WLAN (Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, hotspot), Bluetooth (5.0, A2DP, LE, aptX HD), GPS (A-GPS, GLONASS, BDS), Radio FM, NFC dan USB 3.1, Tipe-C 1.0, USB On-The-Go.

Adapun sistem keamanan untuk melindungi data pengguna yang terdapat didalam perangkat, LG menyematkan sistem pengaman sensor fingerprint yang berfungsi untuk membuka kunci layar perangkat. Posisi dari sensor ini, ditempatkan pada bagian punggung ponsel, tepatnya dibagian bawah dual kamera utama.

Harga LG G7 ThinQ dan Spek Detail


LG G7 ThinQ
Harga untuk mendapatkan HP LG G7 ThinQ, hingga saat ini belum ada informasi secara resmi dari pihak LG. Namun diperkirakan harga perdananya akan dibanderol sekitar Rp 9.0 juta hingga Rp 10 jutaan.
HARGA
BaruRp 9 hingga 10 jutaan
LAUNCH
DiperkenalkanMei 2018
StatusSegera rilis
JARINGAN
TeknologiGSM / HSPA / LTE
SIMSingle / Hybrid Dual SIM
2G bandsGSM 850 / 900 / 1800 / 1900
3G bandsHSDPA 850 / 900 / 1700 / 1900 / 2100
4G bandsLTE
KecepatanHSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE 1024/150 Mbps (3CA Cat16)
GPRSYa
EdgeYa
DESAIN
Dimensi153.2 x 71.9 x 7.9 mm
Berat162 gram
Build- Depan kaca
- Belakang kaca
- Bingkai aluminium
WarnaPlatinum Gray, Aurora Black, Moroccan Blue, Raspberry Rose
FiturIP68 certified (tahan debu/air kedalaman 1.5 meter selama 30 menit
MIL-STD-810G compliant
LAYAR
JenisIPS LCD, layar sentuh kapasitif 16 juta warna
Ukuran6.1 inci
Resolusi1440 x 3120 piksel
Rasio19.5:9
Kepadatan564 ppi
MultitouchYa
PerlindunganCorning Gorilla Glass 5
FiturAlways-on display
100% DCI-P3 coverage
Dolby Vision/HDR10 compliant
PLATFORM
OSAndroid Oreo 8.0
ChipsetQualcomm Snapdragon 845
CPUOcta-core (4x2.8 GHz Kryo 385 Gold dan 4x1.7 GHz Kryo 385 Silver)
GPUAdreno 630
RAM6GB / 4GB
PENYIMPANAN
Internal128GB / 64GB
EkspansiYa, microSD hingga 400GB (hybrid slot SIM2)
KAMERA UTAMA
SensorDual: 16 MP + 16 MP
Lensaf/1.6 + f/1.9
Fitur HardwareOIS, laser, PDAF, phase detection autofocus, LED flash
Fitur SoftwareGeo-tagging, sentuh fokus, deteksi wajah, HDR, panorama,
Video1080p@30/60fps, 2160p@30fps, dengan fitur HDR, 24-bit/192kHz stereo sound rec
KAMERA DEPAN
Sensor8 MP
Lensaf/1.9
VideoFull HD 1920 x 1080 piksel
SUARA
Jenis AlertVibrasi, MP3, WAV ringtones
LoudspeakerYa
3.5mm jackYa
Pembatalan bising aktif dengan mikrofon khusus
32-bit/192kHz audio
DTS-X sound
KONEKTIVITAS
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE, aptX HD
USB3.1, Tipe-C 1.0, USB On-The-Go
NFCYa
RadioFM radio
GPSA-GPS, GLONASS, BDS
SENSOR
FingerprintYa, punggung ponsel
AccelerometerYa
GyroscopeYa
ProximityYa
CompassYa
BarometerYa
BATERAI
Kapasitas3000 mAh
JenisNon-removable Li-Po
Pengisian CepatYa, Quick Charge 3.0
Pengisian WirelessWPC&PMA wireless charging (versi US)
Siap Siaga-
Talk Time-
Music Player-
FITUR
PerpesananSMS(threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
BrowserHTML5
Photo/Video EditorYa
Document viewerYa
MP3 PlayerMP3/WAV/FLAC/eAAC+ player
MP4 PlayerMP4/DviX/XviD/H.265 player
Disclaimer: Kami tidak menjamin bahwa informasi pada halaman ini 100% benar. Sumber spesifikasi: GsmArena.

Kesimpulan

LG G7 ThinQ tidak memiliki fitur yang terlalu menonjol. Bukan berarti spesifikasinya tidak dapat diunggulkan ataupun hal lainnya. Akan tetapi HP ini tidak memiliki sesuatu yang unik untuk dibanggakan. Misalnya Samsung Galaxy memiliki aperture kamera variabel, iPhone memiliki Face ID, Xperia memiliki kemampuan merekam video 4K HDR, P20 Pro memiliki kamera triple, Mi Mix 2 memiliki layar tanpa batas.

Secara keseluruhan, G7 ThinQ memiliki kualitas yang baik, baik dari segi fitur, desain ataupun komponenenya. Namun tidak ada hal yang spesial, menonjol atau yang unik untuk diingat. Semoga saja, kedepannya LG dapat melakukan hal terbaik dan menciptakan sebuah smartphone dengan keunikan / keunggulan tersendiri. Akan sangat menyenangkan bila melihat ponsel LG menjadi salah satu produsen yang memiliki tempat tersendiri di hati para penggemarnya.
Open Comments